Review Toyota Vellfire 2020: Sporty Sekaligus Lebih Murah

Alex · 24 Mei, 2020 18:00

Review Toyota Vellfire 2020: Sporty Sekaligus Lebih Murah 01

Toyota Vellfire menjadi salah satu opsi MPV mewah dalam di Indonesia. Model yang masih satu saudara dengan Toyota Alphard ini cukup menarik untuk dipinang bagi yang mengincar kemewahan, kelegaan kabin plus eksterior yang cenderung macho.

Toyota Alphard memiliki total 3 varian. Harga Toyota Alphard berkisar dari Rp 1,04 Milyar hingga Rp 1,95 Milyar. Ini merupakan harga mobil Alphard tahun 2020.

Mobil Toyota Vellfire ini hanya memiliki 1 varian saja. Harga Toyota Vellfire ini hanya dibanderol dengan biaya sebesar Rp 1,19 Milyar. Harga Vellfire ini sama dengan harga Alphard 2.5 G AT yang berada dipertengahan dari varian mobil Toyota Alpard.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Bicara Vellfire memang sulit jika tidak menyebut Toyota Alphard juga. Sebab Vellfire memang dibangun dengan basis Alphard, secara fitur dan spesifikasi pun sebenarnya kurang lebih dengan saudaranya itu. Beda Alphard dan Vellfire yaitu dari aksen desain dan kelengkapan fiturnya saja.

Vellfire kini melengkapi jajaran opsi MPV mewah Toyota Indonesia dan seolah berduet dengan Toyota Alpard sebagai penguasa. Sebab kelas MPV mewah sekelas keduanya sangatlah minim pemain di Indonesia.

Dengan dukungan jaringan purna jual sangat kuat ditambah reputasi Toyota di tanah air yang sangat baik, menjadikan Vellfire memiliki penjualan cukup bagus. 

Berbeda dengan Alphard yang tersedia dalam berbagai varian, Vellfire hanya tersedia dalam satu tipe. PT Toyota Astra Motor hanya menjual mobil mewah ini senilai Rp 1.177.600.000. Artinya mobil ini lebih murah dari Alphard. Sebagai informasi, Alphard dijual termurah seharga 1.179.600.000 untuk tipe 2.5 G.

Pada Februari 2020, Vellfire mendapat penyegaran ringan berbarengan dengan Alphard. Salah satu improvisasi yang patut diacungi jempol dalam facelift tersebut adalah hadirnya Toyota Safety Sense pada Vellfire. 

Untuk mengetahui Vellfire dari berbagai sisi, maka mari kita bahas satu per satu.

Eksterior

Sebagai ciri utama sekaligus pembeda dengan Alphard, Vellfire mengusung desain wajah yang cenderung maskulin. Walau begitu, aksen krom pada grill membuatnya tetap berkesan mewah. 

Lampu depan yang punya sentuhan warna biru juga menjadikannya berkesan hi tech. Garis-garis vertikal tegas membuat kesan wibawa dan macho MPV mewah ini juga keluar dengan baik.

Review Toyota Vellfire 2020: Sporty Sekaligus Lebih Murah 01

Sedangkan dari sisi samping, secara sekilas tak ada bedanya dengan Alphard. Bahkan pelek mobil ini pun desainnya serupa dengan Alphard. Untuk Vellfire sendiri menggunakan pelek berdiameter 18 inci dengan profil ban 235/50R18.

Secara dimensi, Vellfire berukuran gambot. Panjang totalnya mendekati 5 meter atau lebih tepatnya mencapai 4.935 mm. Sedangkan lebar mobil ini adalah 1.850 mm dan tingginya 1.895 mm.

Interior

Satu hal yang menarik pada Vellfire adalah interiornya yang hadir dengan nuansa gelap. Dari sisi kepraktisan, dengan jok kulit warna gelap maka kotoran agak lebih tersamarkan. 

Nuansa hitam pada interior inipun selaras dengan eksteriornya yang bernuansa maskulin. Maka dengan hal ini terjadi keseimbangan tema baik di bagian body dengan kabin.

Nah, pada Vellfire keluaran 2020 ini hal yang perlu diketahui setelah mendapati facelift adalah hadirnya fitur hiburan baru. 

Review Toyota Vellfire 2020: Sporty Sekaligus Lebih Murah 02

Untuk semakin meningkatkan kenyamanan, Toyota melakukan improvement pada fitur Audio Head Unit (AHU) dan Rear Seat Entertainment (RSE). Jika sebelumnya AHU menggunakan layar monitor dengan lebar 8 inci, kini menggunakan layar 9 inci.

Di samping itu, untuk melengkapi kenyamanan dan keamanan, Inside Rear View Mirror, New Alphard dan New Vellfire kini menggunakan teknologi Electric Mirror Gen 2 dengan jangkauan monitor yang lebih luas dan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan sebelumnya yang menggunakan teknologi Full Digital Mirror.

Mesin 

Karena hanya ada satu varian, maka Toyota Vellfire pun hanya tersedia dalam satu jenis mesin saja. MPV bongsor ini mengusung mesin berkapasitas bersih 2.494 cc atau dibulatkan jadi 2.500 cc.

Review Toyota Vellfire 2020: Sporty Sekaligus Lebih Murah 03

Mesin peminum bensin ini berkode 2AR-FE dan diklaim mampu merilis tenaga sampai 180 PS pada putaran 6.000 Rpm. Sedangkan torsinya bisa mencapai 234 Nm pada putaran 4.100 Rpm.

Tenaga di atas disalurkan dengan transmisi yang tersedia hanya dalam opsi otomatis berteknologi CVT saja. Vellfire sendiri menganut penggerak 2 roda.

Kesimpulan

Vellfire menjadi alternatif jika menurut Anda Toyota Alphard belum bisa merepresentasi unsur sporty dan macho. Mobil mewah ini pun siap memberikan kenyamanan yang dibalut segudang teknologi bagi para penumpangnya. Tentu Anda harus lebih banyak duduk di bangku penumpang untuk menikmatinya.

Toyota Vellfire harganya yang lebih murah dari Alphard pun jadi keunggulan tersendiri bagi yang mencari MPV mewah berdesain sporty.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Alex

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya adalah mobil analog dengan enam silinder

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru