window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Review Singkat KIA Carens 2022 CRDi: MPV Diesel 7-seater Bisa Lebih Nyaman Dari Kijang Innova?

Enda · 14 Mar, 2022 19:00

KIA Carens 2022 CRD-i

Review singkat KIA Carens 2022 CRDi

Lewat ajang Jakarta Auto Week (JAW) 2022, PT Kreta Indo Artha (KIA) sebagai anak perusahaan dari Indomobil Group menampilkan dua line up terbarunya di segmen MPV keluarga 7 penumpang, yakni KIA Carens 2022 CRDi dan T–GDI.

Dengan hadirnya Carens terbaru, diharapkan mobil yang ditempatkan sedikit di atas Avanza dan Xpander ini mampu menarik minat konsumen Tanah Air berkat tampilan, fitur, kenyamanan serta performa yang disguhukan. Ingin tahu review singkat KIA Carens 2022 CRDi yang ditampilkan di JAW 2022? Simak ulasan di bawah ini.

Baca juga: Galeri Foto KIA Carens 2022, MPV Keluarga 7 Penumpang Yang Kini Naik Kelas Tantang Toyota Kijang Innova

KIA Carens 2022 CRDi: Eksterior

KIA Carens 2022 CRD-i

Tampilan depan KIA Carens 2022 CRD-i

Pada fasad, KIA Carens CRDi yang ditampilkan di JAW 2022 terlihat sama dengan varian T–GDI. Mobil keluarga jenama Ngeri Gingseng yang dibuat di India dengan kelir merah tersebut menyuguhkan kesan yang dinamis sekaligus menantang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Di bagian fascia, Carens 2022 CRDi berhasil disematkanya grill terbaru KIA sebagai ikoniknya. Bentuk grillnya sendiri terlihat pipih dengan mengaplikasikan garis horizontal berlapiskan krom yang terintegrasi LED DRL berpenampilan unik serta lampu utama bertekologikan LED dual-beam.

Untuk meningkatkan visibilitas mengemudi di malam hari, terdapat lampu senja yang diletakan tepat di samping air-dam dengan bentuk kotak bertingkat yang dibagi menjadi tiga bilah. Di grill bagian bawah, juga terdapat aksen krom berbentuk segi enam melingkar yang terkesan begitu mewah.

KIA Carens 2022 CRD-i

Tampilan samping KIA Carens 2022 CRD-i

Menilik sisi sampingnya, pada bagian hidung terlihat tinggi, serta dibuatnya pilar-A yang ditarik mundur ke belakang dengan mengaplikasikan garis atap yang lurus. Pada bagian atapnya sendiri disematkan roof rail dengan tampilan tangguh layaknya Seltos.

Bicara lingkar rodanya, KIA Carens 2022 berhasil dipadukan velg R16 dual tone berpenampilan atraktif yang diselimuti ban berprofil 205/65 dengan rem cakram di semua roda. Di atas lingkar roda, mobil ini dilengkapi over fender berwarna hitam yang terhubung dengan body cladding di bagian bawah pintu samping.

KIA Carens 2022 CRD-i

Tampilan belakang KIA Carens 2022 CRD-i bukan cuma mewah tapi juga berotot

Melihat sisi buritan, desain yang diterima mobil ini juga terlihat unik sekaligus sporty. Dibangun berdasarkan konsep pencahayaan khas KIA terbaru; ‘The Star Map’, stop lampnya mengaplikasikan bentuk menyudut seperti boomerang dengan teknologi LED, yang dibuat seolah terhubung dengan kedua sisinya berkat adanya LED bar panjang di tengah.

Pada bumpernya, mobil ini bukan cuma dibuat berotot berkat tarikan garis tegas yang diterima, tapi juga terkesan mewah karena disematkan aksen krom, reflektor stop lamp serta sensor parkir yang berada tepat dibawahnya.

Baca juga: Sama-sama Punya Mesin Turbo dan Sunroof, Mana Lebih Oke Antara Kia Carens 2022 Vs Wuling Cortez CT?

KIA Carens 2022 CRDi: Interior

KIA Carens 2022 CRD-i

Dashboard KIA Carens 2022 CRD-i

Menyoal layout dashboard, dengan memadukan konsep desain ‘Joy for Reason’ KIA Carens 2022 CRDi bukan cuma terlihat modern dan lebar, tapi juga mewah sekaligus dinamis berkat desain yang diterimanya. Pada bagian atas dashboard yang dilabur warna hitam solid sendiri terdapat tekstur bergradasi.

Pada center clusternya, kalian bisa menemukan adanya sistem hiburan layar sentuh 10,25 inci dan konektivitas Apple Carplay dan Android Auto model tanam, dengan imbuhan sistem audio premium lansiran Bose dengan 8 speaker. Dibawahnya, terdapat tombol pengaturan AC digital serta beberapa tombol untuk menjalankan fitur yang terasa ergonomis.

KIA Carens 2022 CRD-i

Fitur pengisian daya nirkable

Tepat di depan tuas transmisi di bawah soket USB nya, kalian bisa menjumpai adanya fitur wireless charging yang sangat bermanfaat dan secara mudah untuk menambahkan daya pada gawai. Di sisi pengemudi, tampilan pusat informasinya sudah menggunakan instrumen full-digital yang bisa diset dari tombol switch control di lingkar kemudinya.

Untuk memudahkan pengguna dalam menghidupkan dan mematikan mesin, Carens CRDi dilengkapi tombol start/stop engine button yang berada di bawah kisi-kisi AC sebelah kanan.

KIA Carens 2022 CRD-i

Tirai jendela di baris kedua

Selain itu, soal kenyamanan di dalam kabin Carens terasa begitu comfortable dengan tirai jendela di baris kedua dan hadirannya bangku depan berventilasi. Lainnya, berhasil ditambahkan fitur berupa ambient light dengan mode pilihan 64 warna serta tilt and slide mode, yang tentunya bisa membuat betah penggunanya untuk berlama-lama di dalam mobil.

Tak hanya itu, di baris pertamanya terdapat sunroof yang bisa dibuka dan ditutup secara elektrik dengan jarak head room yan cukup jauh. Adanya sunroof di Carens 2022, bukan cuma bisa meningkatkan visibilitas tapi juga gaya berkendara.

KIA Carens 2022 CRD-i

Tombol pengaturan AC di belakang konsol tengah

Beranjak ke baris kedua, pada consol tengah terdapat pengaturan AC model knob putar serta port USB type C yang bisa dimanfaatkan untuk mengecas baterai smartphone. Di atapnya sendiri terdapat kisi-kisi AC yang terlihat menimalis dan dibuat rata dengan plafon yang tersedia hingga baris paling belakang.

Pelipatan bangku baris kedua sebagai akomodasi keluar masuknya penumpang baris ketiganya, KIA Carens 2022 CRDi terbilang sangat mudah. Pengguna hanya cukup menekan tombol di samping head rest untuk melipat bangku dengan metode one touch tumble.

KIA Carens 2022 CRD-i

Jok baris ketiga KIA Carens 2022 CRD-i bisa dilipat rata dengan kabin

Sebagai informasi, kapasitas bagasi KIA Carens 2022 terbilang cukup memadai. Terlebih untuk baris ketiganya, jok mobil ini dapat direbahkan rata dengan lantai sehingga kalian tidak perlu merasa kerepotan disaat membawa barang dengan jumlah yang banyak.

KIA Carens 2022 CRDi: Mesin

KIA Carens 2022 CRD-i

KIA Carens 2022 CRD-i menggunakan mesin diesel kepunyaan Seltos

KIA Carens 2022 CRDi yang dipasarkan di Indonesia menggunakan mesin diesel kepunyaan Seltos.

Scara data, mesin diesel jantung mekanis berkodekan U2 1.5L VGT CRDi 4-silinder segaris berkapasitas 1.493 cc yang dibenamkan secara melintang pada MPV terbarunya tersebut dapat memperoleh tenaga 115 PS @4.000 rpm dengan torsi puncak 250 Nm @1.500 – 2.750 rpm. Sebelum putaran mesin yang dihasilkan ditranslasi ke penggerak roda depan (FWD), untuk tingkat percepatannya sendiri diatur menggunkan transmisi otomatis 6-percepatan.

Baca juga: First Drive Kia Seltos CRDi 2021, Satu-satunya SUV Kompak Buat Pecinta Mobil Diesel

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Kia Carens 1.4T Premiere (6 seats) 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil