window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sebelum Alphard Berjaya, Suzuki Carry Futura Sempat Awali Era Captain Seat di Minibus

Yongki Sanjaya · 12 Mei, 2022 13:00

Sebelum Alphard Berjaya, Suzuki Carry Futura Sempat Awali Era Captain Seat di Minibus 01

Siapa bilang Carry Futura hanya menjadi mobilnya segmen menengah bawah. Dahulu, minibus ini juga dipersiapkan sebagai mobil keluarga yang cukup mewah dan modern. Sekalipun tampangnya sederhana, namun dulu Suzuki Carry Futura juga disiapkan sebagai mobil keluarga yang cukup mewah. 

Kenapa bisa begitu? Ini karena PT Suzuki Indomobil Sales sempat merilis edisi Carry Futura yang memakai layout kursi captain seat. Saat itu, captain seat ini sangat langka dan baru dimiliki MPV premium seperti Toyota Alphard atau mungkin Kia Carnival

Mundur ke belakang, PT. SIS di tahun 1991 memperkenalkan Suzuki SL415 atau lebih dikenal Carry Futura. Kendaraan ini saling berbagi platform dengan Mitsubishi Colt T120ss. Carry Futura hadir dalam versi pikap dan minibus untuk kendaraan penumpang. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Suzuki Carry Futura Versi Captain Seat, Edisi Terbatas yang Jarang Orang Tahu

Sebelum Alphard Berjaya, Suzuki Carry Futura Sempat Awali Era Captain Seat di Minibus 01

Carry Futura versi standarnya memiliki konfigurasi kursi tiga tempat duduk di baris kedua. Sementara itu, kursi baris ketiga masing-masing dua tempat duduk yang saling berhadapan seperti naik angkot. Secara kapasitas, Carry Futura versi standar bisa memuat antara 9-10 orang.

Bahkan Suzuki Carry Futura pada tipe GRV sempat punya opsi captain seat. Sesuatu yang langka dan mewah untuk saat itu. Kursi belakangnya pun menghadap ke depan, bukan saling hadap seperti angkot layaknya tipe lain. 

Sebelum Alphard Berjaya, Suzuki Carry Futura Sempat Awali Era Captain Seat di Minibus 02

Pada tipe tertingginya yakni 1.6 tipe GRV, kapasitas penumpang hanya sebanyak 7 penumpang, sebab pada tipe ini mengutamakan kenyamanan. Terdapat 2 kursi di baris pertama, 2 kursi captain seat di baris kedua, dan satu kursi lebar untuk tiga orang di baris ketiga.  

Namun demikian, bukan berarti tipe selain GRV ini kurang menarik. Konfigurasi standar Suzuki Carry Futura memiliki kursi untuk 9-penumpang. Untuk varian GRV dan GX ini diketahui mendapatkan tambahan double blower yang bisa memberikan tambahan udara sejuk hingga baris terakhir. 

Suzuki Carry Futura, Identik Mobil Angkot yang Kuat Disiksa

Sebelum Alphard Berjaya, Suzuki Carry Futura Sempat Awali Era Captain Seat di Minibus 03

Kalau kamu melihat sosok Suzuki Carry lebih identik dengan mobil angkot. Hal ini sekaligus menunjukkan suatu fakta, bila sesungguhnya kalau Carry terbukti tangguh dari masa ke masa. 

Pada edisi Carry Indomobil, Suzuki tak lagi menunjuk karoseri luar sebagai perakit body. Body mobil dibuat langsung oleh pabrikan sehingga keluar pabrik sudah berwujud mobil utuh. Secara desain, Carry Futura buatan Indomobil sudutnya lebih sleek dan ramping serta proporsional. 

Kelemahannya, hanyalah desain lampu belakang horizontal yang posisinya di bumper, khas desain mobil Suzuki yang lain. Ini sedikit menyulitkan pengemudi kendaraan besar melihatnya apabila posisinya terlalu dekat. Untuk edisi Carry buatan karoseri, desain lampu belakang lebih proporsional berbentuk vertical bar. 

Sebelum Alphard Berjaya, Suzuki Carry Futura Sempat Awali Era Captain Seat di Minibus 04

Namun dari sisi teknis, Carry Futura boleh jumawa karena lebih tahan dari overheat. Mesin Carry Futura berbahan besi sehingga daya tahannya tinggi. 

Bagaimana soal perawatannya? Oh tenang saja karena Suzuki Futura ini juga dipakai sebagai angkot maka sparepart banyak tersedia dan terjangkau. Makin murah lagi kalau pakai komponen OEM. Sistem mekanikalnya juga tidak begitu rumit, sehingga bisa ditangani oleh mekanik bengkel umum manapun.

Karena juga banyak digunakan sebagai angkutan umum, spare part mobil ini sangat melimpah dan mudah kalian temui di seluruh penjuru Tanah Air. Selain itu kalian juga tidak perlu khawatir akan harga suku cadangnya, pasalnya harga yang ditawarkan juga terjangkau.

Mesin Suzuki Carry Futura, Torsinya Mumpuni di Berbagai Kondisi

Sebelum Alphard Berjaya, Suzuki Carry Futura Sempat Awali Era Captain Seat di Minibus 05

Suzuki Carry ini kiprahnya terkenal sebagai mobil angkot. Bahkan di Bogor yang menjadi kota sejuta angkot, umumnya memakai Suzuki Carry hingga ke pelosok. 

Suzuki Carry Futura berhasil membuktikan akan ketangguhan dari performa yang dihasilkan. Mesinnya berkapasitas 1.5L G15A 4-silinder segaris 16 valve SOHC berkombusi injeksi. Tenaga yang dihasilkan sebesar 87 PS @6.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 122 Nm @3.000 rpm.

Melihat spesifikasi tersebut, torsinya bisa diraih pada putaran bawah, yang membuatnya cukup responsif dan mumpuni di tanjakan. Perpindahan gigi menggunakan transmisi manual 5-percepatan yang dapat dengan mudah menakhlukan berbagai macam medan menanjak dan menurun.

Kesimpulan

Sebelum Alphard Berjaya, Suzuki Carry Futura Sempat Awali Era Captain Seat di Minibus 06

Sekalipun tampangnya sederhana, namun Suzuki Carry Futura ini terkenal cukup tangguh dengan perawatan yang mudah. Itulah mengapa Carry Futura juga cukup laris menjadi mobil angkot. Memang, untuk kenyamanan di mobil ini masih belum sebaik mobil keluaran sekarang.

Suzuki Carry Futura ini disematkan suspensi jenis MacPherson Strut di bagian depan serta Leaf Spring (per daun) di bagian belakangnya. Untuk suspensi bagian belakang terasa lebih keras, karena memang basisnya dari kendaraan niaga. Ini mengakibatkan kenyamanan penumpang menjadi tak sebaik MPV modern dengan per keong. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Suzuki Carry Flat Deck

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil