window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Review Pemilik: Terlahir untuk retro rally style, inilah Peugeot 306 N5 Lemans tua yang lahir pada tahun 1997

Review Pemilik · 26 Nov, 2020 19:00

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Peugeot 306 N5 Lemans, ini tidak mencerminkan pendapat AutoFun.

Adji


Review Pemilik: Terlahir untuk retro rally style, inilah Peugeot 306 N5 Lemans tua yang lahir pada tahun 1997 01

Informasi dasar tentang mobil saya

1997 Peugeot 306 N5 Lemans 1.8 Automatic Tahun pembelian 2017

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Awal saya membeli mobil ini karena penasaran dan ingin membangun mobil retro rally style yang bisa dipakai harian. Waktu itu saya membeli dalam kondisi apaadanya seharga 26 Juta, cukup ramah dikantong.

Mobil ini memang bukan satu-satunya kendaraan saya, oleh karenanya tidak terburu-buru dalam menyelesaikan proyek ini menjadi mobil yang sesuai selera saya.

Proses pemilihan mobil

Dalam pertimbangan pemilihan kendaraan saat itu adalah, mobil yang sesuai dengan selera yaitu sedan( sedan berarti kenyamanan adalah hal utama), wajib automatic karena dipakai di kota Surabaya yang sehari-hari sering bertemu kemacetan, bertampang retro dan rally style. Kebutuhan hanya untuk pemakaian sehari-hari di dalam kota namun wajib siap bila dipakai sesekali keluar kota.

Peugeot 306 N5 sebuah mobil asal Perancis yang didisain oleh Pininfarina sebuah rumah disain otomotif terkenal dari Italia, adalah generasi kedua dari seri 306 di Indonesia, sebelumnya ada seri 306 N3 dan sesudahnya ada 306 MY2000 (hanya ada tipe manual). Pilihan 306 N5 lemans karena ada varian automatic. Semua seri 306 adalah berpenggerak roda depan, system injeksi berkapasitas 1800cc yang cukup mumpuni untuk dibawa lari.

Dasar pemilihan mobil 

Pemilihan bahan kendaraan dengan anggaran kisaran : 25.000.000,- - 50.000.000,-

Model-model yang saya pertimbangkan meliputi: corolla twincam 1990, mitsubhisi lancer 1995

Saat pemilihan model sempat kebingunan diantara ketiganya, untuk corolla sebenernya cukup menarik namun saat itu tidak menemukan yang bertranmisi matik, untuk alternatif lancer saya kesulitan mendapat unit yang cukup baik terutama di interior serta matiknya sepertinya kurang responsive. Akhirnya saya mantab memilih Peugeot untuk dipinang sebagai bahan modifikasi yang bisa dipakai harian.

Review Pemilik: Terlahir untuk retro rally style, inilah Peugeot 306 N5 Lemans tua yang lahir pada tahun 1997 01

Alasan mengapa saya membeli mobil ini 

  • Populasi 306 automatic tidak terlalu banyak sehingga dapat menjadi koleksi
  • Teknologi eropa
  • Durability ok
  • Sedan dengan style sporty/rallye look
  • Kenyamanan khas perancis
  • Material Elegan
  • Disain eksterior dan interior oleh Pininfarina
  • Mudah dimodifikasi

Pengalaman pengguna

Awal cerita saya membangun mobil ini, cukup banyak tantangan terutama dalam hal transmisi mengingat di tahun tersebut transmisi automatic belum popular di Indonesia sehingga populasinya terbatas dan beberapa kali harus mengalami bongkar pasang transmisi dikarenakan beberapa bengkel kurang menguasai matik jenis tersebut, walau begitu tidak begitu menguras kantong karena transmisinya masih kategori matik sederhana. Terakhir saya harus menambahkan oil cooler untuk system pendingin matic agar tidak loss power pada saat macet dan kondisi suhu panas. Untuk mesin tidak ada masalah berarti hanya perapihan wiring dan penggantian busi yang sesuai spesifikasi. Dalam hal kaki saya hanya mengganti semua part busing, tierod long tierod laher-laher, tromol belakang, kampas-kampas rem serta rebuilt power steering dengan part seal dan pipa-pipa baru. Sistem gas buang diganti dengan semi header dari tengah sampai belakang.

Segi eksterior cat orisinil blueblack met dirubah menjadi deepblack dan clearcoat dari blinken, semua list dan bemper black mate dirubah satu warna dengan body, velg sementara masih mengandalkan original hanya repaint dari silver menjadi dark grey met, ban baru Dunlop 185/65/r14, karet2 pintu ganti baru agar kedap Kembali.

Interior semua jok diganti depan belakang menjadi semi bucket dengan bahan fabric sehinnga nuansa retro rallye terlihat kental,lingkar kemudi tetap mengandalkan 3 spoke dengan retrim ulang, audio alpine single din dengan tambahan Bluetooth sehingga tampilan retro masih dapat.

Untuk biaya sehingga menjadi Kembali ke performa awal saya menghabiskan kurang lebih 2x total dari harga beli. tapi hasilnya cukup menggembirakan hati. Hehehe…

Mobil ini sangat nyaman di jalan bumping dan sangat lembut di marka kejut atau dikenal umu dengan polisi tidur, nyaris tak terasa, oleh karenanya banyak yang tidak mengindahkan penghalau kecepatan tersbut sehingga mempercepat kerusakan pada kaki kendaraan. Pengetesan lari masih dapat diangka 180km/jam, namun begitu karena kecepatan dalam kota, luar kota maupun di toll tidak disarankan mengingat regulasi tidak diperbolehkan. Untuk harian hanya bermain ditarikan awal saja, tetap kita harus patuh dan menjaga kesadaran berlalu lintas.

Review Pemilik: Terlahir untuk retro rally style, inilah Peugeot 306 N5 Lemans tua yang lahir pada tahun 1997 02

Peringkat

  • Skor total: 4,5
  • Performa: 4
  • Kualitas & Fitur: 4
  • Spasi: 5
  • Kenyamanan Berkendara: 5
  • Konsumsi bahan bakar: 3
  • Harga & Biaya: 4

Mobil ini sangat efisien namun begitu untuk yang tidak terbiasa dengan mobil berumur akan sedikit kebingungan dalam memeliharanya, tapi akan menjadi keasyikan tersendiri bagi penyuka performa dan kenyamanan.

Keuntungan mobil saya

Nyaman, Rallye look, fun to drive, dengan cc 1800 body kecil menjadikannya sangat lincah berlari dan jago ditanjakan berkelok, kabin dan bagasi sangat luas.

Kekurangan mobil saya

Namanya mobil berumur diatas 20 tahun, pasti banyak penggantian part kalau ingin mendapat kembali ke performa seperti baru, lumayan menguras kantong tapi sepadanlah, bukan mobil yang dapat dipakai segala kondisi medan terutama untuk medan jalanan tidak bagus, bbm beroktan tinggi dan unleaded

Kesimpulan

Mobil ini cukup asyik untuk dibawa fun dan sangat menyenangkan dikendarai. Proyek ini masih dalam Langkah awal dan sedang berjalan sambil mengumpulkan dana maupun referensi modifikasi yang lebih baik. Semoga saya mendapat kesempatan lagi untuk mereview sesuai progress modifikasi lanjutan.

Review Pemilik

UGC

Saya dan mobil saya. Kolom ini menerbitkan cerita tentang review pemilik dari penggemar mobil kami. Apakah Anda ingin berbagi cerita Anda?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil