Review Pemilik: Mengemudi Mazda CX-5 selama 2 tahun, rem otomatis bantu saya beberapa kali, tapi mobil ini masih ada kekurangan

Review Pemilik · 13 Apr, 2021 11:00

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Mazda CX-5 dan artikel ini dari situs Vietnam, ini tidak mencerminkan pendapat AutoFun.

Pak Suryadi


Setelah hampir 2 tahun mengemudi Mazda CX-5, pemilik telah mengakui kelebihan dan kekurangan mobil ini tetapi tetap puas dengan apa yang ada.

Sebagian besar pelanggan lebih menyukai Mazda CX-5 karena penampilannya yang awet muda, peralatan modern, performa bertenaga, rasa berkendara, dan teknologi keselamatan yang menyertainya. Pak Suryadi (28 tahun) adalah salah satunya. Setelah perbandingkan banyak model, dia memutuskan untuk memilih Mazda CX-5 sebagai pendamping bersama keluarganya maupun dalam perjalanan bisnis.

Review Pemilik: Mengemudi Mazda CX-5 selama 2 tahun, rem otomatis bantu saya beberapa kali, tapi mobil ini masih ada kekurangan 01

Mazda CX-5 adalah mobil pertama Pak Suryadi. Mobil tersebut telah digunakan selama hampir 2 tahun, dengan jarak tempuh sekitar 35.000 km. Setelah sekian lama, Pak Suryadi sudah memiliki pemahaman yang mendalam tentang mobil tersebut, mencari tahu kelebihan dan kekurangannya selama digunakan.

Q1: Hai, Pak Suryadi, terima kasih telah menerima wawancara. Bisakah Anda memberi tahu saya apa yang membuat Anda memilih mobil ini? Pernahkah Anda memiliki mobil sebelumnya?

Review Pemilik: Mengemudi Mazda CX-5 selama 2 tahun, rem otomatis bantu saya beberapa kali, tapi mobil ini masih ada kekurangan 02

Ini mobil pertamaku. Seperti banyak orang lain yang membeli mobil untuk pertama kali, saya telah berkonsultasi dengan beberapa mobil lain. Sebelum memutuskan untuk membeli mobil, saya membidik Hyundai Tucson, dan juga pernah test drive beberapa model lain seperti Mitsubishi Outlander, Honda CR-V atau Hyundai Santa Fe. Tapi saat saya menonton Mazda CX-5 secara live dan test drive, saya memilih Mazda CX-5.

Q2: Mengapa Anda memutuskan untuk membeli CX-5 dan bukan model lain?

Sebenarnya awalnya saya berencana untuk membeli Hyundai Tucson, daya tarik di Tucson bagi saya adalah sunroof panorama. Mobil ini juga cukup lengkap dengan fasilitas yang bisa dikatakan merupakan segmen terbaik. Namun, ketika saya melihat lebih dekat, saya melihat Tucson memiliki interior yang tidak begitu indah, banyak detail plastik dan fitur hiburan / keselamatan yang cukup, tidak terlalu menonjol. Selain itu, waktu saya pergi membeli mobil, sales consultantnya kurang antusias, jadi saya tidak mau beli Hyundai Tucson.

Review Pemilik: Mengemudi Mazda CX-5 selama 2 tahun, rem otomatis bantu saya beberapa kali, tapi mobil ini masih ada kekurangan 03

Setelah mempertimbangkan banyak pilihan, saya merasa Mazda CX-5 benar-benar memenuhi kebutuhan saya. Yang paling favorit adalah mobil itu memiliki eksterior yang indah, melihat parameternya, Anda dapat melihat banyak fitur keselamatan dan sistem hiburan modern. Setahu saya, mesin Mazda juga hemat bahan bakar.

Pertama kali saya berkendara CX-5 ini pada bulan April 2019. Mobil ini lahir pada tahun 2018, termasuk versi paling canggih.

Q3: Setelah hampir 2 tahun digunakan, bagaimana penilaian Anda pada mobil ini? Apakah sama dengan perasaan pertama saat menerima mobil atau tidak?

Review Pemilik: Mengemudi Mazda CX-5 selama 2 tahun, rem otomatis bantu saya beberapa kali, tapi mobil ini masih ada kekurangan 04

Mobil ini saya sudah pakai 35.000 km. Hal yang sangat saya setujui adalah kemampuan untuk mengoperasikannya. Mesin 2.5L bagi saya sudah cukup. Apalagi mobil tersebut memiliki mode berkendara sporty yang sangat kuat, ini bisa membantunya melintas mobil dengan rapi.

Konon CX-5 memiliki cangkang yang tipis, tapi menurut saya mobil ini memiliki insulasi suara yang cukup baik, terutama kokpitnya yang kedap suara lebih unggul dari model di segmen yang sama yang pernah saya uji.

Review Pemilik: Mengemudi Mazda CX-5 selama 2 tahun, rem otomatis bantu saya beberapa kali, tapi mobil ini masih ada kekurangan 05

Kenyamanan CX-5 luar biasa. Mobil punya HUD, Mazda Connect sangat nyaman digunakan dengan kenop, suara 10 speaker Bose terdengar sangat bagus bagi saya, jok pengemudi elektrik ada 2 posisi, jok bantu juga elektrik ... Ada bagus lainnya Hal pada mobil ini adalah fitur yang memindai rambu lalu lintas untuk beberapa alasan yang disembunyikan oleh pabrikan, cukup aktifkan kembali.

Banyak hal yang membuat saya terkesan dengan teknologi keselamatan. Itu juga bagian dari alasan utama mengapa saya memilih CX-5 daripada mobil lain di segmen ini. Ini adalah mobil pertama dengan teknologi keselamatan aktif yang harus dikatakan sebagai "top of the top" di kelas C, seperti peringatan titik buta, peringatan keberangkatan jalur, atau bantuan penjaga jalur.

Review Pemilik: Mengemudi Mazda CX-5 selama 2 tahun, rem otomatis bantu saya beberapa kali, tapi mobil ini masih ada kekurangan 06

Saya sangat menghargai bantuan rem darurat otomatis. Itu berhasil, dan itu menyelamatkan saya beberapa kali. Rem ini bagus karena beroperasi secara terbalik. Saya ingat suatu saat ketika saya memarkir mobil saya, gelisah tentang bagaimana saya menginjak pedal gas, dan di belakang mobil ada pohon besar. Beruntung dengan pengereman otomatis, rem mobil berhenti tepat waktu dan tidak menabrak tunggul.

Q4: Nampaknya peralatan pada CX-5 membuatnya cukup puas saat dikendara. Jadi adakah bagian yang Anda merasa tidak puas dengan mobil ini?

Saya suka CX-5 tetapi saya tidak menyangkal bahwa ia memiliki kekurangan, setidaknya bagi saya. Mobil ini bisa di bilang performanya sangat bagus, tapi Mazda CX-5 juga ada kekurangan. Mobil ini cukup besar jika dibandingkan dengan mobil lain di segmen yang sama, mungkin karena sasisnya yang tinggi, garpu yang empuk, dan ban berukuran 225 agak kecil. Hal itu bagi saya dapat diterima, tidak terlalu buruk, menyebabkan mabuk kendaraan seperti yang pernah dikatakan oleh banyak saudara dalam komunitas Fb.

Review Pemilik: Mengemudi Mazda CX-5 selama 2 tahun, rem otomatis bantu saya beberapa kali, tapi mobil ini masih ada kekurangan 07

Hal kedua yang kurang memuaskan adalah jok belakang. Walaupun ini model baru, kursinya bisa direbahkan lebih dari yang lama, tapi ia masih ada sedikit masalah. Sekalipun ketinggian jok sudah disesuaikan, sandaran kursi ini masih berdiri, duduk jarak jauh gampang capek. Andai saja jok belakang bisa direbahkan beberapa derajat lagi.

Salah satu kesalahan yang dihadapi oleh banyak pemilik mobil CX-5 adalah cermin yang terpotong atau cermin menyebar. Tapi hal ini dijamin jadi saya tidak terlalu khawatir. Selain itu, saya tidak tahu apakah mobil lain itu juga ada, tetapi saya melihat bahwa mobil saya di samping terkadang mengeluarkan bunyi yang misterius, kecil tapi menjengkelkan. Sampai saat ini saya belum bisa menemukan penyebabnya sehingga terasa tidak nyaman. 

Q5: Apa tujuan Anda biasanya mengemudi mobil itu?

Review Pemilik: Mengemudi Mazda CX-5 selama 2 tahun, rem otomatis bantu saya beberapa kali, tapi mobil ini masih ada kekurangan 08

Saya sering mengemudi mobil untuk pergi bekerja dan melayani keluarga saya. Mungkin itu sebabnya saya menempuh jarak 3,5 ribu km. Perjalanan terjauh saya adalah mengendarai mobil ini dari Jakarta ke wilayah lain, yang jaraknya lebih dari 300 km.

Secara umum, CX-5 baik-baik saja di jalan atau di jalan raya. Hanya beberapa kelemahan adalah bagian belakang kursi yang mengambang dan seperti yang saya katakan. Mesin atau teknologi pengaman sangat berguna dalam situasi penggunaan sehari-hari.

Q6: Bagaimana Anda mengevaluasi daya tahan dan biaya Mazda CX-5?

Review Pemilik: Mengemudi Mazda CX-5 selama 2 tahun, rem otomatis bantu saya beberapa kali, tapi mobil ini masih ada kekurangan 09

Meskipun jumlah jarak saya sudah 35.000 km, mobil ini masih sangat mulus seperti pada awalnya. Dari segi penghematan bahan bakar, ini sangat bagus. Saya ingat mengukur 55,6 km perjalanan saya dari ibukota ke kota lain dan hanya mengonsumsi 5,5 liter / 100 km. Jalan tol selalu di bawah 6,5 liter, jalan provinsi kurang dari 6 liter, sedangkan di ibukota sendiri, tidak pernah lebih dari 10 liter untuk 100 km.

Q7: Sejak membeli mobil hingga sekarang, apakah Anda sudah melengkapi aksesoris untuk mobil tersebut?

Setelah membeli mobil, saya memiliki beberapa barang penting seperti pompa cadangan, kamera dasbor, dan sensor tekanan ban. Seperti yang saya katakan, CX-5 sepenuhnya nyaman untuk kebutuhan saya, jadi penyempurnaan ekstra tidak diperlukan.

Q8: Banyak anak muda senang mengalami sesuatu yang baru setelah beberapa saat. Jadi buat Anda, setelah 2 tahun mengemudi CX-5, apakah Anda berencana untuk pindah ke mobil lain dalam waktu dekat?

Kalau ada bayi, keluarga saya akan ganti mobil 7 tempat duduk agar lebih nyaman. Dan mobil yang saya tuju adalah Mazda CX-8. Ini seperti versi CX-5 yang diperbesar. Dari segi perlengkapan, CX-5 sudah cukup bagi saya, yang saya butuhkan adalah kursi yang lebih lebar dan lebih banyak. Sedangkan CX-8 adalah pilihan yang paling cocok.

Terima kasih telah berbagi pengalaman Anda.

Komentar