window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sebelum Masuk Indonesia, Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Vitara Brezza

Anissa · 28 Feb, 2021 19:00

Sebelum Masuk Indonesia, Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Vitara Brezza 01

Suzuki Vitara Brezza adalah salah satu model mobil compact SUV pabrikan Suzuki. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada awal Januari 2016 dan mobil ini sukses menjadi gebrakan tersendiri dari Suzuki untuk pasar mobil SUV.

Suzuki Vitara Brezza diketahui telah dikembangkan dan dirakit secara khusus oleh Maruti Suzuki di India. Suzuki menawarkan empat varian berbeda dari Suzuki Vitara Brezza yang bisa dipilih para konsumennya. Keempat varian tersebut antara lain Suzuki Vitara Brezza LDI, Suzuki Vitara Brezza VDI, Suzuki Vitara Brezza ZDI, serta Suzuki Vitara Brezza ZDI Dual Tone.

Kita mungkin sudah pernah mendengar tentang salah satu model lain dari Suzuki yang disebut dengan nama Suzuki Grand Vitara. Mobil yang sudah dijual lebih dulu di Indonesia ini berbeda dengan Suzuki Vitara Brezza. Perbedaan yang paling signifikan dari kedua model mobil ini bisa kita lihat dari bentuk bodinya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Suzuki Vitara Brezza memang dibekali dengan bodi yang lebih kompak dibandingkan dengan Suzuki Grand Vitara. Suzuki Vitara Brezza akan menjadi pesaing dari Honda HR-V jika mobil rakitan India yang satu ini dirilis di Indonesia.

Sebelum Masuk Indonesia, Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Vitara Brezza 01

Kendati belum diluncurkan di Indonesia, Suzuki Vitara Brezza ini sudah banyak menyedot perhatian dari para pecinta otomotif di Tanah Air. Selain karena desain eksteriornya yang tampak dinamis dan sporty, Suzuki Vitara Brezza juga memiliki banyak keunggulan lainnya yang membuatnya sangat diminati. Lalu apa saja kelebihan dari Suzuki Vitara Brezza? Dan apa saja kekurangannya? Mari kita cari tahu lewat informasi berikut ini!

Tentang Suzuki Vitara Brezza

Para pecinta otomotif pasti tahu bahwa sebelum Suzuki menciptakan Suzuki Vitara Brezza, Suzuki memiliki produk yang kita kenal dengan nama Suzuki Vitara. Suzuki Vitara sendiri diketahui pertama kali muncul di Indonesia pada tahun 1992.

Sebelum Masuk Indonesia, Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Vitara Brezza 02

Suzuki Vitara cukup populer ketika pertama kali muncul di pasar otomotif Indonesia karena mobil yang satu ini dinilai memiliki desain yang atraktif dan kenyamanan yang cukup baik di kelasnya. Daya angkut yang cukup banyak juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari Suzuki Vitara ini. Suzuki Vitara juga sempat menghadirkan varian Suzuki Vitara 4x4.

Tetapi sayangnya, nama Suzuki Vitara ini hanya sempat digunakan untuk satu generasi saja. Pihak Suzuki kemudian mengganti namanya menjadi Suzuki Escudo, Suzuki Sidekick, serta Suzuki Grand Escudo untuk model-model pada generasi berikutnya.

Suzuki kemudian menghadirkan Suzuki Grand Vitara untuk pasar otomotif Tanah Air pada tahun 2006. Suzuki Grand Vitara sendiri dibekali dengan mesin berkode J20A dengan kapasitas 2.000 cc. Mesin ini diketahui bisa menghasilkan tenaga 144 HP pada 6.800 rpm dan torsi sebesar 183 Nm pada 4.000 rpm. Banyak yang menyayangkan Suzuki Grand Vitara 4x4 tidak pernah dipasarkan di Indonesia.

Sebelum Masuk Indonesia, Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Vitara Brezza 03

Ciri khas Suzuki Grand Vitara terletak pada bagian ban cadangan yang diletakkan di bagian tengah pintu belakang. Suzuki Grand Vitara juga memiliki dimensi yang lebih besar jika dibandingkan dengan Suzuki Vitara generasi pertama maupun Suzuki Grand Escudo. Dimensi Suzuki Grand Vitara memiliki panjang 4.500 mm, lebar 1.810 mm, tinggi 1.695 mm, dan wheelbase 2.640 mm. Suzuki Grand Vitara ini hanya tersedia dalam dua varian, yakni varian JX dan JLX.

Suzuki Grand Vitara kemudian mendapatkan facelift pada bagian mesin pada tahun 2009. Suzuki Grand Vitara diberikan mesin baru berkode J24B dengan kapasitas mesin 2.400 cc yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 166 HP pada 6.000 rpm dan torsi 225 Nm pada 4.000 rpm.

Setelah itu, Suzuki kembali memberikan facelift pada Suzuki Grand Vitara pada tahun 2012. Kali ini, facelift yang dilakukan lebih berorientasi pada tampilan eksteriornya. Suzuki menyematkan desain lampu depan baru yang membuat tampilannya lebih agresif.

Sebelum Masuk Indonesia, Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Vitara Brezza 04

Untuk menggantikan kehadiran Suzuki Grand Vitara, pihak Suzuki kemudian menghadirkan Suzuki Vitara Brezza pada tahun 2016. Suzuki Vitara Brezza sendiri hadir dengan desain yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan Suzuki Grand Vitara, sehingga cukup banyak dinantikan oleh para penggemar otomotif.

Seperti yang sempat disebutkan sebelumnya, Suzuki Vitara Brezza ini merupakan mobil compact SUV yang pertama kali diperkenalkan secara resmi dalam ajang Auto Expo awal bulan Januari tahun 2016. Mobil ini sepenuhnya didesain dan dirakit di India. Mobil ini sendiri memiliki basis dari Maruti XA Alpha, mobil konsep yang pernah diperkenalkan pada tahun 2012.

Mulai tahun 2016 hingga tahun 2020, mobil Suzuki Vitara Brezza yang dipasarkan di India ini dibekali dengan mesin turbodiesel empat silinder berkapasitas 1,3 liter yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 89 HP dan torsi 200 Nm. Mesin diesel ini kemudian dipadukan dengan dua pilihan transmisi, yaitu transmisi manual 5 percepatan dan transmisi automated-manual 5 percepatan. Mobil ini diketahui bisa menempuh jarak sejauh 24,29 km dengan satu liter bensin.

Sebelum Masuk Indonesia, Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Vitara Brezza 05

Kemudian dari tahun 2020, mesin turbodiesel Suzuki Vitara Brezza digantikan dengan mesin bensin empat silinder berkapasitas 1,5 liter yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 103 HP dan torsi 138 Nm. Mesin bensin milik Suzuki Vitara Brezza ini sendiri dipadukan dengan transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan.

Sistem transmisi yang disematkan pada mesin mobil Suzuki Vitara Brezza ini sudah dilengkapi dengan SHVS mild hybrid system. Suzuki Vitara Brezza manual bisa menempuh jarak sejauh 17,03 km dengan satu liter bensin, sementara varian transmisi otomatisnya bisa menempuh jarak sejauh 18,76 km dengan satu liter bensin.

Kelebihan Suzuki Vitara Brezza

1. Fitur Lebih Lengkap Dibanding Pendahulunya

Suzuki Vitara Brezza diketahui merupakan mobil yang dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang bisa menjamin keselamatan dan kenyamanan penumpangnya. Sebagai fitur keselamatannya, Suzuki Vitara Brezza ini dibekali dengan sistem pengereman Anti Lock Braking System dan Electronic Brake Distribution. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan dual airbags pada bagian depan dan teknologi Side Impact Beam untuk meminimalisir dampak benturan.

Sebelum Masuk Indonesia, Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Vitara Brezza 06

Sedangkan untuk fitur hiburannya sendiri, Suzuki Vitara Brezza ini sudah dilengkapi dengan head unit layar sentuh yang bisa digunakan untuk memutar audio dengan fitur audio SmartPlay, CD Player, MP3 Player, Bluetooth, AUX-IN, USB Port, serta Apple CarPlay. Head unitnya ini juga bisa terkoneksi dengan ponsel kita dan menerima telepon serta SMS. Sistem navigasi pun tidak lupa disematkan pada mobil ini.

2. Desain Baru Yang Unik

Suzuki Vitara Brezza hadir dengan desain eksterior yang mengusung konsep desain sporty dan gagah khas SUV, tetapi tetap terlihat dinamis. Penggunaan headlamp projector pada mobil ini juga membuat tampilannya tampak lebih modern.

Sebelum Masuk Indonesia, Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Vitara Brezza 07

Bukan itu saja, kesan elegan juga ditampilkan dari bagian grille-nya. Grille yang disematkan pada Suzuki Vitara Brezza ini dilapisi dengan aksen chrome, sementara bagian bawahnya berwarna hitam.

Kekurangan Suzuki Vitara Brezza

1. Material Interior Kurang Berkualitas

Sebelum Masuk Indonesia, Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Vitara Brezza 08

Meskipun memiliki desain eksterior yang cukup atraktif, sayangnya material yang digunakan pada bagian interior dari Suzuki Vitara Brezza ini kurang berkualitas. Kebanyakan material yang dipakai pada bagian interiornya ini adalah material plastik, sehingga mengurangi kemewahan dan kenyamanan Suzuki Vitara Brezza sebagai sebuah mobil compact SUV.

2. Performa Mesin Kurang Bertenaga

Sebelum Masuk Indonesia, Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Vitara Brezza 09

Di atas kertas, mesin 1,5 liter milik Suzuki Vitara Brezza ini diketahui bisa menghasilkan tenaga sebesar 103 HP dan torsi mencapai 138 Nm. Meskipun keluaran tenaganya ini tidak kecil, tetapi untuk ukuran mobil SUV, mesinnya ini tentu dianggap kurang bertenaga.

Kesimpulan

Sama seperti mobil lain pada umumnya, Suzuki Vitara Brezza ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Kelebihan Suzuki Vitara Brezza yang paling utama terletak dari segi fiturnya. Fitur yang dimiliki Suzuki Vitara Brezza ini memang bisa dibilang cukup lengkap dibanding para pendahulunya. Tidak hanya itu, Suzuki Vitara Brezza ini juga memiliki desain baru yang terbilang unik

Sebelum Masuk Indonesia, Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Vitara Brezza 10

Sayangnya, Suzuki Vitara Brezza ini juga tidak lepas dari kekurangan. Salah satu kekurangannya terletak pada bagian interiornya yang menggunakan material yang kurang berkualitas sehingga mengurangi kenyamanan penumpangnya. Selain itu, sebagai sebuah mobil SUV, tenaga yang dihasilkan oleh Suzuki Vitara Brezza ini kurang mumpuni.

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Suzuki Vitara Brezza 1.2L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil