Seharga All New Toyota Veloz Tipe Tertinggi, Honda BR-V Tipe S 2022 Masih Layak Dibeli?

Prasetyo · 23 Nov, 2021 12:03

Seharga All New Toyota Veloz Tipe Tertinggi, Honda BR-V Tipe S 2022 Masih Layak Dibeli? 01

PT Honda Prospect Motor (HPM) sudah mengumumkan harga dari All New BR-V. Honda BR-V 2022 itu ditawarkan dengan rentang Rp275,9 juta hingga Rp339,9 juta. Cukup tinggi jika melihat kompetitornya seperti Toyota Avanza dan Veloz 2022, atau New Mitsubishi Xpander maupun New Xpander Cross.

Untuk varian termurah saja misalnya, All New Honda BR-V Tipe S harganya setara Toyota Veloz tipe Q CVT atau New Mitsubishi Xpander tipe Ultimate. Itu artinya dengan harga Rp275 jutaan kedua kompetitor BR-V itu menawarkan tipe flagship.

Lalu apakah Honda BR-V 2022 tipe S ini tidak layak dipilih? Belum tentu juga. Mari kita ulas kelebihan dan kekurangan All New Honda BR-V 2022 tipe S alias varian paling murah dari BR-V generasi kedua.

Honda BR-V Tipe S Masih Pakai Velg Kaleng dan Tanpa Foglamp

 

Honda BR-V 2022

Di tipe S belum ada foglamp

Penampilan All New BR-V yang tipe S sebenarnya tidak jauh berbeda dibanding tipe Prestige with Honda Sensing sekalipun. Di bagian depan masih tersemat gril dengan model tegak dengan finishing hitam. Kemudian lampu utamanya juga tetap pakai LED dan sudah terintegrasi dengan Daytime Running Light (DRL). Serta lekuk bempernya juga masih setara.

Hanya saja pada sisi kiri dan kanan bemper depan belum disematkan foglamp seperti pada tipe E dan tipe Prestige. Lanjut ke bagian samping, tipe S juga sama-sama menggunakan velg berdiameter 16 inci seperti BR-V tipe E. Hanya saja di varian terendah ini masih pakai steel wheels alias velg kaleng yang ditutup wheel dop.

Baca juga : Selama GIIAS 2021, Puluhan Unit Honda BR-V 2022 Terjual per Harinya

Seharga All New Toyota Veloz Tipe Tertinggi, Honda BR-V Tipe S 2022 Masih Layak Dibeli? 02

Meski begitu, karakter tegas pada bodi bagian samping serta belakang masih sama dengan tipe lain. Yang beda hanya pada keberadaan emblem E di pintu bagasi belakang sebagai penanda varian tersebut. Serta di atapnya belum pakai shark fin antenna seperti tipe E dan Prestige.

Honda BR-V Tipe S Belum Ada Smart Entry dan Remote Engine Start

Honda BR-V 2022

Remote Engine Start cuma ada di varian transmisi CVT

Sebagai varian paling rendah, tentu saja beberapa fitur absen dibanding tipe lain. Misalnya saja untuk tipe S belum ada Smart Entry System, Walk Away Auto Lock, dan Remote Engine Start seperti pada tipe E CVT dan Prestige.

Kemudian jok penumpang baris kedua juga belum dilengkapi arm rest. Serta ketiadaan soket power outlet untuk penumpang belakang. Oh ya, pelapis jok untuk trim terendah ini juga masih bahan fabric belum leather seperti pada tipe Prestige.

Honda BR-V 2022

Tombol Start Stop Engine juga belum ada di tipe S

Walau begitu All New Honda BR-V tipe S sudah dibekali headunit monitor 7 inci. Perangkat ini sudah bisa terhubung dengan ponsel Anda baik melalui kabel USB ataupun Bluetooth. Sayangnya, monitor ini belum berfungsi sebagai rear camera ketika Anda mundur.

Baca juga : Desain Lebih Segar, Mampukah Spesifikasi All New Honda BR-V Ungguli Mitsubishi New Xpander Cross?

All New Honda BR-V Tipe S Pakai Mesin Baru dan Transmisi Manual

Honda BR-V 2022

Mesin 1.5L DOHC i-VTEC

Soal spesifikasi teknis, sebenarnya tidak ada yang berebda di semua varian All New Honda BR-V. Mesin yang terpasang sama rata berkapasitas 1.5-liter dengan kode L15ZF. Mesin ini menggunakan teknologi DOHC i-VTEC serta Drive By Wire.

Mesin baru tersebut mampu melecutkan tenaga sebesar 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm di 4.300 rpm. Tetapi untuk tipe S, Honda cuma menyediakan gearbox manual 6 percepatan. Namun pengalaman beberapa model transmisi manual keluaran Honda yang lain seperti Brio Satya dan Mobilio, gearbox ini cukup responsif dan juga masih lembut sehingga tak membuat kaki kiri terlalu pegal.

Tetap Banyak Fitur Keselamatan Meski Jadi Varian Trendah

Honda BR-V 2022

Tetap ada Airbags, ABS + EBD, HSA, dan VSA sampai tipe terendah

Sebagai tipe paling basic, Honda BR-V Tipe S tentu saja fiturnya tak selengkap tipe Prestige. Jangan harap ada Honda Sensing di All New BR-V Tipe S. Meski demikian, Honda masih berbaik hati melesakkan sejumlah fitur unggulan.

Misalnya saja struktur rangka G-CON + ACE with Side Impact Beam. Kemudian tipe ini juga sudah dilengkapi Dual SRS Airbags serta Side Airbags di sisi pengemudi dan penumpang depan. Serta ada pula Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (ABD), Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Assist (VSA), dan Parking Sensor.

Kesimpulan

Honda BR-V

Tetap kece dengan velg kaleng

All New Honda BR-V 2022 tipe S memang menjadi varian paling rendah, sayangnya banderol yang dipatok terlalu tinggi. Dengan harga Rp275 jutaan, Anda bisa mendapatkan LMPV merk lain dengan tipe tertinggi yang pastinya kelengkapan fitur di mobil tersebut juga lebih banyak.

Meski begitu dengan harga yang paling terjangkau, tetap banyak fitur yang sudah diusung BR-V Tipe S ini. Apalagi jika dilihat sepintas, perbedaan fisik dibanding tipe E juga tak terlalu banyak. Bahkan dengan pemakaian velg kaleng, Anda bisa tampil beda dengan sedikit kreatifitas.

Versi basic bukan berarti gak asik kan?

Baca juga : All New Honda BR-V Ada Tipe E di Varian Menengah, Ini Perbedaan dengan Varian S

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2022 Honda BR-V 1.5 S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru