window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Selisih Cuma Rp1 Jutaan, Suzuki S-Presso Bisa Lebih Baik dari Daihatsu Ayla?

Enda · 25 Agu, 2022 12:30

Suzuki S-Presso Vs Daihatsu Ayla

Setelah membahas kelebihan dan kekurangan serta first drive Suzuki S-Presso, pada ulasan kali ini kami ingin melakukan perbandingan spesifikasi city car terbaru PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bergayakan SUV tersebut dengan Daihatsu Ayla.

Pada pembahasan kali ini Suzuki S-Presso AGS yang dibandrol Rp164.000.000 akan kami hadapkan dengan Daihatsu Ayla 1.2 R AT yang ditawarkan Rp165.250.000.

Lebih murah Rp1.250.000, bisakah S-Presso AT kalahkan Ayla 1.2 R AT dari segi spesifikasi? Supaya tidak penasaran, simak perbandingan keduanya di bawah ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dimensi Suzuki S-Presso VS Daihatsu Ayla

 

Suzuki S-Presso Vs Daihatsu Ayla

Dimensi Daihatsu Ayla lebih besar dari Suzuki S-Presso 

Melihat daripada penampilannya, Suzuki S-Presso terlihat lebih tinggi dibandingkan Daihatsu Ayla berkat desain yang diterimanya.

Berdasarkan spesifikasinya, di atas kertas S-Presso memiliki panjang 3.565 mm, lebar 1.520 mm dan tinggi 1.565 mm. Untuk jarak sumbu rodanya sendiri mencapai 2.380 mm dengan ground clearance 180 mm.

Sedangkan untuk Daihatsu Ayla, mobil perkotaan yang masuk dalam kategori LCGC ini panjangnya berada di angka 3.660 mm, lebar 1.600 mm serta tinggi 1.520 mm. Mengenai wheelbasenya, saudara kembar Agya ini mencapai 2.450 mm dan jarak tinggi dari tanah 180 mm.

Baca juga: 3 Mobil Matic Baru Termurah di Indonesia, Cuma Rp150 Jutaan Anti Pegal di Kemacetan

Dimensi Suzuki S-Presso Vs Daihatsu Ayla
Keterangan Suzuki S-Presso Daihatsu Ayla
Panjang 3.565 mm 3.660 mm
Lebar 1.520 mm 1.600 mm
Tinggi 1.565 mm 1.520 mm
Wheelbase 2.380 mm 2.450 mm
Ground clearance 180 mm 180 mm

Fitur Suzuki S-Presso Tak Selengkap Daihatsu Ayla

Suzuki S-Presso

Interior Suzuki S-Presso

Sebagai mobil termurah Suzuki saat ini, pada sistem pencahayaannya S-Presso masih mengandalkan bohlamp halogen. Sedangkan untuk lingkar rodanya menggunakan velg alloy dual-tone berdiameter 14 inci, serta defogger di belakang.

Untuk bagian dalamnya, mobil ini berhasil tersematkan head unit layar sentuh 6,8 inch with Smartphone Mirroring, lalu ada power window di baris depan, meter cluster digital di tengah dan Electric Power Steering (EPS).

Pada AC nya, S-Presso masih menggunakan model putar yang meliputi tombol arah semburan, pengaturan kecepatan blower dan suhu. Menyoal pengaturan spionnya, mobil ini dilakukan dengan cara manual menggunakan tuas dari dalam, serta menaikan dan menurunkan kaca di baris keduanya juga masih konvensional menggunakan model engkol.

Oh iya, pada lingkar kemudinya mobil ini belum dilengkapi dengan switch control steering, dan mobil ini hanya dibekali dua buah speaker di bagian depannya.

Daihatsu Ayla

Interior Daihatsu Ayla

Bicara Daihatsu Ayla, varian R yang diketahui merupakan tipe paling atasnya sudah dilengkapi Projector Headlamp with LED Light Guide berbentuk trapesium 6 sisi untuk sistem pencahayannya. Selain itu juga terdapat foglamp dan LED DRL yang berhasil disisipkan di dalam Head Lamp.

Menyesuaikan bagian depan, pada stoplamp sudah menggunakan teknologi LED berbentuk reverse L-shape yang tampak modern sekaligus stylish. Oh iya, untuk lingkar rodanya Ayla dipadukan velg 14 inci dual-tone dengan bentuk kipas yang terlihat stylish.

Daihatsu Ayla disematkan head unit layar sentuh berukuran 7 inci yang lebih besar dari S-Presso. Sistem multimedianya mendukung format MP3, radio, USB, bluetooth, serta pengaturan Aux. Terasa begitu ergonomis, fitur hiburannya terhubung langsung dengan switch control yang ada pada lingkar kemudinya untuk memudahkan penggunanya saat ingin melakukan pengaturan.

Tidak seperti S-Presso yang masih menggunakan model putar, untuk pengaturan AC-nya Ayla tampil lebih modern dan atraktif dengan menggunakan model digital yang disertai stelan arah hembusan angin, suhu dan kipas blower. Tak hanya itu, guna menunjang kenyamanan setiap penggunanya dalam berkendara, mobil ini juga tersematkan fitur seperti Electronic Power Steering (EPS), power window di semua pintu, serta electric mirror with retractable yang dapat melipat spion secara otomatis.

Baca juga: Generasi Baru Toyota Agya - Daihatsu Ayla Bakal Meluncur Awal 2023, Pakai Mesin Raize-Rocky

Adu Fitur Keselamatan Suzuki S-Presso Vs Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla

Fitur keselamatan Daihatsu Ayla lebih lengkap

Supaya penggunanya merasa nyaman dan aman selama berkendara, Suzuki S-Presso telah dilengkapi dengan Anti-lock Braking System (ABS), HEARTECT platform, rear parking sensor, dan dual SRS airbag di depan. Tidak berheti sampai di situ, SIS melengkiapinya dengan childproof rear door locks, 3 points assist grip, Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan immobilizer serta alarm sebagai bentuk keamanannya.

Bagaimana dengan Daihatsu Ayla 1.2 R? Untuk fitur keselamatannya mobil ini telah dilengkapi dual airbags + front pretensioner seatbelt, isofix serta ABS dan EBD yang mengurangi resiko terjadinya selip pada ban ketika melakukan pengereman secara tiba-tiba. Selain itu juga terdapat side impact beam, APAR, rear parking sensor, parking camera, serta immobilizer + alarm.

Daihatsu Ayla Miliki Performa yang Lebih Menjanjikan

Suzuki S-Presso

Mesin K10B Suzuki S-Presso

Suzuki S-Presso dibekali mesin K10B 998 cc 3-silinder segaris DOHC Multi-Point Injection VVT, yang di atas kertas dapat menghasilkan tenaga sebesar 69 PS @5.500 rpm serta torsi 90 Nm @3.500 rpm. Untuk tenaga yang dihasilkan kemudian didistribusikan ke transmisi AGS dengan mengandalkan penggerak roda depan.

Mengenai Daihatsu Ayla, mobil ini dibenamkan mesin 3NR-VE 4-silinder segaris DOHC dual VVT-i berkapasitas 1.197 cc yang mampu melecutkan tenaga hingga 88 PS @6.000 rpm dan torsi puncak 108 Nm @4.200 rpm. Mengenai transmisinya varian ini dipadukan otomatis 4-percepatan yang selanjuynya diarahkan kepenggerak depan.

Kesimpulan

Komparasi antara Suzuki S-Presso AGS dengan Daihatsu Ayla 1.2 R AT berhasil kami ulas di atas. Dibandrol lebih mahal Rp1.250.000 dari S-Presso, secara dimensi keseluruhan Ayla lebih besar dibandingkan S-Presso. Begitupun soal fitur unggulan serta keselamatan, saudara kembar Agya tersebut juga paling komplit.

Selanjutnya bicara mengenai performa, Daihatsu Ayla memiliki kubikasi lebih besar 200 cc dari S-Presso sehingga mengasilkan tenaga dan torsi lebih besar. Selain itu Ayla juga lebih nyaman digunakan berkat penggunaan mesin 4-silinder yang minim akan getaran. Namun untuk transmisinya Suzuki S-Presso lebih modern dibanding Daihatsu Ayla yang masih mengandalkan matic konvensional.

Punya selisih harga baru yang tidak terlalu banyak, jika dihadapkan dengan keduanya kaliah lebih tertarik pilih yang mana?

Baca juga: 5 Hal Menarik Kenapa Daihatsu Ayla Lebih Baik Dibeli Ketimbang Honda Brio

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Ayla 1.0L 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil