Rp290 Jutaan, Toyota Kijang Innova Diesel 2016 Masih Lebih Menarik dari Veloz 2022?

Enda · 14 Des, 2021 14:00

Toyota Kijang Innova diesel vs Veloz

Toyota Kijang Innova Diesel 2016 vs Veloz 2022
  • Toyota Kijang Innova diesel 2016 varian V AT kini dibandrol Rp290 jutaan
  • Diniagakan Rp291,5 juta OTR Jakarta, Toyota Veloz Q CVT TSS punya fitur lebih lengkap dibanding Kijang Innova diesel 2016 tipe V AT

Baik Toyota Kijang Innova Diesel 2016 maupun Veloz 2022 sangatlah berbeda walaupun keduanya sama-sama masuk dalam kategori Multi Purpose Vehicle (MPV) dan kini memiliki harga yang sepadan.

Seperti yang diketahui, Veloz masuk dalam kategori Low MPV, sedangkan Innova berada di segmen Medium MPV dimana keduanya menawarkan daya tampung hingga 7 penumpang. Bicara mengenai banderolnya, dalam kondisi bekas Kijang Innova Reborn diesel matic tahun 2016 tipe V kini ditawarkan Rp290 jutaan. Sedangkan Veloz 2022 varian Q CVT TSS diniagakan Rp291,5 juta OTR Jakarta.

Punya harga jual yang sama untuk saat ini, Toyota Kijang Innova bekas dan Veloz baru kerap kali membuat calon pembelinya merasa bingung ketika diharuskan untuk memilih. Agar tidak terus-terusan galau saat ingin membeli, sebaiknya simak ulasan mengenai keduanya di bawah ini.

Baca juga: Test Drive Toyota Avanza 1.5 G CVT 2022: Lompatan Signifikan Yang Masih Menyisakan Pekerjaan Rumah Bagi Toyota

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Tampilan Luar Toyota Kijang Innova 2016 Lebih Prestisius dari Veloz 2022

Toyota Kijang Innova diesel vs Veloz

Tampilan luar Toyota Kijang Innova diesel lansiran tahun 2016 tipe V

Toyota Kijang Innova diesel lansiran tahun 2016 tipe V punya tampilan yang mampu menonjolkan kesan gagah, modern dan juga sporty. Pada fascianya, mobil ini disematkan lampu halogen multi reflector dengan bentuk tajam.

Untuk bagian tengahnya sendiri dibenamkan grill berukuran besar dengan model trapezoid yang terbadi menjadi dua bilah berbentuk horizontal. Agar dapat memberikan visibilitas yang baik, di ujung bumpernya terdapat foglamp yang berhimpitan secara langsung dengan lampu seinnya.

Menengok sisi sampingnya, mobil ini berhasil diaplikasikan velg Alloy model palang dengan kelir silver dengan ukuran 205/65R16.

Melihat bagian buritannya, mobil keluarga ini dilengkapi Rear License Garnish pada bagian tengahnya, dimana telah terintegrasi dengan lampu Rear Combination berdesain boomerang yang menampilkan kesan tajam dan dinamis.

Toyota Kijang Innova diesel vs Veloz

Toyota Veloz 2022

Bicara Toyota Veloz 2022 melihat daripada wajahnya mobil ini terlihat begitu futuristrik, mewah sekaligus sporty. Guna menampilkan kesan prestisius, Veloz terbaru memperoleh list krom memanjang di atas lampu utama tepat di bawah bonnetnya yang berotot.

Mengenai sistem pencahayaannya, Veloz 2022 telah mengadopsi teknologi LED dengan desain pipih yang mana didalamnya juga terdapat DRL plus tambahan lampu sein LED. Untuk grillenya sendiri berbentuk trapezoidal dengan model diamond cut.

Selain itu terdapat juga foglamp di sisi kanan dan kiri dengan hiasan list krom menyerupai huruf T yang terkesan mewah. Perlu diketahui, untuk bumper ini seolah dibagi menjadi dua bilah dengan air-dam yang mengaplikasikan garis horizontal dipadukan spoiler berkelir perak sekaligus menampilkan kesan tangguh nan sporty.

Menengok sisi sampingnya, kini Veloz memiliki garis tegas yang menghubungkan lampu depan hingga lampu belakangnya. Jendela di baris ketiga menuju pilar D nya pun dibuat melandai, serta adanya tambahan roof rail di bagian atapnya.

Pada spionnya, Veloz 2022 selain disematkan turn signal lamp juga mendapat tambahan kamera 360 derajat. Untuk lingkar rodanya, Veloz 2022 Q CVT TSS diaplikasikan velg R17 inci dual-tone model palang yang terlihat begitu atraktif serta adanya tambahan rem cakram atau solid disc pada roda belakangnya. Oh iya, supaya menambah kesan agresif sekaligus sporty, mobil ini juga mendapatkan side skirt memanjang dengan warna hitam dof.

Melihat bagian belakangnya, pada stoplampnya sudah menggunakan teknologi LED dan terhubung di kedua sisinya berkat adanya garnish dengan lampu LED bar memanjang. Pada backdoor, mobil ini juga mendapatkan tulisan ‘VELOZ’ sebagai identitasnya. Untuk bumper belakang, di kedua sisinya dibenamkan reflektor yang terlihat kokoh berkat adanya tambahan underguard berkelir perak.

Fitur Unggulan Toyota Veloz 2022 Jauh Lebih Lengkap Sekaligus Modern

Toyota Kijang Innova diesel vs Veloz

Interior Toyota Kijang Innova diesel V 2016

Mengetahui fitur unggulan apa saja yang ada di Toyota Kijang Innova diesel V produksi 2016, pada center clusternya mobil ini berhasil disematkan Advanced Entertainment System layar sentuh berukuran 8 inci yang mendukung format USB, AUX, Bluetooth, Voice Command, Air Gesture serta SD Card. Head unit yang digunakan juga sudah mendapat jaringan Internet, DLNA, Miracast, HDMI dan Mirrorlink.  

Supaya pengemudi merasa lebih mudah dalam menjalankan atau mengatur segala informasi pada meter cluster atau sistem infotaimentnya, setir 4 spoken yang digunakan telah diaplikasikan steering switch control. Sebagai informasi, setir mobil ini juga sudah menganut fitur Tilt dan Telescopic Steering yang memiliki fungsi untuk merubah posisi setir sesuai postur tubuh pengendara.

Perlu kalian ketahui, pengaturan AC dari mobil ini sudah menggunakan tampilan digital Automatic cooler (F+R), dimana setiap barisnya mendapat louver ac yang diletakan di bagian atapnya. Guna menyuguhkan nuansa berkendara yang nyaman, Innova V turut tersematkan Center+Rear personal+Indirect (LED) serta Blue Ilumination light.

Baca juga: Harga Isuzu Panther Touring Bekas Lebih Mahal Rp3,6 Jutaan Dari Toyota Avanza CVT TSS, Teknologi Lama Lebih Mempesona

Toyota Kijang Innova diesel vs Veloz

Tampilan dashboard Toyota Veloz 2022

Mengetahui fitur unggulan yang ada pada Toyota Veloz 2022, Low MPV andalan Toyota ini telah mendapatkan New Leather Tilt dan Telescopic Steering with Audio & MID Switch untuk memudahkan pengaturan posisi kemudi, audio, dan MID melalui sentuhan ringan pada lingkar kemudi yang dibalut dengan material kulit, serta dilengkapi Drive Mode Switch. Selain itu, Veloz Q CVT TSS juga mendapatkan New Advanced 7 Inch Digital TFT MID yang dapat menampilkan segala informasi penting mengenai status kendaraan yang disajikan secara virtual.

Pada center clusternya terkesan premium dan stylish berkat adanya beberapa material soft touch, dan berhasil disematkan sistem hiburan berupa head unit layar senuth 9 inci yang mendukung konektivitas smartphone serta new rear-seat entertainment.

Agar pengguna merasa lebih nyaman disaat melakukan perjanalan jauh, All New Veloz juga dilengkapi dengan Wireless Charger di konsol tengah serta New Electric Parking Brake with Brakehold yang menggantikan tuas rem parkir konvensional hanya dengan satu sentuhan tombol.

Terdapat pula New Push Start Button yang dengan mudah menghidupkan dan mematikan mobil, serta fitur New Auto A/C yang secara efektif dapat mendinginkan suhu kabin dengan lebih cepat, double blower, window jam protection, dan spion retractable. Tak hanya itu, Toyota Veloz 2022 juga mendapatkan sentuhan New Leisure Soft Pad Door Armrest with Full Grip, yang dikombinasikan dengan New Vibrant Illumination Light.

Toyota Kijang Innova diesel vs Veloz

Jok Toyota Veloz 2022 kini bisa disesuaikan menjadi "sofa mode"

Tidak seperti Innova V lansiran 2016, Veloz 2022 memiliki tiga baris kursi fleksibel bisa disesuaikan menjadi "sofa mode" untuk memaksimalkan posisi istirahat penumpang ketika dalam perjalanan jauh. Jarak antara penumpang baris pertama dan keduanya mencapai 980 mm, sementara jarak antara penumpang baris kedua dan ketiga adalah 700 mm. Sedangkan gerak maju mundur pada baris keduanya mencapai 240 mm.

Fitur Keselamatan Toyota Kijang Innova V 2016 Kalah Telak dari Veloz 2022

Toyota Kijang Innova diesel vs Veloz

Varian teratas Toyota Veloz 2022 dilengkapi fitur keselamatan TSS

Sebagai tipe teratas, Veloz Q CVT TSS memperoleh fitur keselamatan berupa Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), rear parking sensor, 6 airbag, rear parking sensor, all round view camera serta menggunakan rem cakram berventilasi 15 inci untuk semua rodanya. Bukan hanya itu saja, demi menunjang keselamatan berkendara, remnya juga diperkuat dengan fitur Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD) dan Braking Assist (BA).

Disisi lain, varian ini juga mendapatkan Toyota Safety Sense (TSS) yang mencakup Rear Crossing Traffic Alert, Blind Spot Monitoring, Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Missoperation Control, Lane Departure Warning, Lane Departure Prevention dan terakhir Front Departure Alert. Tak lupa untuk untuk keamannya mendapat tambahan alarm + immobilzer.

Membandingkan fitur keselamatan, Toyota Kijang Innova 2016 tipe V, kalah lengkap dengan Veloz 2022 varian Q CVT TSS. Seperti yang bisa diketahui, varian tengah Innova tersebut hanya mendapatkan airbags dual front, airbags driver knee, ISOFIX, Anti-lock Braking System (ABS) Electronic Brakeforce Distribution (EBD) 3-Points Seatbelt, Side Impact Beam dan Front Passenger Seat belt Warning. Bicara soal fitur keamanannya, mobil ini dilengkapi immobilizer dan alarm.

Oh iya, untuk sistem pengeremannya Innova masih mengandalkan cakram di roda depan serta tromol pada roda belakangnya.

Toyota Kijang Innova Diesel 2016 Jauh Lebih Bertenaga dari Veloz 2022

Toyota Kijang Innova diesel vs Veloz

Mesin diesel 2.4L 2 GD FTV di Toyota Kijang Innova V 2016

Dengan uang Rp290 jutaan, kalian bisa mendapatkan Toyota Kijang Innova tipe V produksi 2016 yang dibenamkan mesin diesel 2.393 cc berkodekan 2 GD FTV 4 Cylinder in-line, 16 valve DOHC with VNT Intercooler. Jantung mekanisnya tersebut mampu merilis tenaga hingga 149 PS @3.400 rpm serta torsi maksimal mencapai 359 Nm @1.200 – 2.600 rpm.

Selain bertenaga, mobil ini masih menjadi primadona karena irit dalam hal konsumsi bahan bakarnya. Pengunaan dalam kota contohnya, mobil ini mampu menempuh jarak hingga 13 km/liter. Sedangkan pengunaan luar kotanya, mobil ini mampu meraih angka 18 km/liter.

Oh iya, Rp290 jutaan kalian bisa memiliki Kijang Innova diesel V tahun 2016 dengan transmisi 6 Speed A/T with Sport Sequential Switchmatic.

Toyota Kijang Innova diesel vs Veloz

Jantung pacu 1.5L 2NR-VE pada Toyota Veloz 2022

Mengenai Toyota Veloz 2022, mobil ini disematkan mesin 2NR-VE 4 silinder segaris 16 valve DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.496 cc yang dapat memeras tenaga hingga 106 PS @6.000 rpm serta torsi puncak 137 Nm @4.200 rpm. Untuk membuatnya bisa berjalan, Veloz dikawinkan transmisi CVT dilengkapi dengan split gear baru yang dikembangkan untuk memberikan rasio gigi yang lebih lebar guna menciptakan akselerasi yang bertenaga dan mulus dalam setiap perpindahan gigi secara otomatis. Tak hanya itu, penggunaan transmisi CVT pada All New Veloz juga mampu menghasilkan tingkat konsumsi BBM yang lebih efisien.

Toyota Veloz 2022 Q CVT TSS Mengadopsi Fitur T Intouch

Toyota Kijang Innova diesel vs Veloz

Toyota Veloz Q CVT TSS berhasil mendapatkan fitur T Intouch

Fitur canggih berupa T Intouch kini dapat dijumpai pada Veloz Q CVT TSS. T Intouch sendiri berguna menghubungkan mobil dengan aplikasi mTOYOTA, sehingga pelanggan dapat terhubung ke semua layanan mobilitas Toyota. T Intouch sendiri bertujuan untuk menjawab kebutuhan pelanggan akan kemudahan dan rasa terhubung dengan mobil.

T Intouch pada All New Veloz menawarkan pengalaman konektivitas digital kehidupan sehari- hari serta solusi dan manfaat terintegrasi. Pertama, ada fitur Find My Car yang dapat mengetahui secara akurat dimana kendaraan diparkir untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pelanggan. Kemudian, terdapat fitur Geofencing yang memberikan peringatan saat kendaraan berada di luar zona resmi untuk memastikan keamanan pelanggan setiap saat.

Disisi lain, T Intouch juga hadir dengan fitur yang dapat memberikan peace of mind bagi pelanggan. Misalnya, adanya fitur E-Care (Maintenance) yang akan membantu mengatur pengingat untuk perawatan kendaraan secara berkala agar kendaraan pelanggan selalu dalam performa terbaiknya.

Kemudian, terdapat fitur Inquiry & Support Center yang menawarkan bantuan langsung dari call center Toyota untuk membantu menyelesaikan masalah pelanggan. Selain itu, terdapat pula fitur Road Assistance yang menyediakan tombol SOS ketika pelanggan kami mengalami kecelakaan, yang menghubungkan pelanggan kami dengan call center Toyota untuk diarahkan ke penyedia Emergency Road Assistance (ERA) untuk mendapatkan bantuan yang lebih cepat.

Kesimpulan

Toyota Kijang Innova diesel V AT bekas produksi tahun 2016 kini dibandrol dengan harga yang relatif sama dengan Veloz 2022 Q CVT TSS. Punya harga yang sepadan, tentunya membuat beberapa calon konsumen merasa galau ketika diharuskan untuk memilih.

Dengan uang Rp290 jutaan, menurut kami Toyota Kijang Innova diesel V AT lansiran 2016 lebih cocok dipilih dibandingkan Veloz 2022 Q CVT TSS untuk kalian yang sering melakukan perjalanan jauh bersama keluarga, dengan mengesampingkan fitur unggulan dan keselamatan.

Berbeda jika kalian sering melakukan aktivitas sehari-hari di kota besar dan sesekali berpergian keluar kota bersama anggota keluarga, Veloz 2022 Q CVT TSS bisa menjadi pilihan yang tepat.

Sebagai catatan, hal yang perlu diperhatikan jika kalian tertarik membeli Kijang Innova bekas ialah mengecek secara lebih detail kendaraan, guna mendapatkan unit yang sehat dan siap diajak untuk berpergian.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Varian Paling Ideal Toyota Kijang Innova yang Pantas Kalian Pilih

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Avanza Veloz 1.3 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru