window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Review Toyota Sienta: MPV Keluarga Sarat Fitur Terbaik di Kelasnya

Anissa · 25 Jul, 2020 20:00

Review Toyota Sienta: MPV Keluarga Sarat Fitur Terbaik di Kelasnya 01

Toyota Sienta hadir di Indonesia dengan desain eksterior yang elegan. Sedangkan bagian interiornya justru menjadi keunggulan utama dari mobil ini yang membedakannya dengan MPV lain.

Interior Toyota Sienta memang disebut sangat luas. Tidak hanya itu, mobil ini juga dilengkapi dengan beragam fitur unggulan yang memaksimalkan pengalaman berkendara.

Selain itu, Toyota Sienta juga masih menyimpan beragam kelebihan lainnya. Untuk tahu lebih dalam, mari kita simak ulasannya berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Harga

Di Indonesia, ada lima varian yang mobil Toyota Sienta yang bisa dipilih konsumen. Harga Toyota Sienta berkisar dari Rp257 jutaan hingga Rp311 jutaan. Ini merupakan harga mobil Sienta 2020. Untuk harga Toyota Sienta bekas bervarian tergantung dari kondisi mobil tersebut.  Adapun rincian harga untuk setiap unit Toyota Sienta adalah sebagai berikut.

Varian Harga
Toyota Sienta 1.5 G MT Rp257.750.000
Toyota Sienta 1.5 G CVT Rp257.750.000
Toyota Sienta 1.5 V MT Rp272.750.000
Toyota Sienta 1.5 V CVT Rp290.750.000
Toyota Sienta 1.5 Q CVT Rp311.550.000

Spesifikasi Sienta

Dimensi Toyota Sienta
Panjang 4.235 mm
Lebar 1.695 mm
Tinggi 1.695 mm
Wheelbase 2.750 mm
Mesin Toyota
Tipe Mesin 4 silinder 2NR-FE, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i
Kapasitas 1.497 cc
Power Output 105 Hp@ 6.000 rpm
Torsi 140 Nm @ 4.200 rpm
Transmisi Manual 6 percepatan/CVT with sport sequential shiftmatic 7 percepatan
Kapasitas Tangki 42 Liter
Bahan Bakar Bensin
Kaki-kaki Toyota Sienta
Ukuran Ban 195/55 R16
Material Alloy Wheels

Toyota Sienta pertama kali hadir di Tanah Air pada bulan April tahun 2016 lalu, yaitu dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS). Mobil ini dihadirkan sebagai MPV sub-compact yang memiliki desain sporty dan trendy, sehingga berhasil menarik perhatian para pecinta otomotif di Indonesia
.

Review Toyota Sienta: MPV Keluarga Sarat Fitur Terbaik di Kelasnya 01

Tidak hanya memiliki desain yang menarik, Toyota Sienta juga dilengkapi dengan fitur terkini. Sebagai mobil MPV, mobil ini juga memiliki performa yang cukup bisa diandalkan. Di Jepang sendiri, Toyota Sienta telah mengalami facelift pada tahun 2018, sedangkan di Indonesia versi facelift terbarunya hadir pada tahun 2019.

Di segmen MPV, Toyota Sienta memang memilikibanyak pesaing. Tetapi pesaing terkuatnya justru mobil satu pabrik yang telah lebih dahulu hadir seperti Toyota Avanza dan Toyota Veloz.

Eksterior

Kendati Toyota New Sienta diciptakan sebagai sebuah MPV yang notabene merupakan mobil keluarga, mobil ini memiliki desain eksterior yang cukup menarik. Fitur yang dimiliki desain eksterior mobil ini juga bergantung pada tipenya masing-masing.

Review Toyota Sienta: MPV Keluarga Sarat Fitur Terbaik di Kelasnya 02

Toyota Sienta Tipe G merupakan tipe Toyota Sienta dengan fitur eksterior yang paling sederhana. Toyota Sienta tipe G dan tipe V dilengkapi dengan New Rear Spoiler, LED Rear Combination Lamp, dan Projector Halogen.
Lampu LED yang disematkan di bagian belakang dan proyektor di bagian depan dinilai dapat meningkatkan kualitas dan jarak penerangan. Jika dilihat dari segi desainnya, kedua lampu ini memiliki tampilan yang apik.

Sementara itu, Toyota Sienta Tipe Q sebagai varian tertinggi memiliki fitur eksterior yang terkesan lebih gagah. Tipe yang satu ini menggunakan Bi-Beam LED Projector Headlamp dengan LED Clearance Lamp dengan desain yang tajam dan agresif.

Pada bagian belakangnya, mobil ini dilengkapi dengan LED Rear Combination Lamp with LED Line Guide. Khusus untuk Toyota Sienta Tipe Q dan V juga dilengkapi dengan Rear Parking Camera yang akan membantu pengemudi memarkirkan mobil dengan lebih mudah.

Review Toyota Sienta: MPV Keluarga Sarat Fitur Terbaik di Kelasnya 03

Toyota menyematkan sliding door alias pintu geser pada seluruh tipe Toyota Sienta. Tetapi khusus pada Toyota Sienta Tipe G, Toyota hanya menyematkan sliding door ini di bagian kiri saja. Penggunaan sliding door ini sangat menarik dan membuat Toyota Sienta terlihat lebih modern dan fleksibel.

Untuk pilihan warnanya sendiri, Toyota Sienta menawarkan 6 pilihan warna berbeda. Keenam pilihan warna tersebut adalah Red Mica Metallic, Citrus Yellow, Super White, Silver Metallic, Gray Metallic, dan Attitude Black Mica.

Interior

Pada bagian interiornya, Toyota ingin menampilkan konsep yang berkesan modern, aktif, dan menyenangkan dari Toyota Sienta. Mobil MPV ini bisa menampung hingga 7 orang penumpang. Barisan ketiganya juga merupakan 3rd Row Dive-In Seat yang fleksibel untuk membuat kapasitas ruang penyimpanan menjadi lebih besar. Kursi-kursinya dapat dilipat untuk menambah kapasitas bagasi.

Review Toyota Sienta: MPV Keluarga Sarat Fitur Terbaik di Kelasnya 04

Khusus untuk Toyota New Sienta Tipe Q dan Tipe V, bagian interiornya menggunakan warna Burgundy. Pada kedua tipe ini ada pula armrest di kursi baris pertama dan kedua.

Pada Toyota Sienta, setir mobilnya dibalut kulit dan dilengkapi dengan fitur Audio Steering Switch. Dengan fitur yang satu ini pengemudi dapat dengan mudah mengontrol musik yang sedang dimainkan melalui tombol yang terdapat pada bagian setirnya tanpa harus kehilangan fokus saat berkendara. Tetapi sayangnya model setir dan fitur ini hanya tersedia pada Toyota Sienta Tipe Q dan Tipe V.

Kelebihan dari kedua tipe tersebut ternyata tidak berhenti sampai di situ. Toyota Sienta Tipe Q dan Tipe V juga menggunakan AC dengan tampilan digital dan telah dilengkapi dengan Smart Start-Stop Button untuk menyalakan dan mematikan mesin.

Review Toyota Sienta: MPV Keluarga Sarat Fitur Terbaik di Kelasnya 05

Salah satu fitur lain yang berbeda berdasarkan tipenya adalah Combination Meter. Toyota Sienta tipe Q menggunakan Opitron Combination Meter with 4.2" TFT Screen MID. Layar yang besar ini bisa memudahkan pengemudi untuk melihat berbagai data statistik dan informasi performa mobil. Sementara itu, untuk Toyota Sienta Tipe G dan Tipe V menggunakan Combination Meter dengan Multi Information Display.

Fitur

Toyota Sienta dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan. Beberapa fitur keamanan dasar yang dimiliki mobil MPV ini di antaranya Dual SRS Airbags dan Knee Airbag, Isofix, Hill-Start Assist Control (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), dan Anti-Lock Brake System (ABS).

Khusus untuk fitur Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill-Start Assist Control (HSA) hanya tersedia pada Toyota Sienta Tipe Q. Fitur VSC sendiri berfungsi untuk membuat mobil lebih stabil dan terkontrol ketika berbelok, sementara fitur HSA bisa membuat mobil lebih nyaman dan aman di tanjakan. Adapun fitur ABS bisa membuat sistem pengereman menjadi lebih baik. Jika ingin mendapatkan fitur keamanan yang lengkap, kita memang disarankan memilih Toyota Sienta Tipe Q.

Review Toyota Sienta: MPV Keluarga Sarat Fitur Terbaik di Kelasnya 06

Untuk fitur hiburannya sendiri, semua tipe Toyota Sienta telah dilengkapi dengan New Premium 6.8" AVX Touchscreen Head Unit. Head unit yang satu ini bukan hanya fungsional, tetapi juga memiliki tampilan modern yang sesuai dengan tema interior Toyota Sienta. Dengan head unit layar sentuh ini, konsumen dapat menikmati beragam fitur hiburan dan konektivitas, diantaranya USB, Bluetooth, DVD, AUX, dan iPod.

Performa Berkendara

Semua tipe Toyota Sienta menggendong mesin yang sama. Yang membedakannya satu sama lain hanya pada tipe transmisinya. Mobil ini menggunakan mesin 4 silinder segaris 2NR-FE, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-I, dengan kapasitas mesin 1.497 cc.

Perpaduan mesin ini dengan sistem transmisi CVT disebut menghasilkan perpindahan transmisi yang lebih halus dan mesin yang lebih responsif dibandingkan dengan transmisi manualnya. Selain itu, getaran yang dihasilkan juga bisa diminimalisir.

Review Toyota Sienta: MPV Keluarga Sarat Fitur Terbaik di Kelasnya 07

Selain sistem transmisi CVT-nya, Toyota Sienta juga unggul dalam hal suspensinya. Untuk suspensi depannya, mobil ini menggunakan MacPherson strut dengan coil spring dan stabilizer. Sedangkan untuk suspensi belakangnya, Toyota Sienta menggunakan Torsion beam dengan coil spring dan stabilizer. Suspensi ini dinilai dapat membuat batingan mobil menjadi lebih halus dan aman.

Video

Kesimpulan

Toyota Sienta merupakan mobil MPV yang cocok untuk keluarga. Selain kapasitas kabin yang besar, mobil ini juga memiliki fleksibilitas yang cukup baik. Fitur yang disematkan pada mobil ini juga cukup lengkap.

Sayangnya, mobil MPV yang satu ini hanya memiliki satu pilihan mesin. Meskipun mobil Sienta tersedia dalam beberapa jenis transmisi, tetapi pilihan mesin yang lain pasti akan sesuai bagi konsumen yang menginginkan performa yang lebih.

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Sienta 1.5 V MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil