window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ribuan Pelajar dan Mahasiswa Siap Geruduk Pabrik Suzuki, Ada Apa?

Herdi · 3 Mar, 2023 16:03

Ribuan Pelajar dan Mahasiswa Siap Geruduk Pabrik Suzuki, Ada Apa? 01

Ribuan pelajar dan mahasiswa dari berbagai bakal menggeruduk pabrik Suzuki Cikarang Plant, di Bekasi, Jawa Barat. Namun kedatangan pelajar dan mahasiswa ini bukan ingin buat rusuh atau tawuran, melainkan turut hadir dalam kegiatan Student Plant Visit. 

Ya, di tahun 2023, PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) selaku produsen mobil dan motor Suzuki di Indonesia kembali mengadakan rangkaian Suzuki Peduli Pendidikan dengan kegiatan Student Plant Visit di pabrik Suzuki Cikarang Plant, Jawa Barat. Pada tahun 2023 ini, rencananya akan diadakan sebanyak 70 kali kegiatan Student Plant Visit dengan target lebih dari 4.000 siswa pelajar dan mahasiswa di berbagai wilayah.

Baca juga: Setelah Grand Vitara, Suzuki XL7 2023 Berteknologi Smart Hybrid Bakal Meluncur

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Proses perakitan mobil Suzuki

Proses perakitan mobil Suzuki

Menurut Vice President Director SIM Hiroaki Matsuura, kunjungan pelajar adalah sebuah bentuk tanggung jawab sosial perusahaan dalam upaya mengedukasi generasi muda mengenai industri otomotif. 

"Suzuki Indonesia telah beroperasi selama 53 tahun di Indonesia dan mempunyai misi dalam membangun merek yang dipercaya melalui produk dan layanan yang berkualitas tinggi yang berorientasi pada kebutuhan konsumen. Dalam upaya mewujudkan misi tersebut, Suzuki terus berinovasi, berkembang, dan berupaya memberikan yang terbaik kepada konsumen," ungkap Matsuura, dalam keterangannya.

Baca juga: Harga Beda Tipis, Suzuki Ignis GX MT Bisa Ungguli Wuling Alvez SE?

 Student Plat Visit

Sejumlah pelajar mengikuti program Student Plat Visit yang digelar Suzuki Indomobil Motor

Matsuura menyatakan, pelaksanaan kegiatan Suzuki Peduli Pendidikan sebagai salah satu pilar tanggung jawab sosial, SIM yang menyasar generasi muda dalam upaya edukasi terkait industri otomotif, serta apa saja aturan kerja dan bagaimana mekanisme pabrik yang diterapkan secara efektif. 

Maka dari itu, Suzuki Peduli Pendidikan dianggap sebagai salah satu agenda rutin Suzuki Indonesia, untuk dapat berpartisipasi dalam mengenal industri otomotif lebih jauh serta mempelajari inovasi, mekanisme, dan kecanggihan pabrik pembuatan mobil Suzuki.

Baca juga: Suzuki Ignis Kena Recall, Ada Masalah Pin Rem Belakang yang Cacat Produksi

Sejumlah pelajar mengikuti program Student Plat Visit yang digelar Suzuki Indomobil Motor

Student Plat Visit yang digelar Suzuki Indomobil Motor diakhiri dengan foto bersama

Sebagai inisiasi rangkaian acara pembuka, Suzuki Indonesia mengundang 57 siswa dan siswi dari SMPN 1 Cikarang Pusat untuk menjadi peserta dari Student Plant Visit. Selain itu ada juga 177 siswa dari SMK N 1 Talaga dan SMKN 7 Kab. Tangerang juga telah mengikuti kegiatan yang sama.

Melihat Proses Produksi Kendaraan Suzuki

Saat mengikuti Student Plant Visit di pabrik Suzuki yang telah beroperasi selama 53 tahun di Indonesia,  pelajar akan melihat langsung mengenai proses produksi dan mengunjungi area Welding (pengelasan) dan Assembling (proses penggabungan atau perakitan), dimana pabrik Suzuki telah menerapkan teknologi canggih yang menggunakan sistem robotik dengan tingkat kepresisian tinggi. 

Proses produksi mobil suzuki Carmudi

Proses produksi mobil suzuki

Peserta juga diajak melihat proses Final inspection di akhir jalur produksi yang merupakan proses penting untuk memastikan kualitas mobil yang diproduksi Suzuki. Dengan sistem produksi yang mumpuni dan canggih, maka tak heran Suzuki sendiri mempunyai misi dalam membangun merek yang dipercaya melalui produk dan layanan yang berkualitas tinggi yang berorientasi pada kebutuhan konsumen.   

Adapun menurut Active Director Manufacturing PT SIM, Yudonendito, Suzuki telah memberikan edukasi dalam bentuk Student Plant Visit sejak beberapa tahun silam, dan tercatat sejak tahun 2017 kegiatan ini telah mendapat respon positif dengan jumlah partisipan sebanyak lebih dari 50.000 siswa dan Mahasiswa dari berbagai sekolah dan Perguruan Tinggi di Indonesia.

Mobil Suzuki XL7

Mobil Suzuki XL7 merupakan salah satu yang diproduksi di Indonesia 

“Selain merupakan upaya kami dalam mengedukasi mengenai industri otomotif lebih jauh, serta mempelajari inovasi, mekanisme, dan kecanggihan pabrik pembuatan mobil Suzuki, kegiatan Student Plant Visit ini juga kami harapkan dapat menjadi wawasan dasar untuk para partisipan agar mampu bersaing dan mengembangkan potensi diri khususnya di industri otomotif dan pengembangan teknologi,” tutup Yudonendito.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Suzuki Ertiga GA MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil