Selisih Harga Sampai Rp32 Jutaan, Ini Beda New Mitsubishi Xpander Facelift 2021 Tipe Sport dan Exceed

Prasetyo · 18 Nov, 2021 09:05

New Mitsubishi Xpander 2021

New Mitsubishi Xpander Facelift 2021 tawarkan beberapa hal baru dibanding model sebelumnya. Untuk varian tipenya ada Ultimate, Sport, Exceed, dan GLS. Sebagai varian tertinggi, tentu Mitsubishi Xpander Ultimate punya fitur paling lengkap. Tapi bagaimana dengan varian lain?

Ternyata Xpander Sport dan Xpander Exceed memiliki beberapa perbedaan dibanding tipe Ultimate. Padahal penggemar kedua varian ini juga tak kalah banyak loh. Dari segi harga juga punya selisih cukup signifikan dari tipe tertinggi.

Harga New Mitsubishi Xpander 2021
Tipe Harga (sudah PPnBM 0%)
Ultimate CVT Rp272.580.000
Sport CVT Rp270.440.000
Sport MT Rp258.430.000
Exceed CVT Rp248.300.000
Exceed MT Rp240.360.000
GLS CVT Rp236.490.000
GLS MT Rp228.030.000

Antara tipe Ultimate dengan Sport ada selisih harga Rp14 jutaan. Sementara harga New Mitsubishi Xpander Ultimate dengan tipe Exceed bedanya bisa sampai Rp32 jutaan. Nah untuk tipe Sport dan Exceed juga ada selisih harga Rp18 jutaan. Tentunya ini cukup signifikan jika Anda memang masih mempertimbangkan ingin memiliki New Xpander namun dengan budget terbatas.

New Mitsubishi Xpander 2021

Tampilan depannya tak ada beda dengan tipe Ultimate

Lalu apa saja sih perbedaan New Mitsubishi Xpander tipe Sport dan Exceed dibanding tipe Ultimate? Mari kita ulas lebih detil.

Baca juga : Harga Mulai Rp228 Juta, New Mitsubishi Xpander Facelift 2021 Bisa Ganggu Toyota Avanza Baru?

New Mitubishi Xpander Tipe Sport dan Exceed Masih Pakai Velg Ring 16

New Mitsubishi Xpander 2021

Pakai velg ring 16 silver

Secara fisik dari segi eksterior, perbedaan paling mencolok antara New Xpander tipe Sport dan Exceed dibanding varian Ultimate adalah pada velgnya. Di kedua tipe ini masih menggunakan velg model single tone dengan ukuran 16 inci yang dipadankan ban 195/65 R16. Sementara di tipe Ultimate sudah pakai ring 17 dengan model two tone.

Namun ketiga varian tipe ini sudah sama-sama pakai lampu depan LED projector, ada LED DRL juga, sudah pakai foglamp, dan gril depan baru berfinishing black gloss. Demikian pula di bagian belakangnya, lampu rem tetap sama pakai LED, bentuk bemper tak ada beda serta juga ada rear defogger di bagian kaca. Untuk di atasnya juga sudah tersemat shark fin antenna.

Interior New Mitsubishi Xpander Tipe Exceed Masih Serupa Model Sebelumnya

New Mitsubishi Xpander 2021

Kabin New Xpander tipe Sport

Lanjut kita lihat ke bagian kabin. Ternyata disini akan ditemukan banyak perbedaan antara tipe Exceed, Sprot, dan Ultimate. Kalau di dasbor New Xpander tipe Sport sedikit mirip dengan tipe Ultimate dari bentuknya hingga material soft pad, hanay saja tipe Sport pakai kombinasi warna hitam dan cokelat. Beda dengan tipe Ultimate yang sedikit lebih terang dengan adanya kombinasi hitam dengan beige.

Namun layout dasbor New Xpander tipe Exceed jauh berbeda dengan kedua tipe di atasnya. Di tipe Exceed bentuk dasbornya masih sama dengan model pendahulu, termasuk kombinasi warna yang dipakai juga tak ada perubahan. Bahkan headunit model floating 8 inci yang ada di tipe Sport dan Ultimate pun tetap absen di tipe Exceed karena masih pakai monitor 7 inci. 

Setir, Tuas Transmisi, dan Model AC Tak Ada Perubahan

New Mitsubishi Xpander 2021

Setir dan dasbor New Xpander tipe Exceed

Selain dasbor, model lingkar kemudi yang digunakan pada New Xpander tipe Exceed pun ternyata sama sekali tak ada perubahan. Lantas pola di trim pintu juga masih serupa model sebelumnya. Namun untuk pelapis jok telah menggunakan bahan high grade fabric dengan pola jahitan yang menyerupai tipe Sport maupun Ultimate.

Hal yang juga masih ditemukan dari Xpander lawas pada New Xpander tipe Exceed adalah di bentuk tuas transmisi. Kemudian tombol pengaturan AC juga belum tipe digital. Untungnya, pada jok baris kedua tetap diberi arm rest dengan cup holder.

Baca juga : New Mitsubishi Xpander Exceed Menang Desain Keren, Apakah Bisa Salip Penjualan Toyota Avanza 1.3 E 2022?

Fiturnya Tetap Setara Tipe Lain

New Mitsubishi Xpander 2021

Tipe Exceed dan Sport absen Electric Parking Brake

Meskipun ada perbedaan dari segi tampilan luar dan ruang kabin, nyatanya fitur-fitur yang ada di New Mitsubishi Xpander Facelift 2021 antara tipe Ultimate, Sport, maupun Exceed tak banyak berbeda.

Misalnya saja sudah ada ABS dan EBD, lalu ada Brake Assist (BA), sama-sama sudah terpasang Dual SRS Airbags. Kemudian ketiga tipe varian ini juag telah disematkan Active Stability Control (ASC), dan Hill Start Assist (HSA). Bedanya hanya pada ketiadaan Electric Parking Brake with Brake Auto Hold seperti pada tipe Ultimate. Kemudian untuk tipe Exceed juga belum ada Rear Camera.

Kesimpulan

New Mitsubishi Xpander 2021

New Xpander tipe Exceed

Dengan selisih harga cukup jauh, tentunya tipe Exceed atau Sport bisa menjadi alternatif kalau Anda ingin memiliki Mitsubishi Xpander dengan tampilan baru.

Sisa dananya bisa Anda lokasikan untuk kebutuhan lain. Gak perlu terlalu mahal untuk bisa tampil keren kan?

Baca juga : Pakai Transmisi CVT Baru, New Mitsubishi Xpander Diklaim Nggak Kehilangan Taji Lewati Tanjakan

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Mitsubishi Xpander GLX M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru