window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Satu-satunya yang Dapat Diskon PPnBM 2022, Mitsubishi Xpander GLS MT Menarik untuk Dilirik

Prasetyo · 21 Jan, 2022 09:01

Satu-satunya yang Dapat Diskon PPnBM 2022, Mitsubishi Xpander GLS MT Menarik untuk Dilirik 01

  • Mitsubishi Xpander GLS MT jadi satu-satunya varian Xpander penerima diskon PPnBM.
  • Diskon PPnBM 2022 ini diterapkan buat mobil harga Rp200-250 juta.
  • Dengan harga lebih murah, fitur Xpander GLS MT tak jauh beda dengan tipe Exceed dan Sport.

Tahun ini pemerintah berencana untuk kembali menerapkan skema insentif Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil baru. Namun rumusan diskon PPnBM 2022 sedikit berebda dengan yang telah diterapkan tahun lalu.

Diantaranya relaksasi pajak ini cuma diterapkan buat mobil yang harga jualnya dikisaran Rp200 juta hingga Rp250 juta. Tentu saja sejumlah kendaraan yang tahun lalu dapat diskon PPnBM, di 2022 bisa dipastikan tercoret dari daftar penerima insentif pajak.

Satu diantaranya Mitsubishi Xpander. Jika awalnya diskon PPnBM Mitsubishi Xpander berlaku untuk semua varian, termasuk Xpander Cross, maka tahun ini tidak demikian. Berdasarkan skema persyaratan penerima insentif PPnBM 2022 tadi, maka yang berhak menikmati cuma Mitsubishi Xpander GLS.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Per Januari 2022, Mitsubishi Indonesia menjual Xpander tipe GLS seharga Rp259.570.000 untuk yang varian CVT dan Rp249.930.000 untuk yang GLS MT. Jadi yang bakal kena diskon PPnBM 2022 adalah GLS MT saja. Kalau mengikuti rancangan pemerintah, maka per Januari-Maret 2022, tipe GLS MT ini akan dikenai diskon PPnBM 50%. Jadi sudah pasti banderolnya akan lebih murah dari sekarang, mungkn sekitar Rp230 jutaan.

Daftar Harga Mitsubishi Xpander 2022 Tanpa Diskon PPnBM
Tipe Harga
GLS MT  Rp249.930.000
GLS CVT Rp259.570.000
Exceed MT Rp263.850.000
Exceed CVT Rp272.800.000
Sport MT Rp284.070.000
Sport CVT Rp297.370.000
Ultimate CVT Rp299.770.000

Tipe GLS adalah varian paling rendah dari lini New Xpander yang dirilis November 2021. Selama ini mungkin tipe GLS bertransmisi manual 5 percepatan kurang diminati. Konsumen lebih tertarik dengan varian Ultimate yang menjadi model flagship dari Mitsubishi Xpander. Pemicunya antara lain fitur yang jauh lebih lengkap ketimbang tipe GLS.

Tapi apakah Mitsubishi Xpander GLS MT tak menarik? Jelas tidak sepenuhnya betul. Karena sejatinya, ada beberapa komponen yang dipasang pada Xpander tipe Ultimate, juga ada di varian GLS ini. Gak percaya? Yuk kita ulas lebih detil.

Baca juga : Menperin Sebut Syarat Diskon PPnBM 2022 Masih Dibahas, Jadi Kapan Direalisasikan?

Tampang Depan Mitsubishi Xpander GLS Lebih Sederhana

Satu-satunya yang Dapat Diskon PPnBM 2022, Mitsubishi Xpander GLS MT Menarik untuk Dilirik 01

Lampu depannya masih halogen

Mitsubishi Xpander GLS MT memang menjadi varian paling rendah dari New Mitsubishi Xpander. Namun kalau dilihat dari luar, mungkin banyak yang tidak menyadarinya. Karena casing mobil ini tak ada perbedaan yang signifikan dengan Xpander tipe menengah seperti tipe Sport atau Exceed. 

Lihat saja bagian mukanya, bentuk bemper dan gril serupa. Bentuk LED Daytime Running Light (DRL) di bawah kap mesin juga sama. Lalu lampu utama berbentuk T-shape juga serupa tipe Sport dan Exceed. Cuma saja di varian GLS masih halogen sementara tipe lain sudah LED Projector. 

Dari Samping dan Belakang Sulit Ditemukan Perbedaannya dengan Tipe Exceed dan Sport

Satu-satunya yang Dapat Diskon PPnBM 2022, Mitsubishi Xpander GLS MT Menarik untuk Dilirik 02

Bagian belakang Xpander tipe Exceed

Ketika Mitsubishi Xpander tipe GLS disejajarkan dengan varian Exceed maupun Sport dari bagian sisinya nyaris tak ada beda. Lekuk tubuhnya sama, garis bodi juga senada, cover spion sama-sama pakai warna bodi, serta velg yang terpasang juga modelnya 5-spoke single tone silver yang dibalut ban ukuran 195/65 R16.

Lantas pada bagian belakang, ketiga varian ini juga tak memiliki perbeda radikal. Bentuk bemper, rear diffuser, atap yang tetap diberi tambahan spoiler lengkap dengan rear mount stop lamp LED, sampai lampu belakang model T-shape LED untuk bagian remnya juga serupa. Pembedanya cuma pada emblem di kanan bawah pintu bagasi, dimana ada bertuliskan GLS.

Interior Mitsubishi Xpander GLS MT Serup Tipe Exceed

Satu-satunya yang Dapat Diskon PPnBM 2022, Mitsubishi Xpander GLS MT Menarik untuk Dilirik 03

Interior Mitsubishi Xpander tipe Exceed MT

Kalau pada bagian eksteriornya masih ada kesamaan dengan varian Sport, maka untuk kabin tipe GLS serupa tipe Exceed. Pelapis joknya memang baru dengan pola jahitan diamond cut dan diberi warna hitam. Namun ornamen lain tak ada perbedaan dengan Xpander pre facelift.

Lihat saja desain dasbornya, yang masih sama dengan tipe Exceed. Kemudian varian GLS dan Exceed juga masih pakai monitor 7 inci semenara tipe Sport dan Ultimate 8 inci. Dan di GLS headunit ini juga belum dilengkapi rear camera seperti tipe teratasnya.

Satu-satunya yang Dapat Diskon PPnBM 2022, Mitsubishi Xpander GLS MT Menarik untuk Dilirik 04

Doortrim masih serupa pre facelift

Lalu yang beda ada di desain setir yang masih pakai model lama. Tapi di tipe GLS sudah dilengkapi audio steering switch. Kemudian lingkar kemudi ini juga sudah disertakan fitur Tilt and Telescopic, jadi bisa diatur ketinggiannya dan maju mundur sesuai postur tubuh pengemudi.

Lanjut ke bagian lain, tipe GLS juga masih pakai tombol pengaturan AC model putar belum digital. Gear shift juga terlihat masih pakai material karet campuran plastik seperti model sebelum facelift. Kemudian di tipe ini juga belum ada Electric Parking Brake.

Satu-satunya yang Dapat Diskon PPnBM 2022, Mitsubishi Xpander GLS MT Menarik untuk Dilirik 05

Pengaturan jok seperti ini juga bisa di tipe GLS

Tipe kuncinya juga maasih standar belum ada tombl Start/Stop Engine. Tapi di jok baris kedua sudah dilengkapi arm rest dengan cup holder. Komponen ini juga ada di Xpander Ultimate.

Baca juga : Kulik 3 Fitur New Mitsubishi Xpander yang Bikin Makin Betah di Dalam Mobil

Fitur Mitsubishi Xpander GLS MT Juga Mirip Tipe Ultimate

Satu-satunya yang Dapat Diskon PPnBM 2022, Mitsubishi Xpander GLS MT Menarik untuk Dilirik 06

Kelengkapan fiturnya hampir sama di semua varian Xpander

Sekarang mari kita bahas soal kelengkapan fitur lainnya. Walau jadi varian paling murah, ternyata Mitsubishi Xpander GLS MT tidak miskin fitur. Tercatat cuma ada tiga fitur tipe Ultimate yang absen di varian Mitsubishi Xpander penerima diskon PPnBM 2022 ini.

Pertama yaitu cruise control, lantas fitur speed sensing door lock yang memungkinkan pintu otomatis mengunci di kecepatan tertentu. Serta yang ketiga ada ketiadaan parking sensor. Jadi sepertinya pemilik Xpander GLS harus membeli secara terpisah komponen ini.

Diluar ketiadaan fitur-fitur tadi, tipe GLS tetap menggunakan Dual SRS Airbags. Lalu sistem pengereman juga sudah ABS dengan EBD ditambah Brake Assist. Kemudian ad ajuga fitur Active Stability Control (ASC), dan Hill Stat Assist (HSA). 

Mesin Sama, Suspensi Juga Pakai yang Baru

Satu-satunya yang Dapat Diskon PPnBM 2022, Mitsubishi Xpander GLS MT Menarik untuk Dilirik 07

Sama nyamannya dengan tipe Ultimate

Hal menarik yang terakhir adalah perihal spesifikasi teknis kendaraan ini. Mitsubishi sepertinya cukup adil dalam menerapkan komponen teknik untuk semua varian Xpander. Terbukti seluruh tipe New Xpander tetap pakai mesin 1.5L MIVEC DOHC 4 silinder berkubikasi 1.499 cc.

Mesin yang masih serupa Xpander sebelum facelift ini di atas kertas sanggup menghasilkan tenaga puncak 105 PS di 6.000 rpm dengan torsi 141 NM pada 4.000 rpm. Dan untuk tipe GLS MT menggunakan transmisi manual 5 percepatan, sama seperti varian Exceed MT dan Sport MT.

Kemudian Mitsubishi Xpander GLS MT juga sudha mengguanakn suspensi dari Mitsubishi Pajero Sport. "Perubahan dari suspensi dilihat dari ukuran shock absorber belakang yang lebih tinggi, diambil dari Pajero Sport. Lainnya high performance bar yang ada di Xpander dan Xpander Cross menggunakan desain mobil Eropa. Berkat perubahan ini menghasilkan driving yang lebih nyaman, stabil di jalan yang kurang halus dan kasar dan sesuai dengan kondisi jalan di Indonesia," kata Eichiro Hamazaki, Director of Aftersales Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI)

Kesimpulan

Dengan mendapatkan diskon PPnBM 2022, Mitsubishi Xpander GLS MT kini menjadi unit yang menarik untuk dipertimbangkan. Mengingat sebenarnya secara fitur dan spesifikasi teknis tidak jauh berbeda kelengkapannay dibanding tipe Exceed atau Sport.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Mitsubishi Xpander Upcoming 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil