window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sebuah SUV mahal dengan performa bertenaga, perlu diketahui bahwa Mitsubishi Pajero Sport memiliki enam kelemahan utama

Samuel Tito · 22 Des, 2020 19:00

Sebuah SUV mahal dengan performa bertenaga, perlu diketahui bahwa Mitsubishi Pajero Sport memiliki enam kelemahan utama 01

Sudah sejak lama, Mitsubishi Pajero Sport 2021 jadi salah satu SUV terlaris di pasar otomotif Indonesia. Mobil yang mampu menampung kapasitas 7 penumpang ini, menjadi incaran kalangan yang punya banyak uang.

Mereka menilai, Mitsubishi Pajero Sport 2021 memiliki beberapa keunggulan dibandingkan mobil sejenis. Dari mulai penampilannya yang terbilang menawan, lalu interior yang cukup elegan, sampai fitur dan kelengkapan kenyamanan mobil yang cukup luar biasa.

Di antara kelebihan itu, sebenarnya ada beberapa nilai minus atau kekurangan pada Mitsubishi Pajero Sport 2021. Hal ini mungkin jarang diketahui oleh banyak orang. Kendati kekurangan Mitsubishi Pajero Sport 2021 ada dan terbilang sedikit, tapi sering atau banyak yang mengeluhkan beberapa hal ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kelemahan Mitsubishi Pajero Sport 2021

Sebuah SUV mahal dengan performa bertenaga, perlu diketahui bahwa Mitsubishi Pajero Sport memiliki enam kelemahan utama 01

Berhubung mobil ini menjadi salah satu SUV paling laris di Indonesia, tak heran jika menemukannya dengan mudah di jalanan. Meski banyak orang menyukai mobil ini, sebenarnya ada beberapa kekurangan dari mobil ini. Sepertinya wajar saja, karena setiap mobil pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak ada mobil yang sepenuhnya sempurna.

Bagi Anda yang ingin membeli Mitsubishi Pajero Sport 2021 baru, Autofun rasa Anda perlu membaca beberapa kekurangan SUV yang sudah hadir  di Indonesia sejak tahun 2009 ini. Apa saja kekurangan Mitsubishi Pajero Sport 2021 ini?

Mitsubishi Pajero Sport 2021 Desain Lampu Belakang Relatif Aneh

Sebuah SUV mahal dengan performa bertenaga, perlu diketahui bahwa Mitsubishi Pajero Sport memiliki enam kelemahan utama 02

Pada saat kemunculan Mitsubishi Pajero Sport 2021 generasi terbaru, banyak orang yang mengira bahwa lampu belakangnya jelek. Lampu belakang yang sudah menggunakan LED dinilai memiliki desain yang aneh. Karena memanjang dari atas ke bawah dan terlihat cukup panjang. Ada juga yang bikin meme kalau lampu belakang Mitsubishi Pajero Sport 2021 terlihat seperti orang yang sedang menangis.

Menyalakan bagian atas kotak, dan menjangkau ke bawah. Pada saat kemunculannya, lampu ini dinilai cukup kontroversial. Ya wajar saja, karena ini model terbaru atau serba baru sehingga perlu adaptasi untuk melihat lampu model baru seperti ini.

Mitsubishi Pajero Sport 2021 Harga Jual Mahal

Sebuah SUV mahal dengan performa bertenaga, perlu diketahui bahwa Mitsubishi Pajero Sport memiliki enam kelemahan utama 03

Sebagai sebuah SUV, Mitsubishi Pajero Sport 2021 memiliki harga yang cukup mahal di Indonesia. Sebagai gambaran, varian Pajero Sport 2021 termurah yang dijual di Indonesia adalah tipe Exceed 4x2 MT. Varian ini dijual dengan harga Rp491,5 juta. Ke atas adalah varian Exceed 4x2 AT dengan harga Rp 506,5 juta. Selanjutnya ada GLX 4 × 4 MT dengan harga Rp548,5 juta dan Dakar 4 × 2 AT seharga Rp549,5 juta.

Di atasnya masih ada tipe Dakar Ultimate 4x2 AT seharga Rp 593,5 juta. Sedangkan varian tertinggi dan termahal dari Pajero Sport adalah varian Dakar 4 × 4 AT yang dijual seharga Rp702 jutaan. Berdasarkan situs resmi Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), masih ada lebih banyak varian Pajero Sport yang ditawarkan. Yakni Pajero Sport Black Edition yang dijual seharga Rp 572,5 juta.

Semua harga yang disebutkan di atas adalah harga yang tertera untuk wilayah DKI Jakarta. Harga tersebut tentunya akan berbeda antar daerah dan provinsi di Indonesia.

Untuk sebuah SUV dengan harga segini, kami merasa Pajero Sport cukup mahal. Oleh karena itu, banyak orang yang lebih tertarik membelinya secara second karena harganya yang turun.

Mitsubishi Pajero Sport 2021 Harga Suku Cadang atau Spare Part Mahal

Sebuah SUV mahal dengan performa bertenaga, perlu diketahui bahwa Mitsubishi Pajero Sport memiliki enam kelemahan utama 04

Anda tidak ingin bisa dan bisa membeli mobil tapi tidak bisa merawatnya. Kata-kata tersebut juga wajib ditanyakan saat ingin melamar Mitsubishi Pajero Sport 2021 di garasi rumah Anda. Harga sparepart atau sparepart Pajero Sport terbilang cukup mahal.

Harga sparepart tersebut bagi sebagian orang masih dinilai cukup mahal. Sebagai gambaran, paket servis dari Mitsubishi Xpander di bengkel resmi mulai dari Rp 1,4 jutaan.

Tentunya biaya servis dan penggantian sparepart Mitsubishi Pajero Sport 2021 akan lebih mahal dari Xpander. Selain karena suku cadang mahal, pajak tahunan dari mobil ini juga terbilang mahal. Karena itulah banyak orang yang tidak mampu memelihara mobil yang satu ini. Berdasarkan penelusuran, pajak tahunan mobil ini berkisar antara Rp7 juta hingga Rp10 juta. Itu tergantung pada wilayah Samsat itu sendiri.

Mitsubishi Pajero Sport 2021 Sektor Kaki-kaki Sering Bermasalah

Sebuah SUV mahal dengan performa bertenaga, perlu diketahui bahwa Mitsubishi Pajero Sport memiliki enam kelemahan utama 05

Salah satu keluhan tentang mobil ini ada di bagian kaki-kakinya. Kaki-kaki mobil Pajero Sport, terutama di bagian poros kemudi, cepat aus. Jika rusak, roda kemudi akan terasa lebih bergetar dan jika tidak segera diganti kerusakannya jelas akan bertambah parah.

Kasus ini sering terjadi pada Mitsubishi Pajero Sport 2021 generasi pertama. Bahkan, bengkel juga sempat berkampanye untuk mengganti poros kemudi mobil ini secara gratis.

Untuk harganya sendiri, batang kemudi dijual dengan harga sekitar Rp400 ribu untuk produk buatan Taiwan. Sedangkan produk aslinya dijual di bengkel resmi seharga Rp1,2 juta.

Harga tersebut tentunya akan berbeda-beda di setiap daerah. Dan yang harus Anda ingat, belum termasuk biaya pemasangan spare part.

Poros Kemudi Mitsubishi Pajero Sport 2021 Rentan

Sebuah SUV mahal dengan performa bertenaga, perlu diketahui bahwa Mitsubishi Pajero Sport memiliki enam kelemahan utama 06

Menurut pengalaman pemilik Pajero Sport gen 1 dari berbagai forum, proses pivot di bengkel resmi memakan waktu antara 1-2 minggu. Para pemilik Mitsubishi Pajero Sport harus ekstra sabar dan mengeluarkan uang ekstra jika ternyata batang kemudi harus diganti karena sudah aus.

Mobil tersebut tidak dapat digunakan selama sekitar dua minggu karena bengkel kehabisan stok pada poros kemudi. Saat membeli Pajero Sport Gen 1 bekas, sebaiknya perhatikan poros kemudinya, agar tidak mendapatkan unit yang bermasalah. Penggantian komponen ini dulunya gratis selama masih dalam masa garansi.

Sayangnya, Pajero Sport generasi pertama umumnya sudah habis masa garansi, sehingga harus membeli komponen poros kemudi baru.

Mitsubishi Pajero Sport 2021 Kebocoran Shock

Sebuah SUV mahal dengan performa bertenaga, perlu diketahui bahwa Mitsubishi Pajero Sport memiliki enam kelemahan utama 07

Suspensi SUV mewah ini kerap mengalami kerusakan. Biasanya kerusakan terjadi seperti suspensi bocor atau shock absorber. Untuk mendeteksinya cukup sulit, selain melihat suspensi secara detail. Suspensi yang masih dalam kondisi baik akan terlihat bersih tanpa ada kebocoran oli.

Namun untuk suspensi yang sudah mulai bermasalah, Anda akan melihat adanya kebocoran pada batang suspensi. Hal tersebut bisa diatasi dengan melakukan perbaikan di bengkel suspensi khusus atau kaki-kaki mobil.

Namun akan lebih baik jika diganti dengan suspensi baru karena akan jauh lebih nyaman saat berkendara. Suspensi yang diperbaiki juga berpotensi mengalami kerusakan dalam jangka pendek.

Kesimpulan

Sebuah SUV mahal dengan performa bertenaga, perlu diketahui bahwa Mitsubishi Pajero Sport memiliki enam kelemahan utama 08

Kesuksesan ini sepertinya tak mau hilang dari tubuh Mitsubishi Pajero Sport 2021, karena penjualannya yang cukup tinggi. Mitsubishi pun memutuskan untuk melakukan produksi di Indonesia, tepatnya di pabrik Cikarang, Bekasi, Jawa Barat pada April 2017.

Hal ini agar konsumen Indonesia tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan unit pesanannya. Generasi ketiga ini juga yang masih sering kita lihat beredar di jalanan. Tapi mengetahui semua kekurangan Pajero Sport maka sebaiknya Anda pertimbangkan dulu, sebelum membeli.

Samuel Tito

Automotive writer who cover in-depth reports in an easy-to-understand for the readers

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 AT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil