window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Segini Biaya Perawatan di Salon Mobil dari Body Sampai Mesin

Herdi · 12 Feb, 2023 13:01

Segini Biaya Perawatan di Salon Mobil dari Body Sampai Mesin 01

Memiliki mobil sudah tentu selain harus rajin melakukan service berkala, juga wajib melakukan perawatan baik body, kabin dan juga mesin mobil. Tentu saja jika mobil tampak bersih jadi lebih sedap dipandang.

Namun jika Anda ingin tampilan mobil tak sekadar bersih, tapi jadi kinclong maka tidak ada salahnya untuk melakukan perawatan di salon mobil. Pasalnya, tak jarang niat hati ingin membersihkan dan membuat mobil jadi kinclong, justru menjadi baret atau lecet, karena prosesnya pengerjaanya kurang tepat.

Baca juga: Gandeng ZF Aftermarket, B-Quick Kini Sediakan Layanan Perawatan Mobil Eropa Setara OEM

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Ilustrasi perawatan mobil

Perawatan mobil selain sekedar dicuci juga perlu

Maka dari itu, salon mobil yang kini semakin menjamur bisa jadi solusi. Tapi, tentu saja ada harga yang harus dibayar jika pergi ke tempat perawatan mobil, karena hasilnya akan jauh lebih memuaskan, karena dikerjakan oleh ahlinya.

Nah, dari sekian banyak tempat perawatan eksterior dan interior mobil, Autoglaze satu diantara yang menawarkan paket lengkap. Mulai dari cuci mobil, detailing, paint protection hingga coating.

Ilustrasi perawatan mobil

Memberi lapisan pelindung pada cat mobil

Menurut CEO Autoglaze Robby Kurnia, perawatan mobil sangat berguna untuk membersihkan, merawat, dan melindungi eksterior dan interior mobil agar tampak lebih bersih dan mengkilat, juga berguna untuk menghilangkan bakteri dan kuman. 

"Treatment ini juga menjadi solusi bagi pelanggan yang gemar beraktivitas karena saat ini Autoglaze membuka cabang di beberapa pusat perbelanjaan (shopping mall), perumahan, dan SPBU," ucap Robby, saat ditemui beberapa waktu lalu.

Baca juga: Punya Mobil Sedan? Begini Cara Perawatan yang Baik

Jenis Perawatan Mobil

Ilustrasi perawatan mobil

Biar cat tetap berkilau

Ketika bicara perawatan mobil, tak sedikit pertanyaan berapa sih biaya yang harus dikeluarkan jika ingin melakukan perawatan di tempat salon mobil? Nah, untuk besaran ternyata berbeda-beda, tergantung jenis perawatan seperti apa yang diinginkan pemilik mobil. Selain itu, jenis mobil juga mempengaruhi harga. 

Seperti mobil-mobil kecil seperti city car atau LCGC harganya akan lebih murah, dibandingkan mobil ukuran sedang seperti MPV. Demikian juga untuk mobil MPV akan lebih murah dibandingkan mobil ukuran besar seperti SUV. Nah, yang paling mahal biasanya adalah jenis supercar. 

Ilustrasi perawatan mobil

Contoh bagian mobil yang belum dan sudah di detailing di Autoglaze

Adapun jenis perawatan seperti halnya Car Grooming, dimana bagian eksterior dibersihkan dari noda, watersport dan jamur, kemudian mobil di poles, vakum, serta bagian ban disemir serta kaca dibersih. Untuk harga perawatan jenis ini biasanya dipatok Rp600 ribu.

Salah satu contoh bagian mobil yang belum dan sudah di detailing di Autoglaze

Mesin mobil yang belum dan sudah di detailing di Autoglaze

Jika bagian mesin ingin dibersihkan juga bisa dilakukan, termasuk memberikan perlindungan pada bagian mesin yang terbuat dari plastik dan karet. harga untuk membersihkan mesin ini bisa mencapai Rp300 ribu. Adapun untuk perawatan pada bagian interior untuk membersihkan donda dan mengurangi bau tidak sedap dibebankan biaya sekitar Rp300 ribu.

Baca juga: Setelah di Coating, Begini Perawatan yang Benar Biar Mobil Tetap Kinclong

Harga Detailing di Salon Mobil

Detailig car Autoglaze

Proses pengerjaan detailing mobil

Selain sekedar dibersihkan, pemilik mobil juga bisa melakukan detailing terdiri dari bagian eksterior, interior, dan juga mesin. Nah, detailing sendiri proses perawatannya tidak sekadar dibersihkan, namun ada proses perawatan ekstra selama pengerjaan.

Untuk eksterior, biasanya cat mobil dibersihkan dari kotoran, agar menghilangkan jamur dan baret, serta melakukan perlindungan dengan menggunakan tambahan wax atau paint protection.

Segini Biaya Perawatan di Salon Mobil dari Body Sampai Mesin 07

Interior juga perlu dibersihkan secara berkala

Sedangkan jika melakukan interior detailing, maka bagian interior mobil dibersihkan secara menyeluruh agar mengurangi bau tidak sedap, sehingga kabin jadi bersih dan nyaman. Sementara untuk engine detailing biasanya dilakukan pada bagian mesin, seperti menghilangkan kerak dan minyak yang menempel pada komponen mesin. 

Untuk harganya sebagai berikut:

Detailing & Paint Protection
Jenis Detailing Kecil Sedang Besar
Ekterior Rp1,9 juta Rp2,1 juta  Rp2,3 juta
Interior Rp900 ribu Rp1,1 juta Rp1,3 juta
Mesin Rp700 ribu Rp800 ribu Rp900 ribu
Paket Kmplit Rp2,9 juta Rp3,4 juta Rp3,9 juta

 

Coating Package
Jenis Coating Kecil Sedang Besar
Coating Eskterior 5 Layer Rp5 juta Rp5,5 juta Rp6 juta
Paket kompolt Detailing Coating
1. Paint : 5 Layers Nano Ceramic Coating
2. Glass : 2 Layers Front & Back + 1 Layer Side Window
3. Plastic : 1 Layer Ultra Deep Black Plastic Coating
4. Wheel : 1 Layer Diamond Coating
5. Tyre : Super Black Tyre Coating
Rp6 juta Rp7 juta Rp8 juta
Supercar Coating     Rp9 juta

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil