Review Pemilik: Tolak Honda CR-V dan Toyota Fortuner, pilih Hyundai Santa Fe dua kali, kenapa?

Review Pemilik · 17 Jul, 2021 19:00

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Hyundai Santa Fe dan artikel ini dari situs Vietnam, ini tidak mencerminkan pendapat AutoFun.

Tuan Chandra


Tuan Chandra menjalankan bisnis yang berspesialisasi dalam bahan bangunan. Dia mengemudi Hyundai Santa Fe mesin diesel paling canggih tahun 2017, jarak tempuh sudah lebih dari 10.000 km. Mobil ini masih terbilang baru dengan banyak detail plastik yang belum dilapisi.

Tuan mengatakan bahwa Hyundai Santa Fe mesin diesel ini hanya untuk ke desa, tetapi di jalan raya di kota, dia tetap menggunakan sepeda motor. Selain itu, perusahaannya memiliki Hyundai Santa Fe mesin diesel versi standar, 2015, telah berjalan hampir 160.000 km.

Review Pemilik: Tolak Honda CR-V dan Toyota Fortuner, pilih Hyundai Santa Fe dua kali, kenapa? 01

Berikut ini adalah perasaan pak Tuan dengan Hyundai Santa Fe-nya setelah mengemudinya beberapa tahun.

Q1: Hai, Pak. Mengapa Anda memutuskan untuk membeli 2 mobil Hyundai Santa Fe?

Sejujurnya, ground clearance Hyundai Santa Fe benar-benar tidak tinggi, itu masih mobil crossover, sedikit lebih besar dari pada Hyundai Tucson. Hyundai Santa Fe lebih mahal dan lebih besar, pindah dalam kota tidak terlalu nyaman tetapi fungsinya mirip. Jika mesin Hyundai Tucson diesel tidak memiliki masalah dengan getaran dan kebisingan, mobil ini juga layak dibeli. Tapi Hyundai Santa Fe lebih senyap.

Review Pemilik: Tolak Honda CR-V dan Toyota Fortuner, pilih Hyundai Santa Fe dua kali, kenapa? 02

Di kisaran harga yang sama, ada Toyota Fortuner, tetapi segmen Hyundai Santa Fe tidak sama dengan Toyota Fortuner, karena Toyota Fortuner adalah SUV murni. Namun, interior Toyota Fortuner kurang baik, rem tangan masih mekanis, dan sunroof tidak tersedia. Saya suka mobil yang memiliki banyak perlengkapan yang tepat sehingga saya tidak mau beli Toyota Fortuner.

Review Pemilik: Tolak Honda CR-V dan Toyota Fortuner, pilih Hyundai Santa Fe dua kali, kenapa? 03

Kekurangan Nissan X-Trail dan Mitsubishi Outlander juga sama. Interiornya terlalu sederhana. Honda CR-V lebih modern, tetapi desain detailnya sedikit canggung, misalnya tuas persneling yang digantung tepat di samping dasbor.

Review Pemilik: Tolak Honda CR-V dan Toyota Fortuner, pilih Hyundai Santa Fe dua kali, kenapa? 04

Mazda CX-5 memiliki nilai plus dari banyak pelengkapannya, tetapi pengalaman di mobil sulit ditanggung. Mobil ini terasa melayang, sasisnya tidak stabil. Selain itu, cangkang Mazda CX-5 sangat tipis dan tidak setebal dengan Hyundai Santa Fe. Tentu saja, jika Anda memasang brace, Mazda CX-5 berjalan lebih kaku, tetapi secara umum, Mazda CX-5 tidak sebagus dengan Hyundai Santa Fe.

Review Pemilik: Tolak Honda CR-V dan Toyota Fortuner, pilih Hyundai Santa Fe dua kali, kenapa? 05

Kalau bahas tentang perlengkapan, Hyundai Santa Fe memiliki berbagai fasilitas yang tidak mungkin dimiliki oleh mobil dengan kisaran harga yang sama, mulai dari jok pengemudi elektrik dan jok ekstra, memori posisi, rem elektronik otomatis untuk menahan (Auto Hold) ke sunroof.

Lebih khusus lagi, fitur Hyundai Santa Fe ini juga sangat canggih. Mobil saya memiliki peringatan titik buta, peringatan kendaraan silang, ventilasi kursi, sensor tekanan ban, dll. Semua fitur Hyundai Santa Fe saya belum dimodifikasi karena saya suka mobil terlihat orisinal mungkin. Juga ada banyak pemilik akan memasang peringatan jalur dan pengereman otomatis, tidak kalah dari mobil kelas atas.

Review Pemilik: Tolak Honda CR-V dan Toyota Fortuner, pilih Hyundai Santa Fe dua kali, kenapa? 06

Karena ini adalah mobil diesel, kebisingan tidak dapat dihindari, tetapi ketidaknyamanan cukup mudah untuk dikurangi. Saya telah memasang gasket karet di kaca depan dan filter AC karbon. Hasilnya, kebisingan mesin yang masuk ke dalam mobil berkurang. Saya memiliki gasket karet yang terpasang di pintu juga. Ban diganti dengan tipe Michelin. Faktor-faktor ini juga berkontribusi pada peningkatan ketenangan di dalam kabin.

Review Pemilik: Tolak Honda CR-V dan Toyota Fortuner, pilih Hyundai Santa Fe dua kali, kenapa? 07

Q2: Bagaimana Anda menilai Hyundai Santa Fe?

1. Kualitas

Berbicara tentang durability, saya ingin membaginya menjadi 2 bagian. Yang pertama adalah kualitas bahan dan perakitan, yang kedua adalah mesin.

Melihat dua Hyundai Santa Fe saya secara obyektif, saya akui kualitas perakitan Hyundai Santa Fe kurang bagus. Setelah lama digunakan, beberapa bagian mulai rusak, seperti sandaran tangan, tempat anak-anak sering menggoyangkan kaki. Kemudian bahkan plastik di bagasi mobil ini.

Review Pemilik: Tolak Honda CR-V dan Toyota Fortuner, pilih Hyundai Santa Fe dua kali, kenapa? 08

Plastik mobil Jerman berada pada level yang sama sekali berbeda. Cladding depan plastik atau panel pintu sangat tebal. Mobil Jerman selama puluhan tahun masih sangat kokoh, tetapi mobil Korea termasuk reyot, terutama untuk mobil yang sering dibongkar dan dimasukkan ke dalam detail plastik.

Review Pemilik: Tolak Honda CR-V dan Toyota Fortuner, pilih Hyundai Santa Fe dua kali, kenapa? 09

Kualitas sekrup di mobil Korea tidak bagus. Perusahaan saya memiliki semua jenis truk jadi kami sangat memahami hal ini. Kualitas dari sekrup Korea masih tertinggal dari produk Amerika dan Jerman.

2. Mesin

Mesin diesel Hyundai tahan lama adalah hal yang sangat terkenal di dunia, truk dan mobil penumpang juga begitu. Saya tidak berani berkomentar bahwa mesin diesel Hyundai Santa Fe benar-benar tahan lama atau tidak tetapi kasus sebenarnya dengan Hyundai Santa Fe 2015 di perusahaan saya sudah berjalan hampir 160.000 km masih bagus. Hyundai Santa Fe 2015 ini hanya berjalan di jalan raya, konsumsi bahan bakarnya saat ini kurang dari 6 liter / 100 km.

Review Pemilik: Tolak Honda CR-V dan Toyota Fortuner, pilih Hyundai Santa Fe dua kali, kenapa? 10

Namun, sisi negatif dari mesin diesel Hyundai Santa Fe adalah kebisingan. Semakin keras Anda menggunakannya dalam waktu lama, semakin keras suaranya, menyebabkan ketidaknyamanan. Tapi tidak semua mobil Hyundai Santa Fe sama berisiknya. Kalau Anda semakin hati-hati pada mesinnya, semakin mulus mesinnya dibandingkan kendaraan lain yang tidak digunakan dengan benar. Solusi saya untuk pengurangan kebisingan untuk Hyundai Santa Fe saya adalah memasang paking kaca depan dan filter AC karbon.

Q3: Bagaimana dengan biaya perawatan Hyundai Santa Fe?

Review Pemilik: Tolak Honda CR-V dan Toyota Fortuner, pilih Hyundai Santa Fe dua kali, kenapa? 11

Banyak orang mengatakan bahwa membeli Hyundai Santa Fe ini lebih buruk daripada menambahkan anggaran untuk membeli mobil lain yang lebih mahal dan lebih baik, tetapi ini bukan pilihan jangka panjang yang bagus. Misalnya Anda berusaha terlalu keras untuk membeli Mercedes-Benz GLC dan tidak punya uang untuk merawatnya, Anda harus menjualnya. Orang kaya tidak disebutkan, namun untuk pengguna mobil yang kurang kaya perlu mempertimbangkan dengan cermat biaya jangka panjang yang dikeluarkan saat membeli mobil.

Review Pemilik: Tolak Honda CR-V dan Toyota Fortuner, pilih Hyundai Santa Fe dua kali, kenapa? 12

Biaya perawatan Hyundai Santa Fe sangat irit. Menghabiskan Rp 3-6 juta setahun untuk merawat Hyundai Santa Fe saya itu pasti sudah cukup. Tapi bagi Mercedes-Benz, saya tidak yakin apakh uang itu cukup untuk merawat mobil. Keluarga saya juga punya Mercedes-Benz S500, baterai terpisah seharga Rp 7,5 juta, filter AC terakhir diganti Rp 4 juta. 

Q4: Apa Anda punya sesuatu untuk ditambahkan?

Secara umum, perbandingan Hyundai Santa Fe dengan mobil lain hanyalah pendapat pribadi. Secara pribadi, saya merasa puas dengan Hyundai Santa Fe saya dan jumlah uang saya keluar untuknya karena mobil ini memenuhi kebutuhan saya. 

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi GLS

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru