Selisih Hampir Rp11 Jutaan, Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ADS Harganya Bikin Ertiga Suzuki Sport Jadi Inferior

Yongki Sanjaya · 8 Des, 2021 12:00

Selisih Hampir Rp11 Jutaan, Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ADS Harganya Bikin Ertiga Suzuki Sport Jadi Inferior 01

Suzuki Ertiga 2021 termasuk menjadi model low MPV yang life cycle-nya relatif cepat. Hanya berkisar lima tahun setelah peluncuran model pertama, Ertiga mendapat pembaharuan di tahun 2018 sebagai generasi kedua. Kesempatan ini rupanya dimanfaatkan oleh Daihatsu Xenia model year 2022 yang meluncur di bulan November kemarin.

Pasalnya, Xenia yang juga mengalami major facelift untuk generasi ketiga hadir dengan fitur jauh lebih lengkap dan harganya beda tipis dari Ertiga. Mengetahui harganya barunya saat ini, Ertiga ditawarkan mulai dari Rp199,5 juta hingga Rp241,5 juta setelah mendapatkan relaksasi PPnBM nol persen. Sedangkan untuk tipe Ertiga Suzuki Sport dijual seharga Rp 245.350.000 untuk transmisi MT dan Rp 255.150.000 untuk transmisi AT.

Adapun untuk Daihatsu Xenia range harga yang ditawarkan lebih terjangkau dengan opsi tipe dan varian cukup banyak. All New Xenia tersedia dalam 12 varian, serta total 7 pilihan warna. Adapun Daihatsu Xenia 2022 dijual dengan harga mulai dari Rp190,9 juta sampai Rp244,2 juta.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Sebagai gambaran saja, Daihatsu Xenia tipe tertinggi bukan 1.5 R ASA, yang sudah didukung fitur keselamatan aktif Advanced Driver Assistance System (ADAS). Berdasarkan informasi yang kami terima, masih ada tipe Xenia 1.5 R CVT ADS SC, yang tak memiliki ADAS namun full body kit. 

Dengan harga selisih hampir Rp11 jutaan, apakah Suzuki Ertiga bisa mengungguli 

Daripada makin penasaran, mari kita bandingkan keduanya. 

Suzuki Ertiga Suzuki Sport, Menang Keren Kalah Harga

Selisih Hampir Rp11 Jutaan, Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ADS Harganya Bikin Ertiga Suzuki Sport Jadi Inferior 01

Dengan harga yang sudah melebihi Rp250 juta, Suzuki Ertiga tipe Suzuki Sport ini hadir dengan desain yang modis dan ke arah sporty. Permainan body kit jadi nilai jual utama untuk meningkatkan penampilan Ertiga yang mengambil basis dari tipe GX. Kasarnya, tipe Suzuki Sport adalah upgrade dari Ertiga GX. 

Embel-embel Suzuki Sport membuat Ertiga tampil lebih 'galak' daripada versi standar. Pada bagian eksterior, Ertiga Suzuki Sport dilengkapi tambahan body kit pada bagian Upper & Lower Front Grille, Front Under Spoiler, Side Under Spoiler (Right & Left), Rear Upper Spoiler dan Rear Under Spoiler. 

 

Ertiga edisi teratas ini juga dilengkapi emblem Suzuki Sport di sisi belakang yang semakin memperkuat kesan sporty. Selain itu, untuk meningkatkan keamanan saat berkendara, terdapat Daytime Running Light (DRL) LED Lamp dan defogger untuk membantu penglihatan pengendara saat cuaca buruk. 

PT Suzuki Indomobil Sales menyediakan Ertiga Suzuki Sport dalam tiga pilihan warna bernuansa monokrom, yaitu Cool Black, Metallic Magma Grey dan Pearl Snow White. Opsi ini membuatnya tetap berkesan kalem dan memiliki karakter dewasa. 

Itu tadi soal perubahan interiornya, bagaimana dengan fitur dan nuansa dalam kabin Suzuki Ertiga Suzuki Sport ini? 

Garang di Luar, Interior Ertiga Suzuki Sport Tampil Lebih Kalem

Selisih Hampir Rp11 Jutaan, Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ADS Harganya Bikin Ertiga Suzuki Sport Jadi Inferior 02

Tampilan interior All New Ertiga Suzuki Sport agak kontras dengan eksteriornya. Kabinnya cenderung elegan dengan aksen bernuansa hitam di seluruh bagian dasbor, jok, installation panel dan trim door. Tak ada aksen garis merah dan garnish dengan warna kontras seperti pada Xenia ADS. 

Bicara soal fitur, Ertiga Suzuki Sport telah dilengkapi head unit touch screen 6,8 inci dengan garnish I/P center sebagai akses hiburan. Head unitnya sudah mendukung fitur-fitur yang terintegrasi pada gawai pengemudi, seperti seperti Web Link, Radio (AM/FM), MP3, WMA, USB, Waze, Spotify, Bluetooth Audio, dan Bluetooth Phone Call. 

Fitur lainnya pada Ertiga Suzuki Sport yaitu AC Auto Climate digital untuk memudahkan pengemudi mengatur suhu di dalam kabin. Jadi, kesejukan kabin bisa tetap pas dengan adanya fitur tersebut. 

Fitur Keselamatan Ertiga Suzuki Sport Sedikit Berubah Dari Tipe GX

Selisih Hampir Rp11 Jutaan, Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ADS Harganya Bikin Ertiga Suzuki Sport Jadi Inferior 03

Sama seperti versi GX, fitur keselamatan All New Ertiga Suzuki Sport dilengkapi dengan platform HEARTECT, Electronic Stability Programme (ESP©), Hill Hold Control (AT), TECT Body, ISOFIX, Anti-Lock Braking System (ABS) & Electronic Brake Force Distributin (EBD), Dual SRS Airbags, Side Impact Beam, Child Proof Door Lock, Immobilizer dan alarm. 

Karena merupakan tipe 'upgrade' dari Ertiga GX, maka fiturnya lebih lengkap. Parkir pun lebih mudah dengan tambahan fitur Rear Camera Parking yang disematkan pada Ertiga Suzuki Sport ini. Kalau di GX, hanya ada wiring harness yang memudahkan pemasangan rear camera. 

Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ADS, Tampil Keren Tanpa ASA

Selisih Hampir Rp11 Jutaan, Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ADS Harganya Bikin Ertiga Suzuki Sport Jadi Inferior 04

Ada sedikit keunikan pada pembagian tipe di Daihatsu Xenia 2022 ini. Sebab PT Astra Daihatsu Motor menjadikan tipe 1.5 R CVT ADS sebagai tipe tertinggi, bukan varian dengan ASA. Bila dibandingkan tipe standar, ada beberapa penambahan aksen body kit dan garnish merah. 

Dari tampilan luar, Xenia 1.500 cc mudah dikenali dari aksen lis merah di grille hingga headlamp. Tipe ini memakai pelek ukuran 16-inci dengan ban 195/60. Demi tampil agresif, tersemat paket ADS terdiri dari lower skirt depan-belakang, side skirt, back door garnish dan rear reflector garnish yang juga terdapat lis merah sebagai identitas Daihatsu. 

Selisih Hampir Rp11 Jutaan, Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ADS Harganya Bikin Ertiga Suzuki Sport Jadi Inferior 05

Lampu utama dan belakang sudah didukung teknologi LED. Semakin menarik karena garnish yang menyambung dengan taillight bukan sekadar hiasan, ada lampu LED didalamnya sehingga juga bisa menyala.

Interior Sporty, Bikin Daihatsu Xenia Jadi MPV Buat Kalangan Muda

Selisih Hampir Rp11 Jutaan, Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ADS Harganya Bikin Ertiga Suzuki Sport Jadi Inferior 06

Kesan agresif dan sporty tak cuma hadir dari eksterior Xenia R ADS, tapi juga di interiornya. Kabin Xenia pun tak kalah sporty dengan perubahan total pada desain baru dashboard yang kami lihat seperti multi layer.

Interior didominasi warna hitam ditambah beberapa panel dibuat ala serat karbon dan aksen garis merah di dasbor dan juga jahitan jok. Supaya tak terkesan polos, terdapat aksen warna silver pada setir dan door handle bagian dalam yang membuat kabinnya tak monoton. 

Nggak cuma penampilannya saja yang ramai, fiturnya juga demikian, paling banyak dari seluruh varian yang ada. Xenia 1.5 R CVT ADS mendapat start/stop button, digital AC, steering switch dan auto retractable function. Ada lagi key free system dan outer mirror with turn lamp. 

Selisih Hampir Rp11 Jutaan, Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ADS Harganya Bikin Ertiga Suzuki Sport Jadi Inferior 07

Head unit sebesar 9-inci dengan monitor bergaya floating yang mendukung Android Auto dan Apple CarPlay untuk kemudahan konektivitas. Makin menarik karena ada Around View Camera bakal memudahkan memantau kondisi di sekitar mobil. Pada trim ADS ketambahan fitur ambient light, air purifier dan karpet 3D.

Walaupun All New Xenia 1.5 R ADS tidak dilengkapi Advanced Safety Assist (ASA) tapi bukan berarti peranti keselamatannya payah. Fitur yang ada sudah cukup layak untuk kebutuhan mobil harian masa kini, seperti dual airbag, ABS+EBD, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA).

Kesimpulan 

Daihatsu memanfaatkan momentum peluncuran Xenia facelift sebagai yang paling akhir di antara low MPV lainnya dengan menyajikan banyak keunggulan. Penampilannya lebih keren, fitur tak kalah lengkap tapi unggul dari sisi harga yang ditawarkan lebih murah. 

Hanya saja, nama Daihatsu Xenia seringkali jadi inferior karena kalah pamor dari Toyota Avanza walau satu basis produksi. Mestinya dengan keunggulan harga dan fitur sepadan, Xenia bisa lebih laku daripada Ertiga. 

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2022 Daihatsu Xenia 1.3 M MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru