window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sejarah Honda Civic Type R, Hatchback Balap Fenomenal Dari Basis Mobil Produksi Massal

Yongki Sanjaya · 21 Mei, 2021 19:00

Sejarah Honda Civic Type R, Hatchback Balap Fenomenal Dari Basis Mobil Produksi Massal 01

Bicara mobil performa tinggi yang merupakan produksi massal, hanya ada segelintir model. Biasanya memang sebuah mobil sport atau bisa juga versi upgrade high performance dari model umum seperti pada Honda Civic Type R. Memang, Honda sengaja merancang varian Type R karena potensi dari Civic yang luar biasa.

 

Sebelum adanya Type R, Civic sudah sering turun balap baik resmi atau balap liar di jalanan Jepang. Melihat potensi tersebut, Honda Motor Corporation pun tergugah merancang langsung versi 'balap' dari Civic untuk kalangan penggemar kecepatan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kalian mungkin penasaran, mulai kapan Honda turun langsung menggarap Civic Type R ini. Honda Civic versi Type R sudah ada dari tahun 1997 dengan basis dari Civic Hatchback EK9. 

Baca juga:

Toyota GR Yaris Vs Honda Civic Type R, DNA Rally Dunia Bisa Mematikan Aura Sportscar?

Penyegaran Honda Civic Type R 2021 Dengan Komponen Baru, Plus Aksesoris Mugen

Honda Civic Type R 2022 Bakal Jadi Satu-Satunya Model Honda Bermesin Bensin

Dalam pengembangannya, Honda Civic tipe R diracik dengan bodi dan sasis yang ringan dan rigid supaya mobil memiliki dapat melaju dengan baik tanpa limbung. Mesin bawaan juga ditingkatkan performanya supaya jauh lebih bertenaga, rem harus lebih pakem untuk mengimbangi performa yang naik.

Lebih lengkapnya, mari kita ulas perjalanan Honda Civic Type R dari generasi awal sampai nanti yang meluncur di 2022.

Honda Civic Type R Generasi Pertama, Pakai Civic Generasi Ke-6

Sejarah Honda Civic Type R, Hatchback Balap Fenomenal Dari Basis Mobil Produksi Massal 01

Honda pertama kali membangun Civic Type R saat generasi keenam Civic, dengan basis dari Civic hatchback EK9. Generasi ini juga dikenal di Indonesia dengan nama panggilan Civic Genio, dalam versi sedan 4 pintu. 

Mobil ini diperkenalkan pertama kali pada Agustus 1997. Karakter mesin dari EK9 ini juga banyak memiliki kesamaan dengan Integra DC2 Type R. 

Civic Type R pertama dipersenjatai mesin 4 silinder berkode B16B, VTEC, DOHC berkapasitas 1.600 cc dengan output 182 dk pada 8.200 rpm dan torsi 160 Nm pada 7.500 rpm. Tenaganya disalurkan melalui transmisi close ratio manual 5 percepatan. 

Beratnya yang sekitar 1.040-1.090 kg membuat Honda Civic tipe R Mk.1 ini mampu menempuh dari 0 sampai 100 km/jam hanya dalam 6,6 detik, dengan kecepatan maksimal dari EK9 mencapai 225 km/jam.

Honda Civic Type R Generasi Kedua Bertampang Mirip Jazz

Sejarah Honda Civic Type R, Hatchback Balap Fenomenal Dari Basis Mobil Produksi Massal 02

Pada tahun 2001, Honda Civic tipe R generasi ke-2 meluncur dengan kode bodi EP3. MK2 Type R ini bisa dibilang memiliki tampang yang cukup kalem untuk sebuah mobil kencang. 

Namun di balik tampang kalemnya tersebut, bersembunyi mesin i-VTEC, 4 silinder, K20A2 berkapasitas 2.000 cc. Dapur pacu tersebut memproduksi tenaga sebesar 200 hp yang dikawinkan dengan transmisi close ratio 6 percepatan untuk versi EuDM (European Domestic Market).

Honda Civic tipe R generasi ke-2 versi JDM (Japanese Domestic Market) menggunakan mesin K20A yang sedikit lebih bertenaga, yakni 215 hp. Sebab, varian JDM memiliki crankshaft dan intake manifold yang berbeda, exhaust manifold, camshafts yang lebih tinggi, piston kompresi tinggi, flywheel chrome-moly dan pemrograman ECU yang berbeda, sehingga menghasilkan tenaga lebih besar.

Honda Civic Type R MK.3, Hothatch Gahar Dari Honda

Sejarah Honda Civic Type R, Hatchback Balap Fenomenal Dari Basis Mobil Produksi Massal 03

Pada Civic generasi kedelapan, Honda turut melakukan upgrade untuk varian Type R yang mengisi generasi ketiga. Pada generasi ini Type R Type R memiliki 2 model dari generasi yang sama, yaitu berkode bodi FD2 untuk pasar Asia dan untuk Eropa ada FN2.

Jenis FN2 walaupun lebih sporty namun tidak setenar FD2. Civic FD2 adalah Type R pertama yang mengusung 4 pintu, untuk itu wheelbase dibuat memanjang hingga 2.700 mm. Efeknya, handling dari FD2 ini lebih stabil di kecepatan tinggi dan saat menikung. 

Tenaganya juga perkasa, mencapai 222 hp pada putaran mesin 8.000 rpm dan torsi 215 Nm pada 6.100 rpm. Untuk mengimbangi tenaga tersebut, transmisinya menggunakan jenis close ratio 6 percepatan. Pengereman kian optimal dengan rem cakram depan berdiameter 320 mm, 4 pot dari Brembo. Ban yang dipakai juga jenis high performance yaitu Bridgestone Potenza RE070 berukuran 225/40R18. 

Honda Civic Generasi Ke-4, Makin Bertenaga dengan Turbocharged

Sejarah Honda Civic Type R, Hatchback Balap Fenomenal Dari Basis Mobil Produksi Massal 04

Perkenalan Honda Civic tipe R MK4 dilakukan pada tahun 2015, dengan memakai basis dari Civic FK2. Mobil ini cukup spesial di mata pecinta Type R, karena ini adalah Type R pertama yang menyematkan turbocharger pada mesinnya sehingga tenaganya makin jumawa. 

Mesinnya berkode K20C1 2.000 cc, Direct Fuel Injection turbocharged, dengan Earth Dreams Technology. Tenaga yang dihasilkan sangat fantastis yaitu 306 hp pada putaran mesin 6.500 rpm dan torsi maksimum 400 Nm pada 2.500 - 4.500 rpm.

Honda Civic Type R generasi ke-4 ini dapat mencapai 0-100 km/jam dalam waktu 5,7 detik. Karena memakai basis dari mobil produksi massal maka Type R dapat sistem keselamatan yang cukup lengkap. Sebut saja seperti airbag depan 2 buah, airbag pada sisi jendela depan dan belakang, rem dengan anti-lock braking system, electronic brake-force distribution, hill start assist, dan vehicle stability assist.

Honda Civic Type R MK.5, Hothatch yang Masuk Resmi ke Indonesia 

Sejarah Honda Civic Type R, Hatchback Balap Fenomenal Dari Basis Mobil Produksi Massal 05

Memakai basis dari Civic Turbo Hatchback, Honda Civic tipe R MK5 ini mulai dijual pada 2017. Civic Type R ini juga masuk dan dijual secara resmi di Indonesia. 

Penampilannya begitu sporty dengan penambahan splitter depan berbahan serat karbon dengan garis aksen merah, ramp air untuk mendinginkan rem, air intake pada kap mesin, side skirt serat karbon, spoiler besar, diffuser besar di bagian belakang, serta emblem Honda merah. 

Sejarah Honda Civic Type R, Hatchback Balap Fenomenal Dari Basis Mobil Produksi Massal 06

Mesin K20C1 yang dipakai Honda Civic tipe R ini berkapasitas 2.000 cc turbocharger. Kali ini versi Eropa ikut versi Jepang, tenaganya lebih besar yaitu 315 hp, dengan torsi yang mencapai 400 Nm. 

Pilihan transmisi hanya ada manual 6 percepatan, dan membuat mobil ini dapat menempuh 0-100 km/jam hanya dalam 5,7 detik saja. Buah racikan Honda Motor Corporation ini berhasil membuat Type R generasi ini tercatat sebagai FWD tercepat di Nurburgring.

Honda Civic Type R MK.6, Meluncur 2022

Sejarah Honda Civic Type R, Hatchback Balap Fenomenal Dari Basis Mobil Produksi Massal 07

Walaupun Civic Type R MK.5 di Indonesia baru saja mendapat facelift beberapa waktu lalu, tak membuat Honda selesai berinovasi untuk menghadirkan Civic Type R generasi berikutnya atau MK.6. Honda hanya mempersiapkan Type R dalam wujud hatchback 4-pintu karena Civic versi 2-pintu penjualannya tidak bagus. 

Menurut kabar yang diwartakan Autofun Thailand, Civic Type R akan mendapat dua opsi transmisi yaitu otomatis bagi yang ogah pegal atau manual yang lebih murah tapi bisa mengeksploitasi kemampuan maksimal mesin. Bicara soal dapur pacu Civic Type R MK.6 juga kian modern dengan teknologi hybrid, dipadukan mesin turbo yang kini digunakan. 

 

Tenaganya diharapkan bisa melampaui mesin turbo yang ada sekarang, di kisaran 316 hp. Kalian sebaiknya bersabar karena Civic Type R MK.6 kemungkinan besar baru rilis pertengahan tahun 2022 mendatang. 
 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Civic Type R 6-Speed MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil