window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Seberapa Besar Peningkatan Performa Mobil Setelah Mengganti Knalpot?

Dhoni · 23 Feb, 2021 18:39

Seberapa Besar Peningkatan Performa Mobil Setelah Mengganti Knalpot? 01

Seberapa Besar Peningkatan Performa Mobil Setelah Mengganti Knalpot mobil? (image)

.Exhaust system atau lebih dikenal dengan knalpot memiliki fungsi yang cukup besar dalam urusan performa mobil. Knalpot OEM atau bawaan dari pabrik sebenarnya telah melalui riset panjang untuk dapat komposisi yang tepat dengan mesin mobil. Biasanya, pabrikan pasti memiliki batasan tertentu sehingga tidak mendekati ‘red line’ sebagai batasan kinerja mesin.

Knalpot memiliki peran sangat penting pada tenaga yang dihasilkan dari mesin sehingga dengan perhitungan yang tepat dapat meningkatkan tenaga hingga torsi. Hal tersebut yang menjadi alasan banyak orang menginginkan performa mesin mobil semakin meningkat dibanding mobil standar.

Seberapa Besar Peningkatan Performa Mobil Setelah Mengganti Knalpot? 02

Knalpot jadi pendongkrak performa mobil

Tetapi yang harus diingat adalah, Anda jangan sampai salah perhitungan dengan ukuran (diameter dan panjang) pada knalpot hasil modifikasi. Ukuran pada knalpot sangat dibutuhkan agar dapat menjaga keseimbangan antara kecepatan gas buang dengan jumlah gas yang dikeluarkan oleh mesin.

Jadi bila Anda mengganti sistem knalpot tanpa perhitungan maka akan membuat tarikan mobil seperti kedodoran. Ingat knalpot mobil bukan hanya penyalur senyawa kimia dari sisa pembakaran di ruang mesin saja.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mengenal Bagian Knalpot Pada Mobil

Seberapa Besar Peningkatan Performa Mobil Setelah Mengganti Knalpot? 01

skema exhaust sistem atau knalpot pada mobil

Sebelum Anda tertarik memaksimalkan melakukan penggantian knalpot mobil, Anda dapat mengetahui komponen apa saja yang terdapat pada exhaust system. Pada dasarnya komponen pada exhaust system terdiri dari :

Header / Exhaust Manifold 

Header / Exhaust Manifold menjadi komponen yang langsung berhubungan dengan mesin. Fungsi dari header akan menerima gas hasil pembakaran dari ruang mesin untuk dilanjutkan pada komponen selanjutnya pada exhaust system.

Seberapa Besar Peningkatan Performa Mobil Setelah Mengganti Knalpot? 02

Header pada mobil

Jumlah dari lubang pada header tergantung dengan jumlah silinder pada mesin mobil. Namun yang harus diperhatikan adalah konfigurasi header knalpot karena dapat mempengaruhi dari thasil tenaga yang dikeluarkan. Sebagai contoh, header dengan konfigurasi 4-1 akan mengeluarkan tenaga dari mesin pada putaran atas.

Seberapa Besar Peningkatan Performa Mobil Setelah Mengganti Knalpot? 03

Model header pada mobil

Sedangkan pada konfigurasi header 4-2-1, tenaga yang dikeluarkan     pada rentang putaran mesin bawah hingga tengah. Hal ini membuat mobil – mobil yang digunakan harian di perkotaan lebih cocok menggunakan header dengan konfigurasi 4-2-1.

Exhaust Downpipe

Seberapa Besar Peningkatan Performa Mobil Setelah Mengganti Knalpot? 04

Exhaust Downpipe dan Header mobil

Exhaust Downpipe atau pipa pembuangan menjadi penghubung untuk menyalurkan gas yang dikeluarkan dari header menuju pada komponen selanjutnya pada exhaust system.  Komponen lainnya yang akan berhubungan dengan header adalah catalytic converter dengan muffler.

Catalytic Converter

Catalytic Converter biasanya berada setelah header, downpipe atau manifold. Untuk kemampuan dari Catalytic Converter dapat meredam emisi atau gas buang agar tidak langsung terlepas ke udara bebas hingga atmosfer. Catalytic converter pada knalpot mobil dapat mengurangi jumlah Carbon Monoxide (CO), Hydrocarbon (HC), dan Nitrogen Oxide (NOx). Kemampuan dalam mengurangi senyawa kimia tersebut berkat di dalam Catalytic converter terdapat zat aktif yang terdiri dari platinum dan palladium yang disusun bersama ceramic cordierit.

Seberapa Besar Peningkatan Performa Mobil Setelah Mengganti Knalpot? 05

catalytic converter dapat meredam senyawa kimia berbahaya hasil pembakaran mesin mobil

Dengan kemampuan dari Catalytic Converter, maka emisi gas buang yang mengandung senyawa kimia berbahaya dapat ditekan. Jadi seandainya Catalytic Converter anda telah rusak maka anda dapat melanggar ambang batas emisi gas buang. Sesuai dengan Peraturan Menteri No. 05 Tahun 2006 tentang Ambang Batas emisi gas buang, yakni batas aman CO pada mesin bensin produksi di atas 2007 adalah 1,5% Vol. Sedangkan untuk HC ambang batasnya 200 ppm.

Ingat, saat memodifikasi knalpot mobil Anda, pastikan Catalytic Converter tetap digunakan agar tidak menjadi sumber polusi. Selain itu, paling tidak akan tetap aman saat menjalani uji emisi gas buang.

Resonator

Seberapa Besar Peningkatan Performa Mobil Setelah Mengganti Knalpot? 06

Resonator bertugas meredam suara dari mesin mobil

Sesuai dengan namanya, resonator berfungsi untuk meredam suara dan membuat back pressure (tekanan balik). Kerusakan yang sering terjadi pada resonator adalah tabung mudah keropos atau berubah bentuk sehingga suara mobil yang seharusnya teredam akan terdengar lebih keras.

Muffler

Fungsi dari Muffler hampir sama dengan resonator dalam meredam suara dari mesin mobil. Letak dari Muffler berada setelah resonator atau catalytic converter yang posisinya sangat mudah terlihat dari belakang mobil sehingga banyak yang menjadikannya sebagai peningkat penampilan.

Seberapa Besar Peningkatan Performa Mobil Setelah Mengganti Knalpot? 07

Namun sebenarnya muffler tidak hanya berfungsi sebagai peredam, tetapi juga dapat menjaga performa mesin, meningkatkan efisiensi pada konsumsi bahan bakar dan meredam emisi gas buang.

Tail Pipe

Bagian terakhir pada exhaust system adalah tail pipe dengan tugas menyalurkan gas buang yang dikeluarkan dari muffler. Untuk meningkatkan tampilan, biasanya ujung tail pipe diberikan muffler tip. Namun pada beberapa muffler tip juga di disain dapat menjadi penyaring gas buang.

Seberapa Besar Peningkatan Performa Mobil Setelah Mengganti Knalpot? 08

Tail pipe pada exhaust system mobil

Modifikasi knalpot mobil = Peningkatan Emisi Gas Buang

Bagaimana sudah mengetahui komponen-komponen pada exhaust system? Setiap komponen telah melalui pengujian demi menyesuaikan kebutuhan sesuai fungsinya.

Namun jika masih Anda masih ingin melakukan modifikasi pada knalpot mobil maka harus memperhatikan diameter wajib sesuai dengan kapasitas mesin mobil. Pastikan agar tidak melebihi kapasitas mesin agar tenaga mesin tidak melemah.

Seberapa Besar Peningkatan Performa Mobil Setelah Mengganti Knalpot? 09

Mengganti header dapat dianggap jalan terbaik karena tidak menimbulkan suara yang bising. Dan usahakan dalam melakukan penggantian atau melakukan modifikasi tetap mempertahankan tabung resonator hingga peredam emisi gas buang seperti Catalytic Converter dan muffler.

Tujuannya agar emisi gas buang dari knalpot tetap terjaga dan suara tidak mengganggu pengguna jalan lainnya. Stop polusi udara dan suara!

 

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil