window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sekennya Seharga Skutik Maxi Bekas, Ini Kelebihan dan Kekurangan Chery QQ

Enda · 5 Sep, 2022 18:00

Kelebihan dan kekurangan Chery QQ

Mobil jenis city car asal Negeri Tiongkok, Chery QQ mulai merambah pasar otomotif nasional pada tahun 2006. Diproduksi di pabrik Chery Automobil Co Ltd., QQ sendiri memiliki bentuk yang terbilang unik.

Sebagai informasi, Chery QQ yang di pasarkan di Tanah Air berada di bawah naungan Indomobil Group dengan dua pilihan mesin yang ditawarkan, yakni 800 cc dan 1.100 cc. Dijual hingga 2012, untuk harga bekasnya saat ini Chery QQ dibandrol mulai dari Rp25 jutaan atau setara dengan motor matic bongsor.

Jika kalian tertarik membeli mobil ini guna mendukung aktifitas sehari-hari, ada baiknya simak kelebihan dan kekurangannya melalui ulasan berikut.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Harga Mobil Chery Bekas Emang Murah Banget, Tapi Apa Benar Sparepartnya Susah?

Kelebihan Chery QQ

1. Desain Unik

Kelebihan dan kekurangan Chery QQ

Chery QQ punya bentuk yang unik

Terlihat mirip seperti Chevrolet Spark generasi pertama, bagi kami kelebihan dari Chery QQ yang pertama adalah desainnya yang unik. Pada bagian fascianya mobil ini menggunakan lampu utama dengan bentuk bulat yang juga terlihat modern dan dinamis.

Melihat bagian lainnya, di bawah kap mesinnya terdapat grill dengan desain pipih yang juga terlihat unik berkat lekukan yang diterimanya. Guna menyesuaikan bentuk secara keseluruhan yang juga tampil dinamis, bumpernya pun dibuat membulat dengan tambahan foglamp di setiap sisinya.

Keunikan lainnya dari mobil ini terlihat pada tampilan belakangnya dimana stoplampnya terlihat seperti mata kucing dengan lampu sein ditengahnya. Sama seperti bumper depannya, untuk bumper bagian belakang tampil dengan bentuk bulat yang disertai dengan foglamp dan difusser berpenampilan sporty.

2. Radius Putar Kecil

Kelebihan dan kekurangan Chery QQ

Radius putar Chery QQ hanya 4.8 m

 

Melihat data pada spesifikasinya, untuk radius putar Chery QQ terbilang kecil. Hanya 4.8 m, mobil ini sangat mudah ketika diajak bermanuver di kota-kota besar serta melakukan U turn atau putar balik.

3. Headroom Lega

Kelebihan dan kekurangan Chery QQ

Headroom Chery QQ tinggi

Secara dimensi Chery QQ mempunyai panjang 3.558 mm, lebar 1.508 mm dan tinggi 1.488 mm. Untuk wheelbasenya sendiri mencapai 2.348 mm. Punya body yang terbilang tinggi, saat berada didalamnya mobil ini terasa cukup nyaman khususnya di bagian kepala berkat headroomnya yang tinggi. Tak hanya itu, kapasitas bagasinya mobil ini juga terbilang lega sehingga mampu mengakomodir barang dengan jumlah cukup banyak.

Namun sayang, untuk legroomnya mobil ini tak sehebat headroomnya. Memiliki jarak yang terbilang dekat dengan sandaran jok pengemudi dan penumpang depan, membuat penumpang merasa mudah lelah ketika berpergian dalam jangka waktu cukup lama.

4. Fitur Cukup Lengkap

Kelebihan dan kekurangan Chery QQ

Fitur Chery QQ cukup lengkap

Bicara akan fitur, Chery QQ terbilang lengkap. Seperti yang bisa kalian lihat didalamnya untuk center clusternya mobil ini sudah dilengkapi tombol AC dengan beberapa pengaturan arah semburan, suhu, serta kecepatan putaran kipas. Tepat di bawahnya sendiri terdapat head unit single din yang bisa diupgrade menjadi cd dan mp3.

Bukan cuma itu, didalamnya kalian juga bisa menemukan fitur seperti; power steering, power window, auto close window, central lock, anti theft system, dan terakhir electric mirror.

5. Suku Cadang Mudah Didapat

Kelebihan dan kekurangan Chery QQ

Spare part Chery QQ mudah didapat

Mengenai suku cadang, ternyata mobil ini tidak sesulit yang dibayangkan. Seperti yang disampaikan beberapa anggota komunitas Chery QQ, mobil ini memiliki substitusi dengan mobil Jepangan seperti Suzuki Carry, Forsa dan Karimun Kotak.

6. Responsif, Chery QQ Irit Bahan Bakar

Kelebihan dan kekurangan Chery QQ

Mesin 1.1L Chery QQ

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, untuk pasar lokal Chery QQ ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yaitu 800 cc 3 silinder dan 1.100 cc dengan 4 silinder.

Menyoal jantung pacu bertipekan SQR472 DOHC 16 valve Electronic Multipoint Injection dengan kapasitas 1.083 cc yang digunakan terasa cukup impresif. Di atas kertas untuk performanya mesin ini sanggup meletupkan tenaga hingga 68 PS @6.000 rpm serta torsi puncak 90 Nm @3.8000 rpm.

Terasa responsif, untuk konsumsi BBM nya mobil ini terbilang irit. Beberapa sumber menyebutkan bahwa untuk pemakaian dalam kotanya mobil ini sanggup menempuh jarak 14-16 km liter.

Baca juga: Modal Garansi Mesin 10 Tahun, Chery Catatkan SPK Lebih dari 800 Unit Selama GIIAS 2022

Kekurangan

1. Part Body Mulai Sulit Dijumpai

Kelebihan dan kekurangan Chery QQ

Bumper Chery QQ

Populasinya yang semakin sedikit, membuat part body Chery QQ semakin sulit dijumpai. Untuk mendapatkannya kalian bisa mengunjungi beberapa copotan mobil bekas atau menanyakan kepada rekan komunitas.

2. Mesin Meraung

Kekurangan berikutnya yang dirasakan pemilik Chery QQ adalah suara mesinnya yang kurang bersahabat. Ketika dipacu dalam kecepatan tinggi, kalian akan mendengar dengan jelas suara masin yang meraung di dalam kabin.

3. Hanya Tersedia Transmisi Manual

Kelebihan dan kekurangan Chery QQ

Chery QQ hanya tersedia transmisi manual 5-percepatan

Sebagai city car kompak, Chery QQ hanya ditawarkan dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan. Hal ini tentunya cukup disayangkan karena pada umumnya mobil perkotaan menggunakan transmisi matic yang mudah digunakan dan terasa lebih nyaman.  

4. Timbul Gejala Body Roll

Memiliki atap tinggi dengan dimensinya yang kecil, Chery QQ kerap kali timbul gejala body roll ketika dipacu dalam kecepatan tinggi. Dengan adanya gejala seperti ini tentu memberikan rasa was-was terhadap setiap penggunanya.

Kesimpulan

Punya harga bekas terjangkau, Chery QQ bisa menjadi pilihan tepat untuk kalian yang sedang mencari mobil setara dengan matic bongsor bekas. Dibandrol mulai dari Rp25 jutaan, mobil ini sangat cocok digunakan di dalam kota karena terasa lincah dan responsif.

Selain itu untuk spare partnya mobil ini juga mudah didapat karena memiliki beberapa persamaan dengan mobil Jepangan. Namun sebagai catatan untuk parts bodynya di pasaran mobil ini mulai sulit ditemukan. Jika pun ada bisa dipasitikan harga yang ditawarkan cukup mahal.

Baca juga: Punya 3 Varian Berbeda, Ini Perbedaan Chery Tiggo 7 Pro Pada Setiap Tipenya

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil