Sebulan Dipasarkan, Penjualan Daihatsu Rocky Kalah Telak dari Toyota Raize
Prasetyo · 28 Mei, 2021 18:00
0
0
Duet Toyota Raize dan Daihatsu Rocky memang terbukti akan menyedot banyak minat konsumen di Indonesia. Setelah Toyota yang mengumumkan ribuat unit Raize terjual hanya berselang sepekan sejak resmi diluncurkan, kini giliran penjualan Daihatsu Rocky yang dipublikasikan.
Hendrayadi Lastiyoso, Division Head Marketing and Customer Relation PT Astra International - Daihatsu Sales Operation, menuturkan jika jumlah pesanan Daihatsu Rocky sudah mencapai 1.168 unit. Angka ini tercatat sejak sesi peluncuran virtual Daihatsu Rocky pada 30 April 2021 lalu hingga 25 Mei 2021.
Lebih lanjut Hendrayadi menjelaskan, kalau dari 1.100 unit lebih itu, penjualan Daihatsu Rocky di Indonesia didominasi varian R bertransmisi CVT. Tipe 1.0 R CVT ADS menyumbang 46 persen dari total penjualan Daihatsu Rocky. Sementara tipe 1.0 R CVT ASA berkontribusi 29 %, dan tipe 1.0 R MT menyumbang 28 % dari keseluruhan unit yang sudha terpesan.
Untuk pemetaan wilayahnya menurut Hendrayadi, area DKI Jakarta dan sekitarnya masuh menjadi penyumbang penjualan terbesar bagi Daihatsu Rocky. Wilayah Ibukota berkontribusi sebesar 31 persen, diikuti konsumen dari daerah Jawa Timur (22 persen), dan Indonesia Bagian Timur (Sulawesi, Maluku, Papua) 10 persen.
Pencapaian jumlah pesanan yang dibukukan Daihatsu ini berarti lebih dari dua kali lipat target yang sebelumnya dipasang Daihatsu. Sebab awalnya Daihatsu menargetkan jika Rocky sanggup terjual 500 unit per bulan.
Jika penjualan Daihatsu Rocky selama lebih kurang 1 bulan tercatat 1.168 unit, maka Toyota juga sudah membukukang rekap untuk hal yang sama untuk Toyota Raize. Namun ternyata, jumlah penjualan Toyota Raize jauh di atas Daihatsu Rocky.
Penjualan Toyota Raize untuk sebulan pasca resmi diperkenalkan sudah tercatat 2.914 unit. Kontributor terbesar disokong dari varian 1.0T GR Sport CVT yang mencapai 49,2 persen.
Sementara itu penjualan Toyota Raize tipe 1.0T GR Sport CVT TSS menyumbang 35,1 persen. Lantas untuk tipe 1.0 G CVT 9,1 persen, dan tipe 1.0T G MT 5,8 persen. Sisanya 0,8 persen datang dari penjualan varian 1.0 G MT.
Sama seperti Daihatsu Rocky, konsumen terbanyak Toyota Raize juga berasal dari wilayah DKI Jakarta (26,2 %). Namun penjualan tertinggi kedua datang dari konsumen di Jawa Barat (18,5 %), serta dari Jawa Timur (11,1 %).
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.