window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Review Toyota Fortuner Bensin 2.7 AT Terbaru

Eko Kamil · 5 Jan, 2020 13:50

Review Toyota Fortuner Bensin 2.7 AT Terbaru 01

Toyota telah memperkenalkan mesin bensin 2,7 liter pertama di Toyota Kijang Innova sebelum masuk ke Fortuner Indonesia yang baru. Untuk mengetahui kelebihan bensin dari diesel, yang hanya memiliki pilihan 2WD dan kami mencoba mengemudikan Toyota Fortuner bensin AT top-of-the-line baru sejauh 800+ km.

Saya ditemani oleh 5 teman-teman saya dan kami pergi pada malam setelah me-reset pembacaan konsumsi bahan bakar di tampilan Multi Information Display (MID) dengan harapan akhir pekan yang seru dengan hewan Fortuner bensin terbaru ini.

Karena kami ada 6 orang, 2 orang yang paling pendek duduk di baris terakhir. Namun, mereka hampir tidak terlihat dari barisan depan karena barisan tengah tidak memiliki kursi kapten seperti Kijang Innova sebagai pilihan – sehingga memisahkan mereka dari bagian kabin yang lain. Kami memiliki bagasi yang cukup banyak ditambah kotak pendingin sehingga ruang bagasi digunakan sepenuhnya. Namun, bagasi yang digunakan sepenuhnya menjadi penghalang untuk fungsi reclinable ketiga.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tetapi karena bertambahnya panjang Toyota Fortuner terbaru, dasbor yang kecil dan baris tengah geser, ruang baris kedua cukup dan ruang baris ketiga yang dapat diterima dan ruang kepala yang cukup di SUV terlaris di segmen ini.

Review Toyota Fortuner Bensin 2.7 AT Terbaru 01

Kualitas dasbor sangat baik dan pelapis tempat duduk distandarkan menggunakan kulit bersama dengan setir berbungkus kulit, infotainment layar sentuh dengan navigasi GPS dan info detail drive di dalamnya. MID menunjukkan konsumsi bahan bakar setelah direset 4,1 kmpl selama perjalanan 45 km terakhir kami saat kami tiba di Ghaziabad sekitar pukul 1.00 pagi pada hari Sabtu di mana kami mengisi bensin SUV besar ini.

Selama 2 jam berikutnya sekitar jam 3 pagi, konsumsi bahan bakar berada pada 5,7 kmpl – bukan angka yang baik untuk perjalanan 3 hari. Untuk kenyamanan pengemudi, masalah yang saya hadapi saat mengendarai Fortuner baru di malam hari adalah tidak tersedianya peredupan otomatis kaca spion internal dan luar. Sementara di sisi lain, masalah lebih banyak datang dari transmisi AT mobil ini.

Indikator roda gigi tidak terlalu responsif, dengan posisi roda gigi sebenarnya saat itu, karena Anda dapat dengan mudah merasakan perpindahan gigi tetapi indikator roda gigi selalu tertahan hanya pada satu nomor. Ini jarang terjadi pada Toyota yang terkenal karena kesempurnaannya di seluruh dunia.

Review Toyota Fortuner Bensin 2.7 AT Terbaru 02

Tetapi bagian yang paling mengejutkan adalah kinerja mesin bensin 2,7 liter dan khususnya dari transmisi otomatis. Anda dapat dengan jelas merasakan kebisingan yang dihasilkan saat naik atau turun gigi dan sangat lambat dan penyaluran tenaga tidak secepat yang diharapkan dari motor 163 bhp.

Toyota Fortuner terbaru membutuhkan banyak usaha dan lebih lama untuk menyalip jika melaju di sekitar 80-100 kmpj dan jelas saya tidak ingin lagi mengendarai mobil ini di jalan tol.

Sekitar pukul 6:30, kami mengisi bahan bakar kedua kalinya tangki penuh untuk jarak tempuh tangki penuh tercatat 9,44 kmpl dengan laju 221 km dengan bensin 23,25 liter bensin selama mengemudi di jalan tol.

Setelah itu, kami berada di jalan tol dan itu adalah ujian sejati bagi Toyota Fortuner terbaru ini di jalan berbukit. Sama seperti pengalaman berkendara di sepanjang malam, motor bensin kehilangan semua ketenangannya dan fungsi pembatalan suara aktif tidak ada lagi.

Berada di jalan berbukit dan melewati tikungan-tikungan besar setiap 400-500 meter, semua penumpang di 3 baris sangat nyaman karena Fortuner terbaru memiliki body roll yang sangat sedikit - mengingat mobil ini adalah sebuah SUV. Lingkungan hijau yang sehat membuat perjalanan lebih seru, tetapi kami sangat menyayangkan tidak adanya sunroof di Toyota Fortuner yang terbaru. 

Review Toyota Fortuner Bensin 2.7 AT Terbaru 03

Lampu depan LED yang ramping dengan DRL dan bemper depan yang besar dengan sisipan krom membuat tampilan depan Fortuner baru sama menariknya dengan pemandangan yang kami nikmati. Sementara di samping, Fortuner baru tampak lebih panjang dengan garis atap yang menonjol memberikan tampilan yang stylish dan mewah pada SUV ini. Tidak diragukan lagi, eksteriornya adalah USP (unique selling proposition) utama dari merek Fortuner dan itulah mengapa mobil ini menjadi pilihan pertama bagi orang-orang berlatar belakang politik di Indonesia.

Toyota Fortuner terbaru dilengkapi dengan suspensi depan double wishbone bersama dengan 4-link dengan rod lateral di belakang. Suspensi baru yang disempurnakan bekerja dengan sangat baik di jalan perbaikan yang penuh lubang pot hingga Tehri. Ini jauh lebih baik dibandingkan dengan Fortuner generasi pertama dan suara bising hampir tidak terdengar di dalam kabin.

Satu-satunya kelemahan yang saya temukan dalam kualitas berkendara adalah adanya power steering listrik menggantikan hidrolik karena tidak memiliki umpan balik kemudi dibandingkan dengan Fortuner generasi sebelumnya.

Review Toyota Fortuner Bensin 2.7 AT Terbaru 04

Namun, adaptasi kemudi sangat sempurna sepanjang perjalanan panjang kami. Drivetrain 2WD memberikan kapabilitas off-road berkat ground clearance 220 mm dan ban 265/60 R18. Namun, 4WD opsional dalam bensin bisa membuat pengalaman off-road menjadi lebih seru.

Sekali lagi, kami terjebak dalam kemacetan selama 2 jam dan sampai di kota sekitar pukul 11:30 malam dengan satu kali lagi pengisian bahan bakar. Perjalanan ini sepanjang 866 km selama 48 jam dan kami mencatatkan 6,8 kmpl jarak tempuh secara keseluruhan dan ini bisa lebih baik jika kami tidak terjebak kemacetan selama hampir 4 jam. 

Namun, jika ini adalah angka FE yang dapat diterima bagi calon pembeli, maka masih ada dua kekhawatiran lagi pada Toyota Fortuner terbaru ini yaitu transmisi AT yang lamban dan tidak tersedianya sistem 4WD. Pada akhirnya, saya akan mengatakan NVH diesel jauh lebih mirip versi bensin dan torsi 400 Nm diesel yang kuat membuat setiap perjalanan Anda menyenangkan tetapi tidak adanya sunroof juga masih menjadi pekerjaan rumah bagi mobil ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2021 Toyota Fortuner 2.4 G M/T 4x2

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil