Sebelum Inden Melonjak, Buruan Pesan Daihatsu Rocky 2021 Mumpung PPnBM Masih 0 Persen

Yongki Sanjaya · 22 Apr, 2021 13:00

Sebelum Inden Melonjak, Buruan Pesan Daihatsu Rocky 2021 Mumpung PPnBM Masih 0 Persen 01

Daihatsu Rocky 2021 tinggal menghitung hari jelang peluncurannya di penghujung April ini. Model terbaru Daihatsu ini telah resmi masuk ke dalam program relaksasi PPnBM 0 persen karena akan diproduksi secara lokal. Kesempatan ini tentu akan jadi incaran masyarakat yang sudah lama menantikan kehadirannya.

Nah buat kamu yang juga ingin membeli Daihatsu Rocky 2021 ini, sebaiknya segeralah melakukan pemesanan unit. Sebab, PT Astra Daihatsu Motor selaku produsen saat ini tengah kewalahan dalam melakukan produksi model-model kendaraan yang masuk ke dalam skema relaksasi PPNBM.

Pemerintah telah mengimplementasikan program relaksasi pajak (PPnBM) secara bertahap dimulai pada Maret 2021 dalam rangka memberikan stimulus untuk pasar otomotif di Indonesia. Ini membuat penjualan mobil Daihatsu mengalami lonjakan drastis hingga 200% atau 2 kali lipat, khususnya pada model mobil Daihatsu yang menikmati relaksasi pajak pada Maret 2021. 

Sebelum Inden Melonjak, Buruan Pesan Daihatsu Rocky 2021 Mumpung PPnBM Masih 0 Persen 02

Hal ini pun juga sempat dikhawatirkan oleh Amelia Tjandra selaku Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) beberapa waktu lalu. Ia menyebut kalau ADM belum tentu bisa memenuhi demand yang sangat tinggi.

Baca juga:

Harga Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Bakal Setara Toyota Avanza 2021 dan Daihatsu Xenia 2021

Meluncur Akhir April di Indonesia, Ini Bocoran Varian dan Spesifikasi Daihatsu Rocky 2021

Toyota dan Daihatsu Umumkan Kolaborasi, Apakah Si Kembar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Siap Meluncur 28 April?

"Ada kemungkinan customer yang berharap dapat PPnBM 100 persen belum bisa terpenuhi. Permintaan yg melonjak luar biasa ini butuh waktu untuk memenuhi. Pasti akan terjadi inden karena kenaikan yang luar biasa" jelas Amelia saat sesi virtual meeting bulan lalu.

Amelia pun mengakui berusaha memenuhi pemesanan yang begitu tinggi ini dengan stok yang ada. Momentum peluncuran Daihatsu Rocky 2021 jelang hari raya Lebaran Idul Fitri tentunya membuat potensi pemesanan semakin melonjak.

Sebagai gambaran, Amelia menyebut bila kesulitan dalam meningkatkan angka produksi ini karena mekanisme forecast dari para supplier part yang hanya 20 persen, sedangkan kenaikan yang ada sekarang hingga berkali lipat dari perencanaan awal supplier untuk memproduksi komponen.

Demand naik luar biasa tapi secara suplai belum tentu bisa memenuhi demand. Dalam mekanisme pembuatan mobil melibatkan ribuan item komponen dan vendor yang punya forecast produksi," bebernya

Daihatsu Terus Genjot Produksi Kendaraan di Indonesia Untuk Percepat Masa Inden

Sebelum Inden Melonjak, Buruan Pesan Daihatsu Rocky 2021 Mumpung PPnBM Masih 0 Persen 03

Sementara itu, dukungan supplier Daihatsu hanya tersedia 20% dari demand yang ada. Untuk dapat terus memenuhi kenaikan demand ini, Daihatsu berupaya memaksimalkan supply dengan Special Action Daihatsu, yaitu 3P (People, Production facility, Part Control).

implementasi 3P tersebut dapat meningkatkan dan mempercepat produksi Daihatsu. Hal ini dibuktikan dengan capaian tact time yang lebih singkat menjadi 1,9 menit, dari sebelumnya yang membutuhkan waktu 3,1 menit untuk memproduksi sebuah mobil.

Untuk mengatasi tingginya inden kendaraan Daihatsu pasca relaksasi PPnBM, kapasitas unit yang mampu diproduksi dalam 1 tahun telah dinaikkan menjadi 460 ribu unit, dari yang sebelumnya sebanyak 330 ribu unit.

Relaksasi PPnBM nol persen ini hanya berlaku hingga 31 Mei 2021. Setelah itu yaitu pada bulan Juni, relaksasi PPnBM nilainya turun jadi 50 persen. Jadi, periode sebelum peluncuran mungkin jadi momentum yang tepat untuk 'nyolong start'. 

Seremonial Jelang Peluncuran Daihatsu Rocky

Sebelum Inden Melonjak, Buruan Pesan Daihatsu Rocky 2021 Mumpung PPnBM Masih 0 Persen 04

Sebelum meluncurkan Rocky, Daihatsu dan Toyota akan mengadakan acara secara virtual dengan tajuk ‘Toyota & Daihatsu Collaboration – Sinergi Untuk Negeri’ pada 28 April 2021. Di dalam undangan tersebut tertulis bahwa acara akan disiarkan secara langsung melalui channel Youtube Toyota Indonesia dan Daihatsu Sahabatku, mulai pukul 11.00 – 11.30 WIB.

Sementara itu menurut penuturan pihak sales Daihatsu kepada kami, disebutkan kalau peluncuran Daihatsu Rocky dilakukan pada 30 April. 

“Daihatsu Rocky 2021 akan meluncur 30 April 2021 yang akan berbarengan dengan Toyota Raize. Sama seperti (peluncuran) Avanza-Xenia atau Rush-Terios sebelumnya,” kata sales tersebut.

Sebelum Inden Melonjak, Buruan Pesan Daihatsu Rocky 2021 Mumpung PPnBM Masih 0 Persen 05

Informasi yang didapat dari salah satu tenaga penjual menyebutkan bahwa Daihatsu Rocky akan hadir dengan tujuh varian, yaitu:

  • 1.2 M MT
  • 1.2M CVT
  • 1.2 X MT
  • 1.2 X CVT
  • 1.0 R Turbocharged MT
  • 1.0 R Turbocharged CVT
  • 1.0 R Turbocharged CVT ASA (Advance Sistem Assist)

Untuk tipe teratas Daihatsu Rocky ini didukung fitur ASA yang mencakup Autonomous Emergency Braking, Lane Departure Warning, Lane Departure Prevention, Pedal Misoperation Control dan Front Departure Alert.

Komentar