Sejarah Mitsubishi Pajero Sport Gen 1, SUV Medium yang Dilahirkan dari DNA Reli Dakar

Enda · 24 Nov, 2022 10:00

Sejarah Mitsubishi Pajero Sport

Di Indonesia nama Mitsubishi Pajero Sport muncul pada tahun 2009. Kehadiran Medium SUV pabrikan tiga berlian ini guna menantang kedigdayaan Toyota Fortuner yang sudah lebih dulu diluncurkan empat tahun sebelumnya.

Seperti yang diketahui, Pajero Sport lahir dari DNA Mitsubishi Pajero yang modelnya dirilis pada tahun 1996. Model pertama Pajero yang dipakai balapan sukses meraih kemenangan terbanyak di ajang reli Dakar dengan menyabet 12 gelar. Kesuksesan yang diraihnya tersebut menjadikan awal mulanya pengembangan model penantang Toyota Fortuner ini.

Meski secara kelas berbeda, Mitsubishi Pajero Sport memiliki ketangguhan serta daya tahan yang teruji di ajang balap reli internasional. Sebagai informasi, harga bekas Mitsubishi Pajero Sport gen 1 di Mobil123.com kini berada di angka Rp220 jutaan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Dilahirkan dari DNA reli Dakar, simak sejarah kemunculan Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia.

Baca juga: Harga Bekas Mitsubishi Pajero Sport di Bawah Rp200 Juta, Simak Hal Penting Ini Sebelum Beli

Generasi Pertama Mitsubishi Pajero Sport Muncul Tahun 2009

Sejarah Mitsubishi Pajero Sport

Mitsubishi Pajero Sport 2009

Disampaikan sebelumnya, kemunculan pertama Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia terjadi pada tahun 2009. Mobil yang bermain di segmen Medium SUV dengan menggunakan sasis tangga tersebut mendapatkan respon yang sangat baik sehingga pernah meraih lebih dari 38 penghargaan.

Mengenai variannya, saat itu Pajero Sport hadir dengan pilihan 4×2, 4×4 Exceed, GLS dan GLX. Untuk jantung pacunya mengandalkan mesin diesel 2.5L berkodekan 4D56 DOHC Common Rail Turbocharged Intercooled 4-silinder segaris.

Sebagai informasi, jantung pacu diesel 4D56 masuk dalam keluarga mesin Mitsubishi Astron yang terkenal bandel, tangguh, dan mudah diperbaiki ketika mengalami kerusakan. Di atas kertas, mesin diesel yang digunakan Pajero Sport sanggup meletupkan tenaga sebesar 138 PS pada putaran mesin 3.500 rpm dan torsi puncak sebesar 314 Nm pada putaran mesin 2.000 rpm. Untuk transmisinya mesin ini dipadukan dengan manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Secara penampilan, SUV Mitsubisi ini memiliki bentuk membulat dengan lampu utama yang dilengkapi projector. Pada bagian sampingnya Pajero Sport terkesan gagah berkat ground clearancenya yang dibuat tinggi dengan penggunaan velg berukuran besar.

Di atas lingkar rodanya terdapat over fender yang mempertegas kesan SUV tangguh. Untuk buritannya mobil ini tampak gambot dengan desainnya yang membulat mengikuti bentuk samping dan depannya.

Mitsubishi Pajero Sport VGT Muncul Tahun 2011

Sejarah Mitsubishi Pajero Sport

Mesin diesel 2.5L VGT

Melihat permintaan pasar akan Pajero Sport yang lebih bertanaga namun hemat bahan bakar, pada tahun 2011 PT MMKSI menghadirkan teknologi Variable Geometry Turbo (VGT) pada mesin 4D56 2.5-liter DI-D Common Rail yang digunakan.

VGT sendiri merupakan pengembangan terbaru dari mesin turbo diesel guna mengurangi gejala turbo-lag. Pada teknologi ini trubo memiliki bilah-bilah lebih banyak yang membuat kompresinya dapat diatur bervariasi.

Teknologi VGT dilengkapi dengan satu ring yang memiliki kisi-kisi untuk mengatur sudut datang angin yang nantinya berfungsi untuk memutar turbo. Kisi-kisi ini bisa mengecil dan membesar berdasarkan perintah dari engine ECU. 

Teknologi VGT sangat membantu untuk mempertahankan dorongan turbo paling ideal di rentang RPM yang panjang. Dengan adanya VGT, kinerja mesin juga menjadi lebih ideal karena mendapatkan tenaga yang lebih maksimal. 

Baca juga: Efek Pakai Bio Solar di Mitsubishi Pajero Sport, Part Seharga Rp3 Jutaan Jadi Korban

Selain itu, VGT juga membantu penghematan bahan bakar. Turbo konvensional tentunya membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak karena putaran mesin harus lebih tinggi. Sedangkan dengan VGT, tenaga yang dihasilkan lebih besar pada rentang RPM yang lebih panjang sehingga tercapat efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Berkat penggunaan teknologi VGT pada mesin 4D56, tenaga Pajero Sport melonjak menjadi 176 PS di 4.000 rpm dengan torsi mencapai 400 Nm di angka 1.800 hingga 3.500 rpm. Perlu diketahui, versi mesin VGT nya hadir dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 5-percepatan.

2013 Eksterior dan Interior Mendapat Penyegaran  

Sejarah Mitsubishi Pajero Sport

Mitsubishi Pajero Sport 2013

Selang dua tahun setelah hadirnya teknologi VGT pada Pajero Sport, Mitsubishi Indonesia melakukan penyegaran secara minor baik pada tampilan luar dan dalam yang membuatnya terkesan lebih dinamis dan sporty.

Pada fascianya model facelift pertamanya mendapatkan grill dengan garis horizontal yang seolah terbagi menjadi dua bilah. Selain itu bumpernya juga mendapatkan revisi dengan bentuk yang lebih modern berkat garis yang diaplikasikan. Di bagian belakang, untuk mika lampu seinya menggunakan reflektor bening yang terlihat modern.

Tampilan dalamnya, versi faceliftnya mendapatkan update pada door trim yang dibungkus material kulit dengan tambahan wood panel di beberapa bagiannya.

Oh iya, di tahun 2013 Mitsubishi tak lagi menjual varian GLS Pajero Sport yang kemudian digantikan model Dakar.

Mesin Bensin V6 Hadir di Tahun 2014

Sejarah Mitsubishi Pajero Sport

Mesin bensin 3.0L V6 Mitsubishi Pajero Sport

Sebagai opsi lainnya, PT MMKSI hadirkan mesin bensin V6 3.0L berkodekan 6B31, IVEC DOHC pada tahun 2014 untuk Pajero Sport yang menghasilkan suara lebih halus serta emisi gas buang rendah.

Untuk performa yang dihasilkan, mesin bensinnya dapat memeras tenaga hingga 217 PS pada putaran mesin 6.200 rpm dan torsi puncak sebesar 281 Nm di 4.000 rpm. Transmisinya hadir dalam dua pilihan, manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Baca juga: Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Pajero Sport Vs Toyota Fortuner, SUV Penguasa Jalan Tol

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru