Review Pemilik: Selalu membuatku senyum terkembang setiap keluar dan masuk Kembali dalam Honda Civic RS (FK7) 2020

Review Pemilik · 1 Des 2020 19:00

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda Civic RS (FK7) 2020, ini tidak mencerminkan pendapat AutoFun.

Aryo


Informasi dasar tentang mobil saya

Kendaraan yang kami beli adalah Honda Civic RS (FK7) 2020 berwarna putih yang baru di beli bulan November ini seharga Rp. 505,000,000,- dan rupanya ready stock saat itu. Pembelian di lakukan dengan proses tunai.

Proses pemilihan mobil

Mobil tersebut di pilih sebenarnya merupakan alternatif untuk dari rencana awal nya kami ingin mengambil Civic Type-R (FK8) second tahun 2018 ber transmisi manual untuk menjadi kendaraan pertama anak laki-laki tertua kami yang baru berulang tahun di bulan itu. Pertimbangan kami karena ditakutkan berbahaya jika dipakai untuk anak baru dewasa.

Alasan mengapa saya membeli mobil ini 

  • Value for money
  • Teknologi terbaru
  • Durability tipikal kendaraan Jepang
  • Body yang sangat modern dan anak muda
  • Tenaga kuat namun dengan konsumsi bensin yang cukup irit
  • Kabin sangat luas
  • Nyaman
  • Service terjamin dan garansi dari atmp sampai dengan 100.000 km

  Selain itu, karena kami belum mempunyai kendaraan sedan (kami punya Toyota Harrier 2015, Alphard 2017 dan Mitsubishi Expander 2019) , Honda Civic RS (FK7) 2020 menjadi alternatif yang sangat baik.

Pengalaman pengguna

Pertama-tama kami mengendarakan Honda Civic RS (FK7) 2020 sedikit agak kaget, karena ternyata terasa percepatan kendaraan yang sangat cepat (menurut kami, hehe..) dimana biasanya kami menaiki kendaraan konservatif seperti Harrier yang percepatannya halus. Sejujurnya kami waktu membaca spec sheet-nya yang menyebutkan kapasitas silinder nya hanya sebesar 1500cc dan kami yang minim pengetahuan dari torsi dan kekuatan membuat sedikit skeptis, yang sebenarnya juga pertanda baik dikarenakan kendaraan pertama anak kami yang baru akil baliq (coming off age) tidak boleh kencang-kencang,,,  ternyata kami salah besar disini.

Torsi melimpah dari awal dan setir yang tajam membuat anak kami tersenyum cerah dan berhenti merengut tidak dikasih kendaraan yang awal dia minta.

Sekarang adalah “pe er” kami sebagai orang tua untuk mengajarkan tata krama yang benar di jalan. Secara keseluruhan kendaraan ini sangat memuaskan dan sedikit melewati ekspektasi kami.

Belum lagi dengan FC 1: 18 untuk luar kota, dan 1: 12 untuk dalam kota, sungguh cukup menghemat pembelian bbm pertamax (bukan plus) untuk kubikasinya 1,500cc.

Peringkat

  • Total skor: 4.17
  • Performas: 5
  • Kualitas & Fitur: 4
  • Spasi: 5
  • Kenyamanan Berkendara: 4
  • Konsumsi bahan bakar: 4
  • Harga & Biaya: 3

Ada beberapa poin plus dan minus yang akan saya jelaskan dibawah ini

Keuntungan mobil saya

Tenaga, Torsi yang sangat melimpah, handling yang sangat prima, sangat lengket di jalan seperti properly tuned, knalpot center dual exhaust belakang yang punya sedikit suara dalam ketika di gas dalam, dan ditambah body kit asli bawaan yang sangat modern nan cantik. Sampai pas saya yang bawa tukang parkir beberapa kali salah ucap, “mas (lihat luar kendaran, bapak (buka jendela), mas (parkirin kendaraan), bapak (you know lah) lagi”,, sumpah bikin ketawa…

Nilai plus tambahan disini selain kabin yang luas adalah konfigurasi hatchback yang berarti akses bagasi belakang yang sangat luas ! Tidak muluk-muluk kami sebutkan kalau 2 sepeda lipat (note: merk “Inggris” itu) bisa masuk kedalam dan masih ada ruang tersisa untuk satu koper ukuran kabin.

Belum lagi dengan FC 1: 17 (tebakan Ketika berkendara di tol Simatupang) untuk luar kota, dan 1: 12 untuk dalam kota, sungguh cukup menghemat pembelian bbm pertamax (bukan plus) untuk kubikasinya 1,500cc.

Juga ditambah reliabilitas mobil Honda yang sangat awet tipikal brand Jepang ini, patokan kami dari rekan yang punya CRV 2019 sebagai kendaraan harian dan review dia sangat baik overall di sisi ini.

 

Kekurangan mobil saya

Nah,, kekurangan-kekurangan Honda Civic RS (FK7) 2020 yang sebernya sangat tipikal brand ini di seri FK. Ingat waktu kami bilang kalau suara exhaust nya yang bersuara merdu kencang namun lembut Ketika pedal ditekan dalam, sayangnya tidak hanya suara itu yang kami dengar, Honda Civic RS (FK7) 2020 sangat minim insulasi, semua suara sampai kucing mengeong diluar saja kedengaran, dan jujur ini sedikit membuat kurang nyaman, terutama waktu berjalan di jalan tol di kecepatan diatas 100 kpj. Kami sudah tahu obat nya namun bayang-bayang garansi hangus membuat kami agak seram.

Kekurangan kedua adalah dikarenakan handlingnya yang tajam dan precise yang berujung ke suspensi yang sedikit kaku dan kurang nyaman untuk yang di bangku belakang. Ditambah struktur hatchback yang merunduk dibelakang membuat headroom dan kaca belakang sedikit dikorbankan yang berarti sama dengan musibah untuk mbak nya anak-anak yang toleransi nausea nya sedikit. Sedikit catatan tambahan untuk yang baca review ini. Brand ini notorious untuk kaki-kaki bawahnya yang lemah dan Civic ini no exception IMO.

Kekurangan ketiga yang kami temukan sampai saat ini dan terakhir adalah sangat minim nya fitur-fitur yang kami terima di kendaraan semi premium setengah milyar. Ok kami mendapatkan passive dan active safety, auto door lock, air conditioner, etc… but that’s it. Tidak ada boost meter (FK7 Negara Jiran), Auto folding mirror, dan tape yang hanya sanggup dicolok USB dengan suara yang “ya begitulah”. Sangat sangat jauh fitur nya kalah dari Expander wara wiri pasar kami yang dengan harga mutlak setengah nya pas namun fiturnya hampir setengah lebih banyak,, that Expander’s Stereo even can accommodate 2 USB and a CD !!! haha

Kesimpulan

Kami pengguna Civic RS 2020 dan overall sangat puas untuk kendaraan ini dan berharap akan mempergunakan untuk waktu yang lama, atau sampai si bungsu kami Kembali cemberut kembali minta FK8. Mana yang tercapai lebih dahulu (syarat dan ketentuan berlaku)

Selama saya sebulan menggunakan Honda Civic RS (FK7) 2020, sungguh di luar ekspektasi saya dikarenakan semua perjalanan yang kami lakukan itu seperti sebuah petualangan baru, saya yang kepala empat berasa seperti Kembali kepala dua, selalu membuat senyum terkembang setiap keluar dan masuk Kembali dalam Honda Civic RS (FK7) 2020, dan saya yakin anda pasti juga!

Komentar

Mobil Terbaru