Segini Konsumsi BBM Toyota Camry 3.5 Q, Layakkah Sedan Mewah Ini Buat Harian?

Nussa · 22 Des, 2021 11:05

Segini Konsumsi BBM Toyota Camry 3.5 Q, Layakkah Sedan Mewah Ini Buat Harian? 01

  • Konsumsi BBM Toyota Camry 3.5 Q masih cukup hemat
  • Toyota Camry 3.5 Q mesinnya paling bertenaga

Di segmen sedan mewah, Toyota sudah cukup lama berkiprah. Tercatat, sejak era 1970-an, pabrikan asal Jepang ini memasarkan produknya di Indonesia. Ada banyak produk mobil eksekutif yang dibuat oleh Toyota, seperti Corona, Cressida, Crown, hingga sekarang ini banyak yang mengenal Camry.

Toyota Camry sendiri pertama kali hadir pada Juli 1998 silam untuk menggantikan tugas Corona. Pertama kali dirilis dalam dua tipe, yakni GLX dan Grande. Untuk GLX, dibekali dengan mesin berkapasitas 2.200 cc dengan output tenaga 133 hp. Sedangkan Grande, tipe termewahnya, mengandalkan mesin dengan kapasitas yang lebih besar, yakni 3.000 cc V6 dengan tenaga mencapai 194 hp.

Salah satu tipe yang cukup terkenal adalah Toyota Camry 3.5 Q. Untuk Camry yang satu ini, tampilannya memang berbeda dipanding pendahulunya. Tampilannya jadi lebih elegan, selain itu posisi mengemudinya juga dibuat lebih rendah.

Toyota Camry 3.5 Q Sedan Mewah Kesukaan Pejabat

Segini Konsumsi BBM Toyota Camry 3.5 Q, Layakkah Sedan Mewah Ini Buat Harian? 01

Toyota Camry 3.5 Q populasinya kurang banyak di Indonesia

Dimensi bodi Toyota Camry 3.5 Q juga dibuat jadi lebih panjang untuk mengejar poros roda yang lebih panjang juga alias longer wheelbase. Hasilnya, ruang kabin ikutan menjadi lebih lapang.

Sedikit bahas soal desain eksteriornya, Toyota Camry 3.5 Q ini memiliki dimensi panjang 4.285 mm, lebar 1.820 mm, dan tinggi 1.470 mm. Jarak sumbu rodanya mencapai 2.775 mm dengan jarak terendah ke tanah 150 mm. Tampak depannya masih banyak bagian bodinya yang membulat, meskipun tetap mempertahankan kesan tegas dan kokoh. Kesan mewah dan elegan juga tetap ditampilkan melalui penggunaan grille berlapis chrome.

Baca juga : Ikuti Jejak Toyota Camry, Daihatsu Altis Bersolek di Tahun 2021

Dilihat tampak samping, lekuk bodi dari kap depan hingga bagasi belakang terlihat mengalir. Bodinya juga tetap dominan membulat, tidak ada garis bodi yang terkesan tegas dan agresif. Tapi, kaki-kakinya yang mengandalkan pelek berukuran 17 inci membuatnya terlihat kekar. Selain itu, desainnya juga dinilai tak lekang oleh waktu alias timeless.

Di bagian belakang, desainnya tidak ada bedanya dengan varian lain di bawahnya. Tapi, untuk menegaskan bahwa ini varian tertinggi, Toyota tetap menyematkan emblem "3.5 Q" dan "V6", serta dua buah muffler terpisah kiri dan kanan di bawah bumper. Tampak belakangnya juga dibuat terlihat membulat.

Mesin Paling Bertenaga, Bagaimana Konsumsi BBM Toyota Camry 3.5 Q?

Segini Konsumsi BBM Toyota Camry 3.5 Q, Layakkah Sedan Mewah Ini Buat Harian? 02

Mesin Toyota Camry 3.5 Q dengan kode 2GR-FE V6 Dual VVT-i

Di bagian dapur pacu, spesifikasi Toyota Camry 3.5 Q cukup mumpuni, karena dibekali dengan mesin berkapasitas bersih 3.456 cc dengan kode 2GR-FE. Mesin tersebut sudah memiliki teknologi dual VVT-i (Variable Valve Timing with Intelligence). Mesinnya memiliki 6-silinder dengan konfigurasi V.

Dengan 24 katup, mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 277 hp pada putaran mesin 6.200 rpm. Sedangkan torsi maksimumnya, dapat mencapai 346,2 Nm pada putaran mesin 4.700 rpm. Tenaga dan torsi ini disalurkan ke dua roda depan melalui sistem transmisi otomatis 6-percepatan yang sudah menggunakan teknologi Super-ECT.

Teknologi Dual VVT-i ini akan mengoreksi waktu bukaan katup atau valve timing untuk jalur masuk bahan bakar dan udara, serta katup untuk keluar atau melepaskan gas buang kendaraan. Koreksi ini dilakukan dengan melihat beberapa parameternya, seperti injakan pedal gas, beban yang dibawa mobil, dan lainnya. Dengan begitu, kurva torsi optimal di setiap level putaran mesin.

Selain itu, teknologi ini juga dapat membuat ruang bakar lebih bersih dari gas sisa pembakaran dan ledakan tenaga yang terjadi bisa lebih besar dan sempurna. Maka itu, performa yang dihasilkan lebih maksimal. Sebab, torsinya meningkat drastis dan bisa dirasakan pada putaran mesin lebih rendah. Hasil yang paling dapat dirasakan adalah ketika mesin mencapai tenaga optimal, tapi konsumsi bahan bakarnya lebih hemat dan ramah lingkungan, tanpa harus mengorbankan performanya.

Baca juga : Kelebihan dan Kelemahan Toyota Camry XV40, Sedan Eks Menteri yang Kini Semakin Murah

Soal akselerasi, Toyota Camry 3.5 Q ini dapat melaju hingga 100 km/jam dari posisi diam hanya dalam waktu sekitar 7 detik. Tentunya, berkat bantuan mesinnya yang sangat bertenaga. Dengan mesin berkapasitas besar itu, tak banyak yang meragukan soal efisiensi bahan bakar minyak (BBM) yang dihasilkan sedan mewah ini.

Untuk perjalanan dalam kota, konsumsi BBM yang dihasilkan sekitar 7 km/liter. Sementara untuk berkendara di jalan tol, konsumsi BBM Toyota Camry 3.5 Q ini dapat mencapai kisaran 12 km/liter hingga 14 km/liter. Tentunya, tergantung dari berbagai faktor, seperti cara berkendara, kondisi lingkungan, kondisi lalu lintas, tekanan udara, bobot yang dibawa, dan lainnya.

Maka itu, Toyota membekali mobil ini dengan kapasitas tangki bahan bakar yang besar. Tangki BBM Camry 3.5 Q ini dapat memuat hingga 70 liter bensin. Artinya, dalam perjalanan kurang dari 70 km di perkotaan, Anda sudah diharuskan untuk mengisi bensin kembali.

Data Spesifikasi Toyota Camry 3.5 Q
Tipe mesin 2GR-FE, V6, DOHC, Dual VVT-i
Sistem Pasokan Bahan Bakar Electronic Fuel Injection
Jumlah Katup 24 Katup (2 Inlet dan 2 Outlet Per Silinder)
Tenaga Maksimum 277 Hp / 6.200 rpm
Torsi Maksimum 346,2 Nm (35.3 Kgm) / 4.700 rpm
Volume Silinder 3,456 cc
Bore X Stroke 94,0 mm X 83,0 mm
Tipe Transmisi Otomatis 6-percepatan Super ECT, Penggerak Roda Depan (FWD)
Rangka
Panjang X Lebar X Tinggi 4.825 mm X 1.820 mm X 1.470 mm
Jarak Sumbu Roda 2.775 mm
Ground Clearance 150 mm
Jumlah Tempat Duduk 5 Tempat Duduk
Kapasitas Tangki 70 Liter
Suspensi
Suspensi Depan dan Belakang MacPherson Strut & Dual Link Strut
Sistem Kemudi Rack And Pinion with Electronic Power Steering
Rem Depan & Belakang Ventilated Disc & Disc
Teknologi Sistem Pengereman ABS, EBD, BA
Teknologi Safety Sasis G.O.A Body by Toyota
Struktur Sasis Monokok, Sedan C Segment
Pelek Alloy, 17 Inch
Jenis Ban Radial, 215/55 R17

Baca juga : Perbandingan Biaya Perawatan Toyota Camry Hybrid Vs Camry Biasa, Murah Mana?

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Camry 2.5 G

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru