window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Review Toyota Agya, Mobil Berdimensi Mungil yang Irit Bahan Bakar

Mark Jacob · 30 Apr, 2020 13:00

Review Toyota Agya, Mobil Berdimensi Mungil yang Irit Bahan Bakar 01

Toyota Agya merupakan salah satu mobil berdimensi kompak yang ada di Indonesia. Mobil berkapasitas maksimal 5 orang ini menjadi salah satu mobil yang cukup populer. Hal tersebut dikarenakan konsumsi bahan bakar yang irit, harga yang terjangkau, serta desainnya yang cukup stylish. Walaupun ini adalah mobil berukuran kecil, tetapi rasa berkendara yang dihasilkan cukup menyenangkan. Seperti apa impresi berkendara dari Toyota Agya ini?

Desain Eksterior Toyota Agya

Hal paling mencolok pada Toyota Agya versi terbaru adalah desain yang terlihat lebih dinamis, stylish dan sporty. Toyota Agya generasi terbaru ini memiliki beberapa ubahan di beberapa bagian eksterior. Mulai dari bagian depan, sisi samping dan juga bagian belakang. Di bagian depan, ubahan yang mencolok dapat dilihat dari bagian lampu, desain bumper dan gril. Desain bumper versi baru ini terlihat memiliki lekuk tajam, dengan kombinasi desain honeycomb pada bagian gril.

Lampu depan kini sudah memakai model projector headlamp yang mampu menambah visibilitas pada saat berkendara di malam hari. Di bagian bawah lampu, terdapat LED DRL berwarna putih yang mampu menambah kesan elegan. Tak lupa, terdapat juga fog lamp di bagian bawah untuk memberikan penerangan maksimal.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Review Toyota Agya, Mobil Berdimensi Mungil yang Irit Bahan Bakar 01

Beralih ke bagian samping, di bagian samping kini Toyota Agya dibekali dengan kaca spion yang dapat dilipat secara elektronik untuk tipe tertinggi. Model desain spion yang dipakai juga baru, mirip dengan kepunyaan Toyota Avanza. Di bagian kaki-kaki, velg model two tone dengan kombinasi hitam dan silver menambah kesan sporty. Model desain velgnya pun baru, terlihat lebih modern dibandingkan generasi terdahulunya. Sayangnya, side skirt pada Toyota Agya ini tak mengalami ubahan apapun karena masih memakai desain yang sama dengan generasi pendahulunya.

Berlanjut di bagian belakang, ubahan yang paling terlihat jelas ada di bagian lampu. Lampu belakang tak lagi mengandalkan bohlam, tetapi diganti sepenuhnya dengan LED yang memancarkan sinar lebih baik. Desain lampu belakang ini terlihat seperti huruf J yang jauh lebih keren dan sedap dipandang.

Interior Toyota Agya

Di bagian dalam, bisa dibilang mobil Toyota Agya tak sepenuhnya berubah. Ubahan yang terjadi hanya ada di beberapa bagian seperti pengaturan tombol AC, head unit, kunci starter, dan juga desain jok dengan paduan warna hitam dan merah. Head unitnya kini sudah dibekali dengan layar sentuh yang dapat dikoneksikan dengan perangkat Bluetooth Anda. Hal ini akan menambah kenyamanan Anda pada saat berkendara. Pengaturan tombol AC di bagian bawah head unit yang sudah memakai model digital juga semakin menambah kesan mewah pada mobil dengan harga terjangkau ini.

Review Toyota Agya, Mobil Berdimensi Mungil yang Irit Bahan Bakar 02

Tombol yang digunakan juga cukup nyaman digunakan dan mudah dioperasikan. Dan yang pasti, mobil New Agya sudah dibekali dengan perangkat start/stop button pada varian tertingginya. Sayangnya, ketersediaan fitur ini hanya ada pada tipe TRD dan 1.2 G saja. Hal baru lainnya yang dapat ditemui adalah instrument cluster yang terdapat di balik setir. Instrument clusternya kini memakai kombinasi antara warna merah, putih dan juga aksen silver. Indikator pada layar instrument tersebut juga cukup mudah dibaca. Ada indikator kecepatan, RPM, indikator bahan bakar, jam, indikator jarak tempuh, mode berkendara ECO dan konsumsi bahan bakar rata-rata.

Mesin Toyota Agya

Di Indonesia, mobil Toyota Agya ditawarkan dalam dua varian mesin. Yakni mesin 1.000 cc dan 1.200 cc. Untuk mesin pertama memakai mesin berkode KR berkapasitas 998 cc, 3 silinder, DOHC, VVT-i. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 67 hp dengan torsi maksimal yang dapat diraih mencapai 89 Nm. Mesin berkapasitas kecil ini ditawarkan dalam dua pilihan transmisi, yaitu manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Review Toyota Agya, Mobil Berdimensi Mungil yang Irit Bahan Bakar 03

Sedangkan untuk mesin kedua, memakai kode NR berkapasitas 1.197 cc, 4 silinder, DOHC, VVT-I yang mampu mengeluarkan tenaga 88 hp dengan torsi maksimal mencapai 108 Nm. Transmisi yang ditawarkan untuk mobil Agya pun juga terdiri dari manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Kedua varian mesin yang ditawarkan ini sudah memakai sistem pembakaran injeksi, sehingga irit bahan bakar.

Kaki-kaki Toyota Agya

Di bagian kaki-kaki, mobil Toyota Agya ditanamkan suspensi MacPherson Strut di bagian depan. Sedangkan di bagian belakang ditanamkan suspensi semi independent dengan model torsion beam yang dipadukan coil spring. Untuk bagian velg New Agya memakai ukuran 14 inci yang dibalut dengan ban berukuran 175/65. Agar pengereman semakin maksimal, mobil Agya juga sudah dilengkapi dengan rem cakram di bagian depan. Sehingga pengemudi tak perlu khawatir soal pengereman.

Review Toyota Agya, Mobil Berdimensi Mungil yang Irit Bahan Bakar 04

Fitur Toyota Agya

Bagaimana dengan fitur mobil ini? Secara fitur, mobil Toyota Agya sudah memiliki fitur yang cukup baik. Keunggulan yang dimilikinya adalah dua buah airbag untuk penumpang depan dan pengemudi. Airbag pengemudi terletak di bagian setir, sedangkan bagian penumpang terletak di bagian dashboard. Pada bagian jok belakang juga terdapat pengait ISOFIX yang berguna untuk mengaitkan baby chair untuk bayi. Fitur ini cukup berguna bagi para konsumen milenial yang kerap membeli baby chair untuk membawa bayi dengan cara yang modern.

Harga Toyota Agya

Mobil buatan Indonesia ini ditawarkan dalam beberapa varian. Secara total, mobil Toyota Agya memiliki 6 varian yang ditawarkan kepada masyarakat Indonesia. Seluruh varian tersebut memiliki harga yang berbeda-beda juga. Seperti harga mobil Agya terbaru tipe terendah 1.0 G MT dibanderol Rp143,8 juta, 1.2 G MT dibanderol Rp148,1 juta, 1.2 G MT TRD dibanderol Rp153,4 juta. Harga tersebut merupakan harga untuk mobil Agya bertransmisi manual. Untuk varian dengan transmisi otomatis, harga yang ditawarkan lebih mahal.

Review Toyota Agya, Mobil Berdimensi Mungil yang Irit Bahan Bakar 05

Untuk harga mobil Agya matic, Tipe 1.0 G AT dijual dengan harga Rp156,8 juta, 1.2 G AT dijual dengan harga Rp161,6 juta dan tipe tertinggi 1.2 AT TRD dijual dengan harga Rp169,2 juta. Harga tersebut merupakan harga Agya yang ditawarkan untuk bulan April 2020. Harga yang disebutkan tentunya tidak mengikat, dan akan selalu berubah-ubah menyesuaikan waktu. Itu tadi merupakan review mengenai Toyota Agya, apabila ingin membeli jangan lupa mengecek website Wapcar.id sebagai panduan membeli mobil.

 

Mark Jacob

Tergila-gila dengan mobil tua, apalagi buatan Eropa. Pastinya suka berteman dengan mobil yang boros, dan pintunya cuma dua.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Agya G 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil