window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Review Wuling Almaz 2020: Voice Command Canggih dan Bermesin Turbo

Bent Aulia · 28 Jul, 2020 19:00

Review Wuling Almaz 2020: Voice Command Canggih dan Bermesin Turbo 01

Mobil Wuling Almaz 2020 hadir sebagai pilihan SUV yang sangat terjangkau tapi dengan berbagai fitur canggih dan tenaga turbo. Menjadikannya salah satu medium SUV dengan value-for-money terbaik di pasar otomotif Tanah Air saat ini.

Harga

Model Harga
Wuling Almaz Smart Enjoy MT Rp266.800.000
Wuling Almaz Smart Enjoy CVT Rp278.800.000
Wuling Almaz Exclusive 5-Seater Rp341.800.000
Wuling Almaz Exclusive 7-Seater Rp341.800.000

Spesifikasi

Mesin
Tipe Mesin 1.5T DOHC DVVT
Kapasitas Silinder 1.451 cc
Tenaga Maksimal 140 PS @ 5.200 rpm
Torsi Maksimal 250 Nm @ 1.800-3.600 rpm
Transmisi 6-percepatan manual dan CVT dengan 8-percepatan manual simulation
Sistem Penggerak Front-wheel drive
Dimensi
P x L x T 4.655 x 1.835 x 1.760 mm
Wheelbase 2.750 mm
Ground Clearance 230 mm
Kaki-Kaki dan Suspensi
Suspensi Depan MacPherson Strut
Suspensi Belakang Multi-link Trapeezoidal
Rem Depan Disc
Rem Belakang Disc
Ukuran Ban 215/60 R17
Velg 17 inci alloy

Sejarah

Mobil Wuling Almaz, atau dikenal juga dengan nama Baojun 530 di negara asalnya, merupakan medium SUV berkapasitas 5 dan 7 kursi. Wuling cars Almaz dibuat berkat Kerjasama SAIG-GM-Wuling atau SGMW di China dan debut pertama kali pada Auto Guangzhou tahun 2017.

Dua tahun setelahnya, tepatnya pada Februari 2019, SGMW Motors Indonesia (Wuling Motors Indonesia) secara resmi meluncurkan mobil Wuling Almaz. Nama Almaz sendiri berasal dari bahasa Arab yang berarti ‘berlian’.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Review Wuling Almaz 2020: Voice Command Canggih dan Bermesin Turbo 01

Kehadiran mobil Wuling Almaz menjadi pelengkap model Wuling di Indonesia yang sebelumnya hanya diisi oleh model di segmen MPV, yaitu Wuling Confero dan Wuling Cortez. Di Indonesia, mobil Almaz berhadapan langsung dengan medium SUV lainnya seperti Honda CR-V bahkan Mitsubishi Xpander Cross.

Pasalnya Wuling memberikan harga yang di luar dugaan pada SUV andalannya ini. Mobil SUV Wuling Almaz Smart Enjoy yang menjadi varian entry level saja hanya dibanderol Rp266 jutaan, bahkan harga Almaz ini lebih murah dari MPV bergaya SUV, Mitsubishi Xpander Cross yang dibanderol Rp272 jutaan.

Review Wuling Almaz 2020: Voice Command Canggih dan Bermesin Turbo 02

Bahkan mobil Almaz mendapatkan berbagai fitur di dalam mobil. Setelah peluncurannya, Wuling langsung memberikan tambahan berubah voice command bernama WIND. Saat ini, Almaz dipasarkan dengan dua varian, Smart Enjoy dan Exclusive serta konfigurasi 5-seater dan 7-seater.

Eksterior

Wuling Almaz pada dasarnya merupakan nama lain dari Baojun 530. Karena itu desainnya tak banyak berubah dari versi Negeri Tirai Bambu. Terlihat dari desain luar yang masih mengandalkan kesan maskulin dengan guratan bodi yang kaku dan tajam.

Review Wuling Almaz 2020: Voice Command Canggih dan Bermesin Turbo 03

Di depan, desain elegan bersanding lampu depan yang dibuat sipit. Ada pula grille yang besar untuk mengalirkan udara yang lebih banyak bagi mesin turbo di kap depan. Tak ketinggalan aksen chrome pada grille untuk kesan mewah.

Review Wuling Almaz 2020: Voice Command Canggih dan Bermesin Turbo 04

Beralih ke bawah, tampilannya semakin maskulin dengan bumper yang cukup besar, senada dengan grille di bagian atas. Lampu kabut dan lampu DRL akan menemani Anda sepanjang perjalanan, terlebih ketika melewati jalanan berkabut atau pada saat berkendara di malam hari.

Review Wuling Almaz 2020: Voice Command Canggih dan Bermesin Turbo 05

Tampilan yang kekar pun terasa jika melihat mobil ini dari samping, Desain bodi yang berotot ditambah dengan roof rail untuk membantu mengangkut barang bawaan di atas atap. Bahkan ground clearance mobil Wuling Almaz tercatat 230 mm merupakan yang tertinggi di kelasnya.

Review Wuling Almaz 2020: Voice Command Canggih dan Bermesin Turbo 06

Mobil Wuling Almaz sudah dilengkapi dengan spoiler belakang serta shark fin antenna. Tampilan belakangnya masih terasa sangar dengan bodi dan lampu belakang berbentuk kotak. Terdapat muffler knalpot dengan warna yang berbeda dengan bodi dan menjadi ciri khas tersendiri pada varian 7-seater.

Interior

Hal yang paling terasa ketika masuk ke dalam interior mobil Wuling Almaz adalah kehadiran head unit layar sentuh berukuran cukup besar, yaitu 10,4 inci pada bagian tengah dashboard. Posisinya yang tegak terasa mirip dengan head unit yang digunakan pada Tesla.

Review Wuling Almaz 2020: Voice Command Canggih dan Bermesin Turbo 07

Kesan futuristik semakin terasa dengan fitur WIND (Wuling Indonesian Command). Fitur ini merupakan fitur perintah suara berbahasa Indonesia pertama di dunia. Dengan mengucapkan “Halo, Wuling”, WIND bisa mengakses beberapa perintah, seperti mengangat telepon dan membuka sunroof.

Review Wuling Almaz 2020: Voice Command Canggih dan Bermesin Turbo 08

Desain dalamnya memang menawan dengan sunroof yang menawarkan kesan mewah di dalam kabin mobil Wuling Almaz. Pengaturan kabin yang kedap ditambah dengan sunroof yang bisa dibuka. Membuat interior terasa lebih lapang, termasuk pada ruang kepala.

Review Wuling Almaz 2020: Voice Command Canggih dan Bermesin Turbo 09

Setir multi-fungsi dengan berbagai tombol pengaturan yang cukup banyak guna memudahkan pengemudi mengakses berbagai fitur yang diberikan di dalam mobil Almaz. Posisi tangan sudah cukup baik, walaupun Wuling hanya menawarkan fitur tilt pada setir, belum teleskopik.

Review Wuling Almaz 2020: Voice Command Canggih dan Bermesin Turbo 10

Ada banyak ruang penyimpanan yang tersebar di sekitar kabin Wuling mobil Almaz. Mulai dari dua cipholder pada konsol tengah serta kompartemen penyimpanan pada doortrim. Kenyamanan penumpang di belakang semakin sejuk dengan ventilasi udara pada baris kedua.

Review Wuling Almaz 2020: Voice Command Canggih dan Bermesin Turbo 11

Ada dua pilihan kursi, dua baris dan tiga baris untuk 7 bangku. Tentu saja ruang bagasi cukup dipangkas ketika memilih mobil Almaz dengan pengaturan 7 bangku. Terlebih dengan dimensi dan wheelbase yang masih tetap sama. Terang saja, mobil Almaz 7-seater menawarkan ruang bagasi yang lebih kecil.

Review Wuling Almaz 2020: Voice Command Canggih dan Bermesin Turbo 12

Begitu pula dengan ruang kaki di baris ketiga. Tak begitu nyaman bagi penumpang dewasa untuk duduk dimana posisi duduk hampir terasa seperti jongkok. Bangku di belakang memang diperuntukan khusus bagi anak-anak.

Fitur Keamanan

Dari segi fitur mobil Wuling Almaz Indonesia yang diberikan, tidak ada perbedaan signifikan pada sistem keselamatan yang digunakan. Namun tentu saja beberapa fitur Almaz Exclusive yang dihilangkan pada Wuling cars Almaz Smart Enjoy yang menjadi varian entry level.

Review Wuling Almaz 2020: Voice Command Canggih dan Bermesin Turbo 13

Beberapa fitur keselamatan aktif Wuling Amart yang dihilangkan termasuk airbag samping, sensor parkir untuk bodi depan, serta Tire Pressure Monitoring System (TMPS). Selain airbag samping, fitur lainnya bukanlah fitur yang penting untuk keselamatan.

Review Wuling Almaz 2020: Voice Command Canggih dan Bermesin Turbo 14

Namun jangan takut, karena mobil ini membawa berbagai fitur yang cukup lengkap untuk versi entry levelnya. Dengan harga Wuling Almaz yang terjangkau, SUV ini sudah dibekali dengan pengereman ABS+EBD+BA, Electronic Stability Control dan Traction Control, Hilla Hold Control serta Automatic Vehicle Hold.

Mesin

Salah satu keunggulan Wuling Almaz dalam berbagai percobaan adalah mesin yang responsif. Dari data spesifikasi mobil Wuling cars Almaz menunjukan mesin yang digunakan merupakan 1.5T dengan teknologi DOHC serta DVVT.

Keluaran tenaganya cukup tinggi, yaitu 140 PS pada putaran 5.200 rpm serta torsi puncak 250 Nm pada putaran 1.800 rpm – 3.600 rpm. Tenaga disalurkan ke roda depan sehingga mengurangi terjadinya powerloss pada kendaraan.

Review Wuling Almaz 2020: Voice Command Canggih dan Bermesin Turbo 15

Ada dua pilihan transmisi, yaitu transmisi manual 6-percepatan serta CVT dengan simulasi 8-percepatan otomatis. Berbeda dengan transmisi AMT (Automated Mechanical Transmission) milik Wuling Cortez, pihak Wuling mengklaim transmisi ini menghadirkan perpindahan gigi dan akselerasi yang lebih halus.

Performa dan Handling

Posisi berkendara SUV Wuling Almaz ini cukup baik dengan pengaturan kursi yang memudahkan dalam mendapatkan posisi ideal di belakang kemudi. Belum lagi dengan posisi kaki yang nyaman dan ruang kaki yang cukup lapang.

Review Wuling Almaz 2020: Voice Command Canggih dan Bermesin Turbo 16

Meskipun pabrikan China, tapi Almaz mampu menawarkan performa yang menyenangkan ketika dibawa berkendara. Bahkan Wuling mempersiapkan dua mode berkendara yang bisa dipilih, yaitu Eco untuk mesin yang lebih efisien serta Sport yang lebih bertenaga.

Almaz sudah dilengkapi dengan teknologi DVVT atau Dual Variable Valve Timing. Fitur ini berfungsi untuk memberikan rasa berkendara sporty dan ekonomis untuk menghasilkan mesin yang bertenaga, baik pada putaran mesin rendah maupun tinggi.

Review Wuling Almaz 2020: Voice Command Canggih dan Bermesin Turbo 17

Tarikan gas cukup lembut ketika putaran mesin berada di bawah 30 km/jam. Namun ketika pedal gas ditekan cukup dalam, tenaga turbonya langsung terasa. Walaupun layaknya mesin bertenaga turbo lainnya, sempat terasa turbo lag. Tapi tak terlalu mengganggu.

Sedangkan pengendalian dan bantingan suspensi membuat mobil ini terasa nyaman ketika melibas jalanan perkotaan dan bermanuver ketika menyalis atau berkendara di jalanan pergunungan yang berbelok. Namun bantingannya masih terasa kurang ketika dibawa di jalanan bergelombang.

Konsumsi BBM

Wuling Almaz yang menggunakan mesin bertenaga turbo membuat pengendaraannya menjadi lebih bertenaga. Tetapi hal tersebut tentu saja sangat mempengaruhi konsumsi bahan bakar pada mobil. Apalagi mengingat bobotnya yang mencapai 1.5 ton.

Review Wuling Almaz 2020: Voice Command Canggih dan Bermesin Turbo 18

Wuling memang belum merilis secara resmi konsumsi bbm Wuling Almaz. Tetapi dalam beberapa pengetesan yang dilakukan oleh media didapatkan konsumsi bahan bakar untuk jalanan perkotaan tercatat 7–9 km/L. Catatan yang tidak terlalu baik dibandingkan pesaingnya di segmen SUV perkotaan.

Review Wuling Almaz 2020: Voice Command Canggih dan Bermesin Turbo 19

Sedangkan ketika dibawa dalam perjalanan di tol dalam kota dengan kondisi jalanan yang lebih lapang, Almaz yang melaju dalam kecepatan stabil mampu mencatatkan 9-12 km/L. Untuk pengendaraan yang lebih efisien, ada mode berkendara Eco yang bisa dipilih.

Video

Sejak mendapatkan penambahan fitur voice command WIND pada 2019 lalu, Almaz belum mengalami perubahan. Berikut video Wuling Almaz 2020 dari akun resmi Wuling Indonesia

Kesimpulan

Meski hadir dari pabrikan China yang dikenal memiliki kualitas yang di bawah rata-rata, Wuling Almaz Indonesia mendobrak stereotipe tersebut. Harga Almaz yang terjangkau sudah mendapatkan berbagai fitur canggih yang membantu pengendaraan di dalam mobil.

Contohnya fitur WIND yang menjadi perintah suara berbahasa Indonesia pertama di dunia serta mesin bertenaga turbo dengan perpindahan gigi yang mulus. Performanya tangguh meski harus mengorbankan sedikit konsumsi bahan bakar.

Almaz juga menawarkan konfigurasi kesukaan konsumen Tanah Air: bangku tiga baris untuk tujuh orang di dalam kabin. Walaupun ruang baris ketika hanya nyaman bagi anak-anak. Tapi secara keseluruhan, Almaz sangat menarik berdasarkan fitur dan harga yang ditawarkan.

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Wuling Almaz Hybrid 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil