window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Selain BBM, Berikut Cara Mudah Mengurangi Emisi Gas Buang pada Mobil

Enda · 6 Jul, 2021 08:30

Selain BBM, Berikut Cara Mudah Mengurangi Emisi Gas Buang pada Mobil 01

Emisi gas buang kendaraan

Setiap mobil berkombusi karburator, injeksi maupun diesel, pasti memiliki emisi gas buang. Emisi gas buang ini merupakan sisa hasil pembakaran bahan bakar yang terjadi di dalam sistem pembakaran yang kemudian dikeluarkan melalui knalpot.

Untuk mengurangi zat berbahaya hasil dari sisa pembakaran, kalian bisa melakukannya dengan mudah. Salah satunya yaitu penggunaan BBM yang disesuaikan dengan karakter mesin.

Karenannya penggunaan BBM yang tidak sesuai selain dapat memperbesar emisi gas buang, juga dapat menimbulkan tumpukan kerak karbon di ruang bakar yang dapat merusak mesin.

Berikut adalah cara mudah mengurangi emisi gas buang mobil selain penggunaan BBM yang sesuai karakter mesin.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Bukan Cuma Menambah Kegantengan, Ternyata Ini Fungsi Utama Strutbar yang Belum Banyak Orang Tahu

Selalu Memeriksa Tekanan Angin Pada Ban

Ban yang mengalami kurangnya tekanan angin, tanpa disadari menyebabkan mesin bekerja lebih keras. Dengan begitu bahan bakar yang dibutuhkan untuk menggerakan mobil agar dapat berjalan menjadi lebih banyak.

Berbeda apabila kondisi tekanan angin di dalam ban dalam keadaan normal. Tentunya beban kerja mesin menjadi semakin ringan.

Melihat kejadian seperti itu apabila bahan bakar yang dibutuhkan semakin banyak, maka semakin banyak pula emisi gas buang yang dihasilkan.

Baca juga: Sering Disepelekan, Ternyata Ini Penyebab Lain Ban Tubeless Sering Kempes

Rajin Mengecek Sistem Pembakaran

Selain BBM, Berikut Cara Mudah Mengurangi Emisi Gas Buang pada Mobil 01

Ruang pembakaran di dalam mesin

Kendaraan memiliki kebutuhan untuk perawatan, apalagi jika mobil sering digunakan. Lakukan pengecekan rutin, terutama cek sistem pembakarannya.

Mobil yang sudah berumur atau yang biasa disebut motuba, biasanya beberapa komponennya sudah mengalami keausan yang mengakibatkan sistem pembakaran menjadi tidak optimal. Dengan begitu konsumsi bahan bakar dipastikan akan lebih boros dari sebelumnya.

Selain pengecekan rutin, kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan adalah membiarkan isi tangki bahan bakar mendekati kosong. Kondisi seperti ini akan memberikan peluang udara dan kotoran untuk masuk dalam pompa injeksi. Tentunya hal ini bisa menyebabkan kualitas pembakaran menjadi buruk.

Kurangi Penggunaan Mobil Jika Tidak Terlalu Diperlukan

Cara lain mengurangi emisi gas buang adalah dengan memakai mobil jika benar-benar diperlukan. Dengan mengurangi penggunaan mobil, secara otomatis emisi gas buang yang dihasilkan di jalanan juga akan berkurang.

Baca juga: Siapa Sangka, Boneka untuk Uji Tabrakan Mobil Ternyata Awalnya Pakai Mayat Manusia Lho!

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil