window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Review: Toyota Agya TRD S yang Lebih Sporty di Awal Tahun

Bent Aulia · 30 Apr, 2020 10:00

Review: Toyota Agya TRD S yang Lebih Sporty di Awal Tahun 01

PT Toyota-Astra Motor (TAM) menghadirkan penyegaran Toyota Agya dengan berbagai fitur baru. Menggunakan tagline “Start to Never Stop”, ubahan baru ini menghadirkan tampilan yang lebih sporty dari hatchback murah Toyota di Indonesia.

Harga

Harga Mobil Toyota Agya TRD S
Tipe Harga
Toyota Agya 1.2 G M/T TRD S Rp153.445.000
Toyota Agya 1.2 G A/T TRD S Rp169.290.000

Spesifikasi

Spesifikasi Mobil Toyota Agya TRD S
Mesin
Tipe Mesin 1.2L NR-VE 4-Silinder Segaris DOHC Dual VVT-i 
Isi Silinder 1.197 cc
Tenaga Maksimum 86.5 hp @ 6.000 rpm 
Torsi Maksimum 108 Nm @ 4.200 rpm
Rasio Kompresi 10.3 : 1
Transmisi Manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan
Sistem Penggerak   Front-wheel-drive
Dimensi
P x L x T 3.660 x 1.600 x 1.520 mm
Wheelbase 2.450 mm
Ground Clearance   180 mm
Kaki-Kaki dan Suspensi
Suspensi Depan MacPherson Strut dengan Coil Spring
Suspensi Belakang Semi-independent torsion axle beam
Rem depan/Belakang Ventilated Disc dan Drum
Tipe Ban 175/65 R14
Velg Allow 14 inci

Sejarah

Mobil Toyota Agya bisa dibilang sebagai salah satu cara Toyota mengambil hati konsumen di Indonesia. City car (atau hatchback) ini dikembangkan oleh Daihatsu berdasarkan platform Daihatsu Mira e:s dan dipasarkan dengan nama Daihatsu Ayla dan Toyota Agya.

Diproduksi di pabrik Toyota di Karawang, mobil Agya baru pertama kali diperkenalkan di Indonesia International Motor Show 2012. Nama “Agya” sendiri berasa dari bahasa Sanskerta yang berarti “cepat”. Agya mulai dipasarkan setahun kemudian pada September 2013.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Review: Toyota Agya TRD S yang Lebih Sporty di Awal Tahun 01

Tak hanya di Indonesia, Toyota Filipina mulai mengimpor mobil Toyota Agya untuk bersaing dengan Mitsubishi Mirage di Negeri Gajah Putih tersebut. Dipasarkan pada tahun 2014, Agya di Filipina menggunakan nama Wigo.

Berumur 8 tahun, mobil Agya baru yang dipasarkan saat ini merupakan bagian dari generasi pertama tapi dengan dua kali penyegaran. Facelift pertama meluncur April 2017 dengan menawarkan mesin 1.0L 1KR-VE dan 1.2L 3NR-VE berteknologi Dual VVT-i.

Review: Toyota Agya TRD S yang Lebih Sporty di Awal Tahun 02

Maret 2020, Toyota memperkenalkan facelift kedua dengan bumper depan baru, ubahan pada desain lampu belakang dan berbagai penambahan fitur lainnya pada New Agya. Tampilannya dibuat lebih sporty untuk menyaingi model lain di segmen hatchback Low Cost Green Car (LCGC).

Eksterior

Di luar, facelift mobil Toyota Agya kedua yang diberikan PT TAM menawarkan beberapa perubahan kosmetik untuk menyegarkan tampilannya. 

Ubahan baru pada tampilan depan bersanding dengan lekukan-lekukan tegas dengan desain lampu depan yang tajam. Ada aksen merah baru pada bumper depan untuk memperkuat kesan sporty. kesan baru membuat tampilan grille-nya lebih lebar.

Review: Toyota Agya TRD S yang Lebih Sporty di Awal Tahun 03

Grille baru mobil Agya TRD menggunakan aksen black chrome menghadirkan tampilan yang semakin agresif. Sayang teknologi yang digunakan pada lampu depan serta fog lamp masih berupa lampu halogen bisa.

Beralih ke sisi samping velg yang baru langsung memikat dari tampilan baru mobil Toyota Agya. Ukurannya masih sama, yaitu velg 14 inci dengan Pitch Circle Diameter 4 x 100, tapi dengan desain yang berbeda. Agya TRD memiliki velg two tone dengan tampilan layaknya New Calya.

Review: Toyota Agya TRD S yang Lebih Sporty di Awal Tahun 04

Senada dengan ubahan desain depan, side skirt juga mendapatkan desain baru yang lebih menawan dibandingkan sebelum facelift. Kesan sisi samping menawarkan lekukan yang lebih tegas dan spion berkesan aerodinamis.

Tipe G dan TRD mendapatkan fitur retractable mirror. Selain itu, New Agya juga dilengkapi dengan keyless entry, tapi masih belum mendapatkan fitur smart entry. Jadi Anda harus menekan tombol pada gagang pintu untuk membuka dan menutup kunci pintu.

Review: Toyota Agya TRD S yang Lebih Sporty di Awal Tahun 05

Tak ada banyak perubahan ketika melihat tampilan belakang New Agya ini. Tapi mika lampu belakang menggunakan model transparan dengan bohlam LED untuk stoplamp. Selain itu ada spoiler belakang dengan cat hitam untuk mendapatkan kesan sporty.

Interior

Ubahan berlanjut pada bagian dalam. Selain penyegaran pada varian 1.0 E dan 1.0 G, mobil Toyota Agya TRD juga mendapatkan sedikit perubahan pada interior. Mulai dari fitur hiburan dengan head unit baru serta desain trim pintu baru.

Review: Toyota Agya TRD S yang Lebih Sporty di Awal Tahun 06

Head unit layar sentuh serta sistem audio 2DIN yang bersahaja disandingkan sentuhan aksen merah pada panel instrument menegaskan tampilan sporty-nya. Jika varian terendah masih menggunakan knop AC, Toyota Agya TRD mendapatkan tampilan modern dengan pengaturan AC digital.

Perlu hiburan selama berkendara? Toyota Agya menawarkan konektivitas Bluetooth untuk menambah pilihan musik selain radio AM/FM. Cukup menyenangkan, meski kualitas suara yang dihasilkan terasa biasa saja hanya memiliki 4-speaker mid-range.

Review: Toyota Agya TRD S yang Lebih Sporty di Awal Tahun 07

Kemudi palang tiga multi fungsi dengan tombol kontrol audio, meski posisi setir hanya bisa diatur melalui fungsi tilt steering. Belum dilapisi kulit, tapi material campuran plastik dan polyurethane membuat setir tidak terlalu licin ketika digenggam.

Dimensi mobil Toyota Agya memang terbilang kompak. Tapi desain dan pengaturan kursi memberikan kesan lapang bagi penumpang di belakang. Belum lagi pelapis tempat duduk baru yang menambah kenyamanan selama berkendara.

Review: Toyota Agya TRD S yang Lebih Sporty di Awal Tahun 08

Sayangnya seperti model LCGC lainnya, ruang bagasi berasa standar, jika tak bisa dibilang kecil. Mengingat bodinya yang kompak serta sebagian kabin sudah digunakan untuk memberikan ruang kaki yang lapang bagi penumpang di belakang.

Fitur Keselamatan

Seperti layaknya model Toyota lainnya, semuanya memiliki berbagai sistem keselamatan terbaru. Bahkan tak terkecuali bagi Toyota Agya. Mulai dari Agya tipe G hingga TRD, Agya sudah dilengkapi dengan teknologi pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD).

Review: Toyota Agya TRD S yang Lebih Sporty di Awal Tahun 09

Bahkan dengan harganya yang lumayan terjangkau, mobil Agya sudah dilengkapi dengan sensor parkir untuk menjaga pengendaraan Anda bersama mobil New Agya. Bagi keluarga muda, New Agya menawarkan dudukan ISOFIX untuk child seat di bangku baris kedua.

Mesin

Sudah mendapatkan dua kali facelift, tapi mobil Toyota Agya tetap menggunakan mesin 3NR-VE 4-silinder segaris DOHC dengan teknologi Dual VVT-i. Tenaga maksimal yang dikeluarkan mencapai 86.5 daya kuda pada 6.000 rpm serta torsi maksimal 108 Nm pada 4.200 rpm.

Review: Toyota Agya TRD S yang Lebih Sporty di Awal Tahun 10

Jika pesaingnya sudah banyak yang menggunakan transmisi CVT yang lebih baru, tapi Toyota tetap percaya diri dengan pilihan transmisi otomatis 4-percepatan maupun manual 5-percepatan.

Performa dan Handling

Mesin 1.2L milik mobil Toyota Agya TRD masih tetap nyaman ketika dibawa berkendara di jalanan perkotaan. Terang saja, getaran mesin selama perjalanan terasa halus dibandingkan mobil lain di segmen ini. Tapi ketika dibawa agak kencang, getaran mesin mulai terasa.

Memberikan kenyamanan selama di belakang kemudi ada sistem power steering. Transmisi otomatis maupun manual menghadirkan pengendaraan yang menyenangkan. Bahkan transmisi 4-percepatan otomatis tetap menawan meskipun menghadapi jalanan menanjak.

Review: Toyota Agya TRD S yang Lebih Sporty di Awal Tahun 11

Hanya saja masalah terbesar yang dimiliki Toyota Agya yaitu kualitas material yang masih standar. Akibatnya peredam kabin tak terlalu baik. Mengingat harga yang ditawarkan, masalah ini sepertinya harus diterima oleh peminat New Agya.

Mobil Toyota Agya memang baru mendapatkan ubahan pada facelift kedua. Namun tak menutup kemungkinan Toyota akan menghadirkan generasi kedua dengan transmisi CVT atau komposisi suspensi baru beberapa tahun ke depan.

Konsumsi BBM

Menggunakan teknologi Dual VVT-I, mobil Agya TRD S dengan mesin 1.5L memiliki konsumsi bahan bakar dengan angka 15-16 km/l di dalam kota serta 20-21 km/l di jalan tol dengan kondisi berkendara yang stabil.

Sedangkan tipe tertinggi Toyota Agya ini sudah memiliki fitur keyless entry serta start/stop engine button. Anda tinggal menginjak pedal rem dan menekan tombol start/stop pada sebelah kanan dashboard. Teknologi ini juga mampu menghemat konsumsi bahan bakar.

Review: Toyota Agya TRD S yang Lebih Sporty di Awal Tahun 12

Tapi mobil Agya baru memiliki pantangan. Dengan teknologi terbarunya, mobil Agya disarankan menggunakan bahan bakar dengan Research Octane Number (RON) 92 atau setara Pertamax. Menggunakan BBM di bawah RON 92, atau setara Pertalite atau Premium, akan membuat pembakaran kurang maksimal sehingga terjadi knocking pada mesin.

Video

Peluncuran terbaru New Toyota Agya diselenggarakan melalui press conference digital menyusul wabah virus Corona yang melanda Indonesia sejak Maret lalu. Namun Toyota tetap membawa kesan maskulin dari video Toyota Agya TRD dari laman YouTube resmi Toyota Indonesia ke konsumen Tanah Air.

Kesimpulan

Sebagai salah satu pilihan hatchback LCGC yang ada di Indonesia, Toyota Agya memiliki desain yang menawan untuk dimiliki. Ubahan terbaru membuat tampilannya lebih segar ditambah fitur yang lebih banyak untuk dipilih.

Review: Toyota Agya TRD S yang Lebih Sporty di Awal Tahun 13

Dimensinya yang kompak membuat mobil ini cocok untuk digunakan di jalanan perkotaan. Memang kapasitas bagasi Toyota Agya terkesan lebih kecil dibandingkan model lainnya, namun dengan ruang kabin yang lega dan nyaman untuk ditempati.

Untuk Agya TRD sendiri, fitur hiburan dan keselamatannya termasuk yang terlengkap, Mobil ini sangat cocok bagi masyarakat perkotaan yang membutuhkan pengendaraan yang dinamis yang ramah lingkungan dan irit bahan bakar.

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Agya G 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil