Sedang Berburu Honda Jazz GE8? Walau Lawas Harga Bekas Tetap Berkelas!

Yongki Sanjaya · 7 Jul, 2021 15:30

Sedang Berburu Honda Jazz GE8? Walau Lawas Harga Bekas Tetap Berkelas! 01

Nama Honda Jazz sudah sangat terkenal sebagai sebuah hatchback nyaman dan fungsional di kalangan masyarakat Indonesia. Walaupun sudah tak lagi diproduksi, namun kita masih bisa membeli unit bekasnya. Salah satu varian yang cukup populer ialah Honda Jazz GE8, yang membuat harga bekas mobil ini masih teratas.

Maksudnya, Honda Jazz GE8 ini peminatnya masih cukup banyak walaupun model ini sudah cukup berumur. Sebagai informasi, Jazz GE8 diproduksi pada rentang waktu 2007 sampai 2014. Artinya, unit bekas yang cukup muda usianya sudah menginjak 7 tahun.

Baca juga:

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kelebihan dan Kekurangan Honda Jazz GD3, Pionir Hatchback CVT di Indonesia

Kelebihan dan Kekurangan Honda Jazz GD3, Pionir Hatchback CVT di Indonesia

Ini Alasan Honda Jazz RS 2020 Masih Layak Dipilih Dibandingkan Honda City Hatchback RS 2021

Karena desainnya yang sporty dan sparepart cukup mudah ditemukan, maka harga Jazz GE8 masih tinggi. Jazz generasi kedua ini harga pasaran bekasnya berkisar antara Rp94 juta sampai dengan Rp155 juta. 

Sedang Berburu Honda Jazz GE8? Walau Lawas Harga Bekas Tetap Berkelas! 01

Jazz GE8 termasuk besar peminatnya di kalangan anak muda atau keluarga muda. Desainnya trendi dan tidak ketinggalan zaman, mesinnya punya tenaga yang lumayan, dan kabinnya luas walaupun hanya berkapasitas 5 tempat duduk. 

Untuk kamu yang penasaran dengan sosok mobil ini, kami akan coba mengulas profil Honda Jazz GE8 bekas tersebut. Yuk kita simak ulasannya berikut ini. 

Profil Honda Jazz GE8

Sedang Berburu Honda Jazz GE8? Walau Lawas Harga Bekas Tetap Berkelas! 02

Honda Jazz GE8 hadir dalam tipe S dan RS. Tipe S lebih minimalis dengan absennya beberapa fitur seperti foglamp, bumper polos, tanpa side skirt, tidak ada paddle shift, belum keyless, lalu masih pakai velg 15 inci. 

Sementara itu untuk Jazz RS fiturnya jelas lebih beragam dan keren, seperti adanya paddle shift, keyless, velg 16 inci, dual airbag, side skirt, garnish, dan banyak lagi. 

Honda Jazz GE8 yang beredar selama sekitar 7 tahun sempat mengalami dua kali facelift, yaitu pada tahun 2011 dan 2013. Facelift pertama pada 2011 terdapat banyak perubahan, mencakup bemper depan, belakang, grill, reflektor lampu depan dan velg.

Sementara di tahun 2013 perubahannya cukup simple, hanya penyegaran di lampu depan dan belakang, kemudian upper spoiler di atas kaca belakang. Kaca lampu sein belakang Jazz GE8 versi facelift tahun 2013 berubah menjadi warna bening.

Sedang Berburu Honda Jazz GE8? Walau Lawas Harga Bekas Tetap Berkelas! 03

Tahun 2014 merupakan tahun terakhir edisi GE8, atau bisa kita sebut peralihan dari Honda Jazz GE8 ke generasi GK5. Jadi, di tahun tersebut pada bulan-bulan awal masih beredar versi GE8 sedangkan yang sudah akhir-akhir tahun masuk ke edisi GK5.

Honda Jazz generasi kedua ini sudah menggunakan teknologi mesin i-VTEC, yaitu kombinasi konsumsi BBM irit dan performa kencang pada sebuah mesin. Walau mesin Jazz GE8 masih menggunakan SOHC, namun tenaga yang dihasilkan lumayan besar. 

Mesin L15A berteknologi i-VTEC punya output sebesar 120 dk pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm di 4.800 rpm. Tenaga Yaris dan Mazda 2 saat itu jelas kalah. 

Honda Jazz GE8, Kombinasi Desain Sporty dan Kabin Lega

Sedang Berburu Honda Jazz GE8? Walau Lawas Harga Bekas Tetap Berkelas! 04

Jazz disukai karena banyak hal. Desainnya keren, sporty, stylish, dan fashionable untuk anak muda. Tak heran mobil ini di-idolakan oleh mereka yang berumur 20 hinga 30 tahunan, baik itu kaum adam maupun kaum hawa. Dengan budget seharga LCGC, kamu bisa dapat mobil yang lebih stylish walau sebenarnya telah cukup berumur. 

Sementara utilitas kabinnya yang lega dan fitur ultra seat yang fleksibel untuk membawa barang ukuran besar. Generasi kedua ini lebih besar dimensinya dari generasi pertama, sehingga ruang kabinnya pun terasa semakin lapang.

Honda Jazz GE8, Hatchback Modern dengan Teknologi 'Gado-gado' Terbaik

Sedang Berburu Honda Jazz GE8? Walau Lawas Harga Bekas Tetap Berkelas! 05

Untuk mobil keluaran era 2007-2014, Jazz GE8 ini kami nilai sebagai mobil yang bersahabat soal perawatan. Sebab teknologi yang diusungnya gado-gado, kombinasi antara fitur modern dan teknologi konvensional. 

Sebagai contoh, Honda Jazz GE8 sudah menggunakan rem cakram pada ke-empat rodanya. Sayangnya pada generasi selajutnya yaitu Jazz GK5 sudah tidak menggunakan lagi rem cakram pada roda belakangnya. Tidak cuma unggul soal pengereman, sistem transmisi yang digunakan juga tidak rumit karena memakai matic konvensional. 

Gearbox otomatisnya menggunakan teknologi torque-converter dan sudah dilengkapi dengan tuas padel-shift dibalik setir. Kinerja perpindahan giginya jelas lebih responsif, membuat feel mengemudi Jazz GE8 semakin sporty.

Alasan Mengapa Jazz GE8 pakai matic 5-percepatan ialah karena banyaknya keluhan yang muncul saat memakai CVT pada edisi pertama. Biaya dan perawatan matic konvensional juga tidak begitu mahal karena banyak tersedia suku cadang hingga part copotan. 

Kesimpulan 

Sedang Berburu Honda Jazz GE8? Walau Lawas Harga Bekas Tetap Berkelas! 06

Sekalipun usianya sudah menginjak 7 tahun, namun Jazz GE8 ini cocok dipilih sebagai mobil pertama bagi kamu keluarga muda. Desainnya masih oke, kabin lega bisa multi fungsi untuk bawa banyak barang. 

Perawatan mudah, built quality cukup mewah, sparepart melimpah. Dan sudah banyak bengkel yang bisa menangani untuk perbaikan Honda Jazz keluaran lama. 

Kelemahan yang ada di Jazz GE8 juga masih bisa ditoleransi, seperti Kualitas audio kurang bagus dan peredam kabin kurang kedap. Kita bisa melakukan upgrade di dua kelemahan itu dengan budget yang tidak terlalu mahal. 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru