Selain Mesin Baru, Toyota Fortuner 2.8 Juga Akan Punya Dua Fitur Ini
Prasetyo · 30 Sep, 2021 14:04
0
0
Toyota Fortuner 2.8 diprediksi kuat akan lahir pada penghujung tahun ini. Sinyalemennya pun sudah ada, yakni melalui dokumen resmi Peraturan Kementerian Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 40 Tahun 2021.
Disitu terlihat jika Fortuner 2.8 akan pakai mesin diesel dan menggunakan nama varian VRZ. Adapun tipenya ada dua, yakni yang berpenggerak roda belakang (RWD) serta penggerak semua roda (4x4). Sementara pilihan transmisinya sama-sama otomatis (A/T).
Namun kini ada sedikit bocoran lain mengenai keberadaan Toyota Fortuner baru tersebut. Karena ternyata, Fortuner dengan mesin 2.8-liter ini juga akan dirilis di negara lain.
Adalah Gaadiwaadi yang menginformasikan jika di Oktober 2021 Toyota Kirloskar Motor sebagai distributor Toyota di India akan merilis jajaran terbaru dari Fortuner. Menurut sumber internal mereka, Fortuner terbaru akan datang dengan penambahan varian baru lagi.
Menariknya, Toyota India akan memasukkan nama Fortuner Legender sebagai varian teratas dari Fortuner di negara tersebut. Disebutkan jika Fortuner Legender akan menggunakan mesin diesel paling kuat dan berpenggerak roda 4x4. Selama ini hanya Fortuner diesel biasa yang punya opsi varian 4x4.
Kondisi ini hampir mirip dengan di Indonesia. Sebab PT Toyota Astra Motor (TAM) saat ini hanya memasarkan varian 4x4 di tipe G diesel 2.4 dan VRZ 2.4. Jadi mungkin saja untuk varian Fortuner 2.8 VRZ 4x4 akan pakai sebutan Fortuner Legender.
Masih dari media di Negeri Bollywood itu, Fortuner baru juga disebutkan bakal mengusung fitur AC Dual Zone Climate Control. Fitur baru ini bakal ada di seluruh line up varian Fortuner.
Teknologi yang sama pun sebenarnya juga sudah disematkan TAM pada Fortuner GR Sport. Dengan begini, penumpang bisa mengatur sendiri suhu hembusan AC selama berada di dalam mobil.
Selain itu, Fortuner di India ternyata juga akan mengadopsi fitur Idling Stop System (ISS). Fitur ini memungkinkan mesin mobil mati sejenak manakala pengemudi menginjak pedal rem dan memposisikan transmisi di Netral (N) dalam beberapa detik.
Fitur serupa juga sudah diterapkan TAM pada Toyota Rush GR Sport. Jadi sepertinya tak sulit lagi kalau kemudian dipasang juga di tubuh Fortuner.
Mesin 1GD-FTV Jadi Fortuner Paling Kuat
Dari segi spesifikasi teknis, Fortuner 2.8 akan dijebloskan mesin 1GD-FTV VNTurbo Diesel berkapasitas 2.800 cc. Mesin ini mampu meletupkan tenaga 204 PS pada 3.000 rpm dengan torsi 500 Nm di rentang 1.600-2.800 rpm.
Dibanding varian Fortuner diesel yang kini ada dan berkapasitas silinder 2.4-liter, maka Fortuner baru ini punya tenaga lebih besar 55 PS dan torsinya pun naik sampai 92 Nm.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.