window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Rp100 Jutaan Lebih Murah, Interior Wuling Alvez 2023 Apakah Lebih Nyaman Dari Wuling Omoda 5?

Yongki Sanjaya · 28 Feb, 2023 17:30

Rp100 Jutaan Lebih Murah, Interior Wuling Alvez 2023 Apakah Lebih Nyaman Dari Wuling Omoda 5? 01

Pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 lalu, dua brand China langsung unjuk gigi dengan menampilkan lini terbaru mereka. Wuling Motors memperkenalkan Alvez dan Chery merilis Omoda 5 dimana keduanya hadir di segmen yang sama. Meskipun demikian, harga yang ditawarkan oleh Wuling Alvez 2023 bisa jauh lebih murah ketimbang Chery Omoda 5.

Baca juga : 

Wuling Alvez Resmi Meluncur, Fiturnya Bikin Pesaing Minder

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Beli Mobil SUV

First Drive Wuling Alvez 2023, Compact SUV yang Bersahabat Buat Pemula?

Sebagai informasi untuk tipe tertinggi yaitu Wuling Alvez EX ditawarkan seharga Rp295 juta sedangkan Wuling Omoda 5 tipe RZ untuk harganya senilai Rp398 juta. Selisihnya sangat jauh, mencapai Rp103 juta dari kedua model tersebut. Meskipun harganya jauh lebih murah, namun Wuling Alvez 2023 sanggup berbicara banyak soal kenyamanan.

Sebagai pendatang baru, Chery mempersiapkan Omoda 5 sebagai amunisi andalan mereka berbekal fitur canggih. Wuling Alvez juga tak ketinggalan dengan menyediakan fitur ADAS serta sunroof. Kebetulan, kami pun telah melakukan first drive kedua model tadi sehingga bisa membandingkan soal kenyamanan saat duduk dalam kabin.

Seperti apa sih kenyamanan yang ditawarkan dari masing-masing model? Berikut ini perbandingan keduanya.

Wuling Alvez 2023, Crossover yang Nyaman Untuk Keluarga?

Rp100 Jutaan Lebih Murah, Interior Wuling Alvez 2023 Apakah Lebih Nyaman Dari Wuling Omoda 5? 01

Bila kita melihat sosok Alvez, wujudnya begitu identik dengan Chevrolet Aveo di luar negeri. Bedanya, Alvez disulap menjadi sebuah crossover sedangkan Aveo masih mempertahankan wujudnya sebagai hatchback. Meskipun basisnya dari hatchback, bukan berarti Alvez ini kabinnya sesak.

Saat melakukan first drive di ajang IIMS 2023 kemarin, kami mencoba duduk di kursi belakang Wuling Alvez dan Chery Omoda 5. Menurut kami, Alvez ini lebih bersahabat soal kenyamanan penumpang baris kedua. Pasalnya ruang kaki mobil ini cukup lapang dan rancangan pada sandaran kursi sudutnya bisa diatur lebih miring.

Rp100 Jutaan Lebih Murah, Interior Wuling Alvez 2023 Apakah Lebih Nyaman Dari Wuling Omoda 5? 02

Ciri khas Wuling lainnya yaitu kaca jendela berukuran besar pun turut hadir pada Alvez, termasuk pada pintu belakang. Hal ini membuat pandangan penumpang di baris kedua cukup luas dan leluasa melihat luar. Dengan begini, bisa meminimalisir efek claustrophobia dan gejala mabuk bila berkendara cukup lama.

Alhasil, pilihan posisi duduk yang cukup beragam ini membuat penumpang jadi lebih rileks. Bila agak lelah, kita cukup mengatur sandaran supaya punggung kita bisa agak merebah. Ruang kaki yang lapang dan sandaran yang fleksibel membuat akomodasi penumpang belakang cukup leluasa. 

Bantingan Suspensi di Wuling Alvez 2023 Cukup Keras

Rp100 Jutaan Lebih Murah, Interior Wuling Alvez 2023 Apakah Lebih Nyaman Dari Wuling Omoda 5? 03

Tidak seperti produk Wuling lain, Wuling Alvez 2023 ini punya karakter suspensi yang cenderung keras. Padahal, Wuling Almaz bantingan supensinya masih lebih empuk. Suspensi yang cukup keras ini begitu terasa di kursi baris kedua. Padahal saat sesi first drive ini, mobil terisi empat orang dengan postur cukup besar, yang bobotnya di atas 80 kilogram.

Menurut kami, kerasnya suspensi milik Alvez ini mirip seperti di Daihatsu Rocky. Karakter suspensi seperti ini mungkin kurang nyaman ketika lewat jalan yang konturnya tidak rata. Namun menguntungkan dari segi handling, karena jadi minim limbung kala kita bermanuver.

Chery Omoda 5, Crossover yang Driver Oriented

Rp100 Jutaan Lebih Murah, Interior Wuling Alvez 2023 Apakah Lebih Nyaman Dari Wuling Omoda 5? 04

Hal sebaliknya kami rasakan saat berkendara dengan Chery Omoda 5. Mobil ini begitu ergonomis di ruang kemudi atau pada kursi penumpang bagian depan. Posisi setir dan tuas transmisi ergonomis, serta layar head unit yang mudah diakses pengemudi. 

Menurut kami, Omoda 5 ini dengan karakter sporty yang kuat juga dirancang supaya driver oriented. Pasalnya, posisi duduk di kursi baris kedua kurang ergonomis dan ruang kaki cenderung sempit. Memang tak sesempit mobil coupe dua pintu, tapi desain seperti ini kurang nyaman bagi penumpang saat melakukan perjalanan jarak jauh.

Rp100 Jutaan Lebih Murah, Interior Wuling Alvez 2023 Apakah Lebih Nyaman Dari Wuling Omoda 5? 05

Pada Omoda 5 juga terdapat tuas untuk pengaturan sudut sandaran kursi. Hanya saja sudut sandarannya tidak bisa nyaris merebah seperti pada Alvez. Sudutnya masih agak tegak sehingga bisa membuat punggung pegal ketika duduk dalam waktu lama. Selain itu, baris kedua ini terdapat suasana claustrophobia karena jendela yang sempit.

Pandangan penumpang untuk melihat suasana luar mobil kurang leluasa, ditambah bentuk kursi yang kurang ergonomis bisa cepat memunculkan gejala mual. Konsep mobil ini cenderung untuk mobil daily kalangan anak muda, yang memang jarang untuk melakukan perjalanan jauh.

Aspek hiburan di Omoda 5 tipe RZ juga lebih unggul, karena memakai speaker besutan Sony. Sementara itu, Alvez hanya memakai produk audio OEM pabrikan. 

Karakter Suspensi Chery Omoda 5 Lebih Bersahabat

Rp100 Jutaan Lebih Murah, Interior Wuling Alvez 2023 Apakah Lebih Nyaman Dari Wuling Omoda 5? 06

Pada umumnya, mobil jenis SUV dan crossover punya karakter suspensi yang cenderung keras. Namun bila kami bandingkan antara Alvez dan Omoda 5, maka crossover besutan Chery ini lebih unggul soal kenyamanan. Bantingan suspensinya tak sekeras Alvez, walaupun kita duduk di baris kedua. 

Meskipun posisi duduk di kursi belakang kurang ergonomis, namun jenis busa di Chery Omoda 5 ini juga lebih empuk. Kombinasi suspensi dan busa ini setidaknya cukup bersahabat, sebagai kompensasi layout yang kurang mendukung postur penumpang bertubuh tinggi.

Kesimpulan

Membandingkan dua model ini, memang punya kelebihan dan kelemahan masing-masing. Ada hal yang jadi kelebihan di Alvez, namun tidak muncul di Omoda 5 begitupun sebaliknya. Bicara soal kenyamanan berkendara, kalian harus menyesuaikan kebutuhan.

Bila mencari mobil yang kerap digunakan bersama keluarga, maka Wuling Alvez 2023 layak jadi pilihan. Namun bila mencari mobil untuk daily driver anak yang baru tumbuh dewasa, maka Omoda 5 patut jadi opsi menarik yang unggul dari sisi entertainment dan layout driver oriented.


 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Wuling Alvez SE 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil