window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sebentar Lagi Masuk Indonesia, ORA Good Cat Punya Modal Kuat Jadi Mobil Listrik Terlaris

Prasetyo · 1 Des, 2021 13:31

Sebentar Lagi Masuk Indonesia, ORA Good Cat Punya Modal Kuat Jadi Mobil Listrik Terlaris 01

Pada perhelatan Thailand International Motor Expo 2021, Great Wall Motors (GWM) mengumumkan harga ORA Good Cat. Mobil ini ditawarkan dengan harga mulai dari 989.000 baht hingga 1.199.000 baht. Banderol ini kira-kira setara Rp420 jutaan hingga Rp509 jutaan.

Kalau melihat harganya emang cukup bikin merinding. Karena rentang Rp400 jutaan - Rp500 jutaan, di pasar dalam negeri bisa dapat Toyota Corolla Cross baik yang non hybrid maupun yang hybrid.

Tapi tentu saja GWM sudah mempertimbangkan apa saja poin penting dari ORA Good Cat. Apalagi dengan peraturan PPnBM berdasarkan emisi, membuat mobil-mobil elektrik (EV) dikenai keringanan pajak. Hal ini pasti akan membuat harga Good Cat ketika masuk Indonesia jadi lebih menarik.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Wujud ORA Good Cat Kombinasi Porsche 911 dan VW Beetle

Dimensi ORA Good Cat
Panjang 4.235 mm
Lebar 1.825 mm
Tinggi 1.596 mm
Jarak sumbu roda 2.650 mm
Jarak ke tanah 145 mm

Ketika pertama kali melihat mobil ini mungkin Anda senyum-senyum sendiri. "Ah mobil Cina, pasti tiru mobil lain", mungkin kira-kira seperti itu gumaman di dalam hati. Ya gak salah juga sih, mengingat paras Good Cat punya kemiripan dengan Porsche 911. Terutama dari bentuk lampu depannya.

Sebentar Lagi Masuk Indonesia, ORA Good Cat Punya Modal Kuat Jadi Mobil Listrik Terlaris 01

Tampilan belakang ORA Good Cat

Sementara dari samping sampai ke pilar belakang, siluet desainnya malah mirip VW Beetle modern. Untungnya bagian belakang ini menawarkan sesuatu yang unik. Mobil seperti tampil tanpa lampu belakang, padahal sejatinya, lampu tersebut ada di balik kaca.

Baca juga : Mirip VW Beetle, Mobil Cina ORA Punk Cat Sudah Kantongi Hak Paten Buat Produksi, Kok Gak Digugat?

Interior Tampil Klasik Tapi Sudah Ada ADAS

Sebentar Lagi Masuk Indonesia, ORA Good Cat Punya Modal Kuat Jadi Mobil Listrik Terlaris 02

Aksen hijau di dasbor pakai material suede

Bagian dalam Good Cat sama uniknya seperti diluar. Kombinasi warnanya putih dengan hijau. Namun pada beberapa bagian, corak hijaunya pakai material suede, seperti di dasbor dan trim pintu.

Selain itu mobil ini ternyata juga sudah dilengkapi ADAS (Advanced Driver Assistance System). Dengan keberadaan paket teknologi ini, maka Good Cat punya Adaptive Cruise Control, Blind Spot Warning System, 6 Airbags, Lane Keeping Assist, kamera 360, automatic wiper, Automatic Parking Assist, dan Forward Collision Mitigation System.

Sanggup Melaju Sejauh 500 Km Sekali Cas Baterai

Sebentar Lagi Masuk Indonesia, ORA Good Cat Punya Modal Kuat Jadi Mobil Listrik Terlaris 03

Ada varian yang punya range 400 km dan 500 km

Dibalik desainnya yang mungkin menurut Anda menjiplak mobil lain, Good Cat merupakan sebuah mobil listrik yang sangat bisa diandalkan. Bermodal baterai Lithium-ion fosfat yang dikombinasikan motor sinkron magnet permanen, mobil ini bisa melaju sampai 500 km hanya dalam sekali isi daya baterai.

Itu berkat penggunaan baterai berkapasitas 59,1 kWh. Sementara varian lainnya mempunya baterai berkapasitas 47,8 kWh yang mampu digunakan sejauh 400 km sebelum daya listrik pada baterai benar-benar habis. Adapun tenaga dari motor listrik dan baterai ini bisa menghasilkan daya setara 105 PS dengan torsi 210 Nm.

Sebentar Lagi Masuk Indonesia, ORA Good Cat Punya Modal Kuat Jadi Mobil Listrik Terlaris 04

Baterai diletakkan di tengah

Apabila baterai mulai kehabisan daya, maka bisa diisi menggunakan sumber listrik bertegangan 11 kWh yang biasanya ada di perumahan. Waktu yang dibutuhkan 8-10 jam sampai baterai benar-benar full charge. Tapi kalau pakai fasilitas fast charging, pengisian daya baterai hingga mencapai 30-80 persen hanya butuh 30 menit saja.

Baca juga : Bakal Masuk Indonesia, ORA Good Cat EV Tawarkan Jarak Tempuh 500 Km Sekali Cas

Mobil Terlaris Kedua Setelah Honda Jazz

Sebentar Lagi Masuk Indonesia, ORA Good Cat Punya Modal Kuat Jadi Mobil Listrik Terlaris 05

Honda Jazz generasi ini belum masuk Indonesia

Mungkin Anda melihat ORA Ballet Cat sebagai mobil Cina yang dibuat mirip kloningan Porsche. Namun pada kenyataannya, hatchback bertenaga listrik itu memiliki catatan penjualan yang mengagumkan di negara asalnya.

Pada segmen B di Cina, selama Oktober 2021 penjualan dikuasai Honda Fit, yang di Indonesia dikenal dengan nama Honda Jazz. Mobil ini terjual sebanyak 10.797 unit. Tapi tahukah Anda siapa yang ada di posisi keduanya? Ternyata itu adalah Good Cat.

Mobil ini sanggup terjual 7.845 unit hanya dalam tempo sebulan. Angka ini pun melonjak dratis hampir 2.800 unit dibanding pencapaian di bulan sebelumnya. Diposisi ketiga ada BYD Dolphin yang penjualannya 6.018 unit.

Sebentar Lagi Masuk Indonesia, ORA Good Cat Punya Modal Kuat Jadi Mobil Listrik Terlaris 06

Masuk Indonesia mungkin tahun depan

Jika di November ORA membukukan lebih banyak lagi penjuaan dari model Good Cat, maka diprediksi ia akan menjadi jawara baru melengserkan Honda Jazz yang selama ini menguasai pangsa pasar kelas tersebut.

Siap Masuk Indonesia Tahun Depan?

Seperti sudah kami beritakan beberapa kali, GWM merupakan pabrikan Cina yang tengah mengincar pasar Indonesia. Pasalnya, merek ini diketahui sudah mendaftarkan hak patennya kepada Dirjen HAKI. Ditambah kemunculan di Thailand, maka rasanya cuma selangkah lagi ORA Good Cat melenggang di pasar Tanah Air.

Baca juga : Great Wall Motors Sudah Daftarkan Paten Dua Mobil di Indonesia, Haval H6 dan Sedan Listrik

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Corolla Cross Hybrid GR Sport 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia