window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Seharga Yaris Bakpao, Berikut Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Swift Gen-1

Enda · 8 Feb, 2022 08:00

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Swift gen-1

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Swift gen-1

Di segmen hatchback kompak, Suzuki Swift gen-1 merupakan salah satu model yang cukup digemari masyarakat Indonesia hingga saat ini. Punya bentuk sporty dan harga bekas setara Yaris Bakpao yang dibandrol Rp60 jutaan, Swift pertama kali diperkenalkan di Tanah Air pada tahun 2005.

Ketika diluncurkan, Swift ditawarkan dalam dua varian, yakni GL dan GT yang diketahui merupakan versi CBU Jepang. Melihat adanya animo masyarkat akan ketertarikan Suzuki Swift, selang dua tahun peluncurannya perdananya di Tanah Air PT Suzuki Indomobil Sales memproduksi mobil ini secara lokal di pabrik Suzuki yang berada di Bekasi, Jawa Barat. Saat itu juga Swift hadir dalam dua tipe, yaitu GT2 dan ST.

Sebagai pembeda di antara keduanya, varian GT2 terkesan lebih sporty. Hal tersebut dikarenakan GT2 telah dilengkapi body kit serta beberapa fitur pendukung. Sedangkan tipe ST terlihat sederhana karena ini merupakan varian standar.

Sebelum berhenti dijual pada tahun 2012, PT SIS juga sempat menghadirkan varian GTS dan GT3 yang diketahui juga sebagai model sportnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sebelum tertarik membeli Suzuki Swift gen-1, ada baiknya ketahui lebih dulu kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Baca juga: Perbandingan Yaris Bakpao vs Suzuki Swift Gen 1, Harga Mirip Mana yang Lebih Menarik?

Kelebihan Suzuki Swift Gen-1

1. Tampilan Sporty dan Proper

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Swift gen-1

Suzuki Swift gen-1 punya tampilan yang sporty

Dihadapkan dengan rival terdekatnya seperti Toyota Yaris Bakpao dan Honda Jazz GD, Suzuki Swift gen-1 punya tampilan yang terkesan lebih sporty dan proper. Menurut kami, bentuk yang diterimanya serba pas untuk sebuah hatchback perkotaan yang menyasar segmen anak muda bergayakan hidup urban.

Bukan cuma sporty, mobil ini juga terasa aerodinamis pada bagian atapnya yang dibuat sedikit menurun dari depan hingga ke belakang.

2. Mesin Suzuki Swift Gen-1 Bandel dan Responsif

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Swift gen-1

Mesin M15A pada Suzuki Swift gen-1 menghasilkan tenaga yang responsif

Khusus untuk pasar lokal, Suzuki Swift dibekali mesin bensin 1.500 cc berkodekan M15A 4-silinder segaris 16 valve DOHC, MPFI VVT yang mana mampu meraup tenaga hingga 112 PS @6.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 143 Nm @4.000 rpm. 

Bukan hanya responsif pada tarikan bawah dan atasnya, menyoal durabilitas mesin M15A juga terbukti tangguh. Hal ini dibuktikan dari beberapa pemiliknya dimana jarang sekali mengalami keluhan terhadap jantung pacunya.

Oh iya, generasi pertama Suzuki Swift ditawarkan dengan dua pilihan jenis transmisi, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Untuk transmisi yang digunakan terasa halus dalam setiap perpindahan.

3. Konsumsi BBM Cukup Irit

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Swift gen-1

Konsumsi BBM Suzuki Swift gen-1 cukup irit

Mengenai konsumsi BBM nya, beberapa sumber menyebutkan bahwa penggunaan dalam kotannya Suzuki Swift gen-1 mampu menempuh jarak 9-11 km/liter. Sedangkan pemakaian luar kotannya, mobil ini dapat memperoleh angka 13-15 km/liter.

4. Fitur Cukup Lengkap

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Swift gen-1

Fitur Suzuki Swift gen-1 terbilang lengkap

Dibandingkan dengan kompetitornya, generasi pertama hatchback perkotaan berlogokan S ini terbilang lengkap. Seperti yang diketahui pada varian GL ke atas sudah dilengkapi dengan audio steering control yang terkoneksi dengan sistem hiburannya yang dibuat menyatu dengan dashboard bagian tengah, indikator suhu luar kabin, penunjuk konsumsi bahan bakar dan jam di center cluster, jok dengan bahan kulit premium, sistem pengereman ABS + EBD, srs airbag dan rem cakram di semua roda.

5. Handling Stabil dan Minim Gejala Body Roll

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Swift gen-1

Suzuki Swift gen-1 punya handling yang stabil 

Mengenai handlingnya, mobil ini terasa cukup fun to drive. Hal ini didukung dengan penggunaan suspensi McPherson strut independen di roda depan dan torsion beam pada roda belakangnya yang sedikit stiff namun tetap terasa nyaman. Disisi lain ground clearance yang dibuat rendah serta jarak sumbu rodanya yang pendek membuat mobil ini terasa stabil ketika diajak bermanuver serta minimnya gejala body roll.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Honda Jazz GD3, Pionir Hatchback CVT di Indonesia

Kekurangan Suzuki Swift Gen-1

1. Suspensi Bagian Belakang Terasa Keras

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Swift gen-1

Bantingan suspensi belakang Suzuki Swift gen-1 terbilang keras

Punya handling yang baik, wheelbase pendek serta minimnya gejala body roll, sedikit berimbas pada faktor kenyamanannya. Seperti yang bisa dirasakan, untuk bantingan suspensi pada bagian belakangnya terasa sedikit keras ketika melewati jalan berkontur. Hal ini tentunya sedikit mengurangi rasanya kenyamanan berkendara terlebih ketika membawa sanak saudara.

2. Baris Kedua Kurang Ramah Bagi Penumpang

Sebagai mobil perkotaan berpenampilan hatchback, untuk baris keduanya Suzuki Swift gen-1 terbilang sempit jika disinggahi oleh orang dewasa. Untuk itu berpergian keluar kota menggunakan mobil ini akan terasa mudah lelah.

3. Kualitas dan Tampilan Interior Suzuki Swift Gen-1 Kurang Bagus

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Swift gen-1

Tampilan dashboard Suzuki Swift gen-1

Mengenai kualitas interior yang ditampilkan, menurut kami mobil ini berada sedikit di bawah para kompetitornya. Tak hanya itu, tampilannya juga terlihat aneh khususnya pada bagian dashboard yang dibuat lapang dengan sedikit kompartemen.

4. Mentok Saat Membawa Beban cukup Berat

Mempunya ground clearance yang terbilang rendah, tentunya akan menimbulkan berbagai masalah. Diantaranya seperti; ban mentok dengan fender ketika dimuati beban berat, serta bagian bawah kendaraan tertahan disaat melewati polisi tidur. Bukan cuma itu saja, karter atau wadah oli mesin juga bisa pecah apabila menabrak benda yang cukup keras.

Kesimpulan

Alternatif lain dari Toyota Yaris Bakpao dan Honda Jazz GD untuk sebuah mobil perkotaan berpenampilan hatchback, Suzuki Swift gen-1 bisa menjadi opsi selanjutnya. Dimana secara tampilan Suzuki Swift gen-1 terkesan jauh lebih sporty dan dinamis dibanding pesaing terdekatnya tersebut. Disisi lain, mobil ini juga cukup responsif serta memiliki handling yang stabil.

Namun sebagai kekurangannya, suspensi belakang cendenrung lebih stiff serta ground clearance yang rendah.

Baca juga: Harga Bekas Mulai Rp60 Jutaan, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Yaris Bakpao

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Suzuki Baleno 2020 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil