window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sama-sama Pakai Mesin Turbo, Mana Lebih Komplit Antara Kia Seltos 2022 dan Honda HR-V 1.5 RS Turbo?

Yongki Sanjaya · 25 Mar, 2022 12:30

Sama-sama Pakai Mesin Turbo, Mana Lebih Komplit Antara Kia Seltos 2022 dan Honda HR-V 1.5 RS Turbo? 01

Setelah debut global pada tahun lalu, Honda HR-V akhirnya diperkenalkan secara resmi di Indonesia. Pada generasi terkini, PT Honda Prospect Motor mengganti varian 1.800 cc dengan 1.500 cc turbo. Sesama pengguna turbo, mana lebih komplit antara Honda HR-V 1.5 RS Turbo dengan Kia Seltos yang sudah hadir lebih dulu?

Secara harga, Honda HR-V 1.5 RS Turbo menjadi tipe termahal dengan bandrol Rp499,9 juta. Sementara itu, Kia Seltos 2022 hadir dalam tiga varian antara lain:

Honda HR-V 1.5 RS Turbo, Mahal Dengan Fitur Keselamatan Komplit

Sama-sama Pakai Mesin Turbo, Mana Lebih Komplit Antara Kia Seltos 2022 dan Honda HR-V 1.5 RS Turbo? 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Hal menarik yang jadi keunggulan Honda HR-V terbaru ialah teknologi Honda Sensing yang tersedia di semua varian. Selain itu, hadir juga opsi mesin 1.5 L turbo di tipe RS.

Teknologi Honda SENSINGTM pada All New Honda HR-V meliputi; Collision Mitigation Braking SystemTM (CMBSTM), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low SpeedFollow, Auto-High Beam, dan Lead Car Departure Notification System (LCDN).

Interior Premium di Honda HR-V 1.5 RS Turbo

Sama-sama Pakai Mesin Turbo, Mana Lebih Komplit Antara Kia Seltos 2022 dan Honda HR-V 1.5 RS Turbo? 01

Dari sisi interior, All New Honda HR-V semakin menawan dengan adanya 7” Interactive TFT Meter yang menampilkan berbagai informasi saat berkendara, seperti Honda SENSINGTM, Rear Seat Reminder, indikasi lampu pada kendaraan dan konsumsi bahan bakar.

All New Honda HR-V juga dilengkapi dengan Shift Knob berbalut kulit, One Push Ignition System & Smart Entry System, Paddle Shift dan Auto A/C. Hadir pula 3-Mode Drive System (Sport, Normal, ECON), Hands-Free Access Power Tailgate + Walk-Away Close dan 6 Airbags. Tak kalah penting, HR-V tipe tertinggi juga memiliki panoramic glass roof.

Fitur hiburannya didukung 8” Capacitive Touchscreen Display Audio, USB Port, Bluetooth, Hands-Free Telephone, AM/FM Radio, MP3/WMA, Smartphone Connection, WebLink (dengan tambahan kabel untuk mirroring) berikut 4-Speakers + 2 Tweeters,

Performa Mesin Baru Honda HR-V 1.5 RS Turbo

Sama-sama Pakai Mesin Turbo, Mana Lebih Komplit Antara Kia Seltos 2022 dan Honda HR-V 1.5 RS Turbo? 02

All New Honda HR-V 1.5L RS Turbo mengusung Mesin 1.5L VTEC Turbo yang menghasilkan tenaga 177 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 240 Nm pada 1.700-4.500 rpm. Untuk semakin menambah sensasi berkendara, terdapat 3 pilihan berkendara yaitu Sport, Normal dan Econ.

Kia Seltos, SUV Korea dengan Cita Rasa Eropa

Sama-sama Pakai Mesin Turbo, Mana Lebih Komplit Antara Kia Seltos 2022 dan Honda HR-V 1.5 RS Turbo? 03

Kia Seltos merupakan SUV pertama yang diperkenalkan oleh PT Kreta Indo Artha semenjak berada di bawah naungan PT Indomobil Group. Mobil ini gayanya yang agak boxy terlihat lebih kekar, gagah, dan agresif jika dilihat dari bagian depan, samping, juga belakang.  Sentuhan desainer ternama, Peter Schreyer mampu mengubah tampilan jajaran produk-produk terbaru Kia dengan gaya elegan ala mobil Eropa.

Kia Seltos punya dimensi panjang 4.315 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.645 mm, dan wheelbase 2.610 mm. Dimensinya proporsional, walau secara penampilan cukup perkasa.

Crossover asal negeri ginseng ini dibekali head unit 8 inci yang bisa terhubung dengan dua ponsel sekaligus. Sistem audio pada Kia Seltos pun telah didukung oleh merek kenamaan, Bose.

Sama-sama Pakai Mesin Turbo, Mana Lebih Komplit Antara Kia Seltos 2022 dan Honda HR-V 1.5 RS Turbo? 04

Bahkan, head unit ini juga sudah mendukung ponsel android dan iPhone. Fitur hiburannya kian menarik karena KIA Seltos juga telah dibekali enam speaker Bose yang bisa membuatmu betah berlama-lama mendengarkan musik di dalam kabin.

Fitur menarik yang bisa membuat kamu betah berlama-lama berkendara adalah Fast wireless charging. Dengan fitur ini kamu bisa mengisi ulang baterai handphone tanpa harus repot. Tentu saja, fitur ini hanya berfungsi jika ponsel kamu sudah mendukung pengisian tanpa kabel.

Fitur lain yang jadi andalan di All-New KIA Seltos adalah sunroof. Kehadiran sunroof ini selain membuat kabin terasa lebih luas, juga membuat mobil ini jadi terkesan lebih mewah.

Bicara fitur keselamatan dan keamanan, Kia Seltos dilengkapi 6 buah airbag, traction control, kamera mundur, keyless entry dengan start-stop button, dan lampu utama LED yang sudah Auto Light. Seltos juga mendapatkan Drive Mode dan Cruise Control, berikut Traction Mode.

Spesifikasi dan Mode Berkendara Kia Seltos Lebih Lengkap

Sama-sama Pakai Mesin Turbo, Mana Lebih Komplit Antara Kia Seltos 2022 dan Honda HR-V 1.5 RS Turbo? 05

Salah satu hal yang sangat bisa membuat para pemilik Kia Seltos berbangga diri ada di bagian mesin. Kia Seltos dibekali dengan mesin 1.400 cc, 4 silinder, turbo yang mampu memproduksi tenaga hingga 138 hp dengan torsi maksimal mencapai 242 Nm.

Seltos pun menjadi satu-satunya SUV crossover yang pakai girboks kopling ganda 7-percepatan. DCT jadi andalan pada mobil sport karena perpindahan gigi supercepat dan halus.

Seltos juga cukup siap dengan berbagai kondisi jalanan di Indonesia. Untuk kondisi jalanan cukup memakai mode Normal, Sport dan Eco.

Bagaimana dengan kontur medan off road? Seltos juga punya mode traksi melalui opsi Mud, Snow dan Sand yang bisa kamu pilih sesuai kondisi permukaan jalan yang dilalui. 

Dan jangan lupakan juga fitur cruise control tersedia di Seltos. Fitur ini memungkinkan kamu menyetir dengan kecepatan konstan tanpa perlu menginjak pedal gas.

Kesimpulan

Dengan selisih harga hampir Rp75 juta, rupanya Honda HR-V 1.5 RS Turbo lebih berani obral fitur, terutama fitur keselamatan aktif Honda Sensing. Mesin baru di Honda HR-V dengan sokongan turbo pun mampu memberikan tenaga jauh lebih besar.

Hanya saja, HR-V cuma memberikan panoramic glass roof, dimana atapnya hanya memakai kaca, dan tidak bisa dibuka seperti Sunroof di Kia Seltos.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil