Sekilas Terlihat Mirip, Apa Sih Perbedaan Honda Civic 'Batman' FD1 dan FD2?

Enda · 2 Nov, 2022 08:30

Perbedaan Honda Civic FD1 dan FD2

Sebagai suksesor Civic Es, Honda Civic FD pertama kali diluncurkan di Tanah Air pada tahun 2006. Masuk dalam kategori mid-sedan, saat itu sosok Civic FD didatangkan secara utuh atau CBU dari Negeri Gajah Putih.

Memiliki sebutan Civic Batman karena bentuknya yang sering dibilang mirip bat mobile, Honda Civic FD yang beredar secara resmi di Indonesia ditawarkan dalam dua varian, yakni FD1 dan FD2.

  • 2018 Honda CIVIC TC E 1.5

    Rp 383,15 Juta
    Rp 6,93 Juta
    /bulan

    23.494 km

    4,5 tahun

    Banten

  • 2018 Honda CIVIC TURBO 1.5

    Rp 382,00 Juta
    Rp 7,36 Juta
    /bulan

    38.211 km

    4,5 tahun

    Jawa Barat

  • 2019 Honda CIVIC E 1.5

    Rp 397,00 Juta
    Rp 7,23 Juta
    /bulan

    34.769 km

    3,5 tahun

    Jawa Barat

Generasi kedelapan Civic ini, secara penampilan fasad Honda Civic FD1 dan FD2 terlihat sama, padahal ada sedikit perbedaan. Sebagai informasi, untuk harga bekasnya Honda Civic FD kini ditawarkan mulai dari Rp115 juta sampai dengan Rp150 jutaan tergantung bagaimana kondisi.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Punya dua varian yang ditawarkan, berikut perbedaan Honda Civic FD1 dan FD2.

Baca juga: Tua Tapi Banyak Disukai Anak Gaul Ibukota, Ini 5 Keistimewaan Honda Civic FD Batman

1. Honda Civic FD1 Tidak Pakai Spoiler Pada Bumper

Perbedaan Honda Civic FD1 dan FD2

Honda Civic FD

Pada tampilan eksteriornya, baik Honda Civic FD1 dan FD2 memiliki desain yang tampak begitu sporty dan aerodinamis berkat lekukan dan tarikan garis yang diterimanya.

Pada wajah, keduanya dipadukan dengan headlamp dengan bentuk lebar dan pipih yang tampak begitu atraktif. Begitu pun pada bumpernya, kedua varian memiliki bentuk membulat yang terintegrasi dengan lekukan body dan lampu utama yang terlihat begitu proper.

Sebagai pembeda, FD2 berhasil dilengkapi dengan tambahan spoiler pada bumpernya yang memberikan kesan lebih sporty. Tak hanya itu untuk lingkar rodanya, varian ini juga disematkan velg multi-spoke dengan jari-jari rapat.

Sebagai informasi, pada buritannya Honda Civic FD1 dan FD2 terlihat sama dengan stoplampnya model bulat yang dibagi menjadi dua bilah.

2. Jok Honda Civic FD2 Sudah Dibungkus Material Kulit Premium

Perbedaan Honda Civic FD1 dan FD2

Honda Civic FD2 dibungkus dengan jok kulit

Melihat tampilan dalam keduanya, antara Honda Civic FD1 dan FD2 memiliki perbedaan pada pembungkus joknya. Seperti yang terlihat, pada FD2 joknya sudah dibungkus dengan material kulit premium dengan warna yang lebih gelap. Sebagai kelebihannya, penggunaan bahan kulit pada jok mudah dibersihkan ketika terkena noda. Namun banyak ditemui kasuk jok kulit pada FD2 retak-retak akibat pemakaian yang lama.

3. Honda Civic FD1 Belum Tersematkan VSA

Perbedaan Honda Civic FD1 dan FD2

Fitur VSA ada di Honda Civic FD2

Bicara mengenai fitur, baik Honda Civic FD1 maupun FD2 berhasil tersematkan spion electric with retractable, power window, central lock, AC dengan heater dan pengaturan tinggi rendahnya jok pada bgaian pengemudi.

Tak hanya itu, mobil ini sudah dilengkapi arm rest di console tengah, tilt & telescopic, serta paddle shift di balik lingkar kemudi untuk varian maticnya. Dari segi keselamatan berkendara, keduanya pun telah dibekali dengan SRS airbags, ABS, EBD, BA, dan rem cakram di semua roda yang mampu melakukan deselerasi lebih cepat.

Sebagai informasi, Civic FD2 sudah dibekali dengan tambahan fitur keselamatan berupa VSA (Vehicle Stability Assist). VSA sendiri merupakan teknologi keselamatan yang secara khusus didesain untuk menstabilkan manuver kendaraan bahkan jika roda kemudi diputar secara mendadak. Untuk kontrol yang menyeluruh, VSA bekerja secara harmonis dengan ABS (Anti-lock Braking System) dan TCS (Traction Control System). 

Baca juga: Serba Serbi Honda Civic FD Bekas, Sedan 'Batman' yang Awet Mahalnya

4. Power Steering Honda Civic FD1 Model Hidrolik

Perbedaan Honda Civic FD1 dan FD2

Pompa power steering Honda Civic FD1 

Bicara mengenai sistem kerja setir, Honda Civic FD1 dengan FD2 memiliki perbedaan meski keduanya sama-sama dilengkapi fitur power steering. Seperti yang diketahui FD1 masih menggunakan model hidrolik, sedangkan FD2 berhasil disematkan teknologi Electronic Power Steering (EPS).

Power steering hidrolik yang ada di Civic FD1 kerap kali dikeluhkan pemiliknya karena sering mengalami kebocoran pada seal di pompa power steering. Selain itu juga pipa high pressure steering mobil ini sering mengalami kebocoran.

Berbeda dengan teknologi EPS yang ada di FD2, gejala serupa tidak akan terjadi karena sistemnya bebas perawatan.

5. Honda Civic FD1 Hanya Dibekali Mesin 1.800 Cc

Perbedaan Honda Civic FD1 dan FD2

Honda Civic FD1 dibekali mesin 1.8L

Mengenai jantung pacunya Honda Civic FD1 dibekali mesin 1.800 cc berkodekan R18A i-VTEC SOHC 4-silinder segaris PGM-FI dengan menghasilkan tenaga sebesar 142 PS di angka 6.300 rpm dengan torsi 177 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Bicara Honda Civic FD2, mobil ini disematkan jantung mekanis berkapasitas 2.000 cc dengan kode K20Z2 i-VTEC SOHC 4-silinder segaris PGM-FI. Melihat di atas kertas, mesin ini mampu melecutkan tenaga 157 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 192 Nm pada moment puntir 4.200 rpm.

Bukan cuma mesin yang berbeda, jika varian 1.8L dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan serta otomatis 5-percepatan, versi 2.0L hanya dikawinkan dengan transmisi matic 5-percepatan.

Baca juga: Harga Mirip, Kenapa Honda Civic FD Bekas Lebih Layak Dipilih Daripada Brio Satya?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru