window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Salah Kaprah Saat Menyalakan Lampu Hazard, Kapan Waktu yang Benar?

Yongki Sanjaya · 17 Mei, 2022 16:30

Salah Kaprah Saat Menyalakan Lampu Hazard, Kapan Waktu yang Benar? 01

Kendaraan bermotor baik mobil atau motor kini telah dilengkapi dengan lampu hazard. Tujuan pabrikan menyediakan lampu hazard ialah untuk sinyal ketika dalam kondisi darurat. Hanya saja, banyak pengguna kendaraan yang salah kaprah soal waktu penggunaan lampu hazard ini.

Untuk menyalakan lampu hazard, kita cukup menekan tombol yang dilengkapi dengan simbol segitiga merah pada bagian tengahnya. Ketika tombol tersebut ditekan, maka lampu sein kanan dan kiri akan berkedip bersamaan. Fungsi lampu hazard adalah untuk memberikan sinyal atau isyarat adanya keadaan darurat, sehingga meminta kendaraan lainnya untuk berhati hati.

Dalam beberapa kondisi yang dianggap darurat atau perlu berhati-hati, masih banyak pengendara mobil yang menyalakan lampu tanda bahaya. Hanya saja ternyata waktu menyalakannya di saat yang kurang tepat. Misalnya saja saat hujan lebat atau konvoi iring-iringan kendaraan. Ini membuat kendaraan yang berada di bagian belakangnya pun kesulitan untuk menebak laju kendaraan di depannya. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Waktu yang Tepat Untuk Menyalakan Lampu Hazard 

Salah Kaprah Saat Menyalakan Lampu Hazard, Kapan Waktu yang Benar? 01

Lampu hazard ini tersedia sesuai dengan Undang-undang tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 121 ayat 1. Dalam UU tersebut menyebutkan bila setiap pengemudi kendaraan bermotor wajib untuk memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lainnya saat berhenti dalam keadaan darurat di jalan. 

Nah, lampu hazard inilah yang dimaksud sebagai “lampu isyarat peringatan”. Saat sedang berkendara di jalan, ada kalanya kita menghadapi situasi darurat yang dapat mengancam keselamatan berkendara.  

Hal utama yang memaksa kita harus menyalakan lampu hazard ialah saat kondisi yang benar-benar darurat, atau memberi informasi pengendara di belakang kita supaya berhati-hati. 

Kita bisa menyalakannya untuk peringatan kendaraan di belakang jika ada kecelakaan atau harus berhenti secara tiba-tiba. Misalnya saat kita harus mengerem mendadak, karena ada obstacle atau rintangan yang menghalangi lajur yang kita lalui, atau ada kecelakaan. Kondisi ini berpotensi membahayakan pengendara lainnya, sehingga Anda perlu menekan tombol hazard. 

Salah Kaprah Saat Menyalakan Lampu Hazard, Kapan Waktu yang Benar? 02

Kondisi berikutnya yaitu saat kendaraan kita dalam keadaan mogok dan mesin tidak dapat dinyalakan. Kondisi ini kerap membuat jengkel karena dapat terjadi kapan saja tanpa diduga. 

Mobil yang mengalami masalah berpotensi membahayakan pengendara lainnya. Dalam situasi seperti ini, Anda perlu menghidupkan lampu hazard sebagai sinyal bahaya. 

Dengan memberi tanda peringatan melalui lampu hazard, kalian telah meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas. Kendaraan di belakang yang melihat sinyal peringatan bisa segera menurunkan kecepatan kendaraannya.

Lampu Hazard Tidak Boleh Dinyalakan Saat Cuaca Buruk dan Beberapa Kondisi Non Darurat

Salah Kaprah Saat Menyalakan Lampu Hazard, Kapan Waktu yang Benar? 03

Ada banyak situasi yang sebenarnya kita tidak perlu menyalakan lampu hazard. Hanya saja, muncul kesalahkaprahan di kalangan pengendara kalau lampu hazard=tanda bahaya. 

Jadi, situasi yang dianggapnya berpotensi menjadi bahaya membuat pengendara jadi sering menyalakan hazard, walau faktanya itu ngawur. Lantas, situasi apa yang lampu hazard tidak perlu dinyalakan? 

Hal pertama yang cukup sering kita jumpai soal penggunaan lampu hazard yang ngawur ialah saat melewati persimpangan seperti prapatan. Pengendara menyalakan lampu hazard sebagai tanda saat berjalan lurus, padahal cara ini keliru dan tidak dibenarkan. Meskipun kita jalan lurus di persimpangan yang tak memiliki lampu pengatur lalu lintas, kita tidak perlu menyalakan hazard. 

Lampu Hazard Tidak Untuk Digunakan Saat Cuaca Buruk

Salah Kaprah Saat Menyalakan Lampu Hazard, Kapan Waktu yang Benar? 04

Salah satu kesalahpahaman yang paling umum tentang fungsi lampu hazard adalah menggunakannya di saat cuaca buruk seperti hujan deras atau kabut tebal. 

Dikutip dari laman Auto2000, menyalakan lampu hazard saat cuaca buruk justru dapat membahayakan keselamatan. Ini karena saat lampu hazard aktif, lampu sein otomatis tidak bisa berfungsi. 

Jika Anda ingin memberikan isyarat untuk berbelok, kendaraan di belakang akan sulit memahaminya. Untuk itu, saat Anda mengemudi di tengah cuaca buruk, tidak perlu menyalakan lampu hazard tapi nyalakan foglamp, lampu senja, atau bahkan lampu utama bila kondisi mendung pekat. 

Pengendara di belakang lebih mudah menyadari posisi mobil dari lampu belakang yang menyala. Selain itu, kita masih bisa menyalakan lampu sein saat berpindah jalur.

Lampu Hazard Tidak untuk Iring-iringan

Salah Kaprah Saat Menyalakan Lampu Hazard, Kapan Waktu yang Benar? 05

Masih banyak pengemudi yang menyalahartikan fungsi lampu hazard. Salah satunya adalah dengan menggunakan lampu hazard saat iring-iringan atau konvoi. 

Banyak mobil yang melakukan iring-iringan atau konvoi menyalakan lampu hazard sebagai tanda bahwa mereka tergabung dalam rombongan.

Padahal, Anda tidak perlu menyalakan lampu hazard saat melakukan konvoi kendaraan. Kalau kita menyalakan lampu hazard, hanya akan membuat pengendara di belakang Anda merasa kebingungan. 

Lagipula, saat hazard menyala malah membuat kita tidak bisa menyalakan lampu sein saat ingin pindah jalur atau mendahului kendaraan. Jika kalian sedang melakukan konvoi, cukup jaga jarak dan kecepatan agar tidak tertinggal.

Lampu Hazard Tidak Perlu Sebagai Tanda Masuk Terowongan

Salah Kaprah Saat Menyalakan Lampu Hazard, Kapan Waktu yang Benar? 06

Hal ngawur lain yang kadang dilakukan pengendara ialah menyalakan lampu hazard saat memasuki terowongan. Mereka beranggapan, lampu hazard menjadi tanda bahwa kendaraan Anda masuk ke tempat yang minim cahaya dan jarak pandangnya rendah.

Menyalakan lampu hazard saat masuk terowongan justru harus dihindari. Saat memasuki terowongan atau lorong gelap, cukup nyalakan lampu utama atau lampu senja agar visibilitas lebih terlihat. Pengendara di belakang pun dapat menyadari kalau kita menyalakan lampu senja/lampu utama berarti kondisi di depan cukup gelap. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil