window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sejarah Lampu Sein, Awal Mulanya Dari Bendera Hingga Lampu Berkedip

Yongki Sanjaya · 22 Apr, 2022 14:30

Sejarah Lampu Sein, Awal Mulanya Dari Bendera Hingga Lampu Berkedip 01

Lampu sein menjadi bagian yang vital di sebuah kendaraan, untuk memberi sinyal berbelok atau berpindah jalur ke pengguna jalan lain. Lampu sein bisa kita kenali karena nyala yang berkedip. Siapa sangka, lampu sein ini awalnya hadir berupa bendera.

Sejarah lampu sein dimulai pada tahun 1900an, bertepatan dengan era awal kendaraan bermesin bensin. Sebelum adanya persinyalan mekanis atau elektrik, pengemudi jaman dahulu masih menjulurkan tangan ke luar jendela untuk memberi tanda berbelok.

Bendera Jadi Pelopor Sinyal Belok dan Berhenti Sebelum Lampu Sein Diciptakan

Sejarah Lampu Sein, Awal Mulanya Dari Bendera Hingga Lampu Berkedip 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tanda belok pertama diciptakan oleh Florece Lawrence di tahun 1914. Cara kerjanya berdasarkan mekanis yang terpasang pada mobil milik aktris berkebangsaan Amerika Serikat tersebut. Secara perlahan, mekanik mobil akan menurunkan atau mengangkat bendera. 

Temuan ini dilandasi kondisi begitu banyak mobil kerap kali melaju dengan kencang di jalan raya. Karena belum ada tanda persinyalan yang baku, banyak pengemudi yang mengalami kecelakaan. Pada saat itu mobil masih belum memiliki lampu sein, atau sistem sinyal yang memberi tanda kepada pengendara lain ketika mobil hendak berbelok.  

Cara kerja ciptaan Florence Lawrence ini, pengemudi cukup menekan tuas saat hendak berbelok. Kemudian secara mekanis tuas mengangkat bendera pada bumper bagian belakang mobil saat hendak berbelok.

Selain itu, Florence juga menciptakan mekanisme tanda stop. Cara kerjanya yaitu saat pengemudi mengangkat rem, maka akan memunculkan tanda bertuliskan “Stop” pada bumper mobil. Penemuan tanda belok pertama ini kemudian banyak digunakan oleh perusahaan otomotif hingga tahun 1925.

Cikal Bakal Lampu Sein Modern, Muncul Tahun 1925

Sejarah Lampu Sein, Awal Mulanya Dari Bendera Hingga Lampu Berkedip 01

Pabrikan mobil juga ada yang menciptakan beberapa tanda saat mobil ingin berbelok, seperti lonceng dan peluit uap yang dipasang di setiap mobil. Hal itu akan menandakan setiap mobil yang akan berbelok selalu membunyikan lonceng dan peluit uap.  

Namun, sistem ini ternyata tak efektif karena pengemudi lain sulit mendengar jelas, akibat ramainya arus lalu lintas. Pada 1925, Edgar A Walz Jr, sukses mengembangkan penemuan Florence Lawrence dengan sempurna, menjadi cikal bakal lampu sein modern. Teknologi tersebut lebih diterima dan sampai saat ini digunakan pabrikan kendaraan di seluruh dunia.

Keduanya memodifikasi temuan Florence dengan memakai sistem elektrik dan memberikan teknologi reflektor dan lampu kuning. Alat ini kemudian diletakkan di bagian kedua sisi pilar B pada mobil. Penemuan Ruhl dan Ernst ini digunakan oleh mobil Inggris dan Jerman seperti Volkswagen Beetle, Austin A30, Aston Martin, dan Rover 1075.

Sejarah Lampu Sein, Awal Mulanya Dari Bendera Hingga Lampu Berkedip 02

Dua tahun kemudian, Oscar J. Simler asal Amerika Serikat menciptakan prototipe lampu sein elektrik beserta lampu rem. Prototipe ini akan memberikan sinyal berupa lampu menyala ketika rem ditekan, dan memberi sinyal berhenti ketika menekan rem dan kopling secara bersamaan. 

Lampu sein berkedip pertama kali dipatenkan pada tahun 1930an oleh Joseph Bell. Pada periode ini, lampu sein mulai diwajibkan sebagai fitur mobil mulai tahun 1930an. Hal ini karena populasi mobil di ruas jalan yang semakin bertambah. 

Perusahaan mobil Buick pada tahun 1938 menyempurnakan ciptaan Joseph Bell. Lampu sein pada Buick ini dinamakan Flash-Way Directional Signal.

Sejarah Lampu Sein, Awal Mulanya Dari Bendera Hingga Lampu Berkedip 03

Ada alasan khusus mengapa warna kuning atau oranye dipilih sebagai cahaya lampu sein. Warna ini mampu memberikan visual terbaik meski dari kejauhan baik di siang maupun malam hari. Saat hujan deras atau kondisi jalanan berkabut, warna ini masih mampu memberikan sinar yang menembus lebatnya air hujan dan pekatnya kabut. 

Kedipan di Lampu Sein Jadi Aturan Wajib

Sejarah Lampu Sein, Awal Mulanya Dari Bendera Hingga Lampu Berkedip 04

Pada dekade 1950-an, saat itu mobil mulai menggunakan mesin-mesin berkapasitas besar dengan jumlah ruas jalan yang semakin banyak. Angka kecelakaan yang terus meningkat membuat para pembuat regulasi di berbagai negara lantas menyesuaikan dengan keadaan saat itu.

Akhirnya, produsen mobil diwajibkan untuk memberikan kedipan pada lampu tanda belok tersebut. Tujuannya untuk memberikan signal yang lebih baik terhadap pengguna lain. 

Aturan soal jeda kedipan pun semakin disempurnakan mulai dari satu kali per detik hingga dua kali per detik melalui sebuah flasher. Kedipan lampu sein ini kemudian umum digunakan hingga kini. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil