window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sejarah Lahirnya Spion Mobil, Berawal dari Ketidaksengajaan, Jadi Komponen Vital

Adit · 9 Okt, 2021 17:00

Sejarah Lahirnya Spion Mobil, Berawal dari Ketidaksengajaan, Jadi Komponen Vital 01

Sejarah lahirnya spion kendaraan, ternyata dari hal yang tidak disengaja.

Cermin pemantul tampilan atau spion kini jadi peranti paling vital pada kendaraan. Keberadaannya penting untuk memantau kondisi lingkungan di sekitar kendaraan, tanpa harus keluar dari mobil

Tapi siapa sangka, lahirnya spion rupanya merupakan buah dari ketidaksengajaan. History Garage mencatat spion pertama kali digunakan di kendaraan dilakukan oleh pebalap Indy Car (Indianapolis) 500 pada 1911 bernama Ray Harroun. 

Sejarah Lahirnya Spion Mobil, Berawal dari Ketidaksengajaan, Jadi Komponen Vital 02

Pebalap Ray Harroun menggunakan cermin sebagai spion di mobil balapnya.

Baca Juga: Aturan PPnBM Mobil Baru Berdasarkan Emisi Berlaku 16 Oktober 2021, LMPV Lebih Mahal, Sedan Jadi Murah!

Saat itu mobil balap Indy Car terdiri dari dua awak, satu sebagai pengemudi dan duduk di sebelahnya adalah mekanik yang bekerja memantau kondisi mesin maupun komponen pendukung lain, serta mengamati situasi dan melaporkannya ke pebalap. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Namun dalam satu seri, Harroun ternyata tak bisa menemukan mekaniknya. Untuk mengganti keberadaannya, Harroun memasang cermin yang ditempat di sisi depan mobilnya. Fungsinya agar lebih mudah memantau kondisi mesin yang ada di belakangnya. 

Sejarah Lahirnya Spion Mobil, Berawal dari Ketidaksengajaan, Jadi Komponen Vital 01

Posisi cermin spion di mobil balap Ray Harroun.

Gayung bersambut. Selain sukses menyelesaikan balapan, Harroun justru keluar sebagai pemenang kompetisi itu. Sebabnya mobil jadi lebih ringan lantaran tanpa mekanik di sampingnya. Keuntungan tersebut menjanjikan akselerasi dan manuver yang lebih baik. 

America Comes Alive melaporkan, Harroun mendapat inspirasi melakukan trik tersebut dari pengemudi kereta kuda pada 1904. Menurutnya cara tersebut adalah ide brilian dan harus ada di kendaraan. Dan dari sinilah cermin atau spion kendaraan bermula dari ketidaksengajaan menjadi komponen yang diperlukan.

Sejarah Lahirnya Spion Mobil, Berawal dari Ketidaksengajaan, Jadi Komponen Vital 02

Mobil balap Ray Harroun yang dilengkapi spion untuk pertama kalinya.

Spion Sebagai Pemantau Polisi

Seiring berjalannya waktu, penggunaan cermin di kendaraan mulai marak. Melihat kesempatan itu, Elmer Berger, mengembangkan produk cermin untuk mobil pada 1921. Pria asal Amerika Serikat ini kemudian membuatnya untuk dijual secara bebas kepada para pemilik mobil. 

Sejarah Lahirnya Spion Mobil, Berawal dari Ketidaksengajaan, Jadi Komponen Vital 03

Spion alias cop spotter oleh Elmer Berger.

Saat itu spion belum digunakan sebagai komponen wajib untuk memantau kondisi di belakang, melainkan sebagai aksesori untuk memantau polisi, makanya diberi nama cop spotter atau pemantau polisi. Berger memasarkannya dengan banderol US$4 saja. 

Bentuknya berupa setangkai besi yang diberi cermin bundar pada ujungnya, dengan ukuran 3x7 inci dan dipasang di samping kaca mobil bagian depan. Dengan begitu pengemudi bisa memantau bagian belakangnya apakah ada polisi yang mengikuti atau tidak. 

Sejarah Lahirnya Spion Mobil, Berawal dari Ketidaksengajaan, Jadi Komponen Vital 04

Bentuk spion untuk mobil yang dirancang oleh Elmer Berger.

Dari situ penggunaan cop spotter makin jamak lagi. Pemasangannya pun beragam sesuai bentuk mobil, ada yang ditempatkan di fender, pada panel pintu, atau cover ban cadangan agar unsur estetika mobil terpancar. 

Namun pada akhirnya karena jumlah mobil makin banyak, cop spotter berubah menjadi komponen keselamatan pada 1960. Hanya saja perannya belum menjadi kelengkapan standar mobil-mobil di zaman itu, masih sebagai peranti tambahan yang dijual dengan harga 15 dolar. 

Sejarah Lahirnya Spion Mobil, Berawal dari Ketidaksengajaan, Jadi Komponen Vital 05

Penggunaan cermin spion mulai marak pada mobil-mobil klasik zaman dulu pada tahun 1960-an.

Baca Juga: Daftar Mobil Baru yang Akan Meluncur Akhir Tahun 2021, Siap-Siap Bongkar Tabungan!

Spion untuk Membantu Pengemudi Menyalip

Perlahan wujud cop spotter mulai mengalami perubahan bentuk sesuai fungsinya. Karena tak hanya menjadi alat mata-mata pemantau polisi, juga digunakan untuk membantu pengemudi menyalip.

Bentuknya berupa dua cermin yang saling berhadapan, namun posisinya dibuat diagonal dan sedikit menyerong. Ini dimaksudkan agar pengemudi bisa melihat pantulan di cermin. Satu cermin menghadap ke pengemudi, satunya lagi ke arah depan. 

Sejarah Lahirnya Spion Mobil, Berawal dari Ketidaksengajaan, Jadi Komponen Vital 06

Spion untuk membantu pengemudi menyalip kendaraan.

Dengan begitu pengemudi dimudahkan untuk melihat apakah ada kendaraan lain dari arah berlawanan, ketika hendak menyalip. Jadi tak perlu repot kepala keluar jendela untuk memastikannya. 

Biasanya penggunaan cermin model ini dibarengi dengan cermin lain yang khusus memantau lingkungan di belakang. Karena kalau mau menyalip juga harus perhatikan kondisi belakang, apakah aman untuk menyalip atau tidak. 

Sejarah Lahirnya Spion Mobil, Berawal dari Ketidaksengajaan, Jadi Komponen Vital 07

Spion untuk memantau kondisi di depan dan belakang.

Evolusi dari Cermin Menjadi Berbasis Kamera

Sesuai perkembangan inovasi dan teknologi, spion sekarang menjadi piranti wajib pada kendaraan. Spion juga mengalami evolusi dari yang tadinya menggunakan cermin biasa, menjadi berbasis kamera yang menjanjikan pengelihatan lebih luas dan jelas. 

Sejarah Lahirnya Spion Mobil, Berawal dari Ketidaksengajaan, Jadi Komponen Vital 08

Spion mobil dari yang awalnya pakai cermin kin menjadi berbasis kamera.

Bahkan bentuknya semakin revolusioner lagi, ada yang berupa kamera 360, eagle eye view, ditambah indikator peringatan, sampai penghangat agar tidak mudah mengembun di beberapa model mobil. Serta spion tengah day and night view yang punya 2 mode visibilitas. 

Baca Juga: Nasibnya Tak Sebagus Duet Avanza-Xenia, 3 Mobil Kembar Ini Justru Layu Sebelum Berkembang

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil