window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sejarah Daihatsu Terios, SUV Keluarga Penerus Kesuksesan Feroza

Yongki Sanjaya · 12 Jun, 2020 12:00

Sejarah Daihatsu Terios, SUV Keluarga Penerus Kesuksesan Feroza 01

Nama Daihatsu tidak bisa dikesampingkan dari perkembangan sejarah otomotif nasional. Pabrikan asal Jepang ini sejak lama menjadi merek yang memasarkan lini model SUV. Eksistensi SUV Daihatsu ini dimulai sejak era Taft, berlanjut hingga Feroza dan sempat surut di era Taruna.

Mobil Daihatsu Terios ini memiliki total 7 varian. Harga Daihatsu New Terios terbaru ini dibanderol dengan biaya berkisar dari Rp 212 juta hingga Rp 265 jutaan. Ini merupakan harga mobil Terios terbaru di tahun 2020.

Mobil Terios baru memiliki kembaran yang berasal dari induk yang berbeda, yakni Toyota Rush. Mobil Toyota Rush Indonesia memiliki total 4 varian. Harga Toyota Rush Indonesia terbaru berkisar dari Rp 255 juta hingga Rp 275 jutaan. Ini merupakan harga Toyota Rush Indonesia terbaru 2020.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pada Desember 2006, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memperkenalkan Daihatsu Terios All New. Mobil New Terios berupa SUV kompak yang modis, berperforma tinggi, dengan standar kualitas global, dan memiliki value-for-money. Konsep produk Daihatsu Terios adalah gabungan dari unsur ‘Modis dan Petualangan’. Ini membuat mobil Terios terbaru sebagai SUV kompak yang memiliki desain eksterior dan interior yang modis dan modern.

Daihatsu New Terios dituntut harus bisa untuk harian dan bisa menampung banyak penumpang, serta sanggup melibas jalanan yang rusak. Paling penting, harga mobil Terios baru tidak menguras kantong.

Sejarah Daihatsu Terios, SUV Keluarga Penerus Kesuksesan Feroza 01

All New Terios juga menjadi penyempurnaan Daihatsu Taruna dengan menggabungkan style SUV kompak 4X2 yang modis. Hadirnya Terios seperti angin segar bagi penggemar Daihatsu. Gayanya juga lebih gagah ketimbang Daihatsu Taruna yang bisa kita bilang mirip Avanza-Xenia

Sekilas info, tipe mobil Toyota Avanza berjumlah 5 tipe. Harga Toyota Avanza berkisar dari Rp 200 juta hingga Rp 230 jutaan. Ini merupakan harga new Avanza di tahun 2020 dan tidak beda jauh dengan harga mobil Avanza 2019. Saudara Toyota Avanza, Toyota Veloz memiliki 4 tipe. Harga Toyota Veloz 2020 berkisar dari Rp 225 juta hingga Rp 249 jutaan. Sedangkan mobil Daihatsu Grand Xenia memiliki total 10 varian. Harga Daihatsu Grand Xenia 2020 berkisar dari Rp 194 juta hingga Rp 238 jutaan.

Pada bagian depan, bemper terbaru disematkan untuk menambah kesan maskulin. Selain itu, untuk lampu utamanya dipergunakan projector headlamp agar penerangan lebih mumpuni. Desain baru mobil Terios Daihatsu membuat tampilan lebih sporty dan memberikan pencahayaan lebih maksimal, tapi tidak menyilaukan pengendara lain.

Bagi mereka yang mencari kendaraan semi off-road, Daihatsu Terios terbaru bisa menjadi pilihannya. Mesin yang tangguh dan irit bahan bakar, bisa dipertimbangkan bagi mereka yang suka dengan kegiatan petualangan.

Daihatsu Terios, SUV 4X2 Millenial Berpostur Gagah

Sejarah Daihatsu Terios, SUV Keluarga Penerus Kesuksesan Feroza 02

SUV 4X2 Daihatsu sudah ada sejak zaman Feroza yang hadir memakai penggerak roda belakang. Kiprah Feroza berlanjut di zaman Daihatsu Taruna tapi sayangnya mendapat sambutan yang kurang antusias. Sebab, gaya Daihatsu Taruna kurang macho dan mirip seperti modifikasi MPV yang dipasangi ban serep di belakang.

Karena ground clearance kurang tinggi, maka Taruna hanya sebatas menjadi SUV perkotaan. Popularitas SUV Daihatsu kembali naik daun setelah meluncurkan Daihatsu New Terios generasi pertama. Mobil Terios terbaru bisa menjadi jawaban SUV keluarga yang bisa digunakan untuk bepergian di pedesaan karena posturnya yang tinggi.

Ground clearance mobil Terios baru juga terbilang cukup tinggi, yaitu mencapai 200 mm. Kita pun takkan khawatir ketika melibas jalanan berlubang atau pun saat menerabas genangan air akibat banjir. Ini membuat All New Terios juga menjadi andalan Daihatsu dalam aktivitas petualangan bertajuk 7 Wonders.

Sejarah Daihatsu Terios, SUV Keluarga Penerus Kesuksesan Feroza 03

New Terios telah terbukti tangguh melibas jalan pedesaan di pelosok Indonesia. Kegiatan 7 Wonders telah membuktikan Terios cocok dengan kondisi jalan di sebagian besar pedesaan Indonesia yang didominasi jalanan tanah berpasir. Terios tidak kesulitan melahap jalanan yang sedikit ekstrim hanya berbekal penggerak roda belakang.

Daihatsu Terios, SUV Keluarga dengan Interior Lega

Sejarah Daihatsu Terios, SUV Keluarga Penerus Kesuksesan Feroza 04

Daihatsu Terios mengandalkan pendekatan pada kebutuhan keluarga masa kini. Terbukti dari kemampuan mengangkut 7 penumpang untuk Daihatsu Terios, jauh lebih banyak dari Toyota Rush yang hanya mampu membawa 5 penumpang saja. Alhasil Terios bisa menampung banyak penumpang sehingga cocok dipakai sebagai mobil keluarga.

Mengingat Daihatsu Terios All New diposisikan sebagai varian Compact SUV untuk keluarga Indonesia, tentu kenyamanan menjadi nilai penting yang tak boleh dilewatkan begitu saja oleh Daihatsu. Karena itulah, desain interior yang hadir di Daihatsu All New Terios dibuat sedemikian rupa sehingga membuat ketujuh penumpang yang ada di dalamnya merasa betah.

Beberapa fitur yang menjadi poin penting di Daihatsu Terios All New diantaranya adalah AC Double Blower, sistem audio double din, GPS, dan Electronic Power Steering. Desain kursi yang nyaman dan ergonomis, serta tampilan dashboard yang dinamis menjadi nilai tambah Terios dibandingkan pendahulunya.

Kelemahan Daihatsu Terios, SUV yang Terkenal Limbung

Sejarah Daihatsu Terios, SUV Keluarga Penerus Kesuksesan Feroza 05

Di balik postur yang tinggi gagah, All New Terios juga memiliki kelemahan. Ground clearance yang tinggi membuat bodi Terios agak limbung ketika melaju dalam kecepatan tinggi. Penyakit ini bahkan sudah menjadi ciri khas karena masih tetap muncul di generasi kedua.

Selain itu, kursi di ruas ketiga Dihatsu All New Terios sangat sempit dan bagasi yang kecil membuat penumpang seolah harus saling berbagi ruang dengan barang-barang. Sementara bobot kendaraan yang berat, ditambah ukuran ban yang lebar, membuat akselerasi mobil Terios terbaru jadi terhambat.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Terios X M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil