Review Pemilik: Sudah pakai Mitsubishi Pajero Sport selama hampir 10 tahun, kok mesinnya masih kuat?

Review Pemilik · 13 Mei, 2021 12:00

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Mitsubishi Pajero Sport dan artikel ini dari situs Vietnam, ini tidak mencerminkan pendapat AutoFun.

Harto


Sudah hampir 10 tahun sejak Pak Harto membeli Mitsubishi Pajero Sport, sejauh ini dia belum ada niat untuk mengganti mobil ini, karena biaya perawatan Mitsubishi Pajero Sport terlalu murah.

Bapak Harto adalah seorang pekerja kantoran di ibukota. Dia membeli Mitsubishi Pajero Sport pada tahun 2011, setelah hampir 10 tahun memiliki dan menempuh jarak total 100.000 km, dia ingin jelas kelebihannya dan kekurangan mobil ini dan berbaginya dengan pembaca kami.

Review Pemilik: Sudah pakai Mitsubishi Pajero Sport selama hampir 10 tahun, kok mesinnya masih kuat? 01

Q1: Halo, Pak! Apakah Anda bisa berbagi mengenai pengalaman Anda dengan Mitsubishi Pajero Sport?

Saya membeli Mitsubishi Pajero Sport ternyata cukup disengaja dan beruntung. Saya membeli mobil ini pada November 2011. Saat itu, banyak orang menyarankan saya untuk membeli Toyota Rush karena berbagai alasan seperti depresiasi rendah bahkan setelah bertahun-tahun digunakan, harga jual kembali, daya tahan, dll.

Tapi saya tidak suka mendengarkan mayoritas. Saya pergi ke dealer untuk uji coba sendiri dan kemudian menyadari bahwa Fortuner tidaklah hebat seperti yang dikabarkan.

Kemudian saya diberi tahu oleh seorang kenalan bahwa Mitsubishi telah memperkenalkan ke pasar model 7-seater yang sama sekali baru yang disebut Mitsubishi Pajero Sport. Saya pergi ke showroom lagi untuk melihat mobil itu dan langsung terkesan dengan desainnya.

Review Pemilik: Sudah pakai Mitsubishi Pajero Sport selama hampir 10 tahun, kok mesinnya masih kuat? 02

SUV 7-seater ini juga dikembangkan berdasarkan model pick-up Triton yang saat itu cukup terkenal dengan sasisnya yang kokoh dan mesin bertenaga yang membuat saya semakin "jatuh cinta". Setelah test drive, saya langsung pesan Mitsubishi Pajero Sport.

Q2: Ada banyak mobil bagus lainnya, apakah Anda menemukan kesulitan ketika memilih Mitsubishi Pajero Sport?

Tentu saja. Saat itu Mitsubishi Pajero Sport ini baru dirilis ke pasar Indonesia selama 2 tahun, mobil ini di jalan belum banyak. Meski saya tahu mobil ini berbagi platform yang sama dengan Triton, ada hal yang cukup mengkhawatirkan saya seperti konsumsi bahan bakar. 

Setelah menerima saran dari perusahaan serta mempelajari lebih lanjut tentang model ini di pasar luar negeri, untuk sementara saya menepis kekhawatiran.

Review Pemilik: Sudah pakai Mitsubishi Pajero Sport selama hampir 10 tahun, kok mesinnya masih kuat? 03

Q3: Setelah mengemudi mobil Anda hampir 10 tahun, bagaimana pendapat Anda mengenai Mitsubishi Pajero Sport?

Secara pribadi, saya tidak tahu kriteria apa yang dianggap orang sebagai mobil tahan lama Jepang. Tapi memang Mitsubishi Pajero Sport yang saya pakai awet. Setelah hampir 10 tahun digunakan, saya tidak mengalami kegagalan besar, bahkan kesalahan kecil pun hampir tidak ada.

Sejak saya membeli mobil sampai sekarang, mobil saya tidak pernah diperbaiki seluruhnya selain perawatan dan penggantian oli, penggantian oli secara berkala. Hal ini membuat saya semakin mencintai Mistsubishi Pajero Sport saya karena ia memenuhi kebutuhan saya.

Review Pemilik: Sudah pakai Mitsubishi Pajero Sport selama hampir 10 tahun, kok mesinnya masih kuat? 04

Q4: Bagaimana Anda merawat Mitsubishi Pajero Sport Anda?

Banyak orang berkata, "Biaya perawatan mobil sangat mahal". Namun saya sadari, misalnya, jika saya perlu sering berkendara mobil ke berbagai tempat karena kebutuhan pekerjaan, maka jelas ketika mengemudi mobil untuk berangkat kerja, saya akan mendapat kompensasi atas kenyamanan yang ditawarkan mobil. Jadi saya merasa layak untuk membeli mobil.

Kembali ke biaya "menaikkan" mobil setiap bulan. Biasanya saya mengemudi mobil saya di akhir pekan untuk ke luar kota, pulang atau kembali bekerja saat dibutuhkan, jadi rata-rata 1 bulan saya menumpahkan oli dari Rp 800 ribu hingga Rp 1 juta. Jika tambahan biaya parkir di pakiran adalah Rp 500 ribu / bulan dan biaya lainnya seperti memarkir mobil di pakiran perusahaan , mencuci mobil, rata-rata biaya per bulan untuk "menaikkan" mobil saya adalah sekitar Rp 1,5 - 2 juta.

Review Pemilik: Sudah pakai Mitsubishi Pajero Sport selama hampir 10 tahun, kok mesinnya masih kuat? 05

Dua tahun lalu, ketika Mitsubishi Pajero Sport saya berjarak 80.000 km, saya harus membawa mobil ini ke bankel untuk melakukan perawatan besar. Selain harus mengganti oli mesin, saya harus mengganti beberapa bagian lagi. Termasuk bantalan roda depan dengan biaya penggantian antara Rp 8-9 juta. Ini adalah pengeluaran terbesar yang saya keluarkan sejak saya membeli mobil ini pada tahun 2011.

Q5: Apa keunggulan dari Mitsubishi Pajero Sport ini?

Awalnya saya merasa Mitsubishi Pajero Sport ini memiliki sistem sasis yang sangat kokoh. Sekitar 3 tahun yang lalu, ketika saya biasa mengemudi mobil ini untuk pergi ke jalan ke kota lain, saat menikung, saya merasa mobil ini sangat kompak, tidak mengambang, membantu pengemudi dan penumpang tidak lelah. Ini sebagian karena sistem suspensinya yang sangat kuat.

Keunggulan kedua adalah sylinder mesin mobil. Meski mobil ini hanya menggunakan mesin 2.5 liter turbocharged, namun torsi maksimalnya adalah 313 Nm pada 3.000 rpm saja, membuat mobil ini berjalan cukup "memuat". Saat bertamasya ke kota lain 3 tahun yang lalu, kadang saya membawa 5 orang dewasa, menyalakan AC dan banyak barang bawaan di ruang bekasi, tapi Mitsubishi Pajero Sport ini tetap “menyeberang” melalui tikungan dengan mudah.

Review Pemilik: Sudah pakai Mitsubishi Pajero Sport selama hampir 10 tahun, kok mesinnya masih kuat? 06

Sistem pendingin udara juga menjadi kelebihan Mitsubishi Pajero Sport ketika mampu melakukan deep cooling dalam waktu singkat. Pernah saya taruh termometer di dalam mobil dan itu menandakan suhunya mencapai 43-45 derajat celcius, tapi AC dihidupkan sepenuhnya, hanya beberapa menit kemudian udara di interior jauh lebih nyaman. Memang benar bahwa AC pada model Mitsubishi Pajero Sport tidak terkalahkan! (Tertawa).

Q6: Semua kendaraan tentu memiliki nilai masing-masing. Menurut Anda, apa kekurangan dari Mitsubiahi Pajero Sport?

Meski saya sangat menyukai mobil ini, ada banyak kekurangan yang membuat saya tidak terlalu puas. Yang pertama adalah kompartemen interior yang perlengkapannya buruk. Mobil ini memangkas cukup banyak "pilihan" dibandingkan model lain. Saya dan teman saya sering menggambarkannya sebagai: "Box dengan empat roda dan satu roda kemudi."

Tidak ada perangkat kelas atas seperti port USB, AUX, konektivitas Bluetooth, dll seperti mobil modern saat ini. Sorotan satu-satunya mungkin adalah layar sentuh 7 inci di tengah yang hanya berfungsi untuk menampilkan kamera mundur dan melihat CD, bahkan tidak dapat menampilkan stasiun radio. Radio dikontrol secara terpisah pada pemutar disk yang terletak di bawah area AC. Interiornya juga hanya dilengkapi dengan 4 speaker.

Belakangan, saya mengganti layar aslinya dengan tablet Android dengan lebih banyak fungsi entertainment. Pemutar disk di bawah juga telah dilepas menjadi kompartemen penyimpanan kecil. Kualitas finishing internal juga biasa-biasa saja. Seluruh dashboard, pintunya terbuat dari plastik keras. Pembuat mobil hanya menambahkan dua bantalan tipis di area sandaran tangan di pintu. Kursinya mudah kotor dan sulit dibersihkan.

Review Pemilik: Sudah pakai Mitsubishi Pajero Sport selama hampir 10 tahun, kok mesinnya masih kuat? 07

 

Kekurangan ketiga adalah mobil terputus dengan fitur gas cruise control dan tombol kontrol audio di setir. Kemudian saya menemukan suku cadang asli dari luar negeri dan memasang lebih banyak untuk mobil.

Kelemahan lain dari mobil ini adalah setirnya. Mobil gasoline harus lebih berat daripada model yang dibantu tenaga listrik saat ini. Ketika saya pertama kali mengemudi mobil ini, saya tidak melihat ada masalah tetapi setelah pemakaian lama, saya mulai lelah karena beratnya. Paling sulit saat bepergian di kota pada jam-jam sibuk. Tapi sebagai gantinya, setirnya sangat presisi!

Saya bilang AC mobilnya sangat dingin, tapi ini juga menjadi kekurangan pada Mitsubishi Pajero Sport versi diesel. Secara khusus, pintu AC dari baris ketiga kursi dibelokkan ke satu sisi kursi. Kapasitas AC-nya cukup kuat, sehingga meskipun dijaga sekecil mungkin, orang di belakang mudah kedinginan. Belakangan, versi mesin bensin Pajero Sport dipindahkan ke pintu AC di langit-langit, saya merasa lebih masuk akal.

Sistem lampu depan asli agak gelap. Awalnya, mobil ini dilengkapi dengan tipe halogen yang dikombinasikan dengan proyektor, tetapi kemudian saya meningkatkan ke lampu HID cahaya putih yang secara signifikan meningkatkan kecerahan. Jika Mitsubishi Indonesia dilengkapi dengan lampu xenon standar, betapa hebatnya jadinya. (Tertawa).

Review Pemilik: Sudah pakai Mitsubishi Pajero Sport selama hampir 10 tahun, kok mesinnya masih kuat? 08

Kelemahan terakhir adalah peredaman suara tidak terlalu bagus. Duduk di kompartemen interior, suara dari mesin, lingkungan luar cukup jernih. Untuk mengatasi itu, biasanya saya harus menaikkan volume sistem infortainment.

Q7: Anda telah mengemudi mobil ini hampir 10 tahun. Apakah Anda berniat menggantinya?

Semua orang ingin berganti mobil, terutama bagi mereka yang memiliki mobil dengan banyak kekurangan seperti milik saya. Suatu ketika 1 tahun yang lalu, saya mempertimbangkan untuk mengganti mobil. Saya telah mengetahui tentang model lain seperti Ford Everest. Tapi yang paling menarik masih generasi baru Mitsubishi Pajero Sport karena saya sepenuhnya mengandalkan model ini setelah hampir satu dekade digunakan.
 

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru