Selisih Cuma Rp17 Jutaan, Segini Banyaknya Perbedaan Daihatsu Ayla 2023 Tipe X dan R
Enda · 15 Mar, 2023 14:30
0
0
Bermain di segmen LCGC 5-seater, Daihatsu Ayla (Spesifikasi | Berita) 2023 hadir dengan banyak pilihan varian. Untuk tipe yang ditawarkan pada generasi keduanya adalah 1.0 M, 1.0 X MT, 1.0 X MT ADS, 1.0 X CVT, 1.0 X CVT ADS, 1.2 R MT, 1.2 R MT ADS, 1.2 R CVT dan 1.2 R CVT ADS. Bicara Daihatsu Ayla 1.0 X CVT dan 1.2 R CVT, keduanya memiliki selisih harga baru mencapai Rp17,1 juta.
Seperti yang diketahui Daihatsu Ayla 1.0 X CVT per Maret 2023 ini dibandrol Rp166,9 juta dan Ayla 1.2 R CVT diniagakan Rp184 juta OTR Jakarta. Untuk mengetahui perbedaan antara varian 1.0 X CVT dan 1.2 R CVT Daihatsu Ayla 2023, simak ulasan di bawah ini.
Sistem Pencahayaan Daihatsu Ayla 2023 Varian R Menggunakan LED
Daihatsu Ayla R 2023
Perbedaan pertama antara Ayla 1.0 X CVT dengan 1.2 R CVT terlihat di bagian fascia. Dimana untuk sistem lampu utama varian R sudah dibekali teknologi LED dengan tambahan DRL di dalam headlamp. Sedangkan tipe X, mobil ini masih mengandalkan bohlamp halogen biasa.
Daihatsu Ayla X 2023
Mengenai bentuk bumper dan grill keduanya sama. Begitupun lingkar roda, Ayla X dan R dipadukan velg 14 inci palang 8 yang dicat menggunakan warna gun metal. Untuk spion, keduanya sudah dibekali fitur electric mirror serta mendapatkan talang air pada jendela.
Tampilan belakang Daihatsu Ayla R 2023
Beranjak ke bagian belakang, tipe 1.2 R CVT mendapat tambahan high mount stoplamp dan spoiler di atas kaca. Untuk stoplamp dan bumper, keduanya terlihat sama. Seperti varian R, Ayla 1.0 X CVT juga sudah disematkan rear wiper.
Bicara interior, Ayla 1.0 X CVT dan 1.2 R CVT sekilas terlihat sama. Didominasi dengan warna hitam, untuk jok keduanya mengguakan tekstur serta desain sama, tanpa dilengkapi head rest dengan pengaturan ketinggian.
Hanya saja untuk sistem hiburan Ayla tipe R sudah menggunakan head unit layar sentuh yang mendukung konektivitas smartphone. Dibawahnya, untuk pengaturan AC varian ini juga sudah memakai tampilan digital. Tepat di samping pengaturan AC terdapat tombol start/stop engine yang dengan mudah untuk menyalakan atau mematikan mesin hanya dengan menekan tombol.
Kokpit Daihatsu Ayla X 2023
Di bagian pengemudi, untuk setir baik X maupun R sama. Keduanya tidak dilengkapi tombol pengaturan yang umumnya bisa terhubung secara langsung dengan sistem hiburan dan pusat informasi berkendara.
Tombol start/stop engine Daihatsu Ayla R 2023
Mengenai panel instrument, X dan R memiliki bentuk sama dengan tachomer dan layar MID tampilan negatif. Guna memberikan posisi berkendara yang nyaman sesuai dengan kebutuhan pengemudi, untuk sistem kemudi tipe R dilengkapi fitur tilt steering.
Fitur Keamanan Tipe R Lebih Modern
Daihatsu Ayla 2023 tipe X dan R
Daihatsu Ayla 1.0 X CVT dan 1.2 R CVT mendapatkan dual SRS airbags di depan yang berfungsi untuk mengurangi cedera akibat benturan cukup keras. Tak hanya itu, keduanya pun memperoleh HSA (Hill Start Assist) yang berfungsi mencegah mobil bergerak mundur saat berhenti di tanjakan selama beberapa waktu, serta VSC (Vehicle Stability Control) yang berfungsi menjaga kestabilan kendaraan selama kendraan berjalan.
Selain itu, pada sistem pengeremannya juga dibekali dengan ABS dan EBD yang berfungsi untuk menghindari tergelincirnya roda ketika melakukan pengereman secara mendadak. Bicara fitur keamanan, tipe X hanya bermodalkan remote alarm. Berbeda dengan X, 1.2 R CVT sudah menggunakan keyless entry.
Mesin Daihatsu Ayla 2023 1.0 X CVT dan 1.2 R CVT
Mesin 1KR-VE Daihatsu Ayla 2023 X
Daihatsu Ayla 1.0 X dibekali mesin 998 cc 3-silinder segaris dengan kode 1KR-VE DOHC VVT-i yang di atas kertas sanggup meletupkan tenaga 62 PS di 6.000 rpm dengan torsi 89 Nm pada 4.400 rpm. Varian 1.2 R, mobil ini menggendong jantung pacu kepunyaan Rocky berkode WA-VE 3-silinder segaris DOHC, Dual VVT-i. Menurut spesifikasi, mesin berkubikasi 1.198 cc yang digunakan dapat memeras tenaga 88 PS di 6.000 rpm dan torsi 113 Nm pada putaran 4.500 rpm.
Mesin WA-VE Daihatsu Ayla 2023 R
Bicara transmisi CVT yang digunakan, keduanya menggunakan teknologi D-CVT dengan menghasilkan akselerasi berkendara secara lebih halus, dan memperoleh bahan bakar lebih efisien.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.