Review Pemilik: Dipilih Agar Cukup Ajak Keluarga, Apakah Pemilik Toyota Rush Ini Puas Setelah Memilikinya Selama Setahun?

Review Pemilik · 24 Apr, 2021 19:00

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Toyota Rush dan artikel ini dari situs Vietnam, ini tidak mencerminkan pendapat AutoFun.

Pak Yanto


Toyota Rush adalah model yang populer di segmen SUV, tetapi ini bukan alasan yang membuat Pak Yanto memutuskan beli Toyota Rush, alasan terutama adalah jaminan keamanan Toyota Rush yang dapat dipercaya.

"Keamanan" di sini tidak hanya berarti fitur keselamatan yang melekat pada kendaraan. Namun menurut Pak Yanto, keamanan di sini juga berarti rasa aman yang diberikan oleh merek Toyota. Seperti kebanyakan orang Indonesia, memilih Toyota atau Honda untuk membeli mobil pertama adalah keputusan teraman yang mereka sepakati.

Review Pemilik: Dipilih Agar Cukup Ajak Keluarga, Apakah Pemilik Toyota Rush Ini Puas Setelah Memilikinya Selama Setahun? 01

Q1: Halo Pak Yanto, senang bertemu dengan Anda untuk berbicara tentang Toyota Rush. Pertanyaan pertama, mengapa Anda memilih model ini?

Hal pertama yang mempengaruhi keputusan membeli mobil adalah anggaran. Saat itu saya memiliki lebih dari Rp 400 juta, dengan mempertimbangkan sejumlah rencana. Setelah menimbang banyak faktor, mencari informasi secara online, meninjau pertimbangan keuangan dan ekonomi, akhirnya saya memilih Toyota Rush.

Toyota Rush cocok untuk keluarga besar, namun tetap memiliki badan yang kompak untuk dikemudikan di jalan. Tidak seperti model 7-seater lainnya, mengemudi Toyota Rush ini juga mudah untuk parkir, lincah. Di tempat saya sering macet, jadi mobil ini sangat cocok.

Review Pemilik: Dipilih Agar Cukup Ajak Keluarga, Apakah Pemilik Toyota Rush Ini Puas Setelah Memilikinya Selama Setahun? 02

Q2: Apakah Anda pernah menimbangkan model crossover, Pak?

Jika saya benar-benar memiliki lebih banyak uang, maka saya memiliki lebih banyak pilihan. Saat ituToyota Rush adalah pilihan yang paling optimal, karena sisa uangnya disimpan untuk investasi, atau jika terjadi kejadian yang tidak terduga. Jika saya menggunakan semua uang untuk membeli mobil, dan menemukan suatu masalah, saya tidak dapat mengatasinya dong.

Q3: Anda mengatakan telah mempertimbangkan sejumlah opsi, dapatkah Anda membagikan detail selengkapnya?

Saya membeli mobil pada bulan Februari, 2020 dan menunggu selama 5 bulan untuk menerimanya. Setelah membelinya, saya menambahkan beberapa barang penting, seperti pelapis jok kulit, kaca film, dan memasang beberapa aksesoris pada pegangan pintu, harganya beberapa puluh juta lebih. Saya juga sempat lama mempertimbangkan antara Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander. Saya juga pernah test drive Mitsubishi Xpander, dan ternyata Xpander bagus, tapi entah mengapa saya tidak menyukainya. "Mungkin karena sudah ada banyak orang yang memilih mobil itu," jawab Pak Yanto sambil tertawa.

Review Pemilik: Dipilih Agar Cukup Ajak Keluarga, Apakah Pemilik Toyota Rush Ini Puas Setelah Memilikinya Selama Setahun? 03

Selain itu, Toyota Rush juga memiliki sejumlah keunggulan, seperti penggerak roda belakang sedangkan Xpander menggunakan penggerak roda depan. Mobil ini menggunakan penggerak roda belakang yang menurut saya lebih kuat, daya cengkeramnya lebih baik, sehingga tenaga mesin digunakan lebih optimal. Desain Xpander lebih modern dan awet muda, sebaliknya, Rush itu sederhana, cantik dalam gaya tersembunyi, tetapi semakin lama Anda melihatnya, semakin baik tampilannya. Dengan selisih sekitar 20 Juta, Toyota Rush lebih menarik perhatian saya.

Q4: Jadi saat membeli, apa tujuan Anda memilih mobil?

Saya membeli mobil untuk kebutuhan pribadi saya. Yang pertama untuk bekerja, dan kemudian untuk keluarga, pergi keluar tidak harus menyewa mobil lagi, bagus banget! Kompartemen belakang sangat besar, kursi dapat dilipat untuk menampung 4 koper.

Keluarga saya memiliki 6 orang, orang tua saya, saya dan istri saya, 2 anak. Tidak banyak kesempatan untuk membawa 6 orang, tapi saat dibutuhkan bisa menjadi sangat merepotkan. Setelah membeli Toyota Rush, masalah ini langsung hilang. Untuk Toyota Rush, baris ketiga kursi agak sempit untuk orang di atas 170 cm, namun yang lebih pendek bisa lebih nyaman, hanya perlu mengatur kursi baris kedua agak maju. Anggota keluarga saya bahkan merebahkan kursinya agar bisa duduk dengan lebih nyaman.

Review Pemilik: Dipilih Agar Cukup Ajak Keluarga, Apakah Pemilik Toyota Rush Ini Puas Setelah Memilikinya Selama Setahun? 04

Q5: Hampir setahun mengemudi mobil ini, bagaimana penilaian Anda tentang Toyota Rush?

Toyota Rush kuat saat menanjak. Menurut saya, tenaganya jika dibandingkan dengan mesin 1.5L yang sama lebih baik, bahkan dibandingkan dengan mesin 2.0L atau 2.5L. Pengalaman mengemudikannya bagus, di jalan raya sangat mulus. Hanya satu hal yang berbeda dari Mitsubishi Xpander, Toyota Rush memiliki setir yang berat, dan setir Mitsubishi Xpander lebih ringan. Agar Toyota Rush melaju lebih cepat dan terasa lebih aman, lingkar kemudi yang berat dapat mengatasi kondisi yang tak diinginkan. Tapi mengatakan itu bukan berarti setir Rush seberat truk atau mobil zaman dulu, hanya lebih berat dibandingkan Xpander.

Dari segi mesin, mobil ini kuat, namun dengan mesin 1.5L memang tidak bisa menghindari fenomena kurang tenaga saat menanjak. Saat berkendara ke pegunungan, pindahkan ke gigi L, mesin memang akan meraung keras, namun setiap mobil dengan transmisi seperti ini memang akan mengalami hal yang sama, mau bagaimana lagi?

Review Pemilik: Dipilih Agar Cukup Ajak Keluarga, Apakah Pemilik Toyota Rush Ini Puas Setelah Memilikinya Selama Setahun? 05

Mobil ini terasa lebih baik saat membawa lebih banyak orang. Karena karakteristik mobil dengan penggerak roda belakang serta suspensinya memang dirancang untuk memuat 7 orang. Kalau digunakan seorang diri mobil ini terasa agak berguncang. Namun jika digunakan dengan lebih banyak penumpang terasa lebih kokoh. Toyota Rush memiliki jarak ke tanah hingga 220mm, jadi sangat nyaman, saat harus mendaki, medan yang bergelombang, bahkan saat parkir pun nyaman.

Konsumsi bahan bakar sekitar 10 - 12,5 km/liter. Saat menghadapi kemacetan lalu lintas bisa sampai 8 km/liter. Bagi saya ini cukup dapat diterima. Secara umum, dengan harga mobil sekitar Rp 260 jutaan, dan mampu membawa 7 orang serta cukup kuat, hal itu masih sepadan dengan harganya.

Review Pemilik: Dipilih Agar Cukup Ajak Keluarga, Apakah Pemilik Toyota Rush Ini Puas Setelah Memilikinya Selama Setahun? 06

Q6: Bagaimana dengan peredaman suaranya, Pak?

Bagi saya pribadi, Toyota Rush tidak terlalu berisik, bisa diterima.

Q7: Banyak yang bilang kalau interior Toyota Rush jelek ya?

(Tertawa) Interiornya cukup baik untuk digunakan. Saya merasa cocok untuk diri saya sendiri, antara lain karena audionya memiliki 8 speaker. Speaker Toyota Rush terdengar bagus. Dengan asumsi Anda membeli mobil lain yang juga memiliki 8 speaker, itu dapat menghabiskan lebih banyak uang.

Sebagian besar saudara di komunitas yang membeli kembali mobil itu telah dilapisi kulit di bagian interior. Namun tidak semua orang menyukai jok kulit. Ketika saya melepas kursi fabric untuk menutupi jok kulit, banyak saudara yang menyarankan tetap menggunakan bahan fabric. Banyak orang suka fabric karena menyerap keringat -- tapi sebaliknya, bahan kulit mudah berkeringat -- mudah kotor dan tidak semewah kursi kulit.

Kakak dan adik saya, saat membeli mobil, juga menambahkan layar Android eksternal untuk melayani kebutuhan hiburan khususnya keluarga dengan anak kecil. Pabrikan hanya perlu sedikit memperhatikan interior Toyota Rush ini, menjaga harga tetap pas, maka dijamin akan lebih laku.

Review Pemilik: Dipilih Agar Cukup Ajak Keluarga, Apakah Pemilik Toyota Rush Ini Puas Setelah Memilikinya Selama Setahun? 07

Q8: Apakah Toyota Rush memiliki kekurangan?

Satu-satunya kekurangan Toyota Rush adalah kapasitas akinya yang kecil. Saya membeli aki yang lebih besar. Banyak rekan yang mengeluh tentang hal ini, tetapi karena mudah diganti, bukan kekurangan besar. Selebihnya, saya belum melihat ada masalah serius dengan mobil tersebut, karena jika ada, pasti rekan-rekan di komunitas akan angkat bicara.

Q9: Banyak orang bilang memilih Toyota adalah memilih "awet dan aman", apa pendapat Anda tentang ide ini?

Saya tidak terlalu tertarik dengan kriteria ini, tapi sebagian besar rekan saya merasa penting untuk memastikan mobil ini "awet dipakai" sehingga mereka memilih Toyota. Secara pribadi, saya menghargai mobil yang menjamin keselamatan. Toyota Rush memiliki 6 airbag, sedangkan Mitsubishi Xpander hanya memiliki 2 airbag.

Saya melihat bahwa, "enak pemakaiannya dan awet" adalah kriteria lama, begitu banyak anak muda yang tidak lagi mementingkan kriteria ini ketika membeli mobil, mereka melihat mobil yang bagus, menyetir atau mendapatkan uang. Sedangkan untuk orang yang berusia di atas 30-35 tahun, yang paling penting adalah mobil bisa dipakai cukup lama, jadi mudah untuk memahami mengapa penjualan Toyota di Indonesia tinggi.

Review Pemilik: Dipilih Agar Cukup Ajak Keluarga, Apakah Pemilik Toyota Rush Ini Puas Setelah Memilikinya Selama Setahun? 08

Setelah dipakai, sangat nyaman mengemudi mobil Toyota, karena bengkel biasa juga bisa memperbaikinya. Beberapa model lain mungkin merasa lebih sulit untuk menemukan bengkel, sehingga harus ke bengkel resmi dan menerima harga yang lebih tinggi. Namun jika ada kerusakan kecil, sangat mudah bagi Toyota untuk mencari bengkel. Bahkan membenahi detail yang sulit seperti mesin, karena mobil Rush dengan Innova mirip satu sama lain, sehingga memiliki spesifikasi atau komponen dan suku cadang yang sama.

Terima kasih telah berbagi!

Komentar