Review Pemilik: Jual Toyota Innova dan Beli Suzuki XL7, "Meski Pengendaraannya Biasa Saja, Namun Hemat BBM dan Nyaman!"

Review Pemilik · 26 Jul, 2021 12:57

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Suzuki XL7, dan artikel ini dari situs Vietnam, ini tidak mencerminkan pendapat AutoFun.

Hardi


Dibanding Toyota Innova 2012 yang pernah dia miliki, Pak Hardi menilai Suzuki XL7 baru memiliki fitur lebih canggih dalam berbagai aspek, kecuali mesinnya.

Pak Hardi yang seorang freelancer baru saja memiliki Suzuki XL7 dan telah menyelesaikan perjalanan panjang bersama dengan mobil ini. Pak Hardi bahkan menghabiskan 8 hari 7 malam dengan total jarak 3.333 km dengan mobil Suzuki XL7-nya ini. Dengan pengalamannya kali ini, Pak Hardi dapat menilai dan membandingkan mobil Suzuki XL7 dengan Toyota Innova yang dia pakai sebelumnya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Review Pemilik: Jual Toyota Innova dan Beli Suzuki XL7,

Q1: Halo, Pak Hardi. Sangat gembira Anda menerima wawancara kami. Kami tahu Anda memiliki Suzuki XL7, apakah ini merupakan mobil pertama Anda?

Bukan. Sejak dulu, saya dan keluarga dapat kesempatan mengendarai berbagai tipe mobil, mulai sedan, MPV, Pick-up seperti Chevrolet Captiva, Nissan Sunny, Ford Ranger Wildtrak, Hyundai Accent, dan Toyota Innova. Setiap mobil yang saya pakai, hanya untuk jangka waktu tertentu dan semuanya memiliki pengalaman yang cukup menarik. Sekarang mobil saya adalah Suzuki XL7 ini.

Q2: Sebelumnya Anda pakai Toyota Innova. Mengapa Anda beralih ke Suzuki XL7? 

Saat pertama kali lihat Suzuki XL7, saya langsung terkesan dengan mobil ini karena tampilannya yang tangguh ala SUV. Gaya desain baru Suzuki XL7 juga masih cocok untuk wanita. Ini menunjukkan pragmatisme orang Jepang.

Selain itu, meskipun ukurannya tidak terlalu besar, namun Suzuki XL7 tetap menjamin ruang interior yang lapang dengan tata letak kabin yang wajar, kepraktisannya juga baik. Selain itu desain keseluruhan di dalam mobil cukup harmonis dan keren.

Review Pemilik: Jual Toyota Innova dan Beli Suzuki XL7,

Sebelum membeli mobil ini, saya sempat berkonsultasi mengenai mesinnya. Meskipun saya tahu bahwa mesin 1.5L itu kurang kuat, tetapi saya merasa itu masih cocok karena saya tidak akan mengendarai mobil seperti anak muda yang gemar ngebut. Jadi, menurut saya Suzuki XL7 itu cukup praktis. Tentu saja, apabila dibekali dengan mesin yang jauh lebih kuat dan nyaman untuk dikendarai, ini akan jauh lebih bagus. Meskipun itu akan menaikkan biaya bahan bakar dan juga harga mobil, namun hal itu masih bisa diterima.

Mengenai Toyota Innova, usia mobil itu sudah tua. Mobil itu sudah saya beli sejak tahun 2012, jadi saya ingin mengganti ke mobil yang lebih baru.

Q3: Untuk kebutuhan apa Anda membeli Suzuki XL7? Seberapa sering pakainya?

Saya membeli Suzuki XL7 terutama untuk kegiatan sehari-hari saya bekerja di dalam kota dan mengantar anak-anak saya ke sekolah. Kadang-kadang saya memakainya untuk perjalanan jauh dengan keluarga saya dan terakhir perjalanan menghabiskan waktu 8 hari 7 malam dengan menempuh jarak 3.333 km pergi-pulang.

Q4: Setelah menempuh perjalanan yang begitu jauh, Anda semakin mengerti mengenai mobil ini, terutama tentang kekurangan dari Suzuki XL7 yang Anda katakan mesinnya kurang kuat. Jadi bagaimana Anda menilai performa dan kenyamanan Suzuki XL7 selama perjalanan terakhir?

Review Pemilik: Jual Toyota Innova dan Beli Suzuki XL7,

Saya adalah orang yang suka mengeksplorasi dan mengalami hal-hal baru, jadi saya suka bepergian. Apalagi perjalanan dengan mobil juga menarik, memiliki pengalaman yang tak terlupakan. Hal ini juga membuat saya lebih mengenal Suzuki XL7 ini.

Memang benar, saat menempuh jarak jauh, Suzuki XL7 masih memiliki kekurangan. Suzuki XL7 tidak memiliki fitur cruise control, sehingga cukup melelahkan saat melakukan perjalanan jarak jauh. Kadang-kadang saat jalan kosong, saya ingin "sedikit" istirahat untuk mengurangi kelelahan, tetapi mobil ini tidak memiliki cruise control, sehingga saya harus terus menginjak pedal gas seperti biasa.

Selain itu, karena performanya yang juga kurang kuat, dengan mobil ini terasa sulit untuk menyalip mobil pada kecepatan 50-70 km/jam di jalu luar kota. Rasanya sungguh tidak nyaman, apalagi jika ada mobil yang lebih pelan di depan. Dalam hal ini, Toyota Innova 2012 lama yang saya sudah pakai 9 tahun masih terasa lebih baik dari Suzuki XL7 untuk menyalip mobil lain pada kecepatan yang sama. 

Review Pemilik: Jual Toyota Innova dan Beli Suzuki XL7,

Namun dalam hal lain, Suzuki XL7 cukup stabil, setir memiliki feedback yang baik. Apalagi mobil ini juga memiliki tambahan fitur Electronic Stability Control, sehingga saat menikung lebih aman dibandingkan Toyota Innova lama.

Saat mengemudi Suzuki XL7 di jalanan pegunungan, Suzuki XL7 memiliki fitur overdrive yang membantu mobil berjalan di gear lebih rendah untuk dorongan yang lebih baik. Suzuki XL7 cukup baik meskipun harus berjalan di gear rendah, bahkan masih bisa mendaki dengan penumpang penuh, walaupun suara mesinnya terdengar cukup keras.

Q5: Jadi, menurut Anda Suzuki XL7 lebih lemah dibandingkan dengan Toyota Innova, namun terasa lebih aman. Apakah Anda dapat menyebutkan kelebihan dan kekurangan lain dari Suzuki XL7 dibandingkan dengan Toyota Innova 2012 yang Anda pakai sebelumnya?

Kelebihan paling jelas dari Suzuki XL7 adalah harga barunya yang jauh lebih murah. Desain mobil ini lebih cantik dan lebih praktis dibandingkan dengan Toyota Innova. Selain itu, mobil ini juga menambahkan sejumlah fitur keselamatan, yang menenangkan.

Dalam hal peredaman suara, Suzuki XL7 juga mengungguli Toyota Innova. Saya sangat menyukai hal ini pada Suzuki XL7.

Review Pemilik: Jual Toyota Innova dan Beli Suzuki XL7,

Selain itu, konsumsi bahan bakar Suzuki XL7 jauh lebih irit dibandingkan Toyota Innova. Mesinnya lebih kecil sehingga lebih irit. Menurut pengamatan saya, saya menemukan bahwa Toyota Innova sejauh ini masih menggunakan mesin lama, meskipun teknologinya semakin baik, namun masih sulit untuk dapat sehemat Suzuki XL7.

Dalam hal kenyamanan, Suzuki XL7 memiliki semua yang saya butuhkan. Mulai dari head unit dengan layar besar, koneksi yang luas, pengaturan AC otomatis, serta 7 kursi yang besar. Dibandingkan Toyota Innova, Suzuki XL7 tidak kalah dalam hal kenyamanan.

Secara umum Suzuki XL7 merupakan mobil yang murah, cantik, praktis, dan lapang, walaupun harus mengorbankan performa. Memang rasanya tidak mungkin ada mobil yang memenuhi 3 kriteria: "keren, kuat, dan murah". Yang terpenting adalah apakah mobil tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak. Suzuki XL7 memenuhi kebutuhan keluarga saya dan juga diri saya sendiri dengan baik, jadi tidak banyak yang bisa dikeluhkan tentang mobil ini.

Terima kasih telah berbagi Pak Hardi! Semoga Anda dapat terus menikmati perjalanan bersama Suzuki XL7.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Review Pemilik

UGC

Saya dan mobil saya. Kolom ini menerbitkan cerita tentang review pemilik dari penggemar mobil kami. Apakah Anda ingin berbagi cerita Anda?

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Suzuki XL7 1.5L AT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru