window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Review Singkat Mazda CX-5 AWD, Edisi Spesial Yang Bikin Rivalnya Tak Bisa Jumawa

Budi · 11 Mar, 2023 12:01

Review Singkat Mazda CX-5 AWD, Edisi Spesial Yang Bikin Rivalnya Tak Bisa Jumawa 01

Diperkenalkan sebagai model edisi khusus, Mazda CX-5 AWD yang kami uji ini tak hanya menyuguhkan nilai istimewa bagi pemiliknya, tapi juga pengendaraan yang semakin hebat. Diperkenalkan pada awal bulan Februari 2023 lalu, Mazda CX-5 AWD ini merupakan edisi 6th Anniversary yang sengaja dihadirkan untuk memperingati tonggak pencapaian PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) ke-6 tahun selaku agen pemegang merek Mazda di Indonesia.

Dan pada hari Selasa (7/3) lalu, beberapa rekan jurnalis mendapatkan kesempatan untuk mencicipi langsung bagaimana kemampuan Medium SUV berbalut warna spesial Rhodium White itu di lintasan aspal. Ya, dari warna yang digunakannya saja mobil ini sudah menyuguhkan keistimewaan. Warna spesial ini memperkuat kesan premium bagi CX-5 dan terinspirasi dari estetika ala Jepang yang menyuguhkan keindahan dalam kesederhanaan serta ketiadaan elemen yang berlebihan.

Mazda CX-5 AWD

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Bagaimana tidak, warna putih di sekujur tubuh CX-5 ini benar-benar tampil monotone tanpa kesan yang rumit. Bahkan aksen over fender dan body kit pada CX-5 ini mendapatkan warna cat serupa dengan badannya. Pengecatan pada warna baru ini juga unik, karena cat mengandung serpihan aluminium yang sangat tipis. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan ketebalan yang seragam dan menghasilkan warna body yang berkilau. 

Saat merek-merek lain banyak memilih warna hitam untuk edisi khusus yang dijualnya di Indonesia. Mazda dengan berani memberikan pilihan warna putih yang seakan memberikan pencerahan untuk pasar medium SUV di Tanah Air.

Baca juga: Ulang Tahun ke-6, Mazda Indonesia Rilis CX-5 dan Mazda6 Edisi Khusus

Teknologi AWD Pintar Untuk Keselamatan

Salah satu fitur terbaik yang ditawarkan pada Mazda CX-5 edisi spesial ini tentunya adalah sistem penggerak keempat roda atau All-Wheel Drive (AWD). Disebut sebagai i-ACTIV AWD oleh Mazda, pada prinsipnya ini adalah teknologi pintar yang akan membuat Anda semakin percaya diri dalam mengendarai Mazda CX-5 ini karena faktor keselamatan yang meningkat.

Review Singkat Mazda CX-5 AWD, Edisi Spesial Yang Bikin Rivalnya Tak Bisa Jumawa 01

Otak pintar yang dimiliki oleh i-ACTIV AWD menjadikan CX-5 ini seakan dapat memprediksi perilaku yang akan terjadi di setiap permukaan jalan yang dilewatinya. Bayangkan seperti Anda tiba-tiba terpeleset saat melewati jalanan licin, tapi sebuah sistem mampu menjadikan cengkraman kaki Anda semakin kuat menapak.

Begitulah yang dilakukan oleh i-ACTIV AWD pada CX-5 ini. Sistem yang ada akan secara otomatis mendistribusikan torsi dan tenaga yang dibutuhkan pada setiap roda akibat melintasi jalanan licin secara instan dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing roda. Hasilnya, tak hanya meningkatkan keselamatan, tapi juga membantu menghemat bahan bakar karena sanggup mengeliminasi gerak roda yang berlebihan.

Review Singkat Mazda CX-5 AWD, Edisi Spesial Yang Bikin Rivalnya Tak Bisa Jumawa 02

Bahkan di medan yang lebih berat lagi, sistem Mazda Intelligtent Drive Select (Mi-Drive) bekerjasama dengan Off-Road Traction Assist dapat membantu Anda untuk melintasi medan berlumpur, pasir atau bahkan bersalju. Pada Mi-Drive, pilihan mode pengendaraan Off-Road membuat mobil ini dapat merespon lebih baik terhadap medan jalan yang lebih berat.

Review Singkat Mazda CX-5 AWD, Edisi Spesial Yang Bikin Rivalnya Tak Bisa Jumawa 03

Mi-Drive sendiri memiliki tiga mode pengendaraan. Selain Off-Road masih ada Normal dan Sport. Mode pengendaraan normal tentunya ideal untuk pengendaraan sehari-hari, sementara mode Sport untuk pengendaraan yang lebih menyenangkan dengan akselerasi lebih responsif dan juga pengendalian yang terasa lebih lincah.

Baca juga: Mengupas Kelebihan dan Kekurangan Mazda CX-5 2022, Rival kuat HR-V atau CR-V?

Pembaharuan i-ACTIVSENSE Hadirkan Semi Autonomous Drive

Dalam perjalanan singkat sejauh 23 km, salah satu pengalaman paling terasa memudahkan sepanjang pengendaraan adalah kehadiran deretan fitur i-ACTIVSENSE, terutama Mazda Radar Cruise Control. i-ACTIVSENSE sendiri adalah fitur Advanced Driving Assistance System (ADAS) ala Mazda yang memungkinkan berbagai fitur keselamatan membantu pengendaraan.

Mazda CX-5 AWD

Nah melalui Radar Cruise Control terbaru yang disematkan pada Mazda CX-5 AWD ini, batas kecepatan terendah untuk aktif sudah diturunkan hingga 0 km/jam. Alhasil, mobil ini kini sanggup untuk menjaga jarak terhadap mobil di depannya hingga benar-benar berhenti. Saat kami mencobanya di sekitar BSD City, Tangerang Selatan, fitur ini memungkinkan saya tak perlu lagi menginjak pedal gas dan rem ketika mengikuti mobil di depan, termasuk saat macet.

Nah, pada jalur dengan marka jalan yang jelas, kemudahan pengemudi semakin meningkat juga karena adanya fitur Lane Departure Warning System (LDWS) dan Lane-Keep Assist System (LAS). Keduanya membantu pengemudi untuk menjaga mobil tetap dalam lajur yang ditentukan, bahkan tanpa perlu menggenggam roda pengemudi untuk sesaat. Hal ini tentu saja menciptakan sensasi berkendara layaknya mobil semi-autonomous.

Review Singkat Mazda CX-5 AWD, Edisi Spesial Yang Bikin Rivalnya Tak Bisa Jumawa 05

Selain itu, masih ada pula fitur Blind Spot Monitoring (BSM), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Cruising and Traffic Support (CTS) serta Adaptive LED Headlights sebagai bagian dari i-ACTIVSENSE yang menjadi jaminan keselamatan.Juga adanya 360o View Monitor System memberikan tampilan penuh di sekeliling mobil untuk mendeteksi objek dan menghindari potensi bahaya saat parkir maupun berkendara di jalan sempit.

Baca juga: Harga Mazda CX-5 2017 Makin Terjangkau, SUV Mewah dan Fitur Berlimpah

Kesimpulan Mazda CX-5 AWD

Selain balutan warna spesial, penggunaan sistem penggerak AWD dan semakin canggihnya i-ACTIVSENSE, seluruh mobil masih menyuguhkan kompetensi yang sama dengan CX-5 sebelumnya. Mesin SKYACTIV-G 2,5 liter yang diusungnya menyuguhkan respon yang halus dan cepat. Tak heran karena output daya 190 PS dan torsi hingga 252 Nm menjadi salah satu yang terbesar di kelasnya. Transmisi otomatis 6-speed yang digunakannya juga terasa cocok dengan sistem penggerak empat rodanya.

Review Singkat Mazda CX-5 AWD, Edisi Spesial Yang Bikin Rivalnya Tak Bisa Jumawa 06

Soal kenyamanan, balutan jok kulit, kekedapan kabin serta balutan material premium di dalam kabin membuat berkendara di dalam CX-5 setara dengan merek-merek premium asal benua Eropa. Meski suspensinya terasa lebih kaku dibandingkan kompetitor sekelasnya, namun hal ini adalah kompensasi dari lebih baiknya performa yang ditawarkan oleh CX-5. Sayangnya, keterbatasan unit yang ditawarkan EMI untuk edisi khusus CX-5 ini membuat calon konsumen tak bisa sembarangan untuk meminangnya.

Mazda CX-5 AWD

Informasi yang kami dapatkan, sejak pertama kali diluncurkan pada 3 Februari 2023, edisi terbatas Mazda Anniversary CX-5 AWD Rhodium White ini sudah terjual sebanyak: 60 unit. Sementara satu model lainnya, yaitu Mazda6 Artisan Red Premium telah terjual sebanyak masing-masing 20 unit untuk tipe Estate dan 20 unit untuk tipe Sedan. Jadi jika Anda masih berminat untuk meminangnya, Anda hanya perlu merayu salah satu pemiliknya.
 

Budi

Head of Content

Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak lebih dari 15 tahun, Ia telah mencicipi berada di beberapa sisi industri, PR, agency dan media, baik cetak maupun online. Kegemarannya berkendara membawa Ia mencoba berbagai jenis mobil, mulai single seater di lintasan sirkuit hingga off-road di lintasan salju bersuhu -15 derajat Celsius. Facebook: budityas Instagram: budityasbebe

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Mazda CX 5 GT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil