Sebelum Menengok Konsep Toyota Agya 2021, Kenali Dulu Model Yang Sudah Ada!

Anissa · 25 Nov 2020 16:00

Kabar kedatangan konsep Toyota Agya 2021 dan Daihatsu Ayla 2021 datang dari Malaysia. Adalah mobil konsep Perodua Axia yang juga mengunakan platform yang sama dengan Daihatsu Ayla dan Toyota Agya, dan disebut sebagai model tahun 2021 dari kedua mobil tersebut.

Platform yang digunakan Perodua Axia, Toyota Agya, maupun Daihatsu Ayla ini diketahui mendapatkan dukungan dari Daihatsu dengan Global A-Segment Platfom. Pihak Daihatsu sempat memberikan keterangan pada tahun 2019 yang mengatakan bahwa mobil kecil masa depan di Jepang dan pasar negara berkembang akan didasarkan pada Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

DNGA sendiri memulai debutnya tahun 2019 lalu di Tanto, khusus Jepang, kemudian mendukung Daihatsu Rocky/Toyota Raize (Indonesia dan selain Malaysia). Sedangka untuk di Malaysia sendiri diperkirakan akan hadir dengan nama Perodua D55L. 

Jadi penasaran dengan bagaimana rupanya Toyota Agya 2021 dan Daihatsu Ayla 2021, ya! Eits, tapi sebelum kita telanjur penasaran dengan bagaimana rupa Toyota Agya maupun Daihatsu Ayla 2021, sebaiknya kita kenalan lebih dekat dulu dengan versi yang sudah ada dari salah satu model mobil ini, yaitu Toyota Agya 2020. Yuk, disimak!

Sejarah Toyota Agya di Indonesia

Toyota Agya sudah ada di Indonesia kurang lebih selama tujuh tahun lamanya. Mobil ini memang diperkenalkan pertama kali pada tahun 2013, dan merupakan produk hasil kerjasama dengan Daihatsu, sehingga kembar dengan Daihatsu Ayla. Tetapi di negara asalnya, Jepang, Toyota Agya adalah city car yang diperkenalkan September 2011.

Di Indonesia, mobil ini pertama kali diperkenalkan dalam ajang Indonesia International Motor Show 2012 bersama dengan kembarannya Daihatsu Ayla. Produksi Toyota Agya sendiri dimulai pada tanggal 25 Oktober 2012 di pabrik yang berlokasi di Karawang. Toyota Agya kemudian mulai dipasarkan sejak tanggal 9 September 2013.

Banyak yang tidak tahu kalau Nama Agya diambil dari kata Sansekerta, yang berarti cepat. Mobil yang satu ini diusung sebagai salah satu model hatchback termurah yang ada di pasaran. Toyota Agya juga merupakan salah satu model Low Cost Green Car.

Toyota Agya hadir dalam tiga pilihan varian, yakni Tipe E, G, dan TRD S. Semua varian Toyota Agya ni masih menggunakan lampu halogen reflektor. Semua varian sudah dilengkapi dengan AC, power steering, dan juga power window.

Untuk fitur hiburannya, tipe E dibekali dengan head unit single DIN dengan fitur CD, MP3, USB, dan AUX. Toyota Agya varian yang lebih tinggi juga memiliki fitur yang sama, hanya saja disematkan head unit 2DIN. Ada pula fitur tambahan, seperti tachometer dan MID yang baru tersedia di Tipe G. Semua varian Toyota Agya ini juga sudah dilengkapi dengan Airbags.

Untuk mesinnya sendiri, Toyota Agya menggendong mesin mesin tiga silinder berkapasitas 1.000 cc. Tenaga yang dihasilkan tidak terlalu besar, yaitu 65.3 PS, sedangkan torsinya sendiri mencapai 81.3 Nm. Tenaga kemudian tersalurkan ke roda depan lewat pilihan transmisi manual atau otomatis.

Facelift pertama Toyota Agya didapatkannya pada tahun 2017. Perubahan utama terletak pada bagian wajah, dimana mobil ini mendapatkan lampu depan baru yang dilengkapi dengan LED Guide Light.

Toyota Agya juga menghadirkan salah satu pilihan mesin baru dengan kapasitas 1.200 cc yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 88 PS disertai torsi 108 Nm. Toyota Agya juga mendambahkan beberapa fitur keselamatan, seperti sabuk pengaman tiga titik dan sensor parkir. Bukan itu saja, semua varian Toyota Agya juga sudah menggunakan head unit 2DIN.

Kemudian pada facelift berikutnya, yaitu Toyota Agya versi terbaru, ubahan terdapat pada Headlamp proyektor dan lampu indikator spion yang bentuknya dipermanis. Sedangkan pada bagian interiornya, jok fabric dan doortrim baru juga disematkan. Ada pula panel meter analog beraksen merah yang menambah kesan sporty.

Pada Toyota Agya versi terbaru ini juga, kenop AC manual diganti dengan AC digital. Dan khusus pada varian TRD, Toyota Agya sudah menggunakan head unit dengan layar sentuh. Toyota Agya versii terbaru ini pun sudah memiliki tombol start/stop engine.

Harga dan Varian Toyota Agya 2020

Toyota Agya 2021 memang masih berupa konsep dan belum diketahui kepastian varian dan harganya. Sementara itu, Toyota Agya 2020 yang sudah ada di Indonesia terdiri atas 6 varian yang bisa dipilih oleh konsumen. Keenam varian ini berada pada kisaran harga Rp143 jutaan hingga Rp169 jutaan. Untuk lebih rincinya, mari kita lihat daftar harga dan varian Toyota Agya pada tabel berikut ini.

Varian

Harga

Toyota Agya 1.0 G MT

Rp143.800.000

Toyota Agya 1.0 G AT

Rp156.810.000

Toyota Agya 1.2 G MT

Rp148.100.000

Toyota Agya 1.2 MT TRD

Rp153.445.000

Toyota Agya 1.2 G AT

Rp161.640.000

Spesifikasi Toyota Agya 2020

Dimensi Toyota Agya 2020

Panjang

3.660 mm

Lebar

1.600 mm

Tinggi

1.520 mm

Wheelbase

2.455 mm

Mesin Toyota Agya 2020

Tipe Mesin

3 Cylinder in-line 12 Valves, DOHC, VVT-i

Power Output

67 PS / 6.000 rpm

Torsi

9.1 kgm / 4.400 rpm

Transmisi

Manual 5 Percepatan / Otomatis 4 Percepatan

Sistem Penggerak

Front Wheel Drive

Bahan Bakar

Bensin

Kaki-kaki Toyota Agya 2020

Ukuran Ban

175/65 R14

Material Velg

Alloy Wheels

Suspensi dan Rem Toyota Agya 2020

Suspensi Depan

Macpherson Strut with Coil Spring

Suspensi Belakang

Semi-Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring

Rem Depan

Ventilated Disc 13inch

Rem Belakang

Drum brake

Sekarang mari kita bahas soal spesifikasi yang dimiliki Toyota Agya 2020. Bicara soal dimensinya, mobil Toyota Agya ini memiliki dimensi panjang 3.660 mm, lebar 1.600 mm, tinggi 1.520 mm. Sedangkan wheelbasenya sendiri berukuran 2.455 mm.

Kemudian untuk mesinnya sendiri, Toyota Agya 2020 ini menggunakan mesin 3 silinder in-line 12 Valves, DOHC, VVT-i. Mesin ini dipadukan dengan dua pilihan transmisi. Ada pilihan transmisi manual 5 percepatan dan pilihan transmisi otomatis 4 percepatan.

Dan bicara soal performanya, Toyota Agya ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 67 PS pada putaran mesin 6.000 rpm. Sedangkan untuk torsinya sendiri, mesin mobil Toyota Agya 2020 ini bisa menghasilkan torsi sebesar 9,1 kgm pada putaran mesin 4.400 rpm. Performa yang dihasilkan ini memang tidak terlalu besar, tetapi sudah cukup mumpuni untuk ukuran mobil LCGC seperti Toyota Agya ini.

Untuk memaksimalkan performa mesin dan memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik, Toyota Agya 2020 juga dibekali dengan sistem suspensi dan sistem pengereman yang baik. Untuk suspensi depannya, Toyota Agya 2020 menggunakan suspensi MacPherson Strut with Coil Spring, sementara untuk suspensi belakangnya, mobil ini menggunakan Semi-Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring. Dan untuk sistem pengeremannya sendiri, Toyota Agya 2020 ini menggunakan Ventilated Disc 13 inci untuk rem depannya, dan Drum Brake untuk rem belakangnya.

Eksterior, Interior dan Fitur Toyota Agya 2020

Spesifikasi sudah dibahas, sekarang giliran kita untuk membahas eksterior, interior, serta fitur dari Toyota Agya 2020. Mobil konsep Toyota Agya 2021 belum dijabarkan secara spesifik mengenai fitur interior dan eksterior, maupun tentang fitur keselamatan dan keamannya. Oleh karena itu, kita akan bahas yang dimiliki oleh Toyota Agya 2020.

Untuk bagian eksteriornya, perubahan paling banyak terletak pada bagian wajah Toyota Agya 2020. Pada bagian depannya sudah dilengkapi Smoked Projector Headlamp dengan LED Light Guide yang desainnya terkesan lebih modern dibanding dengan versi sebelumnya. Lampu berbentuk trapesium ini juga menambah kesan elegan pada Toyota Agya 2020.

Pada bagian grille-nya, Toyota Agya 2020 ini menggunakan grille yang lebih lebar dibandingkan dengan versi sebelumnya, sehingga tampilan keseluruhan wajah mobil ini tampak lebih sportty dan atraktif. Tidak hanya itu, ada pula lampu kabut baru yang disematkan untuk mengoptimalkan pencahayaan. Kemudian pada bagian sampingnya, Toyota Agya 2020 terlihat sporty berkat adanya garis lurus yang memanjang daru depan hingga ke bagian belakang di atas side skirt.

Beralih ke bagian belakangnya, Toyota Agya 2020 ini telah disematkan kombinasi lampu belakang dengan desain yang sederhana. Pada bagian ini pula, terdapat sebuah spoiler kecil yang disematkan dengan High Mount Stop Lamp, sehingga bagian belakangnya ini pun masih senada dengan desain depannya.

Sekarang mari kita bicara interior. Toyota Agya 2020 memiliki interior yang mengusung bahasa desain modern. Kabinnya juga cukup luas untuk ukuran sebuah mobil hatchback.

Pada bagian dashboard-nya, sudah tersemat beragam fitur canggih, misalnya saja fitur New Advance Entertainment yang dilengkapi sistem audio berupa pemutar CD, Radio, dan pengontrol suara. Tidak lupa disematkan pula fitur konektivitas seperti Bluetooth dan USB Port.

Untuk head unitnya, Toyota Agya mengandalkan head unit 2DIN. Pada bagian setirnya juga sudah dilengkapi dengan fitur Audio Steering Switch sehingga pengemudi bisa dengan mudah melakukan pengaturan audio ketika berkendara.

Kemudian untuk fitur keselamatannya sendiri, Toyota Agya 2020 ini dilengkapi dengan sensor parkir, Dual SRS Airbags di barisan depan, sabuk pengaman, serta fitur Child Safety Locks dan ISOFIX untuk keamanan penumpang anak-anak. Adapun fitur keamanan tambahannya ialah sistem alarm standar dan engine immobilizer.

Perihal detail eksterior, interior, dan fiturnya sendiri, Toyota Agya 2021 ini memang belum ada kejelasannya. Tetapi hal ini tentu membuat para pecinta otomotif penasaran, kira-kira bagaimana rupa dan fitur yang akan ditawarkan oleh Toyota Agya 2021 ini? Yang kita tahu dari konsep mobil Perodua Axia yang diperkenalkan di Malaysia, kemungkinan perubahan besar akan dilakukan pada bagian eksteriornya. Kita tunggu saja kehadiran Toyota Agya 2021 ini!

Komentar

Mobil Terbaru