window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Satu-satunya SUV Keluarga di Bawah Rp250 Juta, Seberapa Menarik Daihatsu Terios X MT IDS untuk Dimiliki?

Enda · 4 Apr, 2023 17:30

SUV termurah Daihatsu Terios

Mobil jenis SUV keluarga baru di bawah Rp250 juta untuk saat ini pilihannya hanya ada pada Daihatsu Terios (Spesifikasi | Berita) varian X MT IDS yang dibandrol Rp233.550.000. Sebenarnya ada varian lain diatasnya yakni X MT DLX IDS dengan harga Rp243.650.000. Antara varian X MT IDS dengan X MT DLX IDS sebenarnya hanya berbeda pada tampilan kosmetik saja.

Untuk diketahui, Terios terakhir kali mendapatkan penyegaran pada September 2021. Pabrikan Jepang berlogokan ‘D’ tersebut menyematkan fitur baru berupa Eco Idle yang dinamakan Idle Stop System atau yang disingkat IDS.

Baca juga: Viral Daihatsu Terios Masih Utuh di Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Mobil Lainnya Hangus

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Daihatsu Terios X dengan IDS Dapat Menghemat BBM 5-10%

SUV termurah Daihatsu Terios

Berbekal fitur IDS, Terios lebih hemat 5-10%

Eco Idle merupakan fitur Idling Stop System dengan mengurangi konsumsi pemakaian bahan bakar yang tidak perlu dan menurunkan emisi gas buang. Dengan begitu, kinerja mesin lebih efisien, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Konsumsi BBM Terios dengan fitur IDS diklaim lebih hemat 5-10% penggunaan BBM dibandingkan Terios biasa.

Mekanisme kerjanya, fitur Eco Idle di mobil ini ketika berada di posisi berhenti beberapa detik setelahnya akan mematikan mesin secara otomatis. Teknologi ini memerintahkan pusat pengendali otak ECU guna mematikan mesin mobil. Fitur Eco Idle bisa dinonaktifkan secara manual dengan tombol yang tersedia.

Mesin yang mati tersebut bukan berarti memberhentikan fungsi dari sistem elektrikal. Ketika mesin berhenti, blower AC tetap pada posisi menyala meskipun kompressor tidak ikut berkerja. Apabila temperatur kabin di atas 22 derajat celcius, mesin secara otomatis menyala yang menggerakan kompresor AC untuk dapat mendinginkan suhu ruangan kabin.

Sebagai informasi, aki yang digunkan Daihatsu Terios IDS lebih besar. Jika Terios biasa hanya 35 ampere, pada versi barunya menggunakan 45 Ampere dengan spesifikasi fast charging dan deep charging guna menghindari gampang drop.

Fitur Unggulan Daihatsu Terios X IDS

SUV termurah Daihatsu Terios

Meski varian terendah, untuk kenyamanan berkendaranya Terios X MT IDS terbilang baik. Seperti yang terlihat didalamnya mobil ini berhasil dilengkapi head unit layar sentuh dengan konektivitas DVD dan USB.

Selain itu juga terdapat AC double blower dan tilt steering di bagian pengemudi. Panel instrumentnya lengkap dengan layar MID serta ECO indicator. Oh iya, untuk pengaturan AC di depan sudah memakai model digital yang tampak begitu canggih sekaligus informatif.

Baca juga: 5 SUV Bekas di Bawah Rp 200 Juta, Nissan X-Trail dan Terios Paling Menggoda

Fitur Keselamatan Daihatsu Terios X IDS Lebih Komplit

SUV termurah Daihatsu Terios

Daihatsu Terios X IDS mendapatkan HSA dan VSC

Mengenai fitur keselamatan standar, Daihatsu Terios X IDS sudah dibekali dengan dual SRS airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Emergency Stop Signal (ESS), front seat safety belt with pretension & force limiter. Selain itu juga terdapat side impact beam, child safety lock, dan seatbelt Warning lamp.

Tidak seperti produksi 2021 ke bawah, kini varian X nya memperoleh fitur VSC (Vehicle Stability Control) yang dapat mendeteksi dan mencegah tergelincirnya mobil pada saat sedang melaju. VSC dapat mencegah roda selip dan hilang nya traksi dengan mengurangi tenaga mesin menerapkan gaya pengereman secara efektif pada setiap rodanya. Tak hanya itu, kalian juga bisa menemukan fitur lain berupa HSA (Hill Start Assist) yang memungkinkan mobil tidak meluncur ke belakang selama 2- 3 detik saat tanjakan.

Mesin 1.500 Cc Dual VVT-i Masih Jadi Andalan

SUV termurah Daihatsu Terios

Mesin 2NR-VE

Daihatsu Terios X IDS dibekali mesin bensin berkapasitas 1.496 cc 2NR-VE, 4-silinder segaris, 16 valve, DOHC, Dual VVT-i. Jantung pacunya mampu merilis tenaga hingga 104 PS di 6.000 rpm serta torsi maksimal 136 Nm pada 4.200 rpm. Dengan harga di bawah Rp250 juta, mesinnya dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan yang selanjutnya diarahkan ke penggerak belakang.

Baca juga: 4 Fakta Penting Daihatsu Terios R Custom, Low SUV Termurah Tapi Apakah Cukup Lengkap?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Terios X M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil