Secara Fisik Terlihat Sama, Ternyata Ini Perbedaan Daihatsu Rocky Indonesia dan Jepang

Enda · 5 Mei, 2021 12:00

Secara Fisik Terlihat Sama, Ternyata Ini Perbedaan Daihatsu Rocky Indonesia dan Jepang 01

Perbandingan Daihatsu Rocky Indonesia dan Jepang

Melantai di Indonesia baru-baru ini, Daihatsu Rocky sudah lebih dulu diperkenalkan di negara asalnya melalui ajang pagelaran Tokyo Motor Show 2019. Di negeri matahari terbit, Rocky ditawarkan mulai dari 1.705.000 yen sampai dengan 2.442.000 yen, atau sekitar Rp224.8 juta-Rp322 juta.

Bicara mengenai Daihatsu Rocky di Indonesia, SUV kompak dengan konfigurasi 5-seater yang posisinya di bawah Terios ini, dipatok dengan harga PPnBM hingga Mei 2021 mencapai Rp214.2 juta hingga Rp236.1 juta. Melihat keduanya, secara sekilas antara Daihatsu Rocky Indonesia dengan Daihatsu Rocky Jepang seperti tidak ada yang berbeda.

Apa saja sih perbedaan Daihatsu Rocky Indonesia dan Jepang bila dilihat secara fisik dan spesifikasinya? Dari pada penasaran, simak terus ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Promo Terbesar Daihatsu Rocky Hanya Berlaku Bulan Ini, Jangan Sampai Kelewat!

1. Dimensi Daihatsu Rocky Indonesia Ternyata Lebih Besar

Secara Fisik Terlihat Sama, Ternyata Ini Perbedaan Daihatsu Rocky Indonesia dan Jepang 02

Tampilan samping Daihatsu Rocky Indonesia

Seperti yang diketahui saat peluncuran resminya, Daihatsu Rocky disebutkan memiliki ukuran dimensi yang lebih besar dari versi yang dijual di Jepang. Hal ini tentunya untuk menyesuaikan segmentasi demografis yang ada di sini.

“Perbedaan dimensi yang terjadi pada Daihatsu Rocky di Indonesia dengan yang ada di Jepang tidak terlalu signifikan. Di Indonesia memang ukurannya sedikit lebih besar dengan Rocky di Jepang. Hal ini dilakukan demi menyesuaikan karakter yang ada di sini. Seperti ukuran ban yang dibuat lebih besar, lebar dan tinggi. Selain itu juga pada ketebalan bumper belakang yang seakan-akan lebih panjang. Namun secara ukuran kabin sebenarnya sama,” ujar Anjar Rosjadi, Marketing Product Planning Division Head Astra Daihatsu Motor, disela-sela peluncuran resminya.

Berikut tabel data dimensi Daihatsu Rocky Indonesia dan Jepang.

Perbandingan dimensi Daihatsu Rocky Indonesia dan Jepang
Keterangan Daihatsu Rocky Indonesia Daihatsu Rocky Jepang
Panjang 4.030 mm 3.995 mm
Lebar 1.710 mm 1.695 mm
Tinggi 1.635 mm 1.620 mm

2. Rumah Fog Lamp Daihatsu Rocky Indonesia dan Jepang Berbeda

Secara Fisik Terlihat Sama, Ternyata Ini Perbedaan Daihatsu Rocky Indonesia dan Jepang 03

Perbedaan fog lamp Daihatsu Rocky

Sekilas terlihat sama, bila dilihat secara mendetail pada sisi eksterior Daihatsu Rocky Indonesia mempunyai perbedaan dengan Rocky yang dijual di Jepang. Melihat pada fascia, secara alterasi ada pada bagian fog lampnya.

Dimana housing foglamp Daihatsu Rocky versi Jepang memiliki tambahan lampu LED berbentuk vertikal di samping lampu bulatnya yg juga berteknologi LED. Sedangkan Rocky Indonesia hanya mendapat lampu fog lamp dengan ukuran sedikit lebih besar yang masih menggunakan bohlamp halogen.

3. Keduanya Memiliki Ukuran Velg dan Profil Ban yang Berbeda

Secara Fisik Terlihat Sama, Ternyata Ini Perbedaan Daihatsu Rocky Indonesia dan Jepang 04

Ukuran velg dan ban Daihatsu Rocky Indonesia dan Jepang berbeda

Secara data spesifikasi, Rocky di Indonesia hadir dengan velg berbahan dasar alloy berwarna two tone berukuran 17 inci yang diselimuti ban berprofil 205/60R17.

Di Jepang, Rocky juga menawarkan model yang sama. Hanya saja, mobil ini ditawarkan dengan dua ukuran velg yang dibungkus ban berprofil lebih tipis, Yaitu; 195/60R17 dan 195/65R16.

4. Cover Spion Daihatsu Rocky Indonesia Punya Dimensi yang Lebih Besar

Secara Fisik Terlihat Sama, Ternyata Ini Perbedaan Daihatsu Rocky Indonesia dan Jepang 05

Cover spion Daihatsu Rocky Indonesia

Untuk memangkas biaya produksi, cover spion Daihatsu Rocky Indonesia menggunakan model yang sama digunakan oleh Avanza-Xenia dan Rush-Terios. Penggunaan model spion yang sama persis dengan beberapa lini produknya tersebut memiliki tujuan selain untuk memangkas biaya produksi, pemilik bisa dengan mudah mencari spare part spion apabila mengalami kerusakan.

Secara Fisik Terlihat Sama, Ternyata Ini Perbedaan Daihatsu Rocky Indonesia dan Jepang 06

Cover spion Daihatsu Rocky Jepang

Melihat cover spion pada Daihatsu Rocky yang dijual di Jepang, bagian vital pada Rocky ini mempunyai ukuran yang lebih kecil dengan bentuk yang membulat.

5. Fitur Keselamatan ADAS Berupa A.S.A (Advanced Safety Assist) Pada Daihatsu Rocky Jepang Lebih Lengkap

Secara Fisik Terlihat Sama, Ternyata Ini Perbedaan Daihatsu Rocky Indonesia dan Jepang 07

Fitur A.S.A Daihatsu Rocky Indonesia

Dari sisi keamanan, Daihatsu Rocky Indonesia dilengkapi dengan fitur keselamatan spesial di kelasnya. Fitur ini secara umum dinamakan Advance Driving Assistant System (ADAS).

Pada Rocky, fitur ini dinamakan A.S.A (Advanced Safety Assist). Teknologi A.S.A dapat membantu mengurangi potensi bahaya ataupun dampak dari kecelakaan pada kendaraan.

A.S.A yang tersematkan pada Rocky bekerja dengan menggunakan sensor yang terdapat pada stereo camera di kaca depan yang dapat mendeteksi objek di depan mobil, lalu memberikan peringatan jika mobil dalam potensi bahaya. Ada pun fitur A.S.A di Daihatsu Rocky Indonesia terbagi menjadi enam bagian, diantaranya: Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.

Baca juga: Hasil Uji Tabrak Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Raih Bintang 5, Lengkapi Jaminan Keselamatan

Versi Indonesia juga erbeda dengan fitur A.S.A yang ada pada Daihatsu Rocky Jepang. Untuk menyesuaikan segmentasi serta memberikan perlindungan secara lebih maksimal, di negara asalnya Rocky hadir dengan 12 bagian fitur keselamatan yang terkandung di dalam A.S.A.

12 fitur keselamatan yang terdapat di dalam A.S.A tersebut antara lain: Pre-Collision Warning , Pre-Collision Braking, Front Departure Alert, Pedal Misoperation Control, Lane Departure Warning (LDW), Lane Departure Prevention (LDP), Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Keep Control (LKC), Blind Spot Monitor (BSM), Front & Rear Corner Sensors, Reverse Camera dan Rear Cross Tra c Alert (RCTA).

5. Daihatsu Rocky Indonesia Hadir Dalam Dua Pilihan Mesin

Secara Fisik Terlihat Sama, Ternyata Ini Perbedaan Daihatsu Rocky Indonesia dan Jepang 08

Mesin 1.0L turbo Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky Indonesia maupun Jepang dibenamkan mesin 1.0L turbo. Secara data di atas kertas, mesin dengan kode 1KR-VET 3-silinder, Turbocharger, VVT-i berkubikasi 998 cc ini dapat meletupkan tenaga 97,9 PS @6.000 rpm serta angka torsi mencapai 140 Nm @2.400 - 4.000 rpm.

Di Indonesia sendiri akan kedatangan varian mesin lainnya untuk memberikan opsi lain terhadap konsumen.

“Mesin 1.2L untuk Rocky belum dipasarkan dalam waktu dekat. Kita fokus ke mesin 1.0L turbo dulu untuk semua varian Rocky yang terbukti menghasilkan tenaga besar serta tingkat efisien penggunaan bahan bakar yang baik,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT ADM, dalam acara peluncuran Rocky.

Meski begitu, bocoran mengenai Daihatsu Rocky 1.2L sudah tersebar luas di jagat dunia maya. Secara spesifikasi, mesin terbaru dengan kode WA-VE 3-silinder segaris 12 Valve DOHC Dual VVT-i yang bakal digunakan nanti dapat melecutkan tenaga mencapai 88 PS @6.000 rpm dan torsi 112 Nm @4.500 rpm.

6. Daihatsu Rocky di Jepang Hadir dengan Pilihan Penggerak 4WD

Secara Fisik Terlihat Sama, Ternyata Ini Perbedaan Daihatsu Rocky Indonesia dan Jepang 09

Daihatsu Rocky 2021

Mesin dari pada Daihatsu Rocky sendiri ditanamkan model transverse (melintang). Hal ini mengartikan bahwa Rocky sendiri menggunakan roda depan sebagai penggerak utamanya.

Di Jepang, Rocky tidak hanya ditawarkan penggerak roda depan (FWD) saja. Untuk memberikan opsi lain terhadap konsumen, Rocky juga dihadirkan dengan sistem penggerak 4WD yang dikontrol secara elektronik.

Di Tanah Air, varian 4WD pada SUV kompak ini tidak disediakan oleh PT Astra Daihatsu Motor. Sehingga untuk menggerakan mobil dapat berjalan, Rocky hanya mengandalkan roda depannya saja.

7. Dua Pilihan Transmisi Hadir di Indonesia

Secara Fisik Terlihat Sama, Ternyata Ini Perbedaan Daihatsu Rocky Indonesia dan Jepang 10

Transmisi CVT Daihatsu Rocky

Sebagaimana informasi yang behasil kami dapat, Daihatsu Rocky di Jepang hanya menawarkan satu pilihan transmisi CVT saja. Seperti yang diketahui, di Indonesia, Rocky hadir dengan dua pilihan transmisi, yaitu manual 5-percepatan dan CVT.

Transmisi CVT terbaru Daihatsu ini hadir dengan teknologi Dual Mode CVT, yang menghadirkan pengalaman berkendara yang halus, responsif, sekaligus tetap hemat bahan bakar.

Baca juga: Jangan Bingung! Daihatsu Rocky Hadir dengan 20 Varian, Termasuk Pilihan Kombinasi Warna Spesial

Komentar