window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sekilas Terlihat Mirip, Ini Perbedaan Toyota Veloz Q CVT dan CVT Biasa

Enda · 27 Des, 2023 08:03

toyota veloz q

Toyota Veloz Q CVT saat ini menjadi varian paling tinggi dari keseluruhan struktur "keluarga" Toyota Avanza generasi ketiga.

Ya, meskipun Veloz sudah sejak tahun 2015 tak lagi memakai tambahan kata Avanza, namun tetap mobil ini berbasiskan Toyota Avanza untuk menggantikan varian Avanza tipe S.

Kalau melihat sedikit kilas balik kiprah Avanza di Indonesia, nama Veloz sendiri sebenarnya pernah dihadirkan veris GR Sport-nya oleh PT Toyota Astra Motor (TAM).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tepatnya di Agustus 2021 ketika saat itu TAM menghadirkan Toyota Veloz GR Limited sebagai penutup Avanza generasi kedua dalam masa menunggu generasi penerusnya mulai diproduksi di awal tahun 2022.

Varian ini hadir dengan tambahan aksesoris di eksterior seperti Front Bumper Spoiler, Front Lower Grille Ornament, dan Rear Bumper Spoiler yang semuanya pakai desain GR Sport.

Kemudian cover spion luar dan keempat velgnya juga diberi finishing car hitam, berbeda dengan varian lainnya.

Baca juga: Toyota Veloz GR Limited Vs Veloz Biasa, Tambah Fitur Sedikit Harganya Makin Mahal

Toyot Veloz GR Limited

Toyot Veloz GR Limited

Veloz GR Limited ini pun hanya diproduksi terbatas sampai Oktober 2021 dengan total sekitar 3.800 unit.

Ketika Avanza generasi ketiga resmi diluncurkan pada November 2021, nama Veloz kembali digunakan dan menempati posisi tersendiri di atas Avanza.

Itu berarti saat ini Toyota Veloz baru memasuki generasi kedua, dan ketika pertama kali Veloz berplatform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) hadir, mobil ini ditawarkan dalam tiga varian.

Ketiganya yaitu; 1.5 yang bertransmisi manual (M/T) , 1.5 Q dengan transmisi otomatis CVT dan Q CVT dengan optional TSS (Toyota Safety Sense) yang semuanya pakai mesin 1.500 cc.

Guna memberikan banyak opsi terhadap calon konsumennya, TAM menghadirkan Veloz tipe CVT yang saat pertama kali hadir dibandrol Rp301,7 juta OTR Jakarta.

Sekilas Toyota Veloz Q CVT dengan CVT biasa terlihat sama. Namun jika dilihat lebih detail, keduanya memiliki sejumlah perbedaan penampilan serta fitur yang tentunya juga memberikan dampak pada kenyamanan berkendara.

Daftar harga Toyota Veloz 2023:

  • M/T: Rp 288.700.000
  • CVT: Rp 304.400.000
  • Q CVT: Rp 313.300.000
  • Q CVT TSS: Rp 335.300.000

Memilki selisih harga baru hampir Rp8 jutaan, ini perbedaan Toyota Veloz Q CVT dan CVT biasa.

Baca juga: 10 Rekomendasi Mobil Baru di Harga Rp 300 Jutaan, Bisa Dapat Veloz Sampai HR-V

Toyota Veloz CVT Pakai Velg 16 Inci

Toyota Veloz CVT

Toyota Veloz CVT gunakan velg 16 inci

Melihat tampilan wajah keduanya, baik Toyota Veloz Q CVT dengan CVT terlihat sama seperti tidak ada ubahan yang berarti.

Pada fascia, keduanya terkesan futuristis dengan grill trapezoidal bermodelkan diamond cut, serta list krom memanjang di atas lampu utama tepat di bawah bonnetnya yang lebar dan terlihat berotot.

Pada sistem pencahayaannya, keduanya berhasil disematkan teknologi LED dengan bentuk pipih yang didalamnya terdapat DRL plus tambahan lampu sein LED.

Guna memberikan nilai kemewahan lebih, di atas foglampnya kedua varian tersematkan list krom menyerupai huruf T yang terkesan mewah. 

Baca juga: 7 Hal Menarik dari Spesifikasi Honda Civic Estilo, Harga Bekasnya Bisa Setara Toyota Veloz Baru!

Toyota Veloz CVT

Tampilan belakang Toyota Veloz Q CVT dan CVT terlihat sama

Bergeser ke sisi samping, untuk lingkar roda Veloz Q CVT disematkan velg 17 inci dual-tone dengan tampilan atraktif.

Berbeda dengan varian Q CVT, Veloz CVT biasa menggunakan velg R16 dual-tone model palang yang sama persis digunakan di Avanza G.

Tak hanya lingkar roda, perbedaan selanjutnya terdapat pada spionnya dimana tipe Q CVT memperoleh tambahan foot lamp yang berfungsi untuk memberikan penerangan lebih jelas penggunanya hendak membuka atau menutup pintu di tempat gelap.

Pada buritannya, kedua varian untuk stoplamp telah dipadukan teknologi LED yang terhubung di kedua sisinya berkat adanya garnish dengan lampu LED bar memanjang.

Bagian atas Veloz Q CVT dan CVT sudah dilengkapi shark fin antenna serta rear defogger dan juga rear wiper. 

Sebagai identitas, varian Q CVT mendapatkan emblem Q di sebelah kanan plat nomor.

Baca juga: Toyota Veloz Buatan Indonesia Jadi Lebih Ganteng di Thailand, Saingan Berat Xpander Cross!

Toyota Veloz Q CVT Dilengkapi Smartphone Connectivity dan All Round View Camera

Toyota Veloz Q CVT

Veloz Q CVT mendapatkan smartphone connectivity dan all round view camera

Pada lingkar kemudinya, untuk kedua varian sudah dibungkus dengan material kulit peremium yang mewah dan terasa empuk di tangan.

Untuk menyesuaikan posisi berkendara serta memudahkan penggunanya, baik Veloz Q CVT dan CVT berhasil dilengkapi tilt & telescopic dan audio & MID switch yang terhubung langsung dengan panel intrument serta head unitnya.

Bicara sistem hiburan yang digunakan, kedua varian sama-sama dibekali head unit layar sentuh 9 inci model floating.

Khusus tipe Q CVT, pabrikan melengkapikanya dengan fitur smartphone connectivity.

Tak berhenti sampai di situ, untuk dapat menampilkan secara visual kondisi sekeliling mobil, Veloz Q CVT turut dilengkapi all round view camera.

Baca juga: Toyota Veloz dan Mitsubishi Xpander dari Indonesia Kuasai Pasar MPV di Negara Lain

toyota veloz rse

Ada roof monitor

Oh iya, Veloz Q CVT dan CVT biasa sudah dilengkapi dengan Rear Seat Entertainment (RSE) pada baris keduanya yang menampilkan visual gambar dari sistem hiburan di depan.

Sebagai informasi, keduanya telah dilengkapi pengisian daya nirkabel di bagian depan. 

Untuk memudahkan penggunanya ketika hendak melakukan penguncian roda, keduanya juga tersematkan Electric Parking Brake (EPB) with Brakehold.

Perlu diketahui juga di bagian dalam kedua varian sudah terdapat start/stop engine yang memudahkan pengguna ketika menghidupkan dan mematikan mobil.

Selain itu juga untuk sistem pendingin udaranya menggunakan fitur auto AC yang secara efektif dapat mendinginkan suhu kabin dengan lebih cepat, double blower, drive mode switch, keyless entry, window jam protection, spion retractable dan ambient led guna memberikan rasa rileks saat berkendara.

Baca juga: Toyota Veloz 2022 Versi Malaysia Menampakkan Diri, Beda Jauh dengan Indonesia

Fitur Keselamatan dan Keamanan Siapa yang Lebih Lengkap?

Toyota Veloz Q CVT

Fitur keselamatan Toyota Veloz Q CVT dan CVT sama

Mengenai fitur keselamatan baik tipe Q CVT dan CVT sama-sama menggunakan rem cakram berventilasi 15 inci pada keempat rodanya.

Rem tersebut terasa aman digunakan berkat mengadopsi tambahan fitur Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD) dan Braking Assist (BA).

Sebagai fitur keselamatan standar, keduanya pun sudah dibekali dengan Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), dual airbag, ISOFIX, rear parking sensor, rear parkir camera dan keyless entry with alarm.

Khusus varian Q CVT, Toyota melengkapinya dengan fitur canggih berupa T Intouch. Sebagaimana fungsinya, fitur ini mampu menghubungkan mobil dengan aplikasi mTOYOTA, sehingga pelanggan dapat terhubung ke semua layanan mobilitas Toyota.

Selain itu, fitur ini bertujuan untuk menjawab kebutuhan pelanggan akan kemudahan dan rasa terhubung dengan mobil.

T Intouch menawarkan pengalaman konektivitas digital kehidupan sehari- hari serta solusi dan manfaat terintegrasi.

Kemudian ada juga opsi tipe Q CVT dengan tambahan Toyota Safety Sense (TSS) yaitu paket keselamatan aktif menggunakan ADAS.

Fitur-fitur ini tidak ada pada tipe Veloz CVT biasa.

Baca juga: Belum Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Deretan Fungsi Fitur TSS dan T Intouch di Toyota Veloz 2022

Gunakan Mesin dan Transmisi yang Sama Persis

Toyota Veloz

Mesin 2NR-VE

Jantung pacunya Veloz Q CVT dan CVT biasa sama-sama dimodali mesin 2NR-VE 4 silinder segaris 16 valve DOHC Dual VVT-i dengan kapasitas 1.496 cc.

Untuk tenaganya di atas kertas berada di angka 106 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 137 Nm di 4.200 rpm.

Bicara tingkat percepatannya, kedua varian dipadukan dengan transmisi CVT dengan split gear baru menghasilkan rasio gigi yang lebih lebar, guna menciptakan akselerasi yang bertenaga dan mulus dalam setiap perpindahan gigi secara otomatis. 

Untuk membuatnya berjalan, putaran mesin yang dikendalikan transmisinya tersebut kemudian diarahkan ke penggerak roda depan.

Spesifikasi Toyota Veloz
Tipe 1.5 CVT 1.5 Q CVT
Dimensi
Panjang 4.475 mm 4.475 mm
Lebar 1.750 mm 1.750 mm
Tinggi 1.700 mm 1.700 mm
Jarak sumbu roda 2.750 mm 2.750 mm
Jarak ke tanah 205 mm 205 mm
Ukuran roda 195/60 R16 205/50 R17
Mesin
Tipe mesin 2NR-VE DOHC with Dual VVT-i 2NR-VE DOHC with Dual VVT-i
Isi silinder 1.496 cc 1.496 cc
Jumlah silinder 4 4
Daya maksimum 106 PS @6.000 rpm 106 PS @6.000 rpm
Torsi maksimum 137 Nm @4.200 rpm 137 Nm @4.200 rpm
Transmisi CVT CVT
Sasis
Suspensi depan MacPherson Strut MacPherson Strut
Suspensi belakang Torsion-Beam Torsion-Beam
Rem depan 15" Disc 15" Disc
Rem belakang Disc Disc

Baca juga: Jadi Tipe Terendah, Layakkah Toyota Veloz MT Untuk Dibeli?

Jika Anda tertarik untuk membeli Toyota Veloz ini dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa cek ke SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Avanza Veloz 1.3 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil